Darah menjadi salah satu komponen terpenting dalam tubuh. Mengingat darah punya peran besar dalam mengalirkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh, tentu ketika organ yang satu ini mengalami masalah, itu akan membahayakan tubuh.

Berikut ini berbagai kelainan darah yang sering terjadi dan patut Anda waspadai.

Kelainan Darah

Darah kita tersusun dari empat komponen utama, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), plasma darah, dan trombosit (keping darah).

Keempat komponen tersebut terbentuk dalam tulang sumsum yang merupakan jaringan lunak di dalam tulang. Keempat komponen dari darah tersebut bisa mengalami masalah yang mempengaruhi tugas dan fungsinya. 

Seperti sel darah merah yang punya tugas dan fungsi sebagai membawa oksigen menuju organ dan jaringan tubuh, sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi, sedangkan trombosit berguna membantu dalam pembekuan darah.

Lalu plasma darah berguna untuk mengangkut glukosa, vitamin, kolesterol, asam amino, plasma darah terbentuk dari air, garam, dan protein.

Berbagai Macam Kelainan Darah

Thalasemia

Penyakit kelainan darah yang satu ini merupakan penyakit keturunan. Penderita thalasemia mengalami penurunan  jumlah hemoglobin. Hemoglobin sendiri punya manfaat dalam tubuh sebagai pembantu pengangkut oksigen yang dibantu oleh sel darah merah.

Jika di dalam darah kadar hemoglobin rendah, fungsi organ akan mengalami penurunan. 

Penderita juga akan mengalami gangguan pada bentuk tulang yang berubah, limfa yang membesar, masalah pada kesehatan jantung, pada bayi dan anak-anak akan mengalami masalah pertumbuhan.

Leukimia

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi sama penyakit kelainan darah yang satu ini, leukimia. Leukimia sendiri adalah jenis kanker darah yang terjadi karena sel darah putih menjadi tidak normal dan berkembang biak secara tidak terkendali di dalam sumsum tulang. 

Leukimia dibedakan menjadi dua yaitu kronis dan akut, tergantung dari seberapa cepat perkembangannya serta sel darah putih yang diserang.

Multiple Myeloma

Kelainan darah yang satu ini adalah salah satu jenis kanker yang terjadi karena sel plasma menjadi ganas dan berkembang secara tidak terkendali. Hal ini menjadikan penderita multiple myeloma mempunyai antibodi yang lemah dan mudah terkena infeksi. 

Hemofilia

Penyakit ini adalah salah satu penyakit keturunan yang membuat si penderita tidak bisa berhenti mengalami pendarahan ketika mengalami luka. Darah menjadi sulit membeku,

Hemofilia lebih banyak menyerang pria, dan menyebabkan penderita mengalami kegagalan organ hingga kematian.

Anemia

Anemia terjadi karena rendahnya sel darah merah dalam tubuh. Akibatnya, suplai oksigen yang dibutuhkan tidak sebanyak dan sekaya pada tubuh normal. Tidak heran jika penderita anemia mudah sekali lelah, lesu, tidak bertenaga, 

Anemia punya beragam jenis, yaitu:

  • Anemia defisiensi besi
  • Anemia pernisiosa (defisiensi vitamin B12)
  • Anemia karena penyakit kronis
  • Anemia hemolitik autoimun
  • Anemia aplastik
  • Anemia megaloblastik
  • Anemia sel sabit

Polisitemia Vera

Kondisi kelainan darah ini terjadi ketika sel darah merah yang diproduksi pada tulang sumsum belakang terlalu banyak. Produksi sel darah merah berlebih menyebabkan darah membeku dan menghambat aliran darah. 

Kondisi seperti ini bisa menyebabkan stroke atau infark miokard (arteri jantung).

Lymphoma

Lymphoma adalah penyakit kanker darah yang bekerja pada sistem limfatik tubuh. Kelainan ini terjadi karena sel darah putih yang dihasilkan tidak bisa terkontrol lagi. 

Malaria

Penyakit ini dialami karena parasit yang dibawa dari nyamuk Anopheles. Parasit tersebut akan masuk dalam darah kemudian akan menyerah sel darah merah dan merusak sel darah tersebut. 

Setelah terinfeksi, biasanya Anda akan merasakan gejala demam, tinggi hingga menggigil. Kondisi seperti ini akan terjadi selama 2-3 hari. Apabila tidak ada penanganan atau pemberian obat, infeksi dapat mengakibatkan kerusakan organ.  

Menjaga Kesehatan Darah

Semua kelainan darah butuh penanganan yang berbeda-beda, sesuai dengan jenis dan tingkat kondisinya sendiri. Tentu Anda tidak ingin mengalami kelainan darah, untuk itu sangat penting untuk Anda menjaga kesehatan, cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Usahakan untuk rutin berolahraga. Olahraga rutin akan membuat tekanan darah normal. Selain itu juga, oksigen dalam tubuh dengan mudah berganti.
  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat, makanan jenis ini akan menurunkan kadar LDL yang memicu tingginya kolesterol. Selain itu, konsumsi juga makanan yang banyak mengandung zat besi, ini sangat baik untuk Anda yang menderita anemia.
  • Mengonsumsi air yang cukup agar tubuh selalu terhidrasi.

Nah, itu tadi beberapa kelainan darah dan bagaimana cara menjaga agar kesehatan darah terjaga. Salah satu yang bisa terjadi pada darah adalah memar karena terkena benda tumpul. Memar terjadi karena pecahnya pembuluh darah dapat diatasi dengan mengoleskan salep yang mengandung heparin.

Tapi Anda harus berhati-hati karena tidak semua heparin itu halal. Jika Anda ingin salep yang mengandung heparin halal, Thromboflash bisa jadi pilihan Anda. Selain mengandung heparin halal, Thromboflash juga terbukti dapat mempercepat proses penyembuhan. Untuk mendapatkan Thromboflash juga mudah karena tidak membutuhkan resep dokter. 

Facebook
Twitter
LinkedIn