Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id Tue, 12 Nov 2019 13:00:22 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.7 https://otc-fahrenheit.co.id/wp-content/uploads/2019/05/cropped-logo-fahrenheit-ular-32x32.png Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id 32 32 11 Tips Berpakaian buat Kamu yang Nggak Pede dengan Bentuk Badanmu https://otc-fahrenheit.co.id/baju-orang-gemuk/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=baju-orang-gemuk Tue, 12 Nov 2019 13:00:22 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2220 Nggak pede dengan bentuk badan Anda? Jangan khawatir, 11 tips ini dapat Anda lakukan untuk menyiasati agar tubuh terlihat langsing.

The post 11 Tips Berpakaian buat Kamu yang Nggak Pede dengan Bentuk Badanmu appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Mungkin Anda pernah merasa kurang percaya diri dalam berpakaian karena merasa bentuk badan yang kurang ideal. Hal ini wajar dirasakan oleh setiap orang, karena pada dasarnya setiap manusia ingin tampil lebih menarik.

Berbagai cara dilakukan demi mendapat tubuh ideal, mulai dari melakukan diet, olahraga rutin. Namun upaya tersebut pastinya tidak dapat terlihat dalam satu atau dua malam saja.

Jika Anda berbadan kurang ideal dan tak percaya diri dalam berpakaian, sebenarnya ada alternatif yang patut untuk dicoba, yakni menggunakan tips fashion yang dapat kamu coba.

Menggunakan busana yang tepat dapat memberikan efek yang lebih kurus pada tubuh dan dapat membuat Anda lebih menarik.

Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Langsing

Bagi Anda yang belum mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih busana yang tepat. Sebelum Anda mencapai bentuk tubuh yang diidamkan, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut ini.

Memilih Pakaian Dalam yang Pas

Sebelum memilih pakaian yang tepat untuk dipakai, Anda perlu memilih pakaian dalam yang tepat sebagai pondasi dan menunjang penampilan Anda. 

Bra yang Tepat

Kenakan bra yang ukurannya pas dan mampu menopang dada Anda secara maksimal. Dengan begitu siluet yang tercipta akan lebih bagus. Penggunaan bra dengan ukuran yang salah akan membuat garis potong menempel pada kulit dan menyebabkan payudara keluar dari bagian atas bra.

Celana Dalam dengan Ukuran yang Pas

Menggunakan celana dalam yang terlalu kecil dapat memunculkan tonjolan dan garis celana dalam alias “nyeplak” pada celana atau luaran yang Anda pakai.

Menggunakan Body Slimming

Selain menggunakan bra dan celana dalam yang pas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pakaian dalam yang mampu membentuk tubuh lebih ramping alias body slimming.

Menggunakan body slimming dapat membentuk tubuh Anda jadi lebih indah dan mampu menutup bagian perut, paha, dada, lengan, serta bokong dan mencegah bagian-bagian tersebut berguncang terlalu banyak.

Gunakan Stoking Nilon dengan Control Top

Stoking model control top dapat membuat bagian tengah tubuh Anda tetap rata. Penggunaan stoking jenis ini sangat tepat jika Anda menggunakan rok atau gaun karena tampilan Anda jadi terlihat lebih mulus.

Memilih Warna yang Tepat

Selama ini Anda pasti familiar dengan tips berpakaian yang menyatakan bahwa warna hitam mampu membuat tubuh terlihat lebih kurus. Hal ini tidak salah, karena warna yang cenderung gelap tidak akan memantulkan cahaya yang diterima.

Sehingga tidak timbul bayangan yang menjadikan ilusi tubuh jadi lebih lebar.

Namun itu bukan berarti Anda harus selalu menggunakan pakaian berwarna gelap. Anda bisa bereksperimen dengan warna yang lebih terang seperti merah. Merah memiliki kesan yang lebih seksi, berani, dan percaya diri.

Model dan Ukuran Pakaian yang Pas

Hindari menggunakan pakaian yang longgar di tubuh, pilihlah pakaian yang pas di badan. Pakaian yang terlalu lebar justru akan membuat Anda terlihat lebih gemuk. Sebaliknya, jika Anda menggunakan pakaian ketat justru menampakkan lekuk tubuh Anda yang berlebih.

Motif Baju

Pilihlah baju dengan motif vertikal, jangan horizontal. Perhatikan juga detail motif yang Anda pilih. Sebaiknya pilih motif garis vertikal dengan diameter yang kecil yang bisa menampakkan kesan lebih tinggi. 

Anda juga bisa memadu padankan dengan motif lain seperti bunga. Namun kembali lagi, jika ingin menggunakan pakaian bermotif, pilihnya yang diameternya lebih kecil. Agar Anda terlihat lebih langsing.

Gunakanan Kerah atau Potongan Leher yang Tepat

Badan gemuk terlihat melebar ke samping, oleh karena itu pilihlah potongan leher yang tepat. Agar terlihat lebih kurus, pilihlah potongan leher atau kerah berbentuk V alias v-neck.

Anda harus menghindari pakaian dengan model garis leher horizontal seperti crew neck dan boat neck karena dapat membuat bahu dan payudara Anda terlihat lebih besar.

Kaos v-neck, sweater, cardigan, dan baju dengan garis leher vertikal mampu menarik perhatian mata ke bagian atas dan bawah, menghasilkan elongasi dan mempersempit bagian dada Anda.

Jeans Hipster Cut

Jeans dengan model hipster cut memiliki bagian atas yang mampu menutupi bagian perut. Berbeda halnya dengan jeans dengan full cut yang justru membuat perut terjepit dan terlihat gemuk di bagian atas.

Jeans hipster cut jadi solusi untuk Anda yang memiliki lipatan perut dan pinggul yang lebar. Selain itu Anda juga harus menghindari stretch jeans dan jeans dengan bagian bawah yang memiliki potongan lebar.

Gemar Pakai Rok, Pilih Model A-line

Bagi Anda yang lebih suka menggunakan rok ketimbang celana, pilihlah rok dengan model A-line dengan panjang selutut. Rok model A-line memiliki ukuran yang pas di bagian pinggul dan paha atas, lalu melebar ke arah lutut.

Sehingga akan menimbulkan kesan yang seimbang dan berpadu dengan kaki Anda.

Menggunakan Luaran (Outer)

Anda juga bisa memadu padankan outer sebagai alternatif berpakaian. Long cardigan bisa Anda pilih karena mampu menutupi bagian paha dan betis Anda yang besar.

Sehingga tubuh terlihat lebih kurus dan langsing. Namun perhatikan juga ukurannya ya, pilihlah cardigan yang ukurannya pas jangan yang terlalu lebar.

Memilih Sepatu yang Tepat

Sepatu model high heels maupun sepatu platform dapat membantu untuk menunjang penampilan Anda agar terlihat lebih tinggi dan ramping. Pilihlah heels dengan tipis dengan tinggi 5 cm atau lebih agar kaki tampak lebih panjang.

Hindari sepatu yang berbentuk persegi, jadi carilah sepatu dengan ujung yang lancip dan memiliki vamp lebih rendah. Vamp merupakan bagian yang menutup jari kaki Anda.

Ini yang Perlu Kamu Lakukan Jika Ingin Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal

Tips di atas tadi bisa dilakukan ketika Anda ingin menutupi bagian tubuh yang menurut Anda terlalu besar atau kecil. Namun, hal tersebut bukan cara yang terbaik. 

Bagi Anda yang merasa ingin menurunkan berat badan, cara yang terbaik adalah dengan membakar lemak dan kalori yang berlebih di dalam tubuh. 

Selain dengan diet dan olahraga, membakar lemak dapat Anda lakukan sehari-hari melalui aktivitas rutin yang Anda lakukan. 

Dengan mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner), proses pembakaran lemak di dalam tubuh akan lebih efektif ketika Anda beraktivitas sehari-hari. Salah satu suplemen yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy.

Slendy adalah suplemen pembakar lemak (fat burner)yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Sebelum beraktivitas seperti berjalan kaki atau berolahraga, dengan mengonsumsi Slendy, Anda dapat membakar lemak lebih cepat dan efektif.

Slendy merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang ingin mengurangi lemak di dalam tubuh dan memiliki bentuk tubuh yang ideal namun tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga.

The post 11 Tips Berpakaian buat Kamu yang Nggak Pede dengan Bentuk Badanmu appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Cara Memutihkan Mata Kuning dengan Aman https://otc-fahrenheit.co.id/cara-memutihkan-mata/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-memutihkan-mata Tue, 12 Nov 2019 04:00:14 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2227 Mata terlihat kusam dan kekuningan? Jangan khawatir, Anda dapat membuat mata kembali putih dan bersinar dengan beberapa cara berikut ini.

The post Cara Memutihkan Mata Kuning dengan Aman appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Normalnya bagian mata kita terdiri dari kornea yang berwarna hitam maupun kecoklatan dan juga bagian lain yang berwarna putih. Akan tetapi, berbagai gangguan ternyata dapat membuat perubahan warna pada mata kita.

Salah satunya adalah bagian putih yang tiba-tiba menguning. Selain membuat tidak nyaman, kondisi ini juga bisa jadi indikator beberapa penyakit yang berbahaya.

Tak hanya perubahan warna, terkadang mata yang menguning ini juga diikuti gejala lain seperti penglihatan yang menjadi buram dan rasa perih.

Penyebab Mata Kuning

Perubahan warna mata menjadi kekuningan bisa disebabkan karena banyak faktor. Pertama karena adanya masalah kesehatan. Mata yang menguning erat kaitannya dengan permasalahan dengan organ seperti kantong empedu, pankreas, atau hati.

Permasalahan pada organ-organ tersebut dapat memicu tingginya zat bilirubin pada peredaran darah. Bilirubin sendiri merupakan  zat sisa hasil pemecahan sel darah merah yang berwarna kuning.

Selain masalah kesehatan, bagian putih mata juga bisa menguning akibat kebiasaan kita yang buruk. Seperti kurang tidur, menghabiskan banyak waktu memandang layar gadget, paparan lingkungan yang berasap dan berdebu, dan kurangnya asupan nutrisi.

Cara Memutihkan Mata yang Kekuningan

Jika Anda mengalami mata kuning akibat faktor kesehatan, maka cara terbaik adalah dengan mengikuti saran dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami permasalahan mata kuning segera hubungi dokter untuk memastikan apa penyebab dari kondisi yang Anda alami.

Jika memang mata kuning yang Anda alami bukan karena adanya masalah kesehatan, maka Anda bisa mencoba beberapa tips perawatan di rumah agar mata bisa kembali putih dan jernih.

Berikut tips cara memutihkan mata yang kuning di rumah:

Gunakan Cairan Pembersih Mata

Obat mata dalam bentuk cairan dalam membantu memberikan kelembaban sekaligus menyegarkan mata Anda yang bermasalah. Gunakan produk yang aman dan mengandung witch hazel.

Kandungan ini baik untuk kesehatan mata karena mampu membersihkan berbagai kotoran seperti debu maupun kotoran berbahan kimia dari mata. Anda bisa mencoba Y-Rins, obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Konsumsi Makanan Bernutrisi Baik untuk Mata

Untuk bekerja dengan baik, mata membutuhkan asupan nutrisi vitamin A dan juga C. Oleh karena itu saat mata Anda kuning, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi vitamin A dan C seperti jeruk, jambu biji, brokoli, paprika, pepaya, sawi, dan melon.

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan walnut yang memiliki kandungan mineral tinggi yang mampu tingkatkan kesehatan mata. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, gula, dan juga lemak jenuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang pilihan terbaik untuk tubuh, dan mencegah dehidrasi. Bagian mata yaitu sklera yang cerah sangat bergantung pada kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik atau tidak. Konsumsi air yang cukup dapat mengurangi bengkak dan kemerahan pada mata.

Minum 8-10 gelas air putih perhari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman kemasan dengan kadar gula tinggi.

Hindari Paparan Debu dan Asap

Mata kuning bisa juga disebabkan karena adanya infeksi mata yang disebabkan oleh paparan debu maupun asap. Oleh karena itu saat mata Anda menguning, sebaiknya hindari paparan asap dan debu.

Gunakan kacamata saat berkegiatan di luar ruangan. Selain menghindari dari paparan benda asing, kacamata dengan pelindung UVA dan UVB juga mampu melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi mata.

Istirahat Cukup

Kurang tidur, banyak begadang, bisa jadi faktor yang membuat mata Anda menguning. Oleh karena itu pastikan untuk tidur dengan durasi yang cukup, minimal 6 jam per malam.

Selain itu mata Anda juga harus diistirahatkan dari paparan layar gadget. Kurangi durasi menatap layar HP, TV, maupun komputer. Selalu sempatkan waktu untuk mengalihkan pandangan dari layar elektronik agar mata tidak kelelahan.

Jika mata kuning Anda tak kunjung pulih, ada baiknya untuk segera mendatangi dokter. Hal ini agar penyebab mata kuning Anda bisa segera diketahui dan mendapat penanganan yang tepat.

The post Cara Memutihkan Mata Kuning dengan Aman appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Tidak Perlu Olahraga, 10 Aktivitas Sehari-hari Ini Dapat Membakar Kalori Dengan Efektif https://otc-fahrenheit.co.id/aktivitas-membakar-lemak/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=aktivitas-membakar-lemak Tue, 12 Nov 2019 01:00:21 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2213 Bagi yang tidak memiliki waktu untuk olahraga, Anda dapat melakukan beberapa kegiatan ini untuk membakar lemak dengan cepat dan efektif. Apa saja?

The post Tidak Perlu Olahraga, 10 Aktivitas Sehari-hari Ini Dapat Membakar Kalori Dengan Efektif appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Setiap orang tentu ingin punya berat badan ideal, untuk mencapai itu semua mereka rela melakukan banyak hal. Mulai dari diet hingga berolahraga sekuat tenaga.

Bukan tanpa alasan, itu semua karena olahraga dapat membakar lemak lebih banyak, lebih banyak lemak yang terbakar tentu lebih cepat tubuh mempunyai berat badan yang diinginkan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga, namun ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa membantu Anda membakar lemak dan membantu mendapatkan berat badan ideal yang diimpikan. Apa sajakah itu? Mari simak uraian di bawah ini!

Pekerjaan Rumah Tangga- 175 Kalori Per jam

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, ternyata melakukan pekerjaan rumah bisa membantu Anda membakar kalori.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, kegiatan seperti menyapu dan mengepel lantai mengharuskan Anda untuk terus bergerak.

Faktanya, menghisap debu satu jam saja, bisa membakar hingga 175 kalori, sementara menyetrika bisa membakar 157 kalori. Bukan hanya membakar lemak, rumah pun akan menjadi bersih.

Sering Tertawa- 40 Kalori

Tertawa terbukti ampuh membakar kalori. Hal ini berdasarkan penelitian dari Vanderbilt University Medical dan diterbitkan dalam International Journal of Obesity, tertawa selama 10 menit hingga 15 menit dapat membakar 40 kalori. 

Hal ini karena ketika kita tertawa detak jantung kita meningkat 10 hingga 20 persen. Nah, ketika detak jantung meningkat maka metabolisme juga mengalami peningkatan yang menyebabkan kalori dalam tubuh ikut terbakar.

Selain dapat membakar kalori, tertawa juga sudah terbukti secara ilmiah untuk mengurangi stress.

Memakai Sepatu Hak Tinggi- 220 Kalori Per jam

Ini mungkin menjadi cara membakar kalori yang paling disukai oleh para wanita. Ternyata ketika kita berjalan menggunakan sepatu berhak tinggi, Anda dapat membakar 90 sampai 200 kalori dalam 30 menit. Namun, berhati-hatilah dengan postur tubuh Anda dan pilih sepatu yang tepat.

Donor Darah- 650 Kalori

Donor darah diketahui dapat meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Faktanya, saat seseorang mendonorkan darah sekitar 450 ml, hal tersebut dapat membakar sekitar 650 kalori.

Minum Air Putih Dingin- 490 Kalori Per 10 Gelas

Ternyata, selain menyegarkan minum air putih dingin juga membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal ini dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang menjelaskan bahwa ketika Anda minum air dingin, tubuh akan berusaha menghangatkan diri kembali.

Akibatnya, energi yang dibutuhkan untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal, kalori akan terbakar.

Minum 10 gelas air dingin sehari selama satu minggu membakar 490 kalori. Itu setara dengan kehilangan sekitar 3 hingga 4 kilogram dalam satu tahun. Membiasakan minum air putih pun dapat membantu pencernaan dan menjaga rehidrasi tubuh.

Mengunyah Permen Karet- Mengurangi 40% Kalori pada Makan Berikutnya

Mengunyah permen karet mungkin kegiatan selingan yang sepele. Tapi ternyata menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Academy of Nutrition and Dietetics kegiatan mengunyah permen karet dapat menjauhkan seseorang dari kebiasaan mengonsumsi makanan ringan.

Selain itu, mengunyah permen karet membuat Anda mengonsumsi makanan dengan nilai kalori 40 persen lebih sedikit pada jam makan berikutnya.

Tidur- 200 Kalori Per Jam

Kegiatan membakar kalori satu ini pasti sangat Anda sukai, yaitu tidur. Menurut seorang pakar tidur dari UNC School of Medicine, AS, menjelaskan kalori yang terbakar saat tidur adalah karena tidur bukanlah kegiatan yang pasif.

Selama tidur, sekitar 95 persen fungsi tubuh manusia sangat bergantung dari apa yang mereka lakukan saat mereka istirahat ringan.

Naik Tangga- 102 Kalori per 10 Menit

Mungkin dari sekarang, Anda harus merubah kebiasaan naik lift dan beralih menggunakan tangga. Walau terlihat melelahkan, ternyata naik tangga adalah cara yang cukup efektif untuk membakar lemak.

Dalam 10 menit, Anda akan membakar 102 kalori. Cara ini mungkin bisa mulai Anda biasakan ketika di kantor.

Mengetik- 200 Kalori Per 4.800 Kata

Bagi Anda yang bekerja di depan laptop dan menghabiskan seharian dengan memasukan data atau membuat sebuah tulisan. Bisa dibilang Anda orang yang beruntung, karena secara tidak sadar Anda bekerja sambil juga membakar kalori.

Menurut penelitian, mengetik 4.800 kata, Anda sudah membakar 200 kalori. Berat berkurang, perkerjaan pun selesai.

Bernyanyi- 42 Kalori Per 20 Menit

Kegiatan yang sering kita lakukan ketika mandi ini ternyata bisa membakar kalori. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rebecca Fredericks.

Menurutnya, bernyanyi di kamar mandi selama 20 menit bisa membakar 42 kalori. Itu terjadi karena menyanyi menggunakan kelompok otot yang berbeda mulai dari diafragma di perut Anda ke otot-otot kecil di laring Anda.

Itu tadi adalah 10 aktivitas yang dapat dilakukan jika ingin membakar kalori bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Cara Efektif untuk Membakar Kalori Lebih Cepat dan Efektif

Untuk membakar kalori lebih cepat dan efektif lagi, Anda dapat mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) ketika melakukan aktivitas di atas. Suplemen pembakar lemak membantu proses pembakaran kalori dan lemak di badan Anda ketika tubuh Anda beraktivitas.

Salah satu suplemen pembakar lemak (fat burner) yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy.

Suplemen ini dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Konsumsi Slendy selama Anda beraktivitas dapat mempercepat proses pembakaran lemak di dalam perut sehingga Anda dapat mendapatkan berat badan yang ideal.

The post Tidak Perlu Olahraga, 10 Aktivitas Sehari-hari Ini Dapat Membakar Kalori Dengan Efektif appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Si Kecil Terserang Diare? Ini 5 Makananan untuk Diare Anak yang Aman https://otc-fahrenheit.co.id/makanan-untuk-diare-anak/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=makanan-untuk-diare-anak Mon, 11 Nov 2019 16:00:35 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2192 Diare pada anak memang bukan kondisi medis serius. Namun orangtua harus tetap memperhatikan asupan makanan anak agar diare tidak semakin parah.

The post Si Kecil Terserang Diare? Ini 5 Makananan untuk Diare Anak yang Aman appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Diare merupakan salah satu kondisi kesehatan yang kerap menyerang anak-anak. Diare sendiri merupakan salah satu upaya tubuh membersihkan diri dari penyebab penyakit maupun racun.

Meski diare bukanlah kondisi medis yang serius, orangtua harus memperhatikan kondisi anak. Termasuk dalam memilih makanan yang baik untuk diare anak.

Diare pada anak biasanya ditandai dengan feses yang berubah menjadi encer, lalu diikuti dengan sakit perut, sakit kepala, atau bahkan muntah dan demam. Seorang anak dapat dikatakan terkena diare jika sudah mengalami feses encer dengan frekuensi lebih dari 3 kali sehari.

Perawatan Diare Pada Anak di Rumah

Meski dalam banyak kasus diare pada anak bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, bukan berarti orangtua boleh bersantai dan menyepelekan kondisi ini. Pemberian obat diare kepada anak sebenarnya tidak disarankan.

Oleh karena itu Anda harus melakukannya dengan persetujuan atau konsultasi dengan dokter anak. Untuk perawatan anak diare di rumah Anda bisa melakukan upaya dengan memastikan anak tetap mendapat asupan makanan yang baik dan memberikan istirahat yang cukup

Makanan dan Minuman yang Baik untuk Diare Anak

Jika Anda memiliki anak diare yang masih berusia di bawah 6 bulan maka Anda harus memberikan ASI eksklusif pada anak seperti biasa. Namun jika anak Anda sudah masuk ke tahap 6 bulan ke atas dan bisa makan apa saja maka Anda tetap bisa memberikan makan seperti biasa.

Akan tetapi porsinya menjadi lebih kecil, namun frekuensinya menjadi lebih sering. Berikut daftar makanan dan minuman yang baik untuk anak diare:

Makanan Tinggi Bakteri Baik

Saat anak diare makan beri ia asupan makanan yang tinggi akan bakteri baik atau probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang berupa bakteri atau jamur dan berada di dalam sistem pencernaan kita.

Selain probiotik alami yang diproduksi tubuh, kita juga bisa mendapatkan probiotik dari konsumsi asupan makanan. Probiotik biasanya didapat dari makanan yang telah melalui proses fermentasi.

Seperti tempe, yoghurt, acar, kefir, dan suplemen. Probiotik bernama lactobacillus dalam yoghurt misalnya, bisa Anda jadikan pilihan makanan untuk mengobati diare anak.

Makanan B.R.A.T

Profesor Gastroenterologi dari Universitas Michigan, Peter Higgins menyebut B.R.A.T atau singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Applesauce (saus apel/apel yang dihaluskan), dan Toast (roti panggang) mampu menjadi makanan andalan saat anak terserang diare.

Keempat makanan ini sangat mudah dicerna, jadi tidak akan menambah parah diare pada anak. Pisang dan apel mengandung kaolin, pectin, dan kalium yang juga mampu memadatkan feses. Kalium baik pada pisang juga bisa menggantikan kebutuhan kalium yang hilang saat  terbuang bersama kotoran.

Nasi dan juga roti mungkin dianggap sebagai makanan ‘pengikat’ atau mampu menyebabkan sembelit. Namun pada kasus anak yang sedang diare, makanan ini justru membantu proses membuat feses jadi lebih padat.

Makanan Rendah Serat

Saat pencernaan normal, kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat agar BAB bisa berjalan dengan lancar. Akan tetapi ketika anak mengalami diare, asupan makanan tinggi serat harus diganti dengan makanan rendah serat agar diare tidak semakin memburuk,

Makanan rendah serat akan menahan keluarnya cairan dari dalam tubuh secara berlebihan. Contoh makanan rendah serat yang cocok untuk anak misalnya bayam, buncis, tomat, labu siam, dan wortel. 

Makanan dan Minuman Tinggi Natrium

Natrium dalam makanan maupun minuman dapat berfungsi sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh. Makanan yang tinggi natrium sendiri merupakan berbagai jenis makanan maupun minuman yang memiliki kadar garam tinggi di dalamnya.

Kadar garam elektrolit inilah yang berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang dan menyeimbangkan kadar elektrolit saat anak diare. Contoh makanan tinggi natrium adalah keju, daging olahan, ikan olahan, sereal instan, dan kecap atau saus yang berbahan dasar kedelai.

Minuman Pengganti Cairan Tubuh

Saat anak diare, maka mereka sangat rentan mengalami dehidrasi karena banyaknya cairan dalam tubuh yang terbuang. Feses yang berubah menjadi cair akan membuat anak kehilangan banyak elektrolit.

Oleh karena itu dibutuhkan cairan atau minuman khusus yang mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat anak diare. Salah satu contoh yang aman dan bisa Anda dapatkan di apotek secara bebas adalah Renalyte.

Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang. Renalyte mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO. Renalyte cocok juga dikonsumsi untuk anak-anak karena memiliki rasa cocopandan yang enak dan juga steril.

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa jenis makanan agar diare anak tidak semakin parah. Hindari pemberian makanan yang digoreng dan juga makanan cepat saji atau junk food.

Anak yang diare juga sebaiknya tidak diberikan makanan yang memicu gas seperti jagung, kacang polong, buah beri, dan brokoli.

The post Si Kecil Terserang Diare? Ini 5 Makananan untuk Diare Anak yang Aman appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Catat! Ini 7 Barang Wajib yang Harus Anda Bawa Saat Bermain Futsal https://otc-fahrenheit.co.id/persiapan-main-futsal/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=persiapan-main-futsal Mon, 11 Nov 2019 15:00:09 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2180 Diajak futsal tapi masih bingung harus bawa apa saja untuk pertandingan? Ini dia daftar barang yang harus Anda bawa saat persiapan main futsal.

The post Catat! Ini 7 Barang Wajib yang Harus Anda Bawa Saat Bermain Futsal appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Selain basket, sepakbola, atau bulutangkis, futsal merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia. Bukan hanya wahana olahraga dan melatih fisik, tak jarang futsal juga jadi ajang mempererat pertemanan.

Anda jadi salah satu orang yang diajak teman untuk kongkow sambil futsal? Ada beberapa hal yang Anda harus ketahui.

Futsal merupakan olahraga bola kaki yang dilakukan oleh 2 tim dengan masing-masing 5 anggota. Futsal ibarat sepakbola mini, karena dilakukan dengan jumlah orang yang lebih sedikit dan di lapangan yang lebih kecil. Futsal juga bisa dilakukan di lapangan indoor maupun outdoor, dan dengan berbagai tipe permukaan atau lantai lapangan.

Barang yang Wajib Dibawa Saat Main Futsal

Bagi para anak muda, futsal sangat digemari maka tak jarang setiap malam minggu lokasi penyewaan lapangan futsal selalu ramai dipesan. Namun sebelum melakukan pertandingan, apakah Anda sudah tahu barang wajib apa yang harus dibawa ke lokasi pertandingan?

Berikut daftar barang wajib yang harus Anda bawa saat akan bermain futsal:

Sepatu Futsal

Barang pertama yang wajib Anda bawa saat akan bermain futsal pastinya adalah sepatu. Sepatu futsal berbeda dengan sepatu sepakbola biasa, karena ia tidak memiliki pull dibagian bawahnya.

Bagi Anda yang belum pernah membeli sepatu futsal maka pastikan Anda menggunakan sepatu yang sesuai jenis kaki agar nyaman dan meminimalisir cedera

Untuk mengetahui jenis kaki caranya sangat mudah, basahi kaki Anda lalu letakkan kaki Anda di atas selembar kertas. Dari jejak tersebut akan diketahui apa tipe kaki Anda. Tipe kaki ini dibedakan berdasarkan titik tumpu kaki. Ada 3 jenis kaki yang umum diketahui:

  • Tipe normal : beban tubuh bertumpu pada bagian tengah kaki. Sepatu yang cocok dengan tipe ini adalah jenis sepatu yang lentur agar pergerakan kaki menjadi lebih mudah.
  • Tipe rata (flat arch) : beban tubuh bertumpu pada bagian dalam kaki. Jenis kaki ini disarankan menggunakan sepatu yang memiliki bantalan di bagian tengah sepatu. Orang dengan tipe kaki ini biasanya akan sering merasa pegal
  • Tipe supination : tubuh bertumpu pada bagian luar kaki. Pemilik kaki jenis ini cocok dengan sepatu yang memiliki bantalan atau sol yang tebal di bagian depan kaki agar tumpuan semakin seimbang.

Kaus Kaki

Setelah sepatu, jangan lupa juga untuk melengkapi perlengkapan futsal Anda dengan kaus kaki. Sangat disarankan untuk memilih ukuran kaus kaki yang panjang agar memudahkan pemakaian dekker.

Selain itu, manfaat penggunaan kaus kaki diantaranya sebagai bentuk perlindungan dari lecet yang bisa menyebabkan infeksi dan mencegah timbulnya bau kaki akibat keringat.

Shin Pad alias Dekker

Jelang pertandingan futsal jangan lupa untuk memasukkan shin pad atau yang dikenal dengan sebutan dekker ke dalam daftar barang yang wajib Anda bawa.

Dekker ini bertujuan untuk melindungi tulang kering kaki Anda dari benturan. Dekker dapat digunakan di dalam kaus kaki yang tadi sudah Anda siapkan.

Dalam pemilihan dekker Anda bisa menyesuaikan ukurannya dengan tinggi badan Anda. Dekker biasanya dipasang minimal 5 cm di bawah lutut. Oleh karena itu carilah ukuran dekker yang mampu menutupi area antara lutut dan pergelangan kaki Anda.

Bagi Anda yang bermain di posisi kiper maka ada baiknya Anda menambahkan knee pad untuk melindungi lutut dan elbow pad untuk melindungi siku. Ini digunakan untuk melindungi Anda saat terjadi benturan maupun saat terjatuh.

 Jersey dan Celana Futsal

Setiap tim biasanya sudah memiliki jersey tim tersendiri. Untuk olahraga futsal disarankan untuk memilih bahan kaus yang ringan, memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, dan pastinya nyaman digunakan. Beberapa jenis bahan jersey yang bagus adalah dry-fit, paragon, waffer, hyget salur, dan hyget serena.

Jockstrap

Bagi Anda yang khawatir bagian vitalnya akan terkena benturan dengan bola maupun dengan pemain lawan, Anda bisa menggunakan jockstrap sebagai pelindung tambahan. Jockstrap ini terbuat dari karet pelindung yang mampu melindungi bagian genital Anda dari benturan.

Pakaian Ganti

Pasca bermain futsal, badan Anda pastilah basah kuyup karena keringat. Ada baiknya Anda membawa pakaian ganti untuk dipakai setelah selesai bertanding. Menggunakan jersey yang berkeringat dapat membuat Anda mudah terkena serangan penyakit seperti demam dan flu.

Peralatan Medis

Olahraga futsal biasanya berjalan sangat intens dan bertensi tinggi. Maka tak jarang benturan dengan pemain lawan akan sering terjadi. Beberapa cedera yang sering terjadi saat pertandingan futsal diantaranya keseleo, patah tulang, ligamen robek, tendonitis, hamstring, dan meniscus.

Oleh karena itu pastikan untuk membawa kotak peralatan medis yang beris alat pembersih atau antiseptik, kain kasa atau perban, obat pereda rasa sakit, iodin, pinset dan kapas, obat nyeri sendi, dan bidai serat tali pengikat untuk jaga-jaga jika ada yang patah tulang.

Pasca pertandingan futsal tak jarang muncul memar akibat benturan, maka dari itu jangan lupa untuk memasukkan Thromboflash ke perlengkapan medis Anda. Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

The post Catat! Ini 7 Barang Wajib yang Harus Anda Bawa Saat Bermain Futsal appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
7 Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah https://otc-fahrenheit.co.id/telapak-kaki-pecah/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=telapak-kaki-pecah Sun, 10 Nov 2019 14:00:09 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2159 Kulit telapak kaki pecah-pecah? Anda tidak perlu khawatir, kondisi ini dapat dengan segera Anda atasi dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini

The post 7 Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Telapak kaki kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi. Meski tidak mudah terlihat oleh orang lain, kondisi ini bisa saja membuat orang kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mengatasi permasalahan ini secara mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Kaki pecah-pecah umumnya terjadi pada area tumit. Kulit mengeras, kehilangan elastisitasnya, dan nampak seperti retak-retak.

Bahkan terkadang jika retakannya terlalu dalam dapat menimbulkan rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

Telapak kaki yang pecah-pecah ini terjadi karena kaki yang kering. Tidak heran karena pada dasarnya kulit telapak kaki tidak memiliki kelenjar keringat sehingga kondisinya lebih kering daripada kulit bagian lain.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kaki pecah-pecah. Mulai dari pemilihan alas kaki yang salah, kurangnya perawatan, dll. Berikut beberapa faktor yang mendorong terjadinya kulit kaki pecah-pecah:

  • Terlalu sering berdiri
  • Kerap berjalan tanpa alas kaki
  • Pemilihan alas kaki yang kurang tepat
  • Mandi menggunakan air panas
  • Kelamaan mandi atau penggunaan sabun yang iritatif
  • Adanya penyakit kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, dan infeksi jamur.
  • Riwayat diabetes dan hipotiroidisme
  • Tingkat kelembaban ruangan yang rendah
  • Banyak menghabiskan waktu terpapar sinar matahari

Kondisi kaki yang pecah-pecah bisa saja ditutupi dengan penggunaan kaos kaki dan sepatu yang menutup seluruh bagian kaki. Namun tetap saja kondisi ini mengganggu kenyamanan penderitanya.

Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Jika Anda mengalami masalah kaki pecah-pecah, tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang aman dan mudah didapatkan. Berikut tips mengatasi telapak kaki pecah-pecah secara alami.

Campuran Alpukat dan Pisang

Bahan pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah campuran alpukat dan pisang. Pun jika tidak ada alpukat Anda bisa menggunakan pisang saja.

Alpukat mengandung minyak esensial, vitamin, dan lemak yang mampu melembabkan kulit telapak kaki yang kering. Begitu pula dengan pisang.

Cara penggunaannya juga mudah, pertama lumat alpukat maupun pisang hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta sebagai masker ke bagian telapak yang kering. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan meresap semalaman. Setelahnya bilas kaki dengan air hangat dan oleskan pelembab.

Rendaman Jus Lemon atau Air Mawar

Lemon memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antivirus dan mampu membunuh bakteri sekaligus melembabkan kaki yang kering. Setelah selesai beraktivitas pada malam hari rendamlah kaki dengan air hangat yang sudah dicampuri jus lemon. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan metode ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Air Mawar dan Gliserin

Selain menggunakan lemon Anda juga bisa menggunakan air mawar. Air mawar mengandung vitamin A, B3, C, D, dan E yang mampu berperan sebagai anti-oksidan, anti-radang, dan anti-bakteri.  Sementara itu gliserin akan berperan untuk melembutkan kaki.

Cara menggunakannya mudah, cukup campurkan kedua bahan ini dengan perbandingan yang sama. Setelah itu gosokkan pada telapak kaki yang kering setiap hari sebelum tidur.

Minyak Kelapa dan Cuka Apel

Minyak kelapa memiliki kandungan yang bersifat anti-jamur dan anti-mikroba dan mampu membunuh bakteri sekaligus melembutkan kulit. Selain itu cuka apel juga mengandung asam asetat yang mampu membantu proses pengelupasan kulit mati secara alami.

Campuran minyak kelapa dan cuka apel dapat membantu melembabkan telapak kaki yang kering. Setelah merendam kaki dengan air hangat, oleskan campuran minyak kelapa dan cuka apel ke telapak kaki yang kering. 

Masker Oatmeal

Selain enak, oatmeal juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit telapak kaki yang pecah-pecah. Caranya adalah, pertama campurkan oatmeal kering dengan minyak zaitun hingga terbentuk pasta. Setelah itu oleskan dan pijat pada bagian tumit yang kering.

Diamkan dan biarkan meresap sekitar 30 menit lalu bilas. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya. Anda bisa melakukannya 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

Madu

Anda bisa menggunakan madu murni sebagai pelembab alami, karena kandungan anti-virus dan anti-bakteri di dalamnya. Cukup oleskan madu pada bagian kulit telapak kaki yang pecah-pecah lalu pijat. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari.

Gosok Menggunakan Batu Apung

Batu apung memang sudah dikenal kemampuannya mengatasi kulit telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya juga sangatlah mudah. Pertama rendam kaki selama 5-10 menit hingga kulit telapak terasa lebih lembut atau lunak.

Setelah itu gosokkan batu apung pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Gosok secara perlahan selama 2-3 menit setelah itu bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya.

Selain beberapa cara di atas Anda juga harus mulai mengubah beberapa kebiasaan seperti mulai minum cukup air, menghindari mandi dengan air panas, selalu menggunakan pelembab secara rutin, pilihlah sabun yang lembut dan gunakan alas kaki serta sepatu yang pas agar tidak mengalami telapak kaki pecah-pecah atau kapalan.

The post 7 Cara Alami Mengatasi Telapak Kaki yang Pecah-Pecah appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Atasi Masalah Pencernaan dengan 8 Makanan yang Baik untuk Pencernaan Ini https://otc-fahrenheit.co.id/makanan-untuk-pencernaan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=makanan-untuk-pencernaan Sun, 10 Nov 2019 11:00:40 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2150 Sedang mengalami gangguan pencernaan atau susah buang air besar, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat kamu konsumsi. Apa saja?

The post Atasi Masalah Pencernaan dengan 8 Makanan yang Baik untuk Pencernaan Ini appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Anda sedang mengalami gangguan pencernaan? Coba perhatikan kembali kebisaan hidup Anda. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat memicu banyak permasalahan, salah satunya adalah kesehatan pencernaan yang terganggu.

Pola makan yang sembarangan dan gaya hidup yang kurang aktif mendorong terjadinya proses pencernaan yang tidak lancar. Permasalahan pencernaan ini sangat umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja.

Pencernaan memegang peranan yang sangat penting lho dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena jika pencernaan kita sehat maka tubuh mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Masalah pencernaan baik konstipasi, sembelit, maupun diare, sama-sama membuat kita tidak nyaman dan bahkan bisa memicu penyakit pencernaan lain. Salah satunya adalah wasir atau ambeien.

Jenis Makanan yang Baik untuk Pencernaan

Selain mengonsumsi obat-obatan maupun vitamin, cara yang sangat efektif untuk membuat pencernaan kembali sehat adalah dengan memperhatikan pola makan.

Kita harus mengurangi kebiasaan konsumsi junk food dan memperbanyak makanan dengan nutrisi baik. Berikut jenis makanan untuk pencernaan yang lebih sehat:

Makanan Tinggi Serat

Setiap harinya kita disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 25 gram serat agar pencernaan bisa bekerja dengan lancar. Makanan yang tinggi serat mulai dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Dengan konsumsi serat cukup maka pencernaan bisa terhindar dari permasalahan seperti sembelit, divertikulosis, ambeien, dan sindrom iritasi usus.

Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang mirip dengan bakteri yang ada dalam usus manusia. Bakteri baik akan melawan bakteri jahat, lalu meningkatkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu baik Anda yang pencernaannya sedang bermasalah atau tidak sangat disarankan mengonsumsi probiotik. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan yang melalui proses fermentasi seperti yogurt, oncom, tempe, dll.

Pencernaan Anda Sedang Bermasalah? Konsumsi Makanan Ini

Jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan, maka coba konsumsi beberapa rekomendasi makanan untuk pencernaan sehat berikut ini:

Tempe

Selain murah dan mudah ditemukan, tempe juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan. Karena melalui proses fermentasi maka tempe mengandung banyak probiotik.

Probiotik dalam tempe mampu menyehatkan pencernaan, mencegah diare, mengurangi kembung, dan juga meningkatkan keteraturan pencernaan.

Apel

Makanan untuk pencernaan selanjutnya adalah apel yang tinggi akan serat bernama pektin. Serat jenis ini sangat mudah dicerna oleh bakteri baik yang ada di dalam usus yaitu eubacterium eligens dan lachnospira pectinoschiza.

Pektin juga berperan untuk membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan lebih lancar dan kita terhindar dari diare maupun konstipasi. Selain serat pektin, apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, folat dan mineral terbaik untuk melancarkan pencernaan.

Pisang

Pisang tinggi akan kandungan potasium dan juga elektrolit yang mampu memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada pisang juga mampu merangsang usus berkontraksi sehingga bakteri baik di dalam pencernaan akan bekerja secara optimal dalam mengolah sisa makanan. Dengan begitu usus menjadi bersih dan pencernaan pun menjadi lebih lancar.

Bayam

Siapa sangka bayam memiliki kandungan yang sangat baik untuk pencernaan kita. Jurnal Naturefood pada 2016 mempublikasikan bahwa sayuran hijau seperti kale dan bayam memiliki kandungan sejenis gula bernama sulfoquinovose.

Kandungan ini mampu memperbanyak bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan begitu usus akan terjaga kesehatannya.

Jahe

Jahe memang kerap kali dimanfaatkan sebagai obat tradisional, termasuk masalah pencernaan. Dalam sistem pencernaan jahe berperan dalam mempercepat proses pengosongan lambung. Caranya, dengan mendorong makanan dari perut ke usus kecil secara lebih cepat.

Dengan begitu rasa mual, peningkatan asam lambung, dan rasa tidak nyaman akan berkurang. Teh jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan memperlebar pembuluh darah agar darah bisa lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh.

Alpukat

Buah alpukat mengandung serat dan vitamin yang tinggi dan mampu menyehatkan sistem pencernaan. Jika Anda memiliki masalah sulit BAB, maka cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Selain itu alpukat juga mampu menjaga kinerja empedu dan pankreas agar tetap normal.

Kacang Kenari

Menurut sebuah studi kacang kenari mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kacang kenari mampu meningkatkan jumlah butyrate atau mikroba produsen metabolit yang baik untuk kesehatan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita. 

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang paling dikenal sebagai buah yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan. 

Di dalam buah ini terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor. 

Selain mengonsumsi buahnya, Anda juga dapat mengonsumsi obat untuk membantu melancarkan proses pencernaan yang mengandung ekstrak pepaya seperti Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Makanan yang Harus Dihindari agar Pencernaan Sehat

Selain ada makanan yang baik untuk pencernaan, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang buruk bagi pencernaan. Makanan yang harus Anda hindari diantaranya:

  • Makanan/minuman dengan pemanis buatan seperti gula dalam alkohol
  • Minuman berkarbonasi
  • Karbohidrat olahan seperti roti putih
  • Alkohol
  • Susu coklat
  • Makanan tinggi lemak jenuh seperti keju dan krim
  • Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
  • Makanan pedas seperti kari, dan 
  • Makanan berminyak

The post Atasi Masalah Pencernaan dengan 8 Makanan yang Baik untuk Pencernaan Ini appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Keroncongan Pasca Olahraga? Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Olahraga https://otc-fahrenheit.co.id/makanan-setelah-olahraga/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=makanan-setelah-olahraga Sun, 10 Nov 2019 04:00:40 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2143 Tubuh membutuhkan asupan gizi dan energi pengganti setelah berolahraga. Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah berolahraga?

The post Keroncongan Pasca Olahraga? Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Olahraga appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu upaya seseorang untuk menjalankan pola hidup sehat. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan, olahraga juga kerap dijadikan salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

Tak jarang setelah seseorang berolahraga berat badan akan turun, tak heran karena selama berolahraga kalori dan lemak terbakar dan diubah menjadi energi. Kondisi ini juga biasanya menyebabkan seseorang menjadi lapar atau perut keroncongan setelah olahraga.

Apa Boleh Makan Setelah Olahraga?

Banyak yang beranggapan makan setelah olahraga akan membuat aktivitas fisik yang telah dilakukan menjadi sia-sia, dan lebih memilih melanjutkan diat dan tidak makan setelah olahraga.

Padahal anggapan itu ternyata salah. Anda tetap diharuskan untuk makan setelah olahraga. Dan ini pun tidak akan membuat olahraga kita menjadi sia-sia. Dilansir dari Kompas.com, sport nutritionist sekaligus disease prevention Emilia Elfiranti Achmad menyatakan bahwa tidak ada kaitan antara penurunan berat badan dengan makan atau tidak setelah berolahraga.

Hal yang membuat seseorang mengalami penurunan berat badan setelah olahraga bukan karena lemak dalam tubuhnya berkurang melainkan dehidrasi. Faktor terpenting untuk menurunkan berat badan adalah olahraga yang rutin dan konsisten serta pola makan yang baik.

Anjuran Waktu Makan Setelah Olahraga

Menurut sebuah studi jika Anda makan 2 jam setelah olahraga maka bisa menurunkan kinerja sintesis glikogen dalam tubuh. Oleh karena itu kita disarankan untuk makan dalam jangka waktu 45 menit setelah berolahraga.

Sebab dalam waktu tersebut sel otot lebih sensitif terhadap efek insulin, atau hormon dalam tubuh yang bertugas mengubah glukosa menjadi energi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Efek ini membantu tubuh menyimpan energi dalam bentuk glikogen.

Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Agar olahraga Anda tidak sia-sia dan tetap memberikan dampak positif pada tubuh, maka perhatikan asupan makanan maupun minuman pasca olahraga. Setelah olahraga otot akan menggunakan glikogen sebagai bahan bakar dan sel-selnya akan mengalami kerusakan.

Nah, untuk mengembalikan glikogen, menumbuhkan kembali protein otot, dan merangsang pertumbuhan otot baru, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan berikut:

Makanan Tinggi Karbohidrat dan Protein

Makanan yang tinggi akan karbohidrat akan berperan untuk memaksimalkan sintesis protein dan glikogen yang telah digunakan saat berolahraga.

Sedangkan makanan berprotein tinggi yang mengandung asam amino akan membantu mempercepat pertumbuhan otot baru dan juga memperbaiki sel yang rusak. 

Anda disarankan mengonsumsi makanan karbohidrat dan berprotein secara bersamaan agar produksi insulin yang berperan dalam mendorong kerja sintesis glikogen lebih maksimal.

Makanan Rendah Lemak

Setelah berolahraga Anda sebaiknya menghindari makanan tinggi lemak, dan pilihlah makanan dengan kandungan lemak baik. Lemak berperan untuk meningkatkan pertumbuhan otot. 

Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Setelah berolahraga kita cenderung lemas dan menginginkan makanan yang praktis namun tetap aman dikonsumsi dan tidak membuat olahraga menjadi sia-sia. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang aman dikonsumsi setelah berolahraga.

Pisang

Pisang termasuk makanan yang baik dikonsumsi baik sebelum maupun setelah berolahraga dan mengandung gizi yang lengkap mulai dari karbohidrat, protein, dan mineral.

Kandungan gula alami dalam pisang mampu memulihkan energi yang terkuras selama berolahraga. Molekul gula alami ini juga mampu mencapai jaringan otot dengan cepat dan bisa mengembalikan kadar glikogen yang dibutuhkan tubuh.

Salad Buah

Selain mudah dibuat, salad buah ibarat paket komplit. Salad buah tinggi akan vitamin, mudah dicerna, membantu memecah asam amino, dan kandungan anti inflamasinya juga mampu mencegah peradangan pada otot.

Salad yang terdiri dari jeruk, bagai jenis beri, melon, semangka, nanas, dan kiwi mampu mengembalikan energi tubuh yang terkuras. Selain itu pilih dressing yang tepat dan sehat seperti madu atau minyak zaitun agar jumlah kalori yang masuk tetap aman.

Kacang Almond

Almond mengandung mineral, riboflavin, serta protein yang bagus untuk meningkatkan energi yang terkuras saat olahraga. Riboflavin membantu pemulihan energi lalu mineral seperti mangan dan tembaga akan mengedarkan energi tersebut ke seluruh tubuh dan membuang racun.

Roti Isi Daging atau Telur

Selain nikmat daging dan telur yang dikombinasikan dengan roti mampu mengisi kembali energi Anda yang terkuras sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi. Telur kaya akan protein, vitamin B, dan vitamin D. Anda bisa mengolahnya menjadi sandwich yang lezat.

Brokoli

Brokoli mengandung kolin, nutrien, dan vitamin K yang memiliki fungsi untuk menyusun membran sel. Anda bisa mengonsumsi nya bersamaan dengan salad, ditumis, ataupun dijadikan jus.

Susu dan Sereal

Untuk mengembalikan energi yang terkuras Anda bisa memilih susu coklat. Susu coklat mengandung protein, karbohidrat, serta nutrisi penting seperti potasium. Anda juga bisa mengkombinasikan susu dengan sereal favorit dan menambahkan almond ke dalamnya.

Minuman Rehidrasi

Selama berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan, oleh karena konsumsilah cukup air setelah berolahraga. Namun air putih biasa saja tidak cukup, Anda bisa memilih minuman pengganti cairan tubuh khusus seperti Renalyte.

Renalyte adalah obat dehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang. Renalyte mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO.

The post Keroncongan Pasca Olahraga? Ini Makanan yang Aman Dikonsumsi Setelah Olahraga appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Waspada! Ini Bahaya Obat Diet Sembarangan, Risiko Kematian Mengintai https://otc-fahrenheit.co.id/bahaya-obat-diet/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=bahaya-obat-diet Sat, 09 Nov 2019 14:00:11 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2137 Mengonsumsi obat diet bukan cara yang paling baik untuk menurunkan berat badan. Jika tidak hati-hati, obat ini dapat menimbulkan efek yang berbahaya.

The post Waspada! Ini Bahaya Obat Diet Sembarangan, Risiko Kematian Mengintai appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Penampilan tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap wanita.

Makanya tidak jarang, para wanita rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal bak gitar spanyol dari mengatur pola makan, melakukan olahraga hingga mengomsumsi beragam herbal yang berkhasiat menurunkan berat badan. 

Namun, tidak jarang dari mereka melakukan hal-hal yang ternyata punya efek dan bahaya. Salah satunya dengan memakai obat diet/pelangsing yang belum teruji secara klinis.

Bahaya Obat Diet

Saat ini, begitu banyak beredar obat pelangsing dengan seribu janji mereka yang katanya bisa melangsingkan dalam waktu singkat yang membuat kita tergiur dengan iming-iming yang mereka tawarkan. 

Mereka juga secara terang-terangan memasarkan produknya baik melalui iklan yang muncul di pinggir jalan hingga di media sosial. Padahal, ada bahaya dan efek samping yang terkandung dalam obat diet sembarangan tersebut. 

Apa sajakah bahaya obat diet sembarang yang mengintai para penggunanya?

Obat Diet yang Mengandung Phentermine

Efek samping dari obat pelangsing atau obat diet dapat bervariasi tergantung jenis obat dan cara kerja obat tersebut. Obat tipe stimulan seperti phentermine dapat menyebabkan insomnia, peningkatan tekanan darah, detak jantung yang cepat, gelisah, ketergantungan.

Ada juga obat diet yang memengaruhi neurotransmiter di otak sehingga mempengaruhi nafsu makan Anda. Bahaya obat diet ini tidak bisa dianggap remeh.

Secara umum, cara kerja kebanyakan obat diet berbahaya adalah menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme berlebih sehingga Anda membakar kalori lebih banyak, mengurangi penyerapan lemak di dalam usus.

Obat Diet yang Mengandung Phentermine

Kebanyakan obat diet yang beredar mengandung zat Levotiroksin. Levotiroksin sendiri adalah obat yang direkomendasikan untuk penderita hipotiroid atau penyakit dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk menunjang fungsi penting dalam tubuh.  

Obat Levotiroksin memang membuat kamu langsing karena keinginan untuk buang air semakin sering.

Tapi jika seseorang tidak mempunyai gangguan tiroid lalu mereka mengonsumsi obat untuk penderita tiroid, ada risiko terjadinya kerusakan dalam tubuh yang malah akan menjadi bumerang. Yang malah membuat Anda terserang penyakit hipotiroid. 

Efek Samping Obat Diet Sembarangan

Ada beberapa masalah pada mereka yang mengonsumsi Levotiroksin tidak sesuai dengan anjuran.

Yang pertama, masalah pada jantung, jika Anda mengonsumsi obat tersebut tidak sesuai dengan kondisi tubuh, maka badan Anda akan bergetar tidak normal. Jatung akan berdetak lebih cepat dan dalam waktu yang panjang. 

Kemudian, masalah yang serius jika Anda mengonsumsi Levotiroksin tidak sesuai anjuran adalah koma. Ya, semengerikan itu bila obat ini tidak diberikan sesuai dengan anjuran akan menyebabkan seseorang koma.

Hal ini tentu saja karena tubuh kita tidak membutuhkan obat tersebut, tapi tubuh kita terus-terusan dipaksa untuk menerimanya. Dampak yang paling parah adalah kematian.

Jadi, sangat penting bagi kita untuk lebih tahu terhadap obat-obat yang kita konsumsi. Jangan hanya karena iming-iming dapat melangsingkan dengan cepat tanpa perlu melakukan diet atau olahraga kita langsung mudah tergiur untuk mengonsumsinya.

Jika memang ingin mengonsumsi obat diet pastikan obat tersebut telah teruji secara klinis dan baca kandungan yang ada dalam obat tersebut.

Yang tidak kalah penting juga, baca aturan pakai agar tidak melebihi dosis atau mengakibatkan ketergantungan.

Jenis Obat Pelangsing yang Aman

Untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan berat badan yang ideal tidak ada cara yang instan. Mengonsumsi obat pelangsing bukan cara yang tepat. 

Jika Anda ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan, cara yang paling tepat adalah dengan mengatur pola makan dan juga rajin berolahraga.

Anda dapat membantu proses pembakaran lemak lebih cepat ketika beraktivitas atau berolahraga dengan mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner).

Tidak seperti obat diet pada umumnya, suplemen makanan adalah produk yang dibuat untuk melengkapi kebutuhan zat gizi makanan yang termasuk dalam golongan nutraceutical (bahan nutrisi/gizi). 

Bahkan saat ini, telah hadir suplemen dalam bentuk hisap, Slendy dengan varian rasa buah yang tentu membuat kita nyaman untuk mengonsumsinya. Tidak hanya mendapatkan tubuh langsing tapi juga sehat dan aman.

The post Waspada! Ini Bahaya Obat Diet Sembarangan, Risiko Kematian Mengintai appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Kenali Ciri-Ciri Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya https://otc-fahrenheit.co.id/ciri-kanker-kulit/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=ciri-kanker-kulit Thu, 07 Nov 2019 16:00:44 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=2130 Kutil adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan tidak berbahaya, namun ada juga jenis kutil yang merupakan ciri kanker kulit. Seperti apa?

The post Kenali Ciri-Ciri Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Sebagai bagian tubuh terluar manusia maka kulit menjadi benteng pertama dari paparan lingkungan maupun benda asing.

Tak jarang pula kulit mengalami permasalahan, salah satu masalah kesehatan paling berbahaya yang bisa menyerang kulit adalah kanker kulit.

Kanker kulit merupakan jenis kanker yang tumbuh di jaringan kulit. Kanker kulit ditandai dengan munculnya berbagai gejala seperti bercak, benjolan, tahi lalat yang tidak normal, dan lain-lain.

Kanker kulit disebabkan karena adanya kerusakan DNA pada sel kulit yang memicu mutasi atau cacat 

genetik. Kondisi ini mengakibatkan sel kulit berkembang biak dengan sangat cepat dan membentuk tumor ganas.

Salah satu penyakit kulit yang banyak dialami masyarakat adalah tumbuhnya kutil. Pada beberapa kasus, kutil dapat menjadi ganas.

Lalu benarkah kutil menjadi salah satu tanda kanker kulit atau bisa menjadi penyebab kanker kulit?

Mengenal Jenis Kanker Kulit

Pada dunia medis, kanker kulit utamanya dibedakan jadi menjadi 3 yaitu kanker kulit karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa, dan melanoma. Berikut penjelasan jenis-jenis kanker kulit.

Kanker Kulit Karsinoma Sel Basal

Karsinoma sel basal berasal dari bagian terdalam dari lapisan kulit terluar atau epidermis. Kanker kulit jenis ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan kecil dan halus seperti mutiara pada kulit, dan adanya jaringan parut berwarna coklat.

Setelah beberapa lama luka ini dapat mengeluarkan darah dan berair lalu menimbulkan kerak. Karsinoma sel basal b biasanya terjadi di daerah kulit yang kerap terpapar sinar matahari seperti wajah, kulit kepala, leher.

Luka juga bisa terjadi pada bagian dada dan punggung. 

Kanker Kulit Karsinoma Sel Skuamosa

Karsinoma sel skuamosa merupakan kanker kulit yang terjadi pada bagian tengah dan terluar epidermis. Kanker kulit jenis ini juga sering timbul pada area kulit yang sering terpapar sinar matahari.

Namun bagi para pemilik kulit berwarna gelap, karsinoma sel skuamosa cenderung muncul pada area kulit yang jarang terpapar sinar matahari seperti pada telapak tangan dan kaki.

Kanker Kulit Melanoma

Melanoma terjadi dari sel penghasil pigmen kulit atau melakosit. Kanker jenis ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan 2 jenis kanker sebelumnya, namun lebih sulit diobati.

Melanoma ini bisa terjadi di bagian kulit mana saja, baik kulit yang sering terpapar sinar matahari, kulit normal, maupun pada tahi lalat yang hidup dan berkembang menjadi kanker.

Kasus melanoma sering muncul pada area wajah, namun pada wanita lebih sering terjadi pada bagian bawah kaki. Sedangkan bagi pemilik kulit gelap melanoma kerap terjadi pada kulit yang jarang terpapar sinar matahari.

Ciri-Ciri Kanker Kulit

Setiap jenis kanker memiliki gejala maupun ciri-ciri yang berbeda. Umumnya kanker kulit ditandai dengan lesi. Lesi adalah jaringan kulit yang tumbuh abnormal baik di atas maupun di bawah permukaan kulit.

Berikut penjelasan ciri-ciri kanker kulit berdasarkan jenisnya.

Ciri-ciri kanker kulit karsinoma sel basal

  • Muncul benjolan yang tampak seperti lilin dan agak mengkilap
  • Lesi berbentuk datar pada permukaan kulit yang berwarna gelap dan berwarna coklat kemerahan seperti daging
  • Adanya luka pendarahan atau keropeng yang kerap kambuh

Ciri-ciri kanker kulit karsinoma sel skuamosa 

  • Muncul benjolan keras dan kemerahan pada kulit
  • Lesi berbentuk datar dan bersisik layaknya kerak
  • Lesi dapat menimbulkan rasa gatal, berdarah, dan menimbulkan kerak

Ciri-ciri kanker kulit melanoma

  • Muncul bintik kecoklatan berukuran besar dengan bintik yang lebih gelap
  • Tahi lalat yang hidup lalu berubah warna dan ukurannya
  • Lesi berukuran kecil dengan batas yang tidak beraturan dan terlihat berwarna kemerahan, merah muda, putih, biru, atau biru-hitam.
  • Lesi dapat menimbulkan rasa terbakar dan gatal yang menyakitkan.
  • Muncul lesi yang berwarna gelap di telapak tangan atau kaki, ujung jari tangan atau kaki, dan selaput lendir seperti mulut, hidung, vagina, maupun anus.

Jika Anda memiliki kutil dan khawatir dengan risiko kanker kulit, coba perhatikan apakah kutil yang Anda alami menimbulkan beberapa ciri di atas. Untuk memastikannya Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter.

Namun jika kutil baru muncul dan belum parah atau menimbulkan gejala-gejala lain, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mengoleskan salep khusus seperti Callusol.

Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap. Setelah beberapa kali pemakaian kutil akan terlepas sendiri dari kulit.

The post Kenali Ciri-Ciri Kanker Kulit Berdasarkan Jenisnya appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>