Lensa kontak menjadi alternatif alat membantu penglihatan selain kacamata. Lensa kontak atau softlens kerap dipilih karena praktis dan tak mengganggu penampilan.

Namun karena pemakaian softlens langsung menempel dengan bola mata, perlu perhatian ekstra saat menggunakannya.

Penggunaan lensa kontak yang kurang baik dapat mengakibatkan berbagai permasalahan pada mata. Mulai dari iritasi, mata berair, penglihatan yang menjadi buram, hingga kebutaan. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus Anda hindari.

Kebiasaan Buruk Saat Pakai Softlens yang Bisa Merusak Mata

Jika Anda tidak ingin mengalami berbagai masalah mata akibat penggunaan lensa kontak, maka sebaiknya Anda harus menghindari beberapa kebiasaan buruk saat pakai softlens berikut ini. Jika Anda secara tak sadar sudah melakukannya, maka segera hentikan!

Mengabaikan Kebersihan Tangan

Apakah Anda selalu memasang dan melepas softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu? Jika iya,maka sebaiknya jangan pernah lakukan kebiasaan buruk ini. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi sumber kotoran, minyak, bahkan bakteri.

Jika Anda menyentuh softlens tanpa cuci tangan, maka kesempatan bakteri dan kotoran berpindah dari tangan ke mata akan terjadi. Hal ini bisa mendorong terjadinya iritasi mata dan rasa yang tidak nyaman. Jadi jangan lupa untuk selalu cuci tangan ya.

Membersihkan Softlens dengan Air Kran

Softlens harus selalu dibersihkan dengan larutan khusus yang steril. Jangan pernah membersihkan softlens dengan air biasa atau air kran. Air kran tidak terjamin kebersihan dan kesterilannya.

Bisa saja di sana terkandung banyak kuman dan bakteri yang bisa mengiritasi mata Anda. Tak kalah penting juga selalu perhatikan tanggal kadaluarsa dari larutan pembersih softlens yang Anda gunakan.

Menggunakan Softlens yang Rusak atau Kadaluarsa

Mungkin Anda juga punya kebiasaan ini, tetap menggunakan satu softlens yang masih nyaman ketika digunakan meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsa. Softlens yang kadaluarsa bisa menjadi sumber masalah pada penglihatan Anda.

Mulai dari mata merah, iritasi, dan gatal-gatal. Hal ini karena softlens tidak didesain untuk digunakan dalam waktu lama. Umumnya ada yang bertahan 3 bulan dan 6 bulan. Ketika Anda membeli softlens baru selalu perhatikan batas pemakaiannya.

Menggunakan Softlens Saat Tidur

Lelah beraktivitas seharian mungkin membuat Anda lupa atau malas membersihkan wajah dan melepas softlens. Namun, Anda harus menghindari kebiasaan buruk yang satu ini karena bisa berdampak pada penglihatan Anda.

Softlens yang menempel pada bola mata semalaman membuat suplai oksigen ke mata terhambat. Hal ini akan mengganggu kinerja pembuluh mata dan bahkan softlens bisa masuk ke bagian atas bola mata Anda.

Jarang Mengganti Wadah Penyimpanan Softlens

Selain softlens, wadah penyimpanannya juga harus rutin diganti setelah beberapa bulan pemakaian. Menggunakan wadah yang sama dalam waktu yang lama bisa membuat wadah tersebut menjadi sarang bakteri. 

Selain rutin menggantinya, Anda juga harus membersihkannya secara rutin dengan larutan khusus untuk menjaga kesterilannya. Bersihkan wadah penyimpanan tiap kali akan meletakkan softlens ke dalamnya.

Menggunakan Larutan Pembersih yang Terlalu Lama

Kebiasaan buruk yang juga harus Anda hindari adalah menggunakan larutan pembersih yang sudah terbuka dalam waktu lama. Sama seperti softlens, larutan pembersih ini juga punya batas pemakaian yang baik.

Anda disarankan untuk mengganti larutan pembersih setelah 6 bulan kemasan tersebut dibuka. Hal ini untuk memastikan larutan yang Anda gunakan masih memiliki kualitas yang baik dalam membersihkan softlens dan kotak penyimpanan Anda.

Dampak Kebiasaan Buruk Saat Pakai Softlens dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan yang buruk dalam menggunakan softlens pastinya akan memberikan dampak negatif pada kesehatan mata. Mulai dari iritasi, mata merah atau konjungtivitis, mata kering, alergi, perubahan bentuk bola mata, penglihatan buram, hingga kebutaan.

Oleh karena itu selain menghindari kebiasaan buruk saat pakai softlens tadi, Anda juga harus sering membersihkan mata Anda. Gunakan cairan khusus yang mengandung witch hazel. Kandungan ini mampu menyegarkan mata yang lelah dan iritasi.

Kandungan witch hazel ini aman digunakan setiap hari karena terbuat dari ekstrak tanaman alami. Anda bisa menemukan kandungan ini pada Y-Rins. Y-Rins adalah obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Selain bersihkan mata dari kotoran seperti debu dan asap, Y-Rins juga bisa bersihkan mata dari kotoran berbahan kimia. Cocok bagi Anda yang sering menggunakan softlens, di mana softlens tersebut juga kerap dibersihkan dengan cairan khusus berbahan kimia.