Mata menjadi salah satu organ yang sangat penting dan vital bagi manusia. Seperti kita ketahui mata bekerja dengan keras sebagai indera penglihatan sejak pagi membuka mata hingga malam menjelang tidur.

Belum lagi dengan berbagai paparan dari luar seperti debu dan kotoran, bisa membuat mata terganggu kinerjanya dan berdampak pada kesehatan mata.

Tak hanya paparan dari luar, terkadang ada beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari bisa membuat kesehatan mata kita semakin buruk.

Entah karena padatnya aktivitas sehari-hari hingga lupa dengan kesehatan mata, sebaiknya Anda mulai menghindari atau jangan pernah lakukan beberapa hal ini agar mata tetap sehat.

Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Sehari-harinya, kebanyakan dari Anda tidak dapat luput dari menatap layar gadget selama berjam-jam.

Apalagi Anda yang bekerja di depan layar komputer. Semua pekerjaan dilakukan di depan layar gadget, dan membuat mata bekerja lebih keras lagi.

Sinar biru yang dihasilkan dari layar gadget bisa menyebabkan degenerasi makula pada retina mata. Akibat terburuk dari hal ini adalah kebutaan.

Jangan biarkan mata terus-terusan menatap layar gadget tanpa istirahat. Sebaiknya selalu berikan waktu bagi mata beristirahat, contohnya dengan aturan 20-20-20. Setiap 20 menit sekali, arahkan mata ke pandangan yang jauh kurang lebih 20 meter, selama 20 detik.

Kebiasaan Membaca yang Buruk

Anda gemar membaca dengan posisi berbaring atau telungkup? Sebaiknya mulai kurangi kebiasaan buruk ini karena bisa merusak kesehatan mata.

Posisi membaca yang terlalu dekat dengan posisi ini bisa menyebabkan otot-otot mata menyesuaikan diri dengan kontraksi lebih dan membuatnya bekerja lebih ekstra. 

Jika kebiasaan ini dibiarkan lama, akan mengalami kelelahan dan penurunan performa. Sebaiknya selalu membaca dengan posisi duduk, berdiri tegak, atau bersandar. Posisi, jarak antara objek dan mata minimal 40 cm.

Selain posisi membaca, kondisi cahaya di ruangan Anda membaca juga berpengaruh. Jangan membaca di ruangan yang redup atau gelap karena bisa membuat mata tegang dan berujung kering. Mata kering ini sangat rentan dengan iritasi.

Membiarkan Mata Terkena Sinar UV

Jika Anda kerap melakukan kegiatan di luar ruangan sebaiknya selalu persiapkan kacamata hitam yang mampu menangkal sinar UV dari matahari. Apalagi ketika cuaca sedang sangat terik.

Kacamata hitam ini bukan soal gaya-gayaan melainkan demi kesehatan mata Anda.

Tahukah Anda jika 20% kasus katarak yang menyebabkan kekeruhan lensa mata dan penglihatan kabur, disebabkan karena paparan sinar UV?

Sebaiknya cari kacamata hitam yang mampu menangkal 99-100 persen sinar UV baik UV A maupun UV B.

Mengucek Mata

Kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan infeksi pada mata. Saat kotoran masuk ke dalam mata, tangan biasanya reflek mengucek. Padahal melakukan ini justru bisa memperdalam kotoran masuk ke mata.

Selain itu, tangan yang kita pakai untuk mengucek juga belum tentu bersih. Bisa saja kuman dan bakteri yang ada di tangan akan berpindah ke mata. Akibat yang paling sederhana dari kebiasaan ini adalah iritasi mata yang ditandai dengan gatal, rasa mengganjal atau dan mata yang merah.

Jika ada kotoran yang masuk ke dalam mata sebaiknya gunakan cairan pembersih mata, utamanya yang mengandung witch hazel.

Kandungan ini mampu membersihkan sekaligus menjaga kesehatan mata dari paparan benda asing. Salah satu produk pencuci mata yang aman dan mengandung witch hazel adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pembersih mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Tidak Berhati-hati Menggunakan Lensa Kontak

Lensa kontak biasanya digunakan untuk mempercantik penampilan, ada juga yang membantu fungsi penglihatan karena mata minus. Dalam menggunakan lensa kontak ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menimbulkan kerusakan pada mata.

  • Hindari menggunakan lensa kontak saat mandi dan berenang.
  • Selalu bersihkan lensa kontak dengan cairan khusus yang steril.
  • Saat tidur jangan lupa lepas lensa kontak.
  • Jangan simpan lensa kontak di sembarang tempat, selalu taruh di wadah khusus yang bersih dan steril.
  • Ganti wadah penyimpanan lensa kontak setelah melebihi 3 bulan.

Merokok

Merokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan pernafasan, melainkan ke organ lain salah satunya mata. Ternyata mata orang yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena gangguan mata seperti katarak, kerusakan saraf mata, dan degenerasi makula.

Membiarkan Mata Merah

Saat mata mulai menunjukkan beberapa gejala yang membuat tidak nyaman seperti memerah, berair, rasa mengganjal, sensitif terhadap cahaya, Anda harus mulai waspada.

Bisa saja ini disebabkan alergi atau infeksi yang bisa merusak kesehatan mata. Maka dari itu saat mengalami gejala tersebut segera hubungi dokter atau ahli medis untuk mendapat penanganan tepat.

Selain tujuh kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan mata di atas, anda juga harus melakukan pengecekan mata secara rutin ke dokter mata.

Apalagi jika di keluarga Anda memiliki riwayat penyakit mata, diabetes (retinopati diabetik), ataupun penyakit lain yang bisa menjurus pada kesehatan mata.

Dengan mengetahui riwayat kesehatan mata di keluarga Anda, maka bisa dilakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Karena ada beberapa penyakit mata yang secara genetik menurun, seperti degenerasi makula dan glaukoma.

Facebook
Twitter
LinkedIn