Tujuan utama seseorang diet adalah untuk menurunkan berat badan agar terlihat lebih langsing dan ideal. Tapi diet juga baik dilakukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh. 

Kini banyak pilihan pola diet yang direkomendasikan oleh banyak orang. Diet seperti diet mayo, diet keto, diet GM, atau diet karbo adalah beberapa contohnya.

Setiap pola diet memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda dapat memilih mana yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Jika Anda tidak ingin menggunakan pola diet tertentu, Anda dapat diet untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh hanya dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. 

Mana yang baik dikonsumsi dan mana yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda menjalankan diet atau ketika ingin menurunkan berat badan. 

Kalau tidak ingin usaha diet sia-sia, Anda perlu mengetahui makanan apa saja yang baik dan harus dihindari. 

Makanan yang Perlu Dihindari Ketika Diet

Ketika Anda menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, hal yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Beberapa jenis makanan seperti kentang atau yoghurt baik untuk kesehatan dan juga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Namun jika Anda tidak tepat mengolah makanan tersebut justru akan membuat risiko berat badan Anda bertambah. 

Untuk itu sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika Anda menjalankan diet.

Kentang Goreng dan Keripik

Kentang merupakan makanan yang harus dihindari atau baik dikonsumsi ketika menjalankan diet tergantung cara Anda mengolahnya. 

Kentang yang direbus dan dikonsumsi bersama kulitnya baik sebagai sumber karbohidrat. Tetapi ketika kentang digoreng dan dijadikan keripik kentang, makanan ini menjadi jenis makanan yang wajib Anda hindari ketika menjalankan diet.

Mengolah kentang dengan cara digoreng atau dijadikan keripik memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, kunci untuk dapat menurunkan berat badan adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak kalori dan juga lemak. 

Jus Dalam Kemasan

Jus buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik di dalam tubuh karena mengandung banyak vitamin dan juga serat. Namun hal ini hanya berlaku bagi jus yang Anda buat sendiri.

Sebaiknya hindari jus dalam kemasan karena mengandung kalori yang tinggi dan juga gula.

Jika dikonsumsi berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan juga dapat menambah berat badan. Hindari juga minuman kemasan lainnya seperti soda, minuman berenergi, kopi kalengan, dan juga teh dalam kemasan ketika Anda sedang menjalankan diet.

Yoghurt Rasa Buah

Yoghurt adalah jenis makanan yang dapat menjaga kesehatan organ pencernaan tubuh. Tetapi yoghurt dengan tambahan rasa buah bukan jenis makanan yang tepat ketika Anda sedang menjalankan diet. Karena yoghurt yang ditambahkan pemanis dan rasa buah mengandung gula yang banyak.

Yoghurt tanpa rasa dan rendah kandungan lemak adalah jenis yoghurt yang baik Anda konsumsi jika ingin menurunkan berat badan. Jika rasa yoghurt tanpa rasa ini tidak cocok, Anda dapat menambahkan potongan buah segar yang dapat berfungsi sebagai pemanisnya.

Es Krim

Salah satu godaan terbesar ketika menjalankan diet adalah es krim. Namun sayangnya bagi yang sedang menjalankan diet, Anda harus menjauhkan diri dari makanan penutup kesukaan semua orang ini. 

Es krim memiliki kandungan kalori dan gula yang tinggi sehingga tidak cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Alpukat

Buah-buahan  baik untuk kesehatan tubuh termasuk alpukat. Namun sayangnya buah ini kurang tepat Anda konsumsi ketika diet. Alpukat mempunyai kadar lemak dan kalori yang cukup tinggi yang bisa merusak program diet Anda.

Jika ingin tetap mengonsumsinya, perhatikan porsinya dan hindari menambahkan pemanis buatan seperti susu atau gula. 

Roti Putih

Roti tawar yang terbuat dari tepung terigu mengandung banyak gula dalam proses pembuatannya. Makanan ini dapat dengan cepat menaikan gula darah di dalam tubuh dan membuat Anda kembali cepat lapar. 

Sebaiknya ganti roti tawar putih yang sering Anda konsumsi dengan roti tawar gandum yang lebih sehat bagi tubuh dan baik untuk menurunkan berat badan.

Kopi

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang wajar, kopi baik untuk metabolisme tubuh dan pembakaran lemak. 

Sebaiknya Anda tidak meminum kopi lebih dari dua cangkir per harinya. Serta hindari menambahkan susu dan gula di dalamnya untuk mengindari berat badan bertambah. 

Cokelat Hitam

Cokelat hitam memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan terbukti 

Cokelat adalah makanan favorit dunia karena rasanya yang nikmat dan manis dan terbukti dapat menenangkan pikiran dan membuat pikiran Anda jadi senang. 

Sayangnya cokelat memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat tinggi. Dari 100 cokelat terdapat 155 kalori, 10 gr lemak, dan 5 gr lemak tak jenuh. Kandungan ini sudah pasti dapat merusak program diet yang sedang Anda jalankan.

Makanan yang Baik Dikonsumsi Ketika Diet

Jika Anda ingin berhasil menurunkan berat badan dengan cara diet, hal utama yang perlu diketahui adalah jenis makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi. 

Selain dapat membantu dan mempercepat proses menurunkan badan, beberapa jenis makanan ini juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta mampu memberikan energi dan tenaga yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Apa saja? Berikut jenis-jenis makanan yang baik Anda konsumsi ketika menjalankan diet.

Putih Telur

Putih telur banyak mengandung banyak protein dan rendah lemak sehingga cocok sebagai menu yang dikonsumsi ketika diet. Dalam 100 gram putih telur terdapat 10,9 protein dan kadar lemaknya hanya 0,17 gram. 

Putih telur juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak memiliki kandungan karbohidrat. 

Perlu diperhatikan baik-baik, jika sebaiknya Anda tidak terlalu banyak dan sering dalam mengonsumsi putih telur ketika sedang menjalankan diet. Ketika terlalu banyak mengonsumsi putih telur, protein yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan sulit dicerna oleh ginjal sehingga dapat menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang baik Anda konsumsi ketika sarapan dan baik dikonsumsi sehari-hari ketika menjalankan diet. Jenis makanan ini terbukti memiliki banyak manfaat dan dapat membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dilakukan selama enam tahun oleh University of California menyimpulkan jika orang yang rutin sarapan oatmeal memiliki indeks massa tubuh lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan atau menyantap makanan lain ketika sarapan.

Oatmeal cocok sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi, mie, atau roti. Makanan ini banyak mengandung serat yang tinggi dan cocok bagi para penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Ikan

Mengonsumsi ikan baik ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Lemak yang terdapat pada daging ikan merupakan lemak baik untuk Anda. 

Selain itu juga, daging ikan mengandung lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Rutin mengonsumsi ikan juga terbukti baik bagi Anda yang ingin mencegah obesitas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Jenis-jenis ikan laut seperti salmon, tuna, atau makarel adalah beberapa jenis ikan yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. 

Kentang Rebus

Kentang yang baik dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet adalah kentang yang direbus. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kentang yang digoreng tidak baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Kentang merupakan sumber potasium, vitamin C, vitamin B6, serat, dan nutrisi lainnya. Jadi makanan ini baik untuk Anda konsumsi namun sebaiknya jangan terlalu sering dan berlebihan.

Kacang-kacangan

Menurut sejumlah studi yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa kacang-kacangan banyak mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh terutama untuk menurunkan berat badan. Jenis kacang seperti kacang almond, kenari, biji bunga matahari, kacang pinus, dan pistacio adalah jenis kacang yang baik Anda konsumsi.

Minyak Zaitun

Memasak makanan menggunakan minyak zaitun dipercaya lima kali lipat lebih baik ketika memasak menggunakan minyak biasa. Minyak zaitun memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. 

Minyak zaitun terbukti dapat menjaga kesehatan jantung dan menjaga kadar gula darah yang baik untuk menurunkan berat badan. 

Ketika Anda sedang menjalankan diet, sebaiknya ganti minyak goreng Anda dengan minyak zaitun. Meskipun harganya sedikit lebih mahal tapi manfaatnya jauh lebih banyak.

Dada Ayam

Dada ayam baik dikonsumsi ketika Anda yang sedang menjalankan diet. Daging dada ayam tidak mengandung lemak, rendah kalori, dan mengandung banyak protein. Sehingga daging ini sangat tepat sebagai menu ketika Anda diet.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari daging dada ayam ketika diet, sebaiknya hindari mengonsumsi kulitnya karena banyak mengandung lemak dan hindar mengolahnya menggunakan garam. 

Makanan Dari Gandum

Makanan yang dibuat dari gandum seperti roti tawar gandum atau quinoa cocok untuk dikonsumsi secara rutin bagi Anda yang sedang menjalankan diet. 

Makan ini dapat menjadi pengganti sumber karbohidrat seperti nasi, pasta, atau mie. Makanan yang terbuat dari gandum pada umumnya memiliki jumlah serat dan protein yang baik untuk tubuh.

Solusi Menurunkan Berat Badan Selain Diet

Rajin Beraktivitas

Agar lebih efektif dan cepat untuk menurunkan berat badan. Anda perlu banyak bergerak dan beraktivitas. 

Apabila Anda merupakan pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk. Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk sering meregangkan badan dan berjalan di sela-sela kegiatan Anda.

Aktif bergerak seperti berjalan dapat menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika Anda juga beraktivitas sambil mengonsumsi suplemen makanan pembakar lemak seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh merupakan penyebab perut buncit, berat badan bertambah, dan juga penyebab utama penyakit seperti jantung. 

Jadi selain dapat menurunkan berat badan, membakar lemak dalam tubuh pun memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup dengan menerapkan pola tidur yang baik memiliki banyak manfaat yang dapat Anda rasakan. 

Ketika pola tidur Anda tidak teratur atau kurang tidur, tubuh Anda akan lebih cepat merasakan lelah, mudah stres, dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Peningkatan hormon stres akan membuat Anda lebih mudah kelaparan di malam hari. 

Membiarkan kebiasaan begadang pun kurang baik bagi kesehatan, karena umumnya ketika Anda begadang, makanan yang Anda konsumsi setelah lewat dari jam makan tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga setiap asupan makanan ini akan tertimbun menjadi lemak.

Atur baik-baik pola istirahat dan tidur Anda. Bagi dewasa, tidur selama 7 hingga 8 jam sehari merupakan jumlah waktu yang ideal bagi Anda untuk tidur setiap malamnya.

Tertawa

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical, tertawa ternyata dapat membantu Anda untuk membakar kalori. 

Tertawa selama 10 hingga 15 menit dapat membakar sekitar 50 kalori. Jumlah ini sama dengan membakar satu bar cokelat.

Anda dapat menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam waktu setahun jika Anda tertawa 10 hingga 15 menit per harinya. 

Selain dapat membantu membakar kalori, ternyata tertawa memiliki banyak manfaat positif lainnya yang dapat dirasakan oleh tubuh. Diantaranya adalah membantu tubuh melawan penyakit, meningkatkan kapasitas otak ketika belajar, dapat meredam rasa sakit, hingga menurunkan tekanan darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Puasa

Selain dengan menjalankan diet, Anda dapat mencoba berpuasa jika ingin menurunkan berat badan. Puasa telah teruji klinis memiliki efek yang baik bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai salah satu solusi jika ingin menurunkan berat badan.

Ketika menjalankan puasa, tubuh akan mendapatkan energi yang terbatas. Ketika tidak banyak asupan energi yang cukup, tubuh manusia akan mulai membakar lemak sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas. 

Proses pembakaran lemak ketika berpuasa juga dapat bermanfaat untuk menjaga kekuatan otot serta menurunkan kadar kolesterol di tubuh. 

Perlu Anda perhatikan jika ketika berbuka, jangan langsung mengonsumsi makanan berat dengan porsi yang banyak sekaligus. 

Metabolisme tubuh ketika berpuasa akan berjalan lebih lambat dari biasanya. Jika Anda makan terlalu banyak, tubuh akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencernanya. Timbunan makanan di tubuh yang tidak dapat dicerna akan menjadi tumpukan lemak dan membuat berat badan Anda bertambah.

Mandi Air Dingin Sebelum Tidur

Ketika sudah menjalankan aktivitas sehari-hari yang melelahkan, banyak orang yang memilih untuk mandi air hangat agar membuat badan lebih tenang dan rileks. 

Sayangnya hal ini kurang efektif dan baik jika Anda ingin menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin di malam hari dapat membakar 400 kalori. 

Jadi selain mandi air dingin sebelum tidur baik untuk menjaga kesehatan dan membunuh kuman, mandi air dingin pun terbukti dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.