Apakah Anda adalah orang yang rajin membersihkan tubuh seperti mandi dan sikat gigi? Jika iya, seberapa sering Anda membersihkan mata Anda?

Mata adalah organ yang penting dan sangat sensitif. Sayangnya masih banyak orang yang kurang mempedulikan kebersihannya.

Kebanyakan orang hanya menjaga kesehatannya saja, namun belum terlalu sadar untuk menjaga kebersihannya. 

Menjaga kebersihan mata adalah bagian dari menjaga kesehatannya. Mencegah kotoran masuk, hingga mengatasi gejala-gejala penyakit ringan seperti iritasi, mata kering, hingga mata merah harus dilakukan secara baik dan benar. Jika tidak berhati-hati, membersihkan mata dapat menyebabkan masalah baru bagi kesehatan mata Anda.

Membersihkan mata dengan air yang tidak bersih, mengucek mata dengan tangan yang kotor, hingga membersihkan mata dengan kain atau kapas yang kotor seringkali menjadi pemicu masalah bagi kesehatan mata yang sering dialami oleh banyak orang. 

Lalu, bagaimana cara membersihkan mata kotor dengan benar?
Berikut penjelasannya.

Cara Membersihkan Mata

Mata memiliki kemampuan untuk membersihkan organnya sendiri. Cara membersihkan mata secara alami ini dilakukan oleh mata dengan menggunakan air mata. Ketika berkedip mata akan mengeluarkan cairan untuk menjaga agar mata tidak kering dan juga mengeluarkan kotoran yang masuk ke dalam mata.

Namun selain dengan menggunakan air mata alami, membersihkan mata juga dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa produk pembersih mata. Jenis produk ini dapat digunakan untuk membantu proses membersihkan mata. 

Ketika mata berdebu, mata kering akibat terlalu lama menatap layar monitor, atau mata iritasi karena polusi dan debu, menggunakan cairan pembersih mata dapat mempercepat mata untuk pulih.

Langkah-langkah Membersihkan Mata

Mata adalah organ yang sensitif dan penting, maka kita harus berhati-hati dalam membersihkannya. Secara sederhana, ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan mata:

Langkah pertama adalah cuci tangan kita dengan sabun hingga bersih. Jika anda menggunakan lensa kontak maka pastikan untuk melepaskannya terlebih dahulu.

Setelah itu kita bisa membersihkan mata dengan cara mengalirkan air ke dalam mata secara perlahan dengan cara meneteskannya.

Jika terasa sulit kita bisa menggunakan alat bantu berupa eye bath cup. Eye bath cup seperti cawan kecil yang ukuran dan bentuknya sudah disesuaikan dengan mata.

Isi eye bath cup dengan air bersih, lalu tundukkan kepala dan arahkan eye bath cup ke mata. Setelah mata terendam lakukan gerakan buka dan tutup mata secara berulang hingga kotoran keluar dari mata.

Perlu diperhatikan jika Anda sebaiknya tidak menggunakan air mentah atau air keran. Mata adalah organ tubuh yang sensitif dan air mentah atau air keran kemungkinan besar tidak bersih dan memiliki banyak bakteri. 

Selain itu, air memiliki pH yang berbeda dengan air mata. Jika menggunakan air yang tidak tepat dapat membuat mata Anda menjadi kering atau bahkan dapat menyebabkan iritasi pada mata. 

Ketika Anda membersihkan mata menggunakan air yang tidak bersih, risiko kotoran dalam air masuk ke mata sangat besar. Gunakan air untuk membersihkan mata ketika darurat saja. 

Sebaiknya Anda membersihkan mata dengan menggunakan cairan yang dibuat khusus untuk mata. Cairan pembersih mata juga bisa meredakan gejala-gejala gangguan mata mulai dari mata merah, gatal, dan perih.

Jika ingin menggunakan cairan pembersih mata, maka gunakan produk yang mengandung witch hazel. Kandungan ini mampu meredakan peradangan dan juga iritasi, jadi mata akan terasa lebih segar, sejuk, dan bisa bekerja dengan baik kembali.

Salah satu produk mengandung witch hazel yang bisa anda temukan dengan mudah adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah produk pencuci mata yang aman dan dapat digunakan untuk membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit, meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara berdebu dan berasap, serta menyegarkan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.

Cara Menggunakan Y-Rins Untuk Membersihkan Mata

Anda dapat menggunakan Y-Rins ketika mata Anda mengalami gangguan seperti mata lelah, lelah, iritasi, kering, atau lama terpapar polusi dan sinar matahari. Selain membersihkan mata, Y-Rins pun berfungsi untuk mengembalikan kesegaran mata. Berikut cara menggunakan Y-Rins:

  1. Bersihkan eyebath (mangkuk/wadah untuk larutan pencuci mata Y-Rins) sebelum digunakan.
  2. Apabila kelopak mata kurang bersih, misalnya ada sisa-sisa make-up, bersihkan terlebih dahulu sehingga mata, kelopak mata, dan bulu mata sudah bebas kosmetik saat menggunakan Y-Rins.
  3. Isi wadah eyebath dengan larutan Y-Rins.
  4. Tundukkan kepala sedikit ke depan, sentuhkan eyebath ke sekeliling kelopak mata. Jaga agar kelopak mata tetap terbuka agar larutan pembersih dapat mengalir bebas di seluruh permukaan mata maupun di bawah kelopak mata.
  5. Posisi kepala tetap menunduk ke depan, goyangkan kepala ke kiri dan kanan sehingga larutan dapat tersebar ke seluruh permukaan mata dan efek pembersihan menjadi lebih sempurna. Lakukan kurang lebih selama 30 detik.
  6. Setelah selesai membersihkan mata, lepaskan wadah eyebath dari kelopak mata, tutup mata sebentar, lalu bersihkan sisa larutan dengan tisu bersih.
  7. Buang larutan Y-Rins di dalam eyebath setelah pemakaian dan bersihkan kembali eyebath sebelum disimpan.