Ambeien atau wasir adalah peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di bagian sekitar anus. 

Penyakit ambeien sering menyerang orang yang berumur 50 tahun ke atas. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak akan terjadi pada Anda yang masih berumur muda. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan munculnya ambeien. Umumnya, susah buang air besar (BAB) merupakan penyebab utama munculnya ambeien pada banyak orang.

Ambeien bukan penyakit menular dan tidak berbahaya. Namun, orang yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman dan dapat menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu.

Jika mengalami ambeien, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak cara menyembuhkan ambeien yang dapat Anda lakukan. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga tindakan medis untuk menghilangkan ambeien.

Apa saja? Berikut beberapa cara mengobati ambeien yang dapat Anda lakukan.

Mengobati Ambeien Dengan Bahan Alami

Bahan-bahan alami memiliki banyak kandungan zat yang dibutuhkan tubuh dan juga ampuh sebagai obat. 

Beberapa bahan ini sangat mudah didapatkan serta cukup mudah untuk menggunakannya. Ada bahan yang dijadikan obat oles dan ada juga bahan yang dikonsumsi untuk mengobati ambeien dari dalam.

Berikut beberapa jenis bahan alami yang terbukti ampuh untuk mengobati ambeien.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki kandungan astringent yang ampuh untuk menyusutkan pembuluh darah yang bengkak dan meredakan iritasi. 

Namun perlu Anda perhatikan, jenis sari cuka apel yang baik untuk mengobati ambeien adalah sari cuka apel yang alami. Tidak melewati proses penyaringan, tanpa bahan pengawet, dan tidak melewati proses pasteurisasi.

Cara mengobati wasir dengan menggunakan sari cuka apel ini ada dua. Yang pertama adalah dengan minum campuran sedikit sari cuka apel dengan air. Cara yang kedua adalah dengan membilas dan mengoleskan anus dan bagian ambeien dengan sari cuka apel.

Kulit Manggis

Kulit manggis dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi ambeien. Kulit manggis mengandung banyak xanthone yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh.

Senyawa turunan dari xanthone yaitu, alfa-mangistin dan gamma-mangostin terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan, salah satunya adalah peradangan yang disebabkan oleh ambeien.

Untuk mengatasi ambeien, keringkan kulit manggis kemudian rebus. Minum air rebusan kulit manggis yang sudah dikeringkan setiap hari. 

Selain dapat mengatasi ambeien, kulit manggis juga memiliki manfaat seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, dan anti-plasmodial.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan pencernaan. 

Dalam pepaya terdapat terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor.

Selain mengonsumsi buah pepaya, Anda juga dapat mengonsumsi obat alami yang dibuat dari ekstrak pepaya seperti Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Menyembuhkan Ambeien Lewat Tindakan Medis

doctors, performing, operation

Ketika ambeien sudah menjadi penyakit kronis, tindakan medis seperti operasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi penyakit ini.

Dokter akan menyarankan operasi ketika segala jenis pengobatan sudah tidak berhasil lagi. 

Operasi ambeien juga akan dilakukan ketika penderitanya mengalami rasa sakit yang luar biasa. Berbeda dengan jenis pengobatan lainnya yang membutuhkan waktu berhari-hari bahkan mingguan untuk menghilangkannya.

Setiap jenis ambeien membutuhkan jenis penanganan yang berbeda-beda, namun umumnya operasi ini dilakukan untuk memotong benjolan ambeien atau memotong aliran darah ke benjolan. 

  • Ligasi Pita Karet. Dilakukan untuk mengatasi ambeien internal. Pada proses ini, dokter akan mengikat pita karet pada area sekitar ambeien untuk memotong aliran darah. Benjolan pada ambeien akan terlepas dengan sendirinya jika tidak mendapatkan aliran darah sekitar satu minggu kemudian.
  • Skleroterapi. mengatasi ambeien dengan cara menyuntik benjolan penyebab ambeien. Suntikan ini mengandung cairan khusus yang membuat pembuluh darah di sekitar benjolan mati rasa. Setelah satu setengah bulan setelah tindakan, ukuran benjolan akan menyusut dan perlahan-lahan hilang.
  • Koagulasi Infrared. terapi yang dilakukan untuk mengatasi ambeien internal yang berukuran kecil dan sedang. Prosedur ini menggunakan sinar infra merah untuk memanaskan dan memotong aliran darah ke daerah ambeien. 

Cara Mencegah Ambeien Datang Kembali

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Ambeien adalah kondisi yang dapat Anda cegah dan hindari. Berikut merupakan cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari.

Selain dapat mencegah datangnya ambeien, melakukan hal di bawah ini dengan rutin memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

  • Konsumsi banyak serat. Tubuh membutuhkan serat sebanyak 25 hingga 30 gram per harinya. Salah satu manfaat serat bagi tubuh adalah untuk dapat melembutkan feses. 
  • Banyak minum air putih. Tubuh membutuhkan banyak asupan cairan. Selain untuk mencegah ambeien, banyak minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Jangan sering menunda BAB. Ketika Anda menunda perasaan BAB terlalu lama dapat menyebabkan feses kering sehingga akan sulit dikeluarkan.
  • Rajin olahraga. Konstipasi dan obesitas dapat menjadi pemicu ambeien. Olahraga adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama menyebabkan penumpukan darah pada area sekitar pembuluh darah darah di anus.
  • Batasi makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada usus dan dapat memicu masalah pencernaan seperti diare dan sembelit yang kemudian memicu timbulnya ambeien.
  • Bagi ibu hamil, tidur dengan posisi miring dapat mengurangi risiko penumpukan darah di area pembuluh darah sekitar anus.
  • Jaga kebersihan anus.