Wasir atau ambeien merupakan kondisi terjadinya peradangan pada pembuluh vena yang ada di area anus. Peradangan ini memunculkan benjolan, bisa di luar bibir anus maupun di dalam.

Penderita wasir bisa mengalami berbagai masalah, mulai dari rasa tidak nyaman, BAB berdarah, gatal, hingga nyeri. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan wasir adalah pola makan yang tidak sehat.

Pola makan yang buruk bisa membuat seseorang terkena masalah pencernaan seperti sembelit dan juga diare. Kedua permasalahan ini bisa memicu terjadinya wasir pada seseorang.

Jika Anda sedang menderita wasir atau ambeien, maka perlu perhatian khusus pada pemilihan makanan. Agar wasir tidak semakin parah, dan bisa sembuh lebih cepat.

Makanan yang Baik untuk Penderita Ambeien

Saat Anda mengalami wasir, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan seratnya. Makanan berserat tinggi akan lebih mudah dicerna sehingga feses akan lebih lembut dan mudah dikeluarkan.

Idealnya tubuh orang berusia 18-50 tahun membutuhkan asupan 37-28 gram serat per hari. Jenis serat sendiri ada 2, yakni serat larut dan serat tidak larut. Selain konsumsi serat, Anda juga harus mengimbanginya dengan banyak minum air.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang baik saat ambeien:

Kacang-kacangan & Biji-bijian

Baik kacang dan biji-bijian memiliki kandungan serat larut dan tidak larut yang tinggi. Anda bisa mengonsumsi almond, kacang polong, kacang hijau, kacang hitam, oat, jagung, barley, dan lain-lain.

Selain biji-bijian utuh, Anda juga bisa mengonsumsi makanan olahan hasil biji-bijian seperti roti dan biskuit yang dibuat dari tepung gandum.

Buah-buahan

Buah seperti pir, apel, pisang, dan raspberry bisa Anda masukan ke dalam menu makanan untuk mengatasi wasir. Satu buah pir saja mengandung 6 gram serat. JIka mengonsumsi pir konsumsilah dengan kulitnya, karena kandungan serat yang tinggi ada di kulitnya.

Selain pir, pisang juga bisa jadi alternatif karena kandungan pektin di dalamnya mampu melancarkan BAB Anda. Selain pektin, pisang juga bisa mengandung pati resisten yang bisa menjadi makanan bakteri baik di dalam usus.

Kandungan pektin juga bisa Anda temukan dalam buah apel. Satu buah apel mampu menyumbang 5 gram serat. Kandungan pektinnya mampu memproduksi semacam gel dalam usus sehingga feses bisa diproses lebih lancar.

Satu lagi buah yang direkomendasikan untuk penderita ambeien adalah raspberry. Selain tinggi kandungan serat, raspberry juga mengandung air yang tinggi. Satu cangkir raspberry bisa Anda jadikan pilihan agar bisa BAB lancar tanpa kesakitan karena ambeien.

Sayur-sayuran

Baik buah maupun sayuran yang berwarna memiliki kandungan senyawa bernama flavonoid. Sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, bok choy, kubis, bayam, dan kangkung memiliki kandungan serat dan flavonoid yang tinggi.

Senyawa ini berperan untuk mengendalikan pendarahan pada benjolan wasir yang timbul. Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi sayuran yang tinggi kandungan airnya seperti timun, seledri, dan paprika.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Ambeien

Selain ada makanan yang aman pastinya ada juga pantangan makanan untuk Anda yang sedang ambeien. Sebaiknya hindari konsumsi makanan berikut agar ambeien Anda tidak semakin parah.

Makanan Mengandung Lemak Tinggi

Makanan yang melalui proses penggorengan, dan makanan yang lain yang mengandung lemak tinggi sebaiknya Anda hindari saat ambeien. Sistem pencernaan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna lemak.

Makanan berlemak ini justru membuat feses mengeras dan sulit dicerna. Jika sulit dikeluarkan maka bisa memberikan dorongan pada ambeien yang ada di anus.

Hindari konsumsi junk food, hati, daging, ikan, telur, ayam, maupun ikan yang melalui proses digoreng. Alternatifnya Anda bisa mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus.

Makanan Pedas

Jika Anda gemar sekali mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya libur dulu saat terkena ambeien. Makanan pedas bisa mengganggu kesehatan perut dan juga sistem pencernaan. Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cabai maupun lada.

Saat Anda mengonsumsi makanan pedas, risiko iritasi pada pembuluh darah di sekitar anus akan meningkat. Alhasil terjadilah bengkak dan peradangan yang bisa membuat ambeien datang kembali.

Makanan Rendah Serat

Saat ambeien hindari konsumsi makanan rendah serat seperti kentang, roti putih, susu, keju, makanan cepat saji, minuman bersoda, dan juga makanan yang mengandung tinggi garam.

Makanan rendah serat akan sulit dicerna oleh usus, akibatnya Anda akan mengalami sulit BAB. Kondisi sulit BAB biasanya mendorong seseorang untuk mengejan saat di toilet, dan ini justru bisa memperburuk ambeien.

Cara Mengatasi Ambeien Secara Alami

Selain mengubah pola makan, Anda juga bisa meredakan ambeien dengan cara alami. Salah satu yang direkomendasikan adalah mengonsumsi Clofen. Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien. Karena masuk ke dalam kategori obat alami jadi obat ini aman dikonsumsi tanpa resep dokter.

Facebook
Twitter
LinkedIn