Kutil atau Verruca Vulgaris adalah pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV). Kondisi ini merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat.

Kutil bukan penyakit yang berbahaya dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya. Tapi  kondisi kulit ini sering membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. 

Jenis kutil dapat dibedakan dari bentuk dan lokasi tumbuh kutil. Apa saja? Berikut beberapa jenis kutil dilihat dari tempat tumbuhnya. 

Kutil Pada Bagian Kaki dan Tangan

Kutil yang tumbuh pada bagian kaki dan tangan adalah jenis kutil yang paling banyak dialami oleh manusia. Jenis kutil ini disebut dengan istilah verruca vulgaris. Biasanya kutil ini tidak menyebabkan nyeri, namun jika sering terkena benturan atau gesekan yang keras, dapat menimbulkan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman.

Bentuk kutil ini bulat dengan permukaan kulit yang kasar. Pada bagian tengah kutil terdapat titik hitam yang merupakan gumpalan sel darah. Kutil ini umumnya membutuhkan waktu dua hingga enam bulan untuk tumbuh.

Kutil Pipih di Leher

Kutil yang tumbuh pada bagian leher sering disebut kutil pipih atau kutil pesawat. Berbeda dengan bentuk kutil lain yang menonjol, kutil datar memiliki bentuk bulat, datar, dan halus sehingga sulit diliht dengan kasat mata. Kutil pipih memiliki warna yang mirip dengan warna kulit dengan sedikit campuran warna kuning kecokelatan.

Kutil ini tumbuh berkelompok yang memiliki kutil sekitar 20 hingga 100 buah. Anak-anak dan remaja merupakan golongan umur yang paling sering terkena kutil ini. Dibandingkan jenis kutil lainnya, kutil ini adalah jenis kutil yang paling mudah untuk hilang dengan sendirinya.

Kutil Pada Wajah

Kutil yang tumbuh pada bagian wajah seperti bagian kelopak mata, hidung, atau leher sering disebut kutil filiformis. Kutil ini memiliki bentuk yang menyerupai bintil daging tumbuh yang memiliki warna serupa dengan kulit dengan bentuk pipih dan biasanya memiliki panjang sekitar 1 hingga 2 milimeter.

Kutil ini tidak berbahaya namun terkadang area tumbuhnya kutil ini menyebabkan rasa yang kurang nyaman serta dapat mengurangi rasa percaya diri orang yang mengalaminya.

Kutil di Bawah Kuku Tangan dan Kaki

Kutil peringual adalah jenis kutil yang tumbuh di bawah kuku tangan dan kaki. Pada pertumbuhan awal, kutil ini tidak dapat terlihat dengan kasat mata karena memiliki warna yang transparan dan halus. Ketika tumbuh, kutil ini akan mulai terlihat karena ukurannya yang semakin membesar dan memiliki permukaan kulit yang kasar.

Jika tidak segera diatasi, kutil ini mampu memengaruhi pertumbuhan kuku dan dapat menyebabkan rasa sakit. Pada beberapa kasus, area kutil peringual yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan infeksi jamur pada bagian kaki dan tangan. Sehingga dibutuhkan penanganan yang lebih serius.

Kutil Pada Telapak Kaki

Kutil plantar adalah kutil paling sering ditemukan pada bagian telapak kaki. Awalnya, kutil ini berbentuk seperti luka lecet yang meradang dan akan berubah menjadi kutil.

Berbeda dengan jenis kutil lainnya yang akan menonjol keluar dari permukaan kulit, kutil plantar tumbuh ke dalam dan memiliki lubang di tengahnya. Lubang ini biasanya akan memiliki warna merah gelap yang diakibatkan oleh penggumpalan pembuluh darah.

Hal ini disebabkan karena tempat tumbuhnya kutil ini di bagian permukaan kaki yang sering terkena tekanan ketika berjalan. Karena sering terkena tekanan, kutil ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan dapat menyebabkan rasa nyeri.

Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit kulit pada kelamin yang berbentuk bejolan kecil di sekitar kelamin Anda. Kutil ini sangat mudah menyebar dan menular lewat hubungan seksual.

Awal pertumbuhan kutil ini sulit terdeteksi karena tidak terlihat oleh kasat mata. Semakin lama, kutil ini akan mulai terasa lewat sentuhan. Kutil ini dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri, hingga berdara ketika Anda melakukan hubungan seksual.

Kutil kelamin harus segera ditangani karena pada wanita virus HPV penyebab kutil dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Cara Menghilangkan Kutil

Beberapa jenis kutil tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi ketika kutil membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri, Anda dapat mengobatinya. Ada berbagai cara menghilangkan kutil

Salah satunya adalah dengan menggunakan obat oles yang mengandung asam salisilat.

Asam salisilat merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Zat ini dapat dengan mudah Anda temukan di toko obat terdekat atau apotek. Salah satunya yang paling ampuh mengatasi kutil adalah Callusol.

Callusol adalah obat kutil yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat. Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Facebook
Twitter
LinkedIn