Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id Sat, 20 Jul 2019 10:20:02 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.4 https://otc-fahrenheit.co.id/wp-content/uploads/2019/05/cropped-logo-fahrenheit-ular-32x32.png Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id 32 32 Cara Alami Mengatasi Ambeien https://otc-fahrenheit.co.id/cara-alami-atasi-ambeien/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-alami-atasi-ambeien Sat, 20 Jul 2019 10:19:59 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1156 Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami ambeien atau wasir. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Bagaimana caranya?

The post Cara Alami Mengatasi Ambeien appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang umum diderita banyak orang. Bahkan menurut sebuah penelitian, satu dari empat orang dewasa pasti pernah mengalami ambeien.

Ambeien sangat umum terjadi pada setiap orang, namun paling sering terjadi pada orang yang berumur 50 tahun ke atas. Sulit buang air besar (BAB) merupakan penyebab utama ambeien atau wasir.

Penyakit yang dikenal dengan istilah medis hemorrhoid in adalah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Istilah medis ini merujuk pada bagian pembuluh darah pada bagian anus ini. 

Secara umum, ambeien bukan kondisi yang berbahaya dan menular. Biasanya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya atau dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan maupun bahan alami.

Tetapi bukan berarti ambeien dapat Anda abaikan. Jika kondisinya semakin parah, satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan tindakan medis seperti operasi.

Sebelum penyakit ini mengganggu kenyamanan Anda dan menjadi semakin parah, berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobatinya.

Menggunakan Bahan Alami

Bahan-bahan alami memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan dapat digunakan sebagai obat juga, salah satunya adalah untuk mengobati ambeien. 

Beberapa bahan ini sangat mudah didapatkan serta cukup mudah untuk menggunakannya. Ada bahan yang dijadikan obat oles dan ada juga bahan yang dikonsumsi untuk mengobati ambeien dari dalam.
Berikut beberapa jenis bahan alami yang terbukti ampuh untuk mengobati ambeien.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki kandungan astringent yang ampuh untuk menyusutkan pembuluh darah yang bengkak dan meredakan iritasi. 

Namun perlu Anda perhatikan, jenis sari cuka apel yang baik untuk mengobati ambeien adalah sari cuka apel yang alami. Tidak melewati proses penyaringan, tanpa bahan pengawet, dan tidak melewati proses pasteurisasi.

Cara menggunakan sari cuka apel ini ada dua cara. Yang pertama adalah dengan minum campuran sedikit sari cuka apel dengan air. Cara yang kedua adalah dengan membilas dan mengoleskan anus dan bagian ambeien dengan sari cuka apel.

Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat bagi kesehatan rambut manusia. Tetapi, selain baik untuk merawat kesehatan rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati ambeine.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi berbagai jenis iritasi. Kandungan arakuinon pada lidah buaya juga dapat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan membuat feses menjadi lebih lunak.

Ada dua cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami untuk mengatasi ambeien. Anda dapat mengonsumsi lidah buaya untuk melancarkan pencernaan dan menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada area sekitar anus untuk mengurangi peradangan akibat ambeien.

Bawang Putih

Bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi ambeien karena kandungan bawah putih yang kaya zat yang baik untuk detoksifikasi, antibakteri, dan antiinflamasi. 

Hal ini membuat bawang putih baik untuk melancarkan sirkulasi darah, memberi perlindungan pada pembuluh darah, serta membantu menghancurkan bakteri yang terdapat di usus.

Bawang putih dapat dimakan mentah-mentah, juga sebagai obat oles pada bagian ambeien langsung. Namun Anda perlu berhati-hati, untuk ambeien yang disertai pendarahan tidak dianjurkan untuk mengolesinya dengan bawang putih.

Kulit Pohon Ek Putih

Kulit pohon ek putih banyak tersedia di toko herbal. Jenis kayu ek yang ampuh untuk mengobati ambeien dikenal dengan nama quercus alba. Tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang bisa digunakan untuk mengobati ambeien dari dalam maupun dari luar.

Khasiat dari kayu ek putih adalah kandungannya yang bermanfaat sebagai antiseptik, tonik, dan hemostatikk yang mampu menyembuhkan ambeien ringan hingga ambeien yang berdarah. 

Kandungan kalsium dan tannin yang tinggi dari kulit kayu ek dapat memperkuat jaringan kapiler usus dan jaringan lunak rektum yang terdapat pada lubang anus.

Ekstrak kulit kayu ek putih juga baik untuk membersihkan mukosa yang bengkak dan sakit, sehingga efektif untuk menghilangkan setiap gatal dan iritasi yang disebabkan oleh ambeien.

Cara memanfaatkan kayu ek putih ini adalah dengan merebus atau mengukusnya. Cairan dari rebusan ini dapat dijadikan obat oles pada daerah ambeien atau diminum sebagai teh herbal.

Kulit Manggis

Kulit manggis dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi ambeien. Kulit manggis mengandung banyak xanthone yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang ampuh.

Senyawa turunan dari xanthone yaitu, alfa-mangistin dan gamma-mangostin terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan, salah satunya adalah peradangan yang disebabkan oleh ambeien.

Untuk mengatasi ambeien, keringkan kulit manggis kemudian rebus. Minum air rebusan kulit manggis yang sudah dikeringkan setiap hari. 

Selain dapat mengatasi ambeien, kulit manggis juga memiliki manfaat seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri,anti-jamur, dan anti-plasmodial.

Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki banyak senyawa yang berguna sebagai anti-bakteri. Senyawa ini juga dapat mengobati ambeien secara alami. Untuk menggunakan daun sirsak, berikut caranya:

  • Rebus lima lembar daun sirsak bersama dua gelas air
  • Rebus hingga air hanya tersisa satu gelas
  • Minum air rebusan ini setiap pagi dan malam hari.

Akar Kangkung

Kangkung sangat mudah ditemukan dan sering dijadikan bahan makanan. Kangkung mengandung zat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi. Untuk mengobati ambeien, bagian dari kangkung yang dibutuhkan adalah akarnya. 

Berikut cara menggunakan akar kangkung sebagai obat:

  • Cuci akar kangkung hingga bersih
  • Rebus bersama 2 gelas air dan tunggu hingga air tersisa satu gelas
  • Minum air rebusan akar kangkung setiap hari

Teh Hitam

Teh sudah dipercaya dari dahulu memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu jenis teh yang dapat Anda gunakan untuk mengobati ambeien adalah teh hitam. 

Teh hitam mengandung asam tanin yang mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien. 

Selain baik untuk dikonsumsi, Anda juga dapat menggunakan kantong teh hitam untuk mengompres bagian ambeien. Kompres selama kurang lebih 10 menit pada bagian ambeien sebanyak dua atau tiga kali sehari.

Cocor Bebek

Dibalik tampilannya yang indah untuk dijadikan tanaman hias, daun cocor bebek juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. 

Daun cocor bebek mengandung zat seperti glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Cocor bebek juga dapat dimanfaatkan sebagai obat anti peradangan akibat ambeien yang mujarab. Cara menggunakan cocor bebek sebagai obat ambeien adalah:

  • Jemur daun cocor bebek di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering
  • Tumbuk halus daun kering hingga menyerupai serbuk teh
  • Seduh serbuk daun cocor bebek kering kemudian minum setiap hari

Akar Batu

Collinsonia canadensis atau yang dikenal dengan nama akar batu dapat bermanfaat untuk mengurangi ambeien dan tekanan di pembuluh darah pada anus. 

Racikan minuman akar batu juga efektif untuk mengurangi peradangan wasir hingga dapat mencegah varises.

Akar batu juga dikenal dengan sifat zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif. Zat tersebut terbukti dapat memperkuat lapisan usus serta pembuluh darah. 

Untuk menggunakan akar batu sebagai obat ambeien, Anda dapat menggunakan air rebusan akar batu sebagai obat oles pada ambeien.

Pepaya

Pepaya adalah buah yang sudah terbukti ampuh untuk melancarkan pencernaan. 

Dalam pepaya terdapat terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor.

Selain mengonsumsi buah pepaya, Anda juga dapat mengonsumsi obat alami yang dibuat dari ekstrak pepaya seperti Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Cara Alami Mengatasi Ambeien

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat ambeien, ada beberapa cara atau teknik yang dapat Anda lakukan untuk mengobati ambeien.

Memadukan bahan-bahan alami serta melakukan beberapa cara ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ambeien yang mengganggu. 

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan setiap harinya untuk mengatasi ambeien.

Menjaga Pola Makan

Pola makan yang tidak baik sering menjadi penyebab utama ambeien. Terlalu sering makan makanan cepat saji atau kurang mengonsumsi makanan yang berserat dapat meningkatkan potensi ambeien dan beberapa penyakit lainnya. 

Untuk terhindar dari ambeien dan berbagai penyakit, sebaiknya jaga baik-baik pola makan dan hindari makanan yang banyak mengandung minyak, pemanis buatan, dan bahan pengawet.

Banyak Minum Air

Sebanyak 60% tubuh manusia merupakan cairan, maka wajar jika kita membutuhkan banyak air minum. 

Orang dewasa membutuhkan minimal air minum sebanyak 2 liter air atau setara dengan 8 gelas air minum. Air minum baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh yang sering terganggu akibat ambeien.

Jaga Kebersihan Anus

Kebersihan anus harus Anda jaga. Baik ketika mengalami ambeien atau tidak. Anus yang kotor ketika Anda mengalami ambeien dapat menimbulkan infeksi atau iritasi pada bagian anus. Ambeien yang disertai infeksi akan semakin sulit untuk diobati. 

Selain menjaga kebersihan, Anda juga sebaiknya menjaga agar bagian anus tidak basah atau lembab. Permukaan yang kulit yang basah dan lembab dapat mendatangkan banyak bakteri.

Berendam Air Hangat

Berendam menggunakan air hangat bukan cara untuk mengobati ambeien, namun cara ini efektif untuk relaksasi dan mengurangi rasa sakit akibat ambeien. Anda dapat berendam air hangat ketika merasakan sakit setelah BAB selama 10 atau 15 menit.

Bersihkan dan keringkan bagian anus setelah berendam agar tidak lembab dan tidak menimbulkan infeksi atau iritasi.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Kurang mengonsumsi makanan yang berserat dapat menyebabkan sembelit atau kesulitan buang air besar (BAB). Seperti yang Anda ketahui, sembelit merupakan salah satu penyebab utama penyakit ambeien.

Konsumsi banyak makanan yang mengandung banyak serat seperti sayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan tubuh. Manfaat sayur dan buah-buahan akan lebih terasa oleh tubuh jika tidak melewati proses seperti dibuat jus terlebih dahulu.

Es Batu

Es batu merupakan bahan yang sangat mudah ditemui dan digunakan untuk mengatasi ambeien. Anda hanya perlu mengompres bagian yang terkena ambeien secara rutin menggunakan es batu.

Es batu sangat bermanfaat untuk menyusutkan pemburuh darah dan mengurangi rasa sakit. Kompres ambeien dengan es batu selama 10 menit sehari hingga ambeien hilang.

The post Cara Alami Mengatasi Ambeien appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Berbagai Cara Untuk Hilangkan Kutil https://otc-fahrenheit.co.id/cara-menghilangkan-kutil/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-menghilangkan-kutil Sat, 20 Jul 2019 08:45:33 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1148 Kutil bukan kondisi berbahaya dan dapat segera diatasi. Jika kutil mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri, berikut berbagai cara yang dapat Anda lakukan.

The post Berbagai Cara Untuk Hilangkan Kutil appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Kutil adalah kondisi pertumbuhan kulit berlebih pada bagian tubuh. Kondisi ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV). 

Pertumbuhan kutil ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat. Beberapa jenis kutil ini ada yang tidak sakit ketika disentuh, namun ada juga yang akan menimbulkan rasa gatal atau bahkan rasa sakit.

Penyakit ini bukan kondisi kulit yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kutil adalah jenis tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cepat jika ditangani dengan benar.

Sebelum kutil tumbuh semakin besar dan membuat tidak nyaman, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Berikut beberapa jenis pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutil.

Obat Untuk Mengatasi Kutil

Obat untuk mengatasi kutil dapat Anda temukan di apotek atau toko obat-obatan. Umumnya obat yang tersedia merupakan obat bebas tanpa perlu memerlukan resep dokter. 

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa jenis pengobatan di rumah yang sederhana atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah digunakan. 

Menggabungkan antara obat dan juga bahan alami dapat Anda coba jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Apa saja obat dan cara yang dapat Anda gunakan? Berikut penjelasannya.

Menghilangkan Kutil Dengan Obat

Obat kutil dan penyakit kulit lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di apotek.

Beberapa diantaranya merupakan jenis obat bebas yang dapat digunakan tanpa resep dokter dan dijual bebas di apotek, toko obat, atau tempat lainnya. Tetapi ada juga beberapa obat yang dibutuhkan resep dokter.

Jika Anda ragu untuk memilih obat yang tepat untuk mengatasi kutil, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar diberikan rekomendasi obat atau metode pengobatan yang paling tepat.

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Retinol

Retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Pada era 1970-an, obat ini sangat populer untuk menghilangkan jerawat.

Namun kini retinol tidak hanya efektif menghilangkan jerawat saja. Kutil dapat dengan cepat dihilangkan menggunakan retinol.

Retinol menghilangkan kutil dengan cara mengganggu pertumbuhan sel kulit di sekitarnya. Berbeda seperti obat kutil yang menggunakan bahan asam salisilat, retinol hanya bisa didapatkan melalui resep dokter saja.

Anda harus menggunakan obat ini sesuai resep dan anjuran dokter, karena jika berlebihan retinol dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kulit kering dan iritasi
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Kulit kemerahan, bengkat, mengeras, atau melepuh.

Menggunakan retinol untuk menghilangkan kutil dapat memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan. Menambah dosis pemakaian retinol tidak akan mempercepat proses pengobatan.

Dosis yang berlebih hanya akan memicu efek samping dan dapat memperparah kondisi kulit Anda.

Kantaridin

Kantaridin adalah obat yang dihasilkan dari ekstraksi serum dari kumbang. Zat hasil ekstraksi ini dicampur dengan beberapa bahan kimia lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Ketika kantaridin sudah diaplikasikan pada area pertumbuhan kutil, dokter akan membalut bagian tersebut agar proses pengobatan steril dari gangguan yang muncul dari luar. 

Menghilangkan kutil dengan menggunakan kantaridin merupakan cara yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun beberapa pasien mungkin akan merasakan sensasi kulit seperti terbakar pada bagian yang terinfeksi selama beberapa saat setelah pengaplikasian. 

Tindakan Untuk Hilangkan Kutil

Menggunakan Lakban

Menggunakan lakban untuk menghilangkan kutil adalah metode yang sangat mudah dan sederhana. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya. 

Anda dapat menggunakan lakban jenis apa saja, karena metode ini tidak tergantung dari jenis lakban yang Anda gunakan. 

Cara menggunakannya adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Cryotherapy

Selain kutil jenis kelamin, menghilangkan kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknik cryotherapy.

Cryotherapy prosedur memotong kutil yang tumbuh dengan cara membekukan dengan cairan nitrogen pada area kutil dengan tujuan untuk membunuh jaringan yang berada di kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong benjolannya. Menurut beberapa penelitian, cryotherapy merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan kutil terutama yang tumbuh pada bagian tangan atau kaki.

Bedah Laser

Menghilangkan kutil dengan teknik bedah laser biasanya dilakukan jika berbagai macam jenis pengobatan tidak berhasil. Bedah laser biasanya hanya bisa dilakukan oleh dokter atau ahli saja. 

Ketika menjalankan bedah laser, Anda akan diberikan bius lokal pada area kutil kemudian dokter akan menjalankan beda menggunakan sinar laser untuk membakar dan menghancurkan kutil.

Ada beberapa jenis bedah laser yang dapat dilakukan, namun dua jenis laser yang sering digunakan adalah pulsed dye lasers dan dioxide lasers.

Cara dengan menggunakan pulsed dye lasers ditargetkan untuk menyerang hemoglobin (molekul yang membawa oksigen pada darah) pada pembuluh darah sekitar kutil.

Panas yang dihasilkan laser dapat menutup aliran darah menuju kutil sehingga kutil tidak akan mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah.

Ketika kutil tidak mendapatkan pasokan nutrisi, perlahan-lahan kutil akan mati dan lepas dengan sendirinya. Menurut penelitian pulsed dye laser memiliki tingkat akurasi sangat tinggi dan terbukti ampuh untuk menghilangkan kutil.

Bedah Listrik

Bedah listrik dilakukan untuk menghilangkan kutil menggunakan listrik dengan frekuensi tinggi untuk menghancurkan kulit sekitar kutil. Teknik ini dilakukan dengan alat dari metal dan berbentuk panjang dan tipis seperti pensil.

Ketika kutil sudah dialiri listrik, dokter akan menggunakan teknik kuret untuk membersihkan bagian kulit yang dihinggapi kutil. 

Bedah listrik dan kuret dilakukan agar dapat membersihkan kulit dari kutil lebih efektif. 

Boks Asap

Menghilangkan kutil dengan menggunakan asap merupakan teknik yang berasal dari Cina Kuno. Cara ini dilakukan dengan mengasapi bagian kutil menggunakan asap dari daun pohon euphratica Populus yang dibakar. 

Teknik ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi kutil plantar dan juga kutil yang tumbuh pada bagian kaki dan tangan. 

Menurut penelitian, teknik menghilangkan kutil menggunakan asap lebih efektif untuk mencegah kutil datang kembali jika dibandingkan dengan cryotherapy. 

Cara menggunakan asap ini adalah dengan membakar sebentar daun pohon euphratica Populus selama beberapa menit. Padamkan kemudian asapi bagian kulit yang terkena kutil dan biarkan meresap selama 15 menit. 

Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan obat-obatan, mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau metode yang mudah. Apa saja? 

Berikut beberapa jenis bahan alami dan metode sederhana yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kutil.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah. 

Metode menghilangkan kutil menggunakan sari cuka apel telah banyak direkomendasikan oleh banyak orang sebagai cara yang sederhana namun ampuh.

Sari cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil. Secara perlahan-lahan kutil yang diobati dengan sari cuka apel akan mengelupas dari kulit Anda secara alami. 

Cara menggunakan sari cuka apel adalah dengan merendam kapas dengan 2 sendok makan sari cuka apel. Tempel dan rekatkan menggunakan perban.

Gunakan metode ini setiap hari sampai kutil benar-benar hilang. Biasanya menggunakan sari cuka apel akan memakan waktu selama beberapa minggu. 

Lemon atau Vitamin C

Vitamin C dan air perasan lemon dapat Anda gunakan juga untuk menghilangkan kutil.

Cara menggunakan lemon dan vitamin C adalah campur air perasan lemon dengan bubuk vitamin C yang dapat Anda dapatkan dari tablet hisap vitamin C yang banyak dijual di pasaran. 

Aduk dan campur rata hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada kutil yang ada di kulit. Tutup menggunakan perban dan ulangi terus cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

Campuran antara vitamin C dan air lemon efektif menghilangkan kutil karena kandungan vitamin C yang ampuh untuk membunuh virus serta air lemon memiliki tingkat keasaman yang mampu merusak jaringan kulit kutil. 

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengobati kutil. Madu yang direkomendasikan adalah madu manuka organik yang berasal dari Selandia Baru.

Madu manuka mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. 

Cara mengobati kutil dengan menggunakan madu manuka adalah dengan menggosok kutil terlebih dahulu dengan batu apung. Kemudian oleskan satu sendok teh madu manuka dan tutup dengan perban.

Biarkan selama 24 jam kemudian oleskan kembali madu dan tutup dengan perban hingga kutil benar-benar hilang.

Kulit Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Tidak hanya buahnya, kulit pisang pun dapat menjadi obat alami yang mampu menghilangkan kutil. Enzim yang terdapat pada kulit pisang dapat membuat jaringan kulit berlebih pada kutil hilang.

Cara menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan kutil adalah dengan menggosokkan bagian putih dari kulit pisang pada bagian kutil. Lakukan terus metode ini hingga kutil menghilang. 

Daun Basil

Daun basil dipercaya memiliki kandungan antivirus yang dipercaya dapat melawan virus HPV penyebab kutil. Untuk mendapatkan khasiat daun basil dalam menghilangkan kutil, caranya adalah dengan menghancurkan daun basil hingga halus kemudian campurkan sedikit air.

Oleskan pada area kutil lalu tutup dengan perban. Lakukan cara ini setiap hari selama satu hingga dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nanas

Nanas mengandung enzim pelarut yang dapat membantu menghancurkan benjolan pada kulit seperti kutil. Cara menggunakan nanas adalah dengan merendam bagian kutil dengan sari nanas sebanyak dua hingga tiga kali sehari. 

Perlu diperhatikan, menghilangkan kutil menggunakan air nanas dapat memberikan rasa nyeri yang menyengat pada kulit akibat reaksi dari enzim pada nanas terhadap jaringan kutil di kulit.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan yang efektif untuk membasmi virus. Salah satunya adalah virus HPV penyebab kutil. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit. 

Cara mengobati kutil menggunakan bawang putih adalah dengan merendam beberapa siung bawang putih selama semalam. Air rendaman dapat digunakan untuk membersihkan area yang terkena kutil.

Hancurkan bawang yang telah direndam dan oleskan pada kutil lalu tutup dengan perban selama 20 menit dan bilas.

Lakukan cara ini dua kali sehari selama seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi kapsul bawang putih tiga kali sehari untuk mendapatkan efek yang sama.

The post Berbagai Cara Untuk Hilangkan Kutil appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Berbagai Cara dan Obat Untuk Mengatasi Memar https://otc-fahrenheit.co.id/berbagai-obat-memar/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=berbagai-obat-memar Sat, 20 Jul 2019 07:00:29 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1138 Mengobati memar dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan serta untuk menghilangkan rasa nyerinya. Bagaimana cara mengobati memar? Berikut cara-caranya

The post Berbagai Cara dan Obat Untuk Mengatasi Memar appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Ketika Anda mengalami benturan yang cukup keras, tubuh akan mengalami memar atau lebam. Luka memar ini berwarna biru atau ungu tua serta akan terasa nyeri ketika ditekan. 

Memar dapat hilang dengan sendirinya atau Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan beberapa teknik pengobatan sendiri. 

Apa Itu Memar

Memar adalah kondisi pada tubuh yang terjadi ketika bagian tubuh Anda mengalami benturan yang cukup keras oleh benda tumpul. Benturan ini menyebabkan pembuluh darah kapiler pecah sehingga terjadi pendarahan di bawah bagian permukaan kulit.

Ketika pembuluh darah kapiler pecah maka darah akan menyebar ke jaringan yang disekitarnya sehingga menyebabkan darah menggumpal, menimbulkan rasa nyeri, dan perubahan warna pada kulit.

Ketika terdapat memar di bagian tubuh, Anda tidak perlu khawatir karena memar dapat sembuh dengan sendirinya. Biasanya proses penyembuhan ini akan memakan waktu sekitar 10 hingga 14 hari. Lama proses penyembuhan memar sangat bergantung pada seberapa berat kasus ini.

Memar yang berada di bagian perut biasanya memakan proses penyembuhan lebih lama karena kemungkinan terdapat organ-organ di daerah perut yang terkena dampak memar.

Gejala yang Muncul Ketika Memar

Bagian tubuh yang terbentur akan berubah warna menjadi warna merah atau merah muda. Hal ini terjadi karena darah yang keluar akibat pecahnya pembuluh kapiler.

Luka ini akan langsung terasa nyeri jika ditekan.

Anda mungkin tidak akan terlalu menyadari perubahan warna ini karena biasanya tidak terlalu signifikan. Tergantung dari seberapa keras benturan yang terjadi.

Cara Mengatasi Memar

Memar umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Biasanya, proses penyembuhan alami memar akan memakan waktu sekitar 10 hingga 14 hari. 

Tetapi Anda dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cara mengobatinya. Ada banyak cara dan obat yang dapat Anda lakukan untuk mengobati memar.

Selain dapat mempercepat proses penyembuhan, cara-cara ini juga dapat mengurangi dan meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh memar.

R.I.C.E

R.I.C.E adalah empat tahap penyembuhan luka memar dengan melakukan teknik:

  • Rest (menghistirahatkan)
  • Ice (memberikan kompres es)
  • Compression (memberikan balutan yang berupa tekanan)
  • Elevation (tinggikan area tubuh yang bermasalah)

Cara pertama dari metode R.I.C.E adalah mengistirahatkan. Pada tahapan ini Anda sebaiknya mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami memar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko cedera lanjutan dan untuk membuat proses penyembuhan memar lebih cepat.

Kompres es dilakukan untuk meringankan cedera jaringan lunak yang membuat terbentuknya memar. Manfaat penggunaan es adalah membatasi pembengkakan, mengurangi nyeri, dan mengurangi spasme otot.

Cara untuk menggunakan kompres es adalah dengan membungkus es dengan plastik lalu kemudian lapisi dengan handuk basah dan tempelkan pada bagian memar. 

Kompres es dilakukan secara berkala selama 10 hingga 20 menit kemudian diulang setiap 2 atau 4 jam sekali. Pemberian kompres es harus dilakukan selama 24 jam pertama setelah munculnya memar. 

Compression atau memberikan balutan dilakukan bersamaan dengan kompres es. Cara ini digunakan untuk membantu aplikasi es dan membatasi pembengkakan yang merupakan faktor utama untuk mempercepat masa rehabilitasi.

Elevation atau meninggikan area tubuh yang mengalami memar dilakukan dengan cara meninggikan bagian yang mengalami cedera melebihi ketinggian jantung. Hal ini dilakukan untuk membantu mendorong darah keluar dari daerah pembengkakan. 

Elevasi juga akan membantu pembuluh darah vena untuk mengembalikan darah dari area cedera ke jantung sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah pada bagian memar. 

Kompres Hangat

Setelah sekitar dua hari mengompres memar dengan es, ganti dengan kompres air hangat. Kompres hangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian memar dan membantu membersihkan darah yang tersendat.

Anda dapat menggunakan kantong pemanas atau botol yang diisi air hangat. Lakukan ini selama 20 menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari. 

Kompres hangat juga sangat membantu untuk memberikan rasa nyaman karena dapat mengurangi bengkak, meredakan nyeri, serta mempercepat regenerasi sel.

Salep Arnica

Salah satu obat oles yang dapat Anda gunakan untuk mengobati memar adalah dengan mengoleskan salep arnica. Arnica merupakan tanaman herbal yang direkomendasikan untuk mengurangi memar.

Khasiat dari zat yang terdapat pada arnica adalah dapat meredakan rasa sakit dan memar, serta dikaitkan dengan efek anti-inflamasi apabila diolesi ke kulit kemudian diserap. Oles salep atau gel arnica pada area yang lebam setiap hari. 

Jenis obat memar yang mengandung arnica dapat ditemukan di apotek atau toko obat terdekat. Sebaiknya Anda memilih obat salep atau gel arnica yang sudah mendapat izin edar dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) serta telah mengantongi sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia).

Krim Vitamin K

Vitamin K bermanfaat untuk membantu pembekuan darah. Ketika mengalami memar, mengoleskan krim yang mengandung vitamin K dilakukan untuk mencegah pendarahan lebih lanjut. 

Untuk mengobati memar, pilih vitamin K yang berbentuk krim bukan obat minum. Karena vitamin K yang diminum tidak tepat untuk mengatasi memar terlebih bagi Anda yang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan obat-obatan lainnya. 

Namun, obat oles vitamin K akan memberikan terapi penanganan memar, dan secara umum aman untuk sebagian besar individu.

Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya dikenal memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah dapat mengurangi rasa nyeri dan iritasi pada kulit. Sebaiknya, pilih krim yang mengandung lidah buaya alami. 

Bromelain

Bromelain adalah enzim yang banyak ditemukan pada buah nanas. Enzim ini dapat membantu untuk mengurangi bengkak dan memar ketika dioleskan pada bagian luka. 

Anda dapat memanfaatkan bromelain dengan cara dioleskan dengan menggunakan krim yang mengandung enzim ini atau dengan mengonsumsi nanas dan suplemen bromelain.

Daun Peterseli

Selain arinca, bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati memar adalah daun peterseli. Beberapa penelitian menemukan bahwa daun peterseli dapat mengurangi peradangan, nyeri, dan dapat menghilangkan memar dengan cepat. 

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan daun peterseli yang sudah ditumbuk halus pada bagian memar. Kemudian bungkus dengan perban atau kain lembut.

Heparin Sodium

Heparin sodium adalah ekstrak yang didapatkan dari protein hewani, yaitu porcine dan bovine. Bovine adalah protein yang terbuat dari sapi sedangkan porcine adalah protein yang terbuat dari babi.

Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan

Obat-obat memar yang dapat Anda temukan di apotek umumnya mengandung heparin karena kandungan ini terbukti ampuh untuk mengatasi memar.

Salah satu obat oles untuk mengatasi memar ampuh yang mengandung heparin adalah thromboflash.

Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Heparin sodium yang terdapat pada thromboflash didapatkan dari protein sapi dan sudah tersertifikasi halal oleh MUI.

Jangan menggunakan obat ini pada bagian luka yang terbuka dan obat ini tidak disarankan untuk digunakan oleh anak-anak di bawah 5 tahun.

Tahap Penyembuhan Memar Dilihat Dari Warnanya

Anda dapat mengetahui proses penyembuhan memar dengan melihat warna dari luka tersebut. Memar akan berubah warna seiring dengan proses penyembuhan. Masing-masing warna ini mewakili proses penyembuhan, yang dapat dibagi menjadi empat proses, yaitu:

Memar Berwarna Warna Merah atau Merah Muda

Bagian tubuh yang mengalami benturan akan mengalami perubahan warna menjadi merah atau merah muda. Perubahan warna ini terjadi karena penggumpalan darah di bawah permukaan kulit akibat pecahnya pembuluh darah kapiler. 

Anda dapat tidak menyadari luka ini karena perubahan warna tidak terlalu jelas tergantung pada seberapa keras benturan terjadi. Namun biasanya luka ini akan terasa nyeri ketika disentuh.

Memar Berwarna Ungu Tua atau Biru

Ketika gumpalan darah di bawah permukaan kulit berubah warna menjadi biru atau ungu tua, Anda akan mulai menyadarinya. 

Darah akan berubah menjadi warna biru atau tua karena sel darah merah yang menggumpal akan kekurangan oksigen. 

Umumnya proses penyembuhan ketika memar sudah berwarna biru dan ungu tua akan memakan waktu sekitar lima hari hingga warnanya berubah.

Memar Warna Hijau

Memar yang tadinya berwarna biru atau ungu tua akan berubah warna menjadi hijau. Jika hal ini terjadi itu tandanya luka memar sudah berangsur pulih. 

Molekul protein yang ada pada sel darah merah pada area luka akan berubah menjadi biliverdin, yaitu pigmen empedu hijau yang membuat kulit pada area sekitar luka berubah warna menjadi hijau.

Tahap ini adalah tahap di mana bagian tubuh yang luka sudah mengalami proses penyembuhan.

Warna Memar Kuning Kecokelatan

Seiring dengan berjalannya proses penyembuhan luka, warna luka yang sudah berwarna hijau ini akan berubah perlahan-lahan menjadi warna kuning kecokelatan hingga pada akhirnya kulit kembali ke warna yang semula.

Warna kuning kecokelatan ini muncul dari proses penggantian sel darah merah oleh sel darah putih.

The post Berbagai Cara dan Obat Untuk Mengatasi Memar appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari dan Dapat Mengobati Diare https://otc-fahrenheit.co.id/makanan-minuman-diare/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=makanan-minuman-diare Fri, 19 Jul 2019 18:24:55 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1128 Makanan dan minuman sehari-hari ada yang dapat menyebabkan diare dan ada yang dapat mengobati diare. Apa saja? Baca selengkapnya di sini

The post Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari dan Dapat Mengobati Diare appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Siapa saja dapat terserang diare, baik dewasa maupun anak-anak. Pada umumnya diare bukan penyakit yang berbahaya dan dapat disembuhkan dengan segera. Namun jika didiamkan berlarut-larut dan tidak segera diatasi, diare dapat berakibat fatal.

Sampai saat ini, diare masih menjadi penyakit yang umum terjadi di dunia khususnya Indonesia. Data dari Kemenkes RI 2018 menunjukkan bahwa angka penderita diare di Indonesia sangat tinggi khususnya kasus diare yang dialami oleh balita.

Diare sendiri adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian balita tertinggi di negara kita. Untuk itu, diare sebaiknya segera diobati. 

Apa Itu Diare

Diare adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya sering buang air besar (BAB) dengan kondisi tinja yang encer dan terus menerus. Orang awam sering menyebut penyakit ini dengan istilah mencret. 

Penyebab diare yang paling sering terjadi disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. 

Ketika seseorang mengalami diare, organ tubuh yang diserang oleh virus dan bakteri adalah usus. Ketika usus mengalami gangguan, tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik sehingga mengganggu sistem pencernaan.

Umumnya penyakit ini hanya berlangsung beberapa hari saja dan tidak berbahaya, namun jika tidak segera ditangani dan berlangsung hingga berminggu-minggu dapat membahayakan jiwa pasien yang dapat kematian bagi pasiennya. 

Gejala yang Sering Muncul Akibat Diare

Diare tidak datang tiba-tiba, diare muncul bersama gejala-gejala lain yang dapat ditimbulkan. Gejala ini bisa berbeda-beda tergantung dari penyebab diare itu sendiri. 

Mengetahui gejala diare dapat membantu Anda mencegah penyakit ini menyerang tubuh secara terus-menerus. Berikut beberapa gejala diare yang umum dan sering muncul.

  • Perut terasa mulas dan sering terjadi kram
  • Mual dan muntah
  • Nyeri kepala
  • Demam
  • Air seni kental dan berwarna kuning
  • Mengalami dehidrasi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Feses encer dan berdarah
  • Frekuensi BAB yang tinggi, berkali-kali, dan banyak.

Kondisi di atas adalah gejala umum yang sering terjadi. Namun jika Anda memiliki gejala yang lain atau muncul kekhawatiran, sebaiknya Anda konsultasikan langsung kondisi Anda dengan dokter untuk segera dilakukan pengobatan dan pencegahan.

Makanan yang Harus Dihindari Ketika Diare

Ketika mengalami diare, selain segera mengobatinya, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman. Makanan dan minuman ini adalah jenis makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi tubuh Anda ketika diare. 

Sebaiknya, ketika sedang mengalami diare berhenti dulu mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini agar diare dapat cepat diatasi.

Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Susu

Intoleransi terhadap salah satu jenis makanan sering menjadi penyebab utama diare, terutama makanan dan minuman yang mengandung bahan utama susu. Kondisi ini disebut intoleransi laktosa. 

Ketika Anda mengalami diare, tubuh akan kesulitan untuk memproduksi enzim laktase yang diperlukan oleh tubuh untuk mencerna laktosa (gula yang sering ditemukan dalam produk berbahan dasar susu).

Meskipun Anda bukan orang yang termasuk intoleransi laktosa, sebaiknya hindari dahulu untuk mengonsumsi mengonsumsi susu, keju, atau es krim ketika Anda mengalami diare serta beberapa waktu setelah sembuh agar tidak memperburuk kondisi pencernaan Anda dan untuk mengembalikan kesehatan organ pencernaan Anda.

Anda masih diperbolehkan mengonsumsi yoghurt meskipun makanan ini berbahan dasar susu. Berbeda dengan jenis produk olahsan susu lainnya, yoghurt memiliki bakteri probiotik yang justru baik untuk menjaga kesehatan pencernaan tubuh.

Makanan Berminyak dan Berlemak

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak serta lemak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain mengandung banyak kolesterol yang berbahaya, makanan berminyak dan berlemak juga tidak baik bagi penderita diare.

Menurut penelitian, makanan yang banyak mengandung minyak dan lemak dapat membuat otot pencernaan berkontraksi lebih kencang sehingga dapat memperburuk kondisi Anda ketika sedang mengalami diare.

Selain itu, lemak dan minyak dapat membuat usus kesulitan untuk mencerna obat diare yang Anda minum.

Makanan jenis ini juga dapat memperlambat proses pengosongan lambung sehingga dapat membuat Anda merasa kembung. 

Ketika mengalami diare, sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan jenis ini serta menggantinya dengan makanan yang dikukus atau direbus. 

Sayuran dan Buah yang Mengandung Serat Tinggi

Sayuran dan buah yang mengandung serat tinggi baik bagi kesehatan tubuh terutama bagian pencernaan. Tetapi ternyata makanan yang mengandung serat tinggi kurang baik dikonsumsi ketika Anda sedang mengalami diare. 

Makanan yang mengandung banyak serat ketika dikonsumsi akan membuat usus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Hal ini dapat memperburuk kondisi diare karena ketika diare usus tidak dapat bekerja dengan optimal. 

Sebaiknya hindari sayuran seperti brokoli, kembang kol, paprika, kacang polong, sayuran berdaun hijau, dan jagung yang selain mengandung banyak serat, jenis sayuran ini juga mengandung banyak gas yang dapat membuat perut Anda kembung. 

Buah-buahan yang sebaiknya dihindari ketika Anda mengalami diare adalah nanas, anggur, ceri, dan buah ara karena memiliki kandungan serat yang tinggi juga.

Makanan Pedas

Banyak orang yang suka sekali makan makanan yang pedas. Namun sayang sekali, ketika mengalami diare Anda harus berhenti dulu untuk mengonsumsi makanan yang pedas terutama cabai.

Zat capsaicin yang merupakan sumber rasa pedas dari cabai adalah musuh bagi usus karena zat ini dapat menyebabkan iritasi saluran pencernaan Anda. Ketika mengalami iritasi, diare yang Anda alami akan semakin parah dan sulit untuk disembuhkan. 

Alkohol, Soda, dan Kafein

Minuman seperti kopi dan minuman yang mengandung alkohol sebaiknya Anda hindari ketika sedang mengalami diare.

Kafein yang terdapat pada kopi dapat merangsang usus untuk berkontraksi lebih cepat dari biasanya sehingga makanan tidak dapat diserap dengan baik. Asam dalam kopi juga dapat memperburuk gejala dari beberapa gangguan pencernaan.

Minuman yang mengandung alkohol dapat menyebabkan iritasi pada usus. Minuman ini juga dapat mempercepat pencernaan, yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap air. Hal ini dapat menyebabkan tinja menjadi berair ketika buang air besar.

Kafein dan alkohol juga bertindak sebagai diuretik yang dapat menyebabkan peningkatan produksi dan volume urine, sehingga risiko untuk mengalami dehidrasi lebih tinggi ketika mengalami diare. 

Selain itu, minuman soda dan yang mengandung alkohol akan menurunkan efektivitas obat diare yang Anda konsumsi.

Mengandung Pemanis Buatan

Sorbitol adalah jenis pemanis buatan yang sering ditemukan dalam makanan dan minuman. 

Jenis pemanis buatan ini dapat menyebabkan perut kembung, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare. Pemanis buatan dapat ditemukan di dalam berbagai jenis makanan dan minuman bebas gula, seperti permen karet dan minuman soda.

Mengkonsumsi sorbitol lebih dari 50 gram setiap harinya dapat menyebabkan gangguan pada usus anda. Hal ini dikarenakan tubuh tidak dapat mencerna sorbitol.

Makanan Untuk Menyembuhkan Diare

Makanan yang tepat adalah kunci untuk menyembuhkan penyakit, termasuk diare. Ketika seseorang mengalami diare, sebaiknya pilih baik-baik makanan yang dikonsumsinya. 

Beberapa jenis makanan di bawah ini baik untuk Anda konsumsi. Selain dapat membantu mengatasi diare, jenis makanan ini juga dapat memberikan tenaga dan cairan tubuh yang banyak hilang ketika diare.

Makanan Berkuah

Ketika tubuh sedang diserang penyakit, makanan berkuah baik dikonsumsi karena rasanya yang dapat membuat nyaman perut dan tubuh. Hal ini juga dapat Anda lakukan ketika sedang mengalami diare. 

Makanan berkuah seperti sup kaldu ayam, sup tomat, atau sayur sup bening baik untuk yang sedang diare. Selain dapat membantu tubuh mendapatkan cairan yang cukup, makanan jenis ini pun dapat menenangkan perut yang terganggu. 

Jenis makanan olahan seperti ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan yang memiliki banyak nutrisi. Vitamin dari potongan sayuran, protein dari daging, karbohidrat dari kentang atau kacang-kacangan, serta air dari kuah kaldu. 

Sup juga baik dikonsumsi oleh anak-anak ketika mengalami diare karena makanan ini mudah dicerna dibandingkan makanan jenis lainnya.

Nasi Putih

Ketika mengalami diare, nasi putih baik untuk dikonsumsi. Nasi putih yang mengandung karbohidrat baik untuk memberikan energi bagi tubuh. 

Nasi putih juga merupakan jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga usus tidak perlu bekerja keras untuk mencernanya. 

Anda dapat juga mengolah nasi putih menjadi nasi tim atau bubur agar usus dan lambung semakin mudah mencernanya. 

Sebaiknya hindari mengonsumsi nasi merah. Meskipun menyehatkan namun nasi merah mengandung banyak gas sehingga kurang baik dikonsumsi ketika diare.

Makanan Tinggi Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik baik dikonsumsi ketika diare. Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi usus dalam sistem pencernaan tubuh. 

Ketika tubuh mengalami diare, usus akan banyak kehilangan bakteri sehat sehingga kesulitan untuk mencerna makanan.

Probiotik yang baik dikonsumsi adalah jenis bakteri Lactobacillus dan Bifidobacterium dan Saccharomyces boulardii. Bakteri tersebut dapat dengan cepat menggantikan bakteri baik yang hilang terbilas bersama feses, serta membantu mengembalikan fungsi usus yang normal. 

Yoghurt, tempe, asinan, atau sayur kubis merupakan jenis makanan yang banyak mengandung probiotik tinggi. 

Wortel, Kacang Hijau, dan Buah Bit

Sayuran-sayuran penting dikonsumsi ketika sedang mengalami diare karena dapat menggantikan nutrisi yang hilang ketika mengalami diare. Wortel, kacang hijau, dan buah bit merupakan jenis sayur yang dapat Anda konsumsi.

Cara mengolah sayuran ini adalah dengan membuatnya lunak terlebih dahulu sebelum dimakan. 

Pisang

Pisang adalah jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaatnya bagi tubuh, terutama ketika diare. Pisang mengandung pektin yang berfungsi untuk memadatkan tekstur feses yang encer ketika diare.

Pisang juga bermanfaat untuk menggantikan cairan elektrolit tubuh karena mengandung kalium yang tinggi. 

Selain itu, kandungan karbohidrat dalam pisang bisa menambah energi untuk membantu Anda melawan diare.

Apel

Ada pepatah yang mengatakan satu apel sehari dapat menjauhkan Anda dari penyakit. Apel banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati diare. 

Apel adalah buah tinggi karbohidrat dan gula serta pektin yang cocok untuk dijadikan makanan saat diare.

Kombinasi karbohidrat dan gulanya membantu meningkatkan stamina. Sementara itu pektin membantu menyerap kelebihan cairan di usus sehingga feses yang keluar lebih padat dan tidak berair.

BRAT

BRAT atau banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti) adalah pola makan yang dianjurkan bagi penderita diare. 

Bahan-bahan tersebut baik untuk kebutuhan energi serta ampuh untuk mengobati diare karena memiliki kadar serat rendah. Dengan begitu, tekstur feses dapat menjadi lebih padat. 

BRAT hanya dianjurkan sebagai pola makan ketika Anda mengalami diare. Ketika diare sudah hilang, sebaiknya mulai kembali kepada pola makan yang sehat karena pola BRAT tidak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Cara Mencegah Diare

Cara mencegah diare bukan hal yang sulit. Karena pada umumnya diare muncul karena kebiasaan seseorang yang kurang memerhatikan kebersihan. 

Untuk mencegahnya, Anda dapat mulai melakukan hal-hal di bawah ini. 

  • Rutin mencuci tangan
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sudah dicuci dengan bersih dan dimasak dengan sempurna
  • Hindari jajan sembarangan
  • Perhatikan kebersihan badan dan kebersihan lingkungan sekitar
  • Hindari banyak mengonsumsi makanan yang pedas
  • Jaga selalu kebersihan alat-alat masak dan peralatan makan Anda
  • Istirahat yang cukup dan rajin berolahraga
  • Perhatikan baik-baik kesehatan perut dan sistem pencernaan Anda

Pertolongan Pertama Ketika Diare

Ketika mengalami diare, Anda dapat segera menanganinya dengan menggunakan obat-obatan. Obat ini mudah didapatkan di apotek atau bahkan Anda dapat membuat sendiri di rumah.

Apa saja? Berikut obat yang dapat Anda konsumsi sebagai pertolongan pertama ketika mengalami diare. Obat ini dapat dikonsumsi baik oleh dewasa maupun anak-anak. 

Oralit

Oralit adalah obat yang paling umum diberikan kepada penderita diare. Obat ini sangat mudah didapatkan dan sangat aman untuk digunakan bagi anak-anak dan dewasa.

Oralit mengandung senyawa elektrolit dan mineral seperti natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, natrium bikarbonat, dan trisodium citrate dihydrate. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. 

Oralit sangat bermanfaat ketika Anda mengalami dehidrasi akibat diare. Cara ini dipercaya sangat ampuh dan efektif untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dibanding hanya dengan minum air saja.

Renalyte

Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang.

Kandungan Renalyte seperti Natrium, Kalium, Klorida, Sitrat, dan Glukosa merupakan sumber elektrolit yang dibutuhkan tubuh manusia untuk rehidrasi dan mengembalikan kerja otot dan saraf tubuh kembali normal setelah tubuh kehilangan banyak cairan.

The post Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari dan Dapat Mengobati Diare appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Buah yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Ketika Diet https://otc-fahrenheit.co.id/buah-ketika-diet/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=buah-ketika-diet Tue, 16 Jul 2019 16:42:52 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1108 Buah adalah makanan yang memiliki manfaat bagi tubuh. Tapi tidak semuanya tepat untuk menjalankan diet. Apa saja buah yang harus Anda hindari ketika diet?

The post Buah yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Ketika Diet appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Manfaat Mengonsumsi Buah Secara Rutin

Buah adalah makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah adalah sumber vitamin, mineral, air, antioksidan, dan serat yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sehat serta bermanfaat untuk menghadang dan menyembuhkan penyakit.

Besarnya manfaat buah bagi kesehatan manusia, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan kita untuk mengonsumsi buah dan sayuran sebanyak 400 gram setiap harinya. 

Jumlah ini setara dengan satu buah apel, pir, pisang, atau jeruk.

Ketika Anda rutin mengonsumsi buah-buahan setiap harinya, tubuh Anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya. Diantaranya:

  • Mencegah obesitas dan menjaga berat badan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menjaga tekanan darah
  • Menurunkan risiko penyakit seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, kanker, dan hipertensi
  • Kandungan serat dalam buah-buahan baik dalam melancarkan sistem pencernaan tubuh
  • Menjaga kesehatan organ tubuh. 

Buah-buahan adalah jenis makanan yang baik Anda konsumsi ketika sedang menjalankan diet. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, buah-buahan juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Secara umum buah adalah jenis makanan yang menyehatkan. Namun bukan berarti Anda dapat mengonsumsinya sembarangan. Jika tidak berhati-hati, buah-buahan juga dapat merugikan Anda. 

Contohnya ketika Anda mengonsumsi pisang hijau yang belum matang, hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami sembelit. Mengonsumsi buah-buahan terlalu banyak juga dapat merugikan Anda seperti risiko obesitas dan kelebihan gula.

Sama halnya ketika diet. Meskipun secara umum buah-buahan baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan namun ada beberapa buah yang tidak dapat mengurangi hasil maksimal yang didapat ketika diet. Apa saja?

Buah yang Sebaiknya Dihindari Ketika Diet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun ketika Anda menjalankan diet untuk menurunkan berat badan, ada beberapa jenis buah yang kurang tepat.

Beberapa buah ini banyak mengandung gula atau karbohidrat yang banyak. Meskipun dua zat tersebut dibutuhkan tubuh, namun jika terlalu banyak mengonsumsinya, tujuan utama Anda untuk menurunkan berat badan tidak akan menjadi efektif.

Sebaiknya Anda mulai menghindari atau mengurangi beberapa jenis buah di bawah ini jika Anda sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

Pisang

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet sebaiknya berhati-hati ketika mengonsumsi pisang. Buah yang satu ini mengandung banyak karbohidrat dan gula. Sekitar 93% kalori yang didapatkan tubuh dari satu potong pisang berasal dari karbohidrat. Dalam satu buah pisang juga mengandung sebanyak 16% gula. 

Semakin matang buah pisang, semakin banyak kandungan karbohidrat dan gula di dalamnya. Sebaiknya Anda mulai mengurangi jumlah pisang matang yang Anda konsumsi sehari-hari.

Bagi Anda pecinta pisang, Anda dapat memilih pisang yang berukuran kecil dan pisang yang baru matang agar belum terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat. Atau Anda dapat mengganti pisang dengan apel atau anggur yang sama-sama menyehatkan namun tidak 

Alpukat

Alpukat sering menjadi buah kesukaan banyak orang. Buah yang satu ini dapat dinikmati dengan cara disantap langsung atau dijadikan jus. Tetapi sayangnya, buah ini kurang tepat untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan diet. 

Kandungan lemak tak jenuh di dalam buah alpukat cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram alpukat mengandung 168 kalori. Banyak orang juga yang mencampurkan gula atau susu bersama alpukat untuk dijadikan jus. 

Tentu hal ini adalah pantangan bagi Anda ketika sedang diet. Untuk itu, sebaiknya Anda kurangi konsumsi alpukat atau jangan mencampurnya dengan susu atau gula ketika sedang menjalankan diet.

Kelapa

Buah kelapa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Seperti air kelapa yang baik untuk menggantikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang. Tetapi sayangnya untuk menurunkan berat badan, kelapa bukan buah yang tepat.

Satu cangkir kelapa mengandung 283 kalori yang dihasilkan dari kandungan lemak di dalamnya. Hal ini membuat kelapa merupakan buah yang paling banyak mengandung lemak. 

Sama halnya seperti makanan yang mengandung santan. Selain dapat menggagalkan program diet Anda, makanan yang banyak mengandung santan juga dapat memicu kolesterol Anda. 

Semangka

Semangka mengandung banyak air dan serat yang baik untuk tubuh. Tapi sayangnya kandungan gula di dalam semangka juga cukup tinggi dibandingkan buah lain. Berdasarkan daftar indeks glikemik Universitas Oregon, kadar glikemik dalam semangka mencapai 72.

Sebaiknya kurangi konsumsi buah semangka sebagai buah segar pencuci mulut. Anda dapat menggantinya dengan buah seperti jeruk atau apel. Selain memiliki kandungan gula yang jauh lebih rendah, kedua buah ini juga dapat membuat Anda tidak cepat lapar.

Mangga

Sama seperti pisang, buah mangga juga mengandung banyak kadar gula di dalamnya. Satu buah mangga mengandung 100 kalori dan 23 gram gula. Maka buah ini kurang tepat dikonsumsi Anda jika ingin menurunkan berat badan.

Namun jika Anda tetap ingin mengonsumsi ketika sedang menjalankan diet, sebaiknya jangan mengonsumsi mangga terlalu banyak. Atau Anda dapat mengonsumsinya dengan cara membuat jus buah dari nanas dan memasukan beberapa potong mangga. 

Anggur

Semua orang pasti pernah mengonsumsi anggur sebagai cemilan. Cukup sulit untuk hanya mengonsumsi satu buah anggur saja karena rasanya yang manis.

Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan anggur sebagai cemilan, sebaiknya kurangi dulu kebiasaan ini ketika sedang menjalankan diet. 

Meski kecil, tetapi anggur memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain. Satu cangkir anggur mengandung 27 gram karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi anggur juga dapat menganggu pencernaan Anda. 

Perlu diingat, anggur juga mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh. Namun sebaiknya perhatikan porsinya, terutama bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Leci

Durian

Durian adalah buah yang banyak menciptakan kontroversi. Banyak orang yang suka buah ini karena rasanya dan banyak pula orang yang membencinya karena baunya yang menyengat. 

Bagi yang tidak menyukai durian dan sedang menjalankan diet, Anda merupakan orang yang beruntung.

Sama seperti buah yang sudah disebutkan di atas, durian mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Satu buah durian mengandung 850-1500 kalori.

Jika Anda pecinta durian, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum mengonsumsi durian ketika diet. Jangan sampai program Anda untuk menurunkan berat badan gagal karena godaan buah yang sering dijuluki king of fruits ini.

Jus Buah dan Buah Kalengan

Menyantap buah-buahan langsung adalah cara yang terbaik. Selain rasanya masih segar, manfaat yang didapatkan dari buah dapat diserap dengan baik oleh tubuh. 

Ketika buah sudah melalui proses seperti dibuat menjadi jus, kandungan serat di dalamnya akan hilang. Terlebih jika jus buah yang Anda minum sudah dicampurkan dengan gula. 

Ketika Anda sedang menjalankan diet, sebaiknya hindari mengonsumsi jus buah terutama jus buah kemasan yang biasanya sudah dicampurkan dengan gula. Sama halnya dengan buah kalengan. Selain sudah dicampurkan dengan gula, buah kalengan juga mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan diet.

Buah yang Baik Dikonsumsi Ketika Diet

Berbeda dengan buah-buahan yang disebutkan di atas, buah-buahan ini merupakan jenis buah yang tepat Anda konsumsi ketika diet. Selain mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, buah di bawah ini juga banyak memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan.

Apel

Ada pepatah yang mengatakan jika satu buah apel sehari akan menjauhkan Anda dari penyakit. Hal ini ternyata terbukti. Apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

Satu buah apel berukuran sedang (sekitar 182 gram) mengandung 4,4 gram serat. Angka ini sudah memenuhi sekitar 17% kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. 

Apel memiliki kandungan pektin yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada bakteri baik yang terdapat di usus sehingga dapat membantu kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Sebaiknya, Anda mengonsumsi apel dengan kulitnya, karena kulit apel memiliki banyak kandungan serat dan antioksidan yang bermanfaat juga untuk mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Melon

Melon baik Anda konsumsi sehari-hari ketika sedang menjalankan diet. Buah ini baik Anda jadikan sebagai pengganjal atau untuk menahan lapar. Karena kandungan alami gula dalam buah melon dapat diubah menjadi energi di dalam tubuh.

Selain itu melon juga banyak memiliki manfaat lain untuk kesehatan tubuh. Buah melon mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antikanker, mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas. Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C. 

Kiwi

Warna hijau dari buah kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker. Buah mungil ini juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan konsumsi vitamin C orang dewasa per harinya.

Pepaya

Selain digunakan sebagai buah untuk melancarkan pencernaan, pepaya juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalankan diet. 

Pepaya adalah buah yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin. Pepaya juga memiliki kadar lemak yang sangat rendah. 

Pir

Buah pir memiliki kandungan serat yang sama baiknya dengan apel. Buah pir berukuran sedang (sekitar 178 gram) mengandung 5.5 gram serat. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi 22% kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.

Selain sangat baik untuk melancarkan pencernaan, pir juga baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet karena mengandung fruktosa dan sorbitol.

Fruktosa merupakan salah satu gula darah yang bermanfaat juga untuk menstimulus BAB. Sedangkan sorbitol merupakan jenis gula alkohol yang dapat berfungsi sebagai pencahar untuk melancarkan pencernaan.

Nanas

Nanas adalah buah yang tepat Anda konsumsi ketika sedang menjalankan diet. Buah ini mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Enzim ini sangat berguna untuk membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing.

Selain itu, nanas juga merupakan sumber vitamin C dan serat sehingga sangat baik untuk membantu kelancaran sistem pencernaan tubuh.

Aktivitas yang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Aktif bergerak seperti berjalan dapat menjadi cara yang ampuh untuk membakar kalori. Di sela-sela kesibukan Anda, coba untuk banyak melakukan perenggangan atau banyak berjalan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk membakar kalori. 

Agar proses pembakaran kalori dan lemak lebih efektif dan cepat, Anda dapat mengonsumsi suplemen makanan pembakar lemak seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Beraktivitas sambil mengonsumsi slendy disertai dengan mengonsumsi buah-buahan yang tepat ketika Anda menjalankan diet dapat mempercepat proses menurunkan berat badan Anda.

The post Buah yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Ketika Diet appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Cara Mengatasi Eyeshadow yang Masuk ke Mata https://otc-fahrenheit.co.id/eyeshadow-masuk-mata/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=eyeshadow-masuk-mata Tue, 16 Jul 2019 14:35:22 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1101 Jika tidak hati-hati, eyeshadow dapat masuk ke dalam mata dan membuat iritasi. Jika hal ini terjadi, berikut cara yang dapat Anda lakukan.

The post Cara Mengatasi Eyeshadow yang Masuk ke Mata appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Menggunakan kosmetik sering dilakukan oleh wanita untuk merias dirinya agar terlihat lebih menarik.

Salah satu aktivitas merias wajah yang umum dilakukan adalah merias mata dengan menggunakan eyeshadow. Jenis riasan ini untuk membuat mata agar terlihat lebih tajam dan anggun. 

Ketika menggunakan kosmetik, Anda perlu berhati-hati. Khususnya ketika merias daerah mata.

Kosmetik banyak mengandung bahan kimia dan ketika bahan-bahan tersebut masuk ke dalam mata yang sensitif dapat mengakibatkan gangguan pada mata.

Hal yang paling sering terjadi adalah ketika serbuk padat eyeshadow yang Anda gunakan masuk ke dalam mata. Jika Anda mengalami hal ini Anda perlu segera membersihkan mata agar tidak mengalami gangguan seperti infeksi atau iritasi. 

Risiko Ketika Eyeshadow yang Masuk Ke Mata

Ketika serbuk padat eyeshadow masuk ke dalam mata, hal ini dapat mengganggu mata karena zat kimia yang terkandung di dalam eyeshadow berbahaya bagi kesehatan mata. Mata merupakan organ yang sensitif dan jika terkena gangguan sedikit dapat mengakibatkan gangguan pada mata.

Gangguan pada mata yang paling sering terjadi adalah iritasi dan infeksi mata yang menyebabkan mata merah, perih, dan berair.

Kondisi ini dapat mengganggu kesehatan penglihatan Anda dan terkadang juga dapat menyebabkan rasa nyeri. 

Untuk mencegahnya, segera lakukan tindakan dengan membersihkan mata agar terhindar dari infeksi dan iritasi. 

Cara Mengatasi Eyeshadow yang Masuk ke Mata

Berkedip merupakan salah satu mekanisme alami mata untuk menjaga kebersihan mata serta melindungi mata dari gangguan.

Tetapi hal ini tentu saja tidak selamanya cukup untuk melindungi dan membersihkan mata ketika terdapat benda asing yang masuk ke dalam mata. Dalam hal ini, eyeshadow.

Jika Anda mengalami kejadian eyeshadow atau kosmetik lain masuk ke dalam mata, tindakan pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan mata dari zat kimia kosmetik tersebut. 

Hindari membersihkannya dengan cara mengucek atau menggosok mata dengan tangan.

Tangan yang tidak bersih serta gesekan yang keras dari tangan akan membuat kondisi mata Anda semakin parah. Selain iritasi dan mata merah, hal ini juga dapat mencederai kornea mata Anda. 

Membersihkan mata menggunakan air dapat Anda lakukan, namun hal ini sebaiknya dilakukan ketika kondisi darurat saja.

Seperti ketika mata terkena cairan eyeliner. Air yang tidak bersih tidak akan membuat kondisi mata Anda semakin baik. 

Mata merupakan bagian tubuh yang sensitif, sehingga mencuci mata dengan air saja tidak cukup atau bahkan dapat membahayakan mata.

Air keran atau air yang biasa digunakan saat mandi memiliki kandungan pH yang berbeda dengan cairan yang ada di mata. Air keran juga bukan air yang steril sehingga dapat mengandung kuman-kuman atau bakteri yang bisa membahayakan mata.

Risikonya jika air yang Anda gunakan untuk membersihkan mata bukan air yang bersih, hal ini dapat membuat kondisi mata Anda semakin parah. 

Cara terbaik untuk membersihkan mata adalah dengan menggunakan produk pencuci mata.

Produk pencuci mata yang paling aman adalah produk yang memiliki cairan steril, tanpa bahan pengawet, memiliki pH yang sama dengan pH cairan mata manusia.

Salah satu produk yang memenuhi kriteria tersebut adalah Yrins.

Yrins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Yrins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.

Jika kondisi mata tidak kunjung membaik atau semakin parah meskipun sudah dilakukan penanganan. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk segera dilakukan tindakan lanjut.

Mata merupakan organ yang sensitif, jika kondisi mata iritasi, mata merah, dan bengkak tidak segera ditangani, kondisi ini akan semakin sulit untuk diobati dan berisiko untuk timbul masalah mata lainnya yang lebih berbahaya. 

Tips Makeup yang Aman Untuk Mata

Merias wajah baik dilakukan agar membuat wajah Anda lebih menarik, namun Anda juga perlu berhati-hati agar mata dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh makeup. 

Agar wajah terlihat menarik dan kesehatan mata terjaga, sebaiknya Anda lakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Berhati-hati ketika menggunakan makeup pada bagian mata
  • Jika mata terkena paparan makeup, segera bersihkan
  • Perhatikan tanggal kedaluwarsa makeup
  • Simpan makeup di tempat yang bersih 
  • Sebaiknya jangan berbagi makeup dengan orang lain, arena mudah terkena infeksi bakteri dari satu orang ke orang lain.

The post Cara Mengatasi Eyeshadow yang Masuk ke Mata appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari https://otc-fahrenheit.co.id/cara-menghitung-kalori/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-menghitung-kalori Sun, 14 Jul 2019 15:27:34 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1090 Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Berapa kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Begini cara menghitungnya.

The post Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Kalori adalah istilah yang mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Seringkali kalori menjadi ‘musuh’ yang harus dihindari ketika seseorang sedang menjalankan program diet. Apakah hal itu benar? 

Sebelum Anda memutuskan untuk menghindari atau mengurangi konsumsi kalori ketika sedang menjalankan diet,  Anda perlu mengetahui terlebih dahulu. Apa fungsi dari kalori, serta berapa banyak kalori yang dibutuhkan per harinya?

Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Kalori Fungsinya Bagi Tubuh

Mengutip penjelasan dari kamus medis, kalori adalah satuan unit kandungan panas atau energi. Lebih jelasnya, kalori adalah jumlah energi yang didapatkan dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi serta energi yang dibakar melalui aktivitas sehari-hari. 

Sederhananya, kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat beraktivitas dan menjalankan fungsinya dengan baik sehari-hari. 

Makanan atau minuman yang dikonsumsi akan memberikan energi (kalori) pada tubuh Anda. Energi yang didapatkan akan digunakan sebagai bahan bakar tubuh untuk beraktivitas. Semakin aktif tubuh dalam bergerak, maka semakin banyak pula energi yang dibutuhkan. 

Setiap makanan memiliki jumlah kalorinya sendiri. Jumlah 

Kalori sebenarnya bukan zat gizi, vitamin, atau, nutrisi, tetapi kalori akan didapatkan dari beragam zat gizi seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Ketika zat gizi ketika sudah dicerna di dalam tubuh akan berubah menjadi kalori. 

Makanan dan minuman yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat pasti mengandung kalori. Hanya saja jumlahnya berbeda-beda. Makanan alami seperti buah dan sayur pasti memiliki jumlah kalori lebih rendah dibandingkan dengan makanan olahan.

Oleh karena itu, anggapan seseorang yang sedang menjalankan diet sebaiknya menghindari makanan yang berkalori sebenarnya kurang tepat. Karena, kalori sangat dibutuhkan manusia untuk dapat beraktivitas.

Cara paling tepat ketika ingin mengurangi berat badan adalah dengan mengonsumsi kalori yang tidak berlebihan.

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Setiap Harinya

Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap harinya? 

Setiap tubuh manusia memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Anda dapat mengetahui berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan setiap harinya. Hal ini sangat berguna untuk menghindari kondisi kelebihan atau kekurangan kalori. 

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet pun penting untuk mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan. Jika kalori terlalu banyak, maka proses untuk menurunkan berat badan akan menjadi semakin sulit. 

Di Indonesia, terdapat tabel panduan angka kecukupan gizi. Tabel tersebut memuat anjuran berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh masing-masing kelompok umur. Sebagai contoh:

  • Bayi berusia 7-11 bulan dengan berat badan 9 kg dan tinggi badan 71 cm membutuhkan energi 725 kkal per hari.
  • Laki-laki berusia 19-29 tahun dengan berat badan 60 kg dan tinggi 168 cm membutuhkan energi 2725 kkal per hari.
  • Wanita berusia 19-29 tahun dengan berat badan 54 kg dan tinggi 159 cm membutuhkan energi 2250 kkal per hari.
  • Laki-laki berusia lebih dari 80 tahun membutuhkan energi sebesar 1525 kkal dan wanita pada usia yang sama membutuhkan energi 1425 kkal per hari.
  • Bagi wanita hamil, dibutuhkan tambahan energi sebesar 180-300 kkal per harinya, tergantung pada usia trimester kehamilannya. Begitu juga dengan ibu menyusui, pada 6 bulan pertama dibutuhkan tambahan energi hingga 330 kkal dan tambahan 400 kkal pada 6 bulan berikutnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap harinya, terdapat dua cara yang paling banyak digunakan, yaitu BMR dan rumus yang dianjurkan oleh WHO.

Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah energi yang dikeluarkan tubuh selama satu hari dalam kondisi istirahat atau tidak beraktivitas berat. Rumus BMR menggunakan persamaan Harris Benedict, yang direvisi oleh Roza dan Shizgal pada tahun 1984.

BMR memperhitungkan kebutuhan kalori seseorang dilihat dari jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, serta level aktivitas Anda. 

  • Rumus untuk menghitung kebutuhan energi pria yaitu= 66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 6,8 x usia.
  • Sementara untuk wanita= 655,1 + 9,6 x (berat badan dalam kilogram) + 1,9 x (tinggi badan dalam cm) dibagi dengan 4,7 x usia.
  • Hasil dari penghitungan ini kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. 
    • Aktivitas sedentari (tidak banyak melakukan aktivitas) = KKB x 1,2
    • Aktivitas ringan = KKB x 1,375
    • Aktivitas sedang = KKB x 1,55
    • Aktivitas berat = KKB x 1,725
    • Aktivitas sangat berat = KKB x 1,9

Sedangkan rumus WHO (World Health Organization) lebih sederhana serta tidak memperhitungkan berat badan.

Rumus WHO dibagi sesuai dengan kategori umur. Sebagai contoh, untuk mencari kebutuhan energi wanita berusia 18-29 tahun, digunakan rumus 14,7 x (berat badan dalam kilogram) + 496.

Sementara untuk mencari kebutuhan energi pria usia 18-29 tahun, digunakan rumus 15,3 x (berat badan dalam kilogram) + 679. Hasilnya kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik.

Apa yang Terjadi Ketika Tubuh Kelebihan atau Kekurangan Kalori

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari jenis kelamin, umur, serta aktivitas sehari-hari. Seorang atlet tentu akan membutuhkan kalori yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pekerja kantoran.

Meski membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, namun efek yang akan dihasilkan ketika seseorang kekurangan atau kelebihan kalori akan sama. 

Jika kalori yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan akan timbul gangguan yang dapat merugikan kesehatan Anda.

Efek Tubuh Kekurangan Kalori

Ketika kekurangan kalori, tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Hasilnya, aktivitas Anda sehari-hari bisa terganggu karena tidak mendapatkan energi yang cukup. 

Tidak hanya itu saja, kekurangan kalori memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh seperti:

  • Sistem peredaran darah terganggu
  • Kesehatan Sistem Saraf Otak Terganggu
  • Tidak Punya Tenaga
  • Gangguan Hormon
  • Gangguan Kesehatan, Rambut, Kulit, dan Kuku
  • Kelaparan
  • Gangguan Pada Otot
  • Sistem Metabolisme Tubuh Melambat

Efek Tubuh Kelebihan Kalori

Sama halnya seperti kekurangan kalori, ketika kalori yang disimpan dalam tubuh terlalu banyak memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda perlu menjaga baik-baik jumlah makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika kalori yang berada di dalam tubuh terlalu banyak maka risiko yang dapat timbul adalah:

  • Obesitas
  • Kerusakan Otot dan Hati
  • Gangguan Dinding Arteri
  • Risiko Kanker
  • Dehidrasi
  • Kerusakan Organ Ginjal
  • Sembelit
  • Hipertensi
  • Produksi Lemak Meningkat

Cara Untuk Membakar Kalori yang Mudah dan Efektif

Cara paling efektif untuk membakar kalori adalah dengan berolahraga. Tapi Anda juga dapat membakar kalori cukup efektif dengan melakukan beberapa hal lainnya yang umum dilakukan sehari-hari. Apa saja?

Berikut beberapa kegiatan sehari-hari yang mudah dan cukup efektif untuk membakar kalori. 

Tertawa

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical, tertawa ternyata dapat membantu Anda untuk membakar kalori. 

Tertawa selama 10 hingga 15 menit dapat membakar sekitar 50 kalori. Jumlah ini sama dengan membakar satu bar cokelat.

Jika Anda rutin tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari, dalam setahun Anda dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram

Tertawa meningkatkan detak jantung sebesar 10 hingga 20 persen. Ketika detak jantung meningkat, akan terjadi peningkatan metabolisme tubuh meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori tubuh. 

Selain dapat membantu membakar kalori, ternyata tertawa memiliki banyak manfaat positif lainnya yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Diantaranya adalah membantu tubuh melawan penyakit, meningkatkan kapasitas otak ketika belajar, dapat meredam rasa sakit, hingga menurunkan tekanan darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Aktif Bergerak Disertai Mengonsumsi Fat Burner

Semakin aktif tubuh bergerak, maka semakin banyak pula kalori yang dibakar. Jika Anda seseorang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu yang cukup untuk berolahraga, Anda tidak perlu khawatir. 

Aktif bergerak seperti berjalan dapat menjadi cara yang ampuh untuk membakar kalori. Di sela-sela kesibukan Anda, coba untuk banyak melakukan perenggangan atau banyak berjalan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga untuk membakar kalori. 

Agar proses pembakaran kalori dan lemak lebih efektif dan cepat, Anda dapat mengonsumsi suplemen makanan pembakar lemak seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh merupakan penyebab perut buncit, berat badan bertambah, dan juga penyebab utama penyakit seperti jantung. 

Jadi selain dapat menurunkan berat badan, membakar lemak dalam tubuh pun memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Mandi Air Dingin Sebelum Tidur

Ketika sudah menjalankan aktivitas sehari-hari yang melelahkan, banyak orang yang memilih untuk mandi air hangat agar membuat badan lebih tenang dan rileks. 

Sayangnya hal ini kurang efektif dan baik jika Anda ingin menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin di malam hari dapat membakar 400 kalori. 

Jadi selain mandi air dingin sebelum tidur baik untuk menjaga kesehatan dan membunuh kuman, mandi air dingin pun terbukti dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Membersihkan Rumah atau Mencuci Kendaraan

Jika Anda ingin membakar kalori namun tidak memiliki waktu untuk berolahraga, coba luangkan waktu di akhir pekan untuk membersihkan rumah atau mencuci kendaraan.

Kegiatan ini selain dapat membuat tempat tinggal Anda bersih, terbebas dari sarang penyakit, kegiatan ini efektif untuk membakar kalori. 

Ketika Anda membersihkan jendela, sebenarnya Anda sedang membakar kalori sekitar 65 kalori. Belum lagi jika Anda juga membersihkan lantai, membersihkan kamar mandi, dan hal lainnya.

Jadi, selain rumah Anda menjadi bersih, membersihkan rumah juga membuat Anda berkeringat.

The post Cara Menghitung Kebutuhan Kalori per Hari appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Mengenal Penyebab dan Risiko Pembuluh Darah Pecah https://otc-fahrenheit.co.id/pecah-pembuluh-darah/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=pecah-pembuluh-darah Sun, 14 Jul 2019 10:43:29 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1084 Pembuluh darah adalah organ tubuh yang penting. Apa yang terjadi ketika pembuluh darah pecah dan apa risikonya? Simak penjelasannya di sini

The post Mengenal Penyebab dan Risiko Pembuluh Darah Pecah appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Sistem peredaran darah manusia terdiri dari tiga organ utama, yaitu pembuluh darah, jantung, dan darah. Ketiga organ ini merupakan bagian penting untuk menjaga seluruh fungsi organ tubuh dapat bekerja dengan baik. 

Sistem peredaran darah atau yang dikenal juga dengan istilah sistem kardiovaskular berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Darah yang dialirkan ini membawa banyak kandungan nutrisi dan oksigen. 

Selain mengalirkan oksigen, sistem ini juga bertugas untuk mengeluarkan zat karbondioksida melalui paru-paru, menyalurkan hormon, menjaga suhu tubuh, dan membantu tubuh untuk pulih dari penyakit.

Apa itu Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah bagian dari sistem peredaran darah yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah membawa darah dari jantung yang mengandung banyak nutrisi dan oksigen.

Ketika pembuluh darah mengalami gangguan, organ tubuh akan mengalami gangguan dan risiko timbulnya penyakit sangat besar.

Pembuluh darah adalah jaringan yang berbentuk tabung berongga atau seperti selang yang elastis. Pembuluh darah yang terdiri dari arteri, vena, dan kapiler dapat mengatur diameternya akibat adanya lapisan otot di dalamnya.

Fungsi ini diatur oleh sistem saraf otonom (saraf tak sadar) dengan otomatis yang juga dapat dipengaruhi oleh rangsangan atau sinyal tertentu.

Pembuluh darah membentang sepanjang tubuh manusia. Jika seluruh pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia direntangkan, panjangnya akan mencapai sekitar 100.000 km.

Jenis dan Fungsi Pembuluh Darah

Untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, terdapat tiga bagian dari pembuluh darah yang memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing. Apa saja dan apa fungsinya? Ini penjelasannya.

Arteri

Arteri adalah salah satu pembuluh darah yang berfungsi untuk membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Darah yang dialirkan dari jantung ini kaya akan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh lainnya agar bekerja dengan baik. 

Jantung memompa darah untuk dialirkan melalui aorta. Aorta ini kemudian bercabang dan menjadi struktur yang lebih kecil, yaitu arteri untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Ketika jantung memompa darah, dinding otot arteri akan mengembang dan sebaliknya, ketika jantung rileks, arteri akan mengencang untuk mendorong darah.

Pembuluh darah arteri terbagi menjadi tiga, yaitu arteri elastis, arteri muskular, dan arteriole. Aorta dan cabang-cabang utamanya merupakan arteri elastis yang mengatur tekanan darah tubuh. Arteri muskular berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Dinding-dinding arteri terdiri dari serat otot halus yang mengatur aliran darah, sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Vena

Darah yang sudah dialirkan oleh arteri ke seluruh tubuh dari jantung akan dibawa kembali ke jantung. Pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung ini dialirkan oleh vena. 

Darah yang diangkut oleh pembuluh darah ini adalah darah yang memiliki kadar oksigen rendah dan mengandung residu pernapasan karbon dioksida.

Vena pulmonalis (paru) merupakan satu-satunya jaringan pembuluh darah vena yang membawa darah kaya akan oksigen. Jaringan ini yang membawa darah dari paru-paru ke atrium kiri jantung.

Dibandingkan dengan arteri, vena memiliki lapisan yang lebih tipis dan tidak berotot namun memiliki katup yang membantu mengalirkan darah ke jantung.

Kapiler

Pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah terpanjang dan berongga yang menghubungkan antara pembuluh darah arteri dan vena. Fungsi dari pembuluh darah ini adalah tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida antara sel darah merah dan jaringan tubuh.

Kapiler merupakan pembuluh darah yang memiliki rongga dan diameter paling kecil jika dibandingkan dengan arteri dan vena sehingga hanya satu sel darah saja yang bisa melewati pembuluh darah ini.

Organ yang Rentan Mengalami Pecah Pembuluh Darah

Pembuluh darah adalah organ tubuh manusia yang terdapat di seluruh bagian tubuh manusia. Organ ini tidak pernah berhenti untuk mengalirkan darah dari dan ke jantung agar seluruh tubuh dapat bekerja dengan baik. 

Sama seperti organ tubuh lainnya, pembuluh darah dapat mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang paling sering terjadi adalah pembuluh darah pecah dan mengalami pendarahan.

Risiko yang ditimbulkan ketika pembuluh darah pecah sangat beragam. Pada beberapa kasus, ada yang pendarahan dapat hilang dalam hitungan hari hingga ada pendarahan yang hingga menyebabkan kematian.

Tingkat risiko ini sangat tergantung pada di mana letak pembuluh darah yang mengalami pendarahan. Bagian tubuh mana saja yang paling rentan dan sering terjadi kasus pecah pembuluh darah? Berikut penjelasannya.

Pecah Pembuluh Darah di Mata

Pecah pembuluh darah pada bagian mata adalah pendarahan yang terjadi di bawah lapisan transparan mata (konjungtiva). Hal ini terjadi karena bagian konjungtiva tidak dapat menyerap darah dengan cepat sehingga darah dari pembuluh darah yang pecah akan mengendap di sana. 

Ketika pembuluh darah di bagian mata mengalami pendarahan, Anda tidak akan langsung menyadarinya karena hal biasa tidak terasa sakit dan tidak mengganggu penglihatan Anda.

Anda biasanya baru menyadari ketika bercermin dan melihat bagian putih mata Anda menjadi merah. 

Ketika mengalami hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena biasanya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya dan tidak akan mengganggu penglihatan Anda.

Penyebab

Pembuluh darah pecah pada bagian mata dapat disebabkan oleh banyak hal. Bersin, batuk terlalu keras, atau mengangkat beban berat dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah akibat tekanan yang besar pada pembuluh darah ketika Anda melakukan kegiatan tersebut. 

Selain itu, terlalu keras menggosok mata, infeksi mata, maupun trauma seperti benda asing melukai mata Anda juga dapat menjadi penyebab pembuluh darah di mata pecah.

Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah, diabetes, atau konsumsi obat-obatan pengencer darah bisa menjadi faktor risiko terjadinya perdarahan subkonjungtiva.

Cara Mengobati

Kondisi pembuluh darah pecah di mata umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Biasanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua minggu untuk pembuluh darah di mata kembali normal. Tidak ada obat khusus yang diberikan untuk mempercepat proses penyembuhan ini. 

Anda dapat menggunakan obat tetes mata atau cairan pembersih mata agar membuat mata nyaman. Namun obat tetes mata atau cairan pembersih ini tidak akan berfungsi untuk menyembuhkan, karena pendarahan di mata terjadi pada bagian dalam mata. 

Jika Anda khawatir dengan kondisi ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis mata untuk mencari tahu langkah yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini.

Pecah Pembuluh Darah di Otak

Pecah pembuluh darah di otak adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke. Kondisi ini adalah kondisi yang paling berbahaya dibandingkan dengan pecah pembuluh darah di bagian tubuh lainnya. 

Ketika mengalami pendarahan, otak akan membengkak karena dipenuhi darah. Kondisi ini meningkatkan tekanan di sekitar jaringan otak dan mengurangi aliran darah ke otak, sehingga sel otak dapat mati. 

Pendarahan pada otak tersebut bisa saja menyebabkan kerusakan fungsi otak yang berbahaya dan harus diwaspadai.

Penyebab

Pendarahan pada otak karena pecahnya pembuluh darah di organ ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Apa saja? 

  • Tekanan darah tinggi menahun. Hal ini akan menyebabkan pembuluh darah rapuh, terutama pada bagian otak.
  • Adanya tumor pada otak.
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang dapat memicu pecah pembuluh darah di otak.
  • Cedera kepala berat seperti terkena benturan keras. Hal ini paling sering terjadi ketika terjadi kecelakaan di jalanan. Bagi pengguna sepeda motor, sebaiknya gunakan helm yang dapat menjaga kepala agar tidak mudah terkena benturan.
  • Aneurisma yaitu kondisi pelebaran pada dinding pembuluh darah. Ketika kondisi ini sudah parah, pembuluh darah dapat pecah dan akan membanjiri otak dengan darah. Aneurisma merupakan salah satu penyebab utama penyakit stroke. Penyebab kondisi ini tidak diketahui dengan pasti, namun hal ini diduga dari faktor genetik dan kelainan pembentukan pembuluh darah otak.
  • Angiopati amiloid, yaitu kelainan pembuluh darah akibat penumpukan protein beta amiloid. Kondisi ini sering terjadi pada lansia maupun penderita demensia atau Alzheimer.
  • Kelainan pembuluh darah atau malformasi arteriovenosus, yaitu lemahnya pembuluh darah pada sekitar otak. Kelainan ini umumnya terjadi ketika lahir.
  • Kelainan darah atau kelainan pembekuan darah, seperti hemofilia dan anemia sel sabit, yang berkontribusi terhadap terjadinya penurunan kadar trombosit darah. Efek samping obat pengencer darah juga bisa menimbulkan perdarahan pada otak.

Gejala

Ketika seseorang mengalami pendaharan di otak, harus segera ditangani agar darah tidak terlalu banyak membanjiri otak. Jika pendarahan sudah terlalu lama, kondisi ini akan semakin sulit diatasi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui gejala apa saja yang sering muncul ketika terjadi pendarahan pada otak. 

  • Sakit kepala luar biasa secara mendadak.
  • Mendadak kesemutan atau kelumpuhan pada bagian wajah, lengan, atau kaki.
  • Mata mengalami kesulitan melihat, baik salah satunya atau keduanya.
  • Sulit menelan
  • Kehilangan keseimbangan serta sulit mengendalikan koordinasi tubuh.
  • Muntah-muntah.
  • Kehilangan kesadaran, lesu, dan mengantuk. 
  • Tidak sadar akan keadaan di sekitarnya.
  • Mengalami kebingungan dan mengingau
  • Mengalami masalah terkait kemampuan berbahasa, baik itu menulis, berbicara, maupun membaca sesuatu.

Cara Mencegah Pecah Pembuluh Darah di Otak

Pembuluh darah pecah adalah kondisi yang dapat dicegah. Begitu pun dengan kondisi pembuluh darah pecah di otak. 

Cara yang terbaik adalah dengan mulai menerapkan pola hidup sehat serta mengurangi kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko seperti merokok, mengonsumsi alkohol berlebihan, dan mengonsumsi narkoba. Selain itu, lakukan olahraga rutin, yaitu minimal 150 menit per minggu atau 30 menit setiap hari.

Bagi Anda yang menderita penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, maka mengobati keduanya akan memperkecil risiko terjadinya pembuluh darah pecah di otak. Bagi penderita diabetes, menjaga kadar gula darah normal juga bisa membantu mengurangi risiko terjadinya hal ini.

Pecah Pembuluh Darah di Kulit

Pembuluh darah pecah pada area permukaan kulit adalah kondisi yang paling sering terjadi pada manusia. Kondisi ini sering disebut juga dengan istilah memar atau lebam.

Luka ini muncul akibat pecahnya pembuluh darah kapiler di dalam kulit akibat benturan yang keras dengan benda tumpul.

Ketika pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan yang ada di sekitarnya sehingga dapat menyebabkan darah menggumpal, menimbulkan rasa nyeri, dan perubahan warna pada kulit.

Gejala

Bagian tubuh yang terbentur akan berubah warna menjadi warna merah atau merah muda. Hal ini terjadi karena darah yang keluar akibat pecahnya pembuluh kapiler.

Luka ini akan langsung terasa nyeri jika ditekan.

Anda mungkin tidak akan terlalu menyadari perubahan warna ini karena biasanya tidak terlalu signifikan. Tergantung dari seberapa keras benturan yang terjadi.

Cara Mengobati

Pembuluh darah kapiler rentan dan mudah pecah ketika terkena benturan yang cukup kuat. Ketika pembuluh darah pecah, sel darah yang diangkut oleh kapiler akan mengendap yang dapat menimbulkan bekas merah serta rasa nyeri ketika disentuh.

Memar atau lebam umumnya bukan kondisi yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan memar dengan menggunakan obat oles yang mampu melarutkan gumpalan darah yang mengendap di bawah permukaan kulit.

Thromboflash merupakan salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

The post Mengenal Penyebab dan Risiko Pembuluh Darah Pecah appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Obat Diare Ampuh yang Mudah Didapatkan https://otc-fahrenheit.co.id/obat-diare/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=obat-diare Sat, 13 Jul 2019 17:34:31 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1077 Mengobati diare tidak sulit baik menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja?

The post Obat Diare Ampuh yang Mudah Didapatkan appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Diare adalah penyakit umum yang sering dialami oleh manusia. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa pengecualian. Baik pria atau wanita ataupun dewasa dan anak-anak memiliki risiko yang sama.

Penyakit diare bukan penyakit yang berbahaya namun bukan berarti dapat Anda biarkan begitu saja. Jika tidak segera dicegah dan ditangani, diare dapat berakibat fatal pada tubuh bahkan dapat menyebabkan kematian.

Bayi, balita, dan anak-anak sangat rentan terhadap diare. Di Indonesia sendiri, diare merupakan penyebab kematian bayi kedua setelah pneumonia.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan RI, anak-anak yang terjangkit diare di Indonesia sepanjang 2018 mencapai 4 juta orang.

Mengobati diare tidak sulit dan dapat dilakukan di rumah. Baik menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami.

Apa Itu Diare

Diare adalah penyakit yang menyebabkan penderitanya sering buang air besar (BAB) dengan kondisi tinja yang encer dan terus menerus. Orang awam sering menyebut penyakit ini dengan istilah mencret. 

Penyebab diare yang paling sering terjadi disebabkan oleh makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, atau parasit. 

Ketika seseorang mengalami diare, usus yang berfungsi untuk menyerap makanan yang masuk tidak dapat bekerja dengan baik. Usus kehilangan kemampuan untuk menyerap air dan makanan dalam proses pencernaan karena terkontaminasi virus atau bakteri. 

Air yang tidak dapat diserap dengan baik dalam proses pencernaan akan menyebabkan penderitanya banyak mengeluarkan air ketika BAB.

Biasanya diare hanya berlangsung selama beberapa hari saja dan tidak berbahaya jika segera ditangani. Namun ketika diare tidak kunjung hilang meski sudah dilakukan pengobatan di rumah selama berminggu-minggu efeknya sangat berbahaya bahkan dapat merenggut nyawa penderitanya.

Jika diare sulit disembuhkan dan semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter agar diberikan tindakan medis untuk mengobati diare.

Gejala Diare yang Perlu Diperhatikan

Diare tidak muncul tiba-tiba. Biasanya diare muncul bersamaan dengan beberapa gejala umum yang sering terjadi. Gejala ini berbeda-beda tergantung dari penyebab diare itu sendiri.

Mengetahui gejala diare dapat membantu Anda mencegah penyakit ini menyerang tubuh secara terus-menerus. Berikut beberapa gejala diare yang umum dan sering muncul.

  • Perut terasa mulas dan sering terjadi kram
  • Mual dan muntah
  • Nyeri kepala
  • Demam
  • Air kencing kental dan berwarna kuning
  • Mengalami dehidrasi
  • Kehilangan nafsu makan
  • Feses encer dan berdarah
  • Frekuensi BAB yang tinggi, berkali-kali, dan banyak.
  • Di atas adalah gejala umum yang sering terjadi.

Jika Anda memiliki gejala yang lain atau muncul kekhawatiran, sebaiknya Anda konsultasikan langsung kondisi Anda dengan dokter untuk segera dilakukan pengobatan dan pencegahan.

Cara Mencegah Diare

Salah satu penyebab utama diare adalah infeksi virus, bakteri, atau parasit. Bakteri, virus, dan parasit dapat tumbuh di mana saja dan dapat menular.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Diare dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti:

  • Rajin mencuci tangan
  • Mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah dicuci dengan bersih dan dimasak dengan sempurna
  • Hindari jajan sembarangan
  • Perhatikan kebersihan badan dan kebersihan lingkungan sekitar
  • Hindari banyak mengonsumsi makanan yang pedas
  • Jaga selalu kebersihan alat-alat masak dan peralatan makan Anda
  • Istirahat yang cukup dan rajin berolahraga
  • Perhatikan baik-baik kesehatan perut dan sistem pencernaan Anda

Obat Diare yang Dapat Digunakan

Jika Anda menderita diare, segera lakukan pengobatan agar tidak menyebabkan komplikasi atau keadaannya semakin parah. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati diare.

Menggunakan bahan-bahan alami ataupun menggunakan obat yang mudah didapatkan di apotek dapat Anda coba untuk mengatasi diare.

Umumnya diare dapat mudah dan cepat disembuhkan asalkan Anda melakukannya dengan benar.

Obat Diare yang Dapat Ditemukan di Apotek

Banyak obat diare yang beredar di pasaran. Sebagian besar obat ini termasuk golongan obat yang dapat Anda beli tanpa perlu menggunakan resep dokter. 

Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan obat diare adalah dosisnya. Perhatikan baik-baik petunjuk pemakaian atau gunakan obat sesuai anjuran dokter.

Jika sudah melakukan pengobatan sendiri namun diare tidak kunjung hilang, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk dilakukan penanganan.

Apa saja obat diare yang dapat Anda konsumsi? Berikut beberapa contohnya.

Loperamide

Loperamide adalah obat diare yang berfungsi memperlambat gerak usus sehingga dapat menghasilkan feses yang lebih padat. Obat ini juga mampu mengurangi jumlah cairan yang keluar tubuh bagi penderita radang usus ketika mengalami diare. 

Efek samping loperamide meliputi sakit perut, mulut kering, mengantuk, pusing, sembelit, mual, dan muntah.

Sebaiknya Anda juga hindari mengemudi atau melakukan aktivitas lain karena Anda mungkin akan merasa sulit berkonsentrasi ketika mengonsumsi loperamide.

Dosis yang dianjurkan ketika mengonsumsi obat ini adalah sebanyak 4 mg dalam bentuk tablet minum, kapsul, sirup, atau tablet kunyah.

Dosis yang diminum tidak boleh lebih dari 16 mg dalam waktu 24 jam. Khusus untuk tablet kunyah, batas dosis hariannya tidak boleh melebihi dari 8 mg.

Jenis obat ini dilarang dikonsumsi oleh anak dengan usia kurang dari enam tahun dan bayi kurang dari 24 bulan. 

Bismuth subsalicylate

Bismuth subsalicylate adalah obat diare yang dapat meredakan rasa mual sekaligus untuk memperlambat perkembangan bakteri penyebab diare. 

Kandungan agen sitoprotektif pada bismuth subsalicylate berperan aktif dalam memperkuat dinding lambung dan usus kecil.

Sebaiknya hindari mengonsumsi bismuth subsalicylate jika feses Anda mengandung darah atau lendir ketika mengalami diare.

Anda dapat dengan mudah mendapatkan obat ini di apotek atau toko obat terdekat karena bismuth subsalicylate merupakan jenis obat bebas. Artinya bismuth subsalicylate dapat dibeli secara bebas dan dikonsumsi tanpa perlu menggunakan resep dokter.

Attapulgite

Attapulgite adalah zat yang banyak digunakan dalam beberapa jenis obat diare. Zat ini berfungsi untuk memperlambat kerja usus besar sehingga usus besar dapat menyerap lebih banyak air. 

Ketika air dapat diserap dengan baik oleh tubuh, feses yang akan dikeluarkan tidak akan mengandung terlalu banyak air sehingga feses menjadi lebih padat.

Rasa sakit perut yang sering menyertai diare pun akan berangsur-angsur pulih ketika mengonsumsi obat yang mengandung attapulgite.

Obat attapulgite dapat dikonsumsi baik sebelum atau sesudah makan. Bantu percepat proses penyembuhan juga dengan mengonsumsi banyak air putih. 

Efek samping seperti sembelit dan kembung dapat terjadi ketika mengonsumsi attapulgite, namun biasanya tidak efek lain yang muncul di luar saluran pencernaan.

Oralit

Oralit adalah obat yang paling umum diberikan kepada penderita diare. Obat ini sangat mudah didapatkan dan sangat aman untuk digunakan bagi anak-anak dan dewasa.

Oralit mengandung senyawa elektrolit dan mineral seperti natrium klorida, kalium klorida, glukosa anhidrat, natrium bikarbonat, dan trisodium citrate dihydrate. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. 

Dosis oralit untuk dewasa:

  • Dehidrasi ringan: 50 ml cairan oralit per kg berat badan, diminum 4-6 jam sekali.
  • Dehidrasi sedang: 100 ml cairan oralit per kg berat badan, diminum 4-6 jam sekali.

Dosis oralit untuk anak-anak:

  • Bayi usia di bawah 2 tahun: 15 ml cairan oralit per kg berat badan, satu hari sekali.
  • Anak-anak usia 2-10 tahun: 50 ml cairan oralit per kg berat badan dalam 4-6 jam pertama, kemudian 100 ml per kg berat badan pada 18-24 jam setelahnya.

Oralit sangat bermanfaat ketika Anda mengalami dehidrasi akibat diare. Cara ini dipercaya sangat ampuh dan efektif untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dibanding hanya dengan minum air saja.

Suplemen Probiotik

Diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. Coli dan Salmonella dapat disembuhkan dengan menggunakan suplemen probiotik.

Probiotik merupakan bakteri baik yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab diare dan peradangan usus. Selain itu, probiotik juga dapat membantu untuk menyeimbangkan bakteri baik yang hidup di dalam usus agar sistem pencernaan tubuh kembali bekerja dengan normal.

Anda dapat menemukan banyak suplemen probiotik yang dijual dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk dan ekstrak cairan. Masing-masing jenisnya dapat memiliki jenis probiotik yang berbeda.

Sebaiknya sebelum membeli dan mengonsumsi suplemen probiotik untuk mengobati diare, konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda.

Renalyte

Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang.

Ketika mengalami diare, tubuh dapat dengan cepat kehilangan cairan akibat BAB terus menerus. Ketika tubuh kehilangan cairan (dehidrasi), sistem pencernaan dan beberapa organ tubuh lainnya tidak dapat bekerja dengan baik.

Mengonsumsi renalyte efektif untuk mengembalikan keseimbangan cairan tubuh karena mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO.

Renalyte cocok juga dikonsumsi untuk anak-anak karena memiliki rasa cocopandan yang enak dan juga steril.

Renalyte juga mengandung cairan elektrolit yang memiliki muatan positif dan negatif.

Komponen elektrolit yang ada di dalam tubuh memiliki peran penting bagi aktivitas organ tubuh Anda seperti untuk aktivitas otak, saraf, otot, dan pembuatan jaringan baru di dalam tubuh.

Jika kadar elektrolit yang ada di dalam tubuh tidak seimbang, maka fungsi organ tubuh Anda akan mengalami gangguan. 

Kandungan Renalyte seperti Natrium, Kalium, Klorida, Sitrat, dan Glukosa merupakan sumber elektrolit yang dibutuhkan tubuh manusia untuk rehidrasi dan mengembalikan kerja otot dan saraf tubuh kembali normal setelah tubuh kehilangan banyak cairan.

Obat Diare Dari Bahan Alami

Selain menggunakan beberapa obat yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengobati diare.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat menggunakan obat diare dan juga bahan-bahan alami ini.

Apa saja bahan-bahan alami yang dapat Anda konsumsi untuk mengobati diare? Berikut beberapa contohnya.

Yoghurt

Yoghurt dapat Anda gunakan untuk mengobati diare. Sama seperti suplemen probiotik, yoghurt juga mengandung bakteri probiotik yang ampuh mengatasi diare akibat bakteri E. Coli dan Salmonella.

Membuat Larutan Oralit Sendiri

Ketika diare menyerang dan Anda tidak memiliki oralit, Anda tidak perlu khawatir. Cairan oralit dapat Anda buat dengan menggunakan bahan-bahan yang pasti tersedia di rumah. Cukup menyediakan air, garam, dan gula untuk membuat cairan oralit sendiri di rumah.

Berikut langkah untuk membuat oralit sendiri:

  • Pertama-tama, siapkan kurang lebih 200 cc atau satu gelas kecil air hangat serta gula dan garam. Air hangat ini dibutuhkan untuk melarutkan gula dan garam serta untuk memberikan efek nyaman bagi penderita diare ketika mengonsumsinya. Anda dapat menggunakan air hangat yang sudah tersedia dari dispenser atau memanaskan air di kompor.
  • Bersihkan tangan Anda dan pastikan tidak ada noda yang tersisa. Hal ini sangat penting untuk menghindari kotoran dan kuman yang mampu mengontaminasi larutan oralit yang Anda buat.
  • Campurkan satu sendok teh gula pasir berserta ¼ sendok teh garam dengan air hangat yang sudah disiapkan. Aduk dengan rata dan pastikan semua bahan telah larut dengan sempurna.
  • Konsumsi secara perlahan larutan yang telah Anda buat.

Air Putih dan Jus Buah

Untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare, Anda juga diwajibkan untuk mengonsumsi banyak air putih.Konsumsi air putih setidaknya satu liter setiap satu atau dua jam. 

Buah-buahan baik dikonsumsi langsung maupun di jus pun memiliki manfaat yang baik untuk mengobati diare. Buah-buahan memiliki banyak kandungan air dan serat yang dapat membantu tubuh melawan diare. 

Kentang

Kentang memiliki kandungan nutrisi kalium yang baik untuk mengatasi diare. Konsumsi kentang yang dikukus atau direbus dan tanpa kulit. 

Anda dapat mencampurkan sedikit garam untuk sedikit menambah rasa ketika dikonsumsi.

Namun hindari menggunakan terlalu banyak mentega, margarin, bumbu asam, atau saus yang pedas, karena bahan-bahan ini dapat memperburuk kondisi diare Anda.

Jahe

Jahe adalah rempah yang memiliki sifat antiinflamasi, analgesik, antibakteri, serta antioksidan yang baik sebagai obat diare alami. 

Mengonsumsi jahe dapat Anda campurkan dengan teh atau hanya dengan air hangat. Cara ini juga baik untuk membuat perut nyaman dan baik untuk kesehatan perut. 

BRAT

BRAT atau banana (pisang), rice (nasi), apple sauce (saus apel), dan toast (roti) adalah pola makan yang dianjurkan bagi penderita diare. 

Bahan-bahan tersebut baik untuk kebutuhan energi serta ampuh untuk mengobati diare karena memiliki kadar serat rendah. Dengan begitu, tekstur feses dapat menjadi lebih padat. 

BRAT hanya dianjurkan sebagai pola makan ketika Anda mengalami diare. Ketika diare sudah hilang, sebaiknya mulai kembali kepada pola makan yang sehat karena pola BRAT tidak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

The post Obat Diare Ampuh yang Mudah Didapatkan appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Obat Kutil yang Ampuh dan Mudah Didapatkan https://otc-fahrenheit.co.id/obat-kutil/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=obat-kutil Sat, 13 Jul 2019 15:49:32 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1072 Kutil bukan penyakit yang berbahaya dan bisa disembuhkan. Caranya adalah dengan menggunakan obat yang tersedia di apotek maupun bahan alami. Apa saja?

The post Obat Kutil yang Ampuh dan Mudah Didapatkan appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Kutil adalah kondisi kulit yang tumbuh berlebih di bagian tertentu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV). 

Kondisi kulit ini merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat. Beberapa jenis kutil ini ada yang tidak sakit ketika disentuh, namun ada juga yang akan menimbulkan rasa gatal atau bahkan rasa sakit.

Menyentuh atau menggaruk kutil bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus HPV. Kulit lembab dan luka luar yang digaruk juga sering menjadi penyebab tumbuhnya kutil.

Penyakit ini merupakan kondisi kulit yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kutil adalah jenis tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cepat jika ditangani dengan benar.

Sebelum kutil tumbuh semakin besar dan membuat tidak nyaman, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Apa saja?

Berikut beberapa tipe obat dan pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutil.

Obat Untuk Mengatasi Kutil

Banyak jenis obat kutil yang dapat Anda temukan di apotek atau toko obat-obatan. Obat yang digunakan untuk menghilangkan kutil biasanya obat bebas tanpa perlu memerlukan resep dokter. 

Anda juga dapat mencoba beberapa jenis pengobatan di rumah yang sederhana atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah digunakan. 

Menggabungkan antara obat dan juga bahan alami dapat Anda coba jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Apa saja obat yang dapat Anda gunakan? Berikut penjelasannya.

Obat Kutil yang Tersedia di Apotek

Obat kutil dan penyakit kulit lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di apotek. Beberapa diantaranya merupakan jenis obat  bebas yang dapat digunakan tanpa resep dokter dan dijual bebas di apotek, toko obat, atau tempat lainnya.

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Retinol

Retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Pada era 1970-an, obat ini sangat populer untuk menghilangkan jerawat.

Namun kini retinol tidak hanya efektif menghilangkan jerawat saja. Kutil dapat dengan cepat dihilangkan menggunakan retinol.

Retinol menghilangkan kutil dengan cara mengganggu pertumbuhan sel kulit di sekitarnya. Berbeda seperti obat kutil yang menggunakan bahan asam salisilat, retinol hanya bisa didapatkan melalui resep dokter saja.

Anda harus menggunakan obat ini sesuai resep dan anjuran dokter, karena jika berlebihan retinol dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kulit kering dan iritasi
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Kulit kemerahan, bengkat, mengeras, atau melepuh.

Menggunakan retinol untuk menghilangkan kutil dapat memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan. Menambah dosis pemakaian retinol tidak akan mempercepat proses pengobatan.

Dosis yang berlebih hanya akan memicu efek samping dan dapat memperparah kondisi kulit Anda.

Kantaridin

Kantaridin adalah obat yang dihasilkan dari ekstraksi serum dari kumbang. Zat hasil ekstraksi ini dicampur dengan beberapa bahan kimia lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Ketika kantaridin sudah diaplikasikan pada area pertumbuhan kutil, dokter akan membalut bagian tersebut agar proses pengobatan steril dari gangguan yang muncul dari luar. 

Menghilangkan kutil dengan menggunakan kantaridin merupakan cara yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun beberapa pasien mungkin akan merasakan sensasi kulit seperti terbakar pada bagian yang terinfeksi selama beberapa saat setelah pengaplikasian. 

Cara Alami Mengobati Kutil

Selain menggunakan obat-obatan, mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau metode yang mudah. Apa saja? 

Berikut beberapa jenis bahan alami dan metode sederhana yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kutil.

Lakban

Menggunakan lakban untuk menghilangkan kutil adalah metode yang sangat mudah dan sederhana. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya. 

Anda dapat menggunakan lakban jenis apa saja, karena metode ini tidak tergantung dari jenis lakban yang Anda gunakan. 

Cara menggunakannya adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah. 

Metode menghilangkan kutil menggunakan sari cuka apel telah banyak direkomendasikan oleh banyak orang sebagai cara yang sederhana namun ampuh.

Sari cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil. Secara perlahan-lahan kutil yang diobati dengan sari cuka apel akan mengelupas dari kulit Anda secara alami. 

Cara menggunakan sari cuka apel adalah dengan merendam kapas dengan 2 sendok makan sari cuka apel. Tempel dan rekatkan menggunakan perban.

Gunakan metode ini setiap hari sampai kutil benar-benar hilang. Biasanya menggunakan sari cuka apel akan memakan waktu selama beberapa minggu. 

Lemon atau Vitamin C

Vitamin C dan air perasan lemon dapat Anda gunakan juga untuk menghilangkan kutil.

Cara menggunakan lemon dan vitamin C adalah campur air perasan lemon dengan bubuk vitamin C yang dapat Anda dapatkan dari tablet hisap vitamin C yang banyak dijual di pasaran. 

Aduk dan campur rata hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada kutil yang ada di kulit. Tutup menggunakan perban dan ulangi terus cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

Campuran antara vitamin C dan air lemon efektif menghilangkan kutil karena kandungan vitamin C yang ampuh untuk membunuh virus serta air lemon memiliki tingkat keasaman yang mampu merusak jaringan kulit kutil. 

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengobati kutil. Madu yang direkomendasikan adalah madu manuka organik yang berasal dari Selandia Baru.

Madu manuka mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. 

Cara mengobati kutil dengan menggunakan madu manuka adalah dengan menggosok kutil terlebih dahulu dengan batu apung. Kemudian oleskan satu sendok teh madu manuka dan tutup dengan perban.

Biarkan selama 24 jam kemudian oleskan kembali madu dan tutup dengan perban hingga kutil benar-benar hilang.

Obat Untuk Mengatasi Kutil Kelamin

Anda tidak dapat menggunakan obat-obatan dan cara di atas untuk mengobati kutil kelamin. Kutil yang tubuh seperti kaki atau tangan berbeda dengan kutil kelamin. Maka dari itu cara pengobatannya pun berbeda.

Karena kutil tumbuh di area sekitar kelamin, Anda perlu berhati-hati dalam mengobatinya karena banyak terdapat kulit yang sangat sensitif.

Bagaimana cara mengobati kutil kelami? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Obat Kutil Kelamin yang Dapat Anda Gunakan

Mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek. Ada yang dijual bebas dan ada juga yang diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Anda perlu perhatikan baik-baik dosis dan cara menggunakannya. Karena kutil kelamin berada di area kulit yang sangat sensitif, berhati-hati ketika mengobatinya agar kutil tidak bertambah parah atau justru muncul penyakit atau gangguan lainnya.

Podofilox

Podofilox adalah obat kutil kelamin berbentuk salep serta aman dan mudah untuk digunakan. Obat ini digunakan untuk menghancurkan kutil pada kelamin.

Oleskan podofilox sebanyak dua kali sehari yaitu setiap pagi dan malam selama tiga hari, diikuti dengan empat hari tanpa pengobatan. Jika kutil tidak hilang, siklus ini dapat diulang hingga empat kali (selama 4 minggu).

Rasa nyeri dengan intensitas yang ringan hingga sedang serta iritasi pada bagian yang diobati mungkin muncul akibat dari efek samping obat ini. Jika mengenai mata, segera bilas hingga bersih dan hubungi dokter jika mata Anda bermasalah.

Sinecatechin

Sinecatechin digunakan untuk mengobati kutil kelamin bagian luar, area dalam atau di sekitar anus. Salep ini mengandung ekstrak teh hijau yang kaya akan katekin.

Efek samping yang sering muncul biasanya ringan seperti kulit memerah, gatal, rasa seperti terbakar, rasa sakit.

Oleskan bagian kulit yang terkena kutil menggunakan jari selama tiga kali sehari. Hindari pemakaian sinecatechin selama lebih dari 16 minggu.

Jika kutil kelamin tidak kunjung hilang setelah menggunakan sinecatechin selama 16 minggu, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk segera dilakukan tindakan. 

Imiquimod (Aldara)

Imiquimod adalah jenis obat berbentuk krim yang dapat mengobati kutil kelamin dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imiquimod tidak direkomendasikan pada anak dibawah 12 tahun kecual dengan petunjuk dokter.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan imiquimod tiga kali seminggu sebelum tidur hingga kutil benar-benar hilang. Setelah dioleskan, diamkan selama delapan jam kemudian cuci sampai bersih menggunakan sabun dan air.

Bagian yang telah dioleskan imiquimod biarkan terbuka dan hindari menutupnya dengan perban atau jenis lainnya.

Beberapa orang yang menggunakan imiquimod dapat mengalami efek samping seperti kulit menjadi kemerahan, tubuh terasa nyeri, gatal dan terasa panas seperti terbakar, adanya lepuhan, serta ruam kulit.

Efek samping lainnya yaitu nyeri pada beberapa bagian tubuh, batuk, dan merasa lelah.

Obat Kutil Kelamin Dari Bahan Alami

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati kutil kelamin. Bahan-bahan ini mudah didapatkan dan mudah untuk dilakukan. Apa saja?

Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kutil kelamin.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan yang efektif untuk membasmi virus. Salah satunya adalah virus HPV penyebab kutil. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit. 

Cara mengobati kutil kelamin menggunakan bawang putih adalah dengan merendam beberapa siung bawang putih selama semalam. Air rendaman dapat digunakan untuk membersihkan area yang terkena kutil kelamin.

Gunakan bawang yang telah direndam dengan cara hancurkan bawang dan oleskan pada kutil kelamin.

Selain mencoba cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara lainnya menggunakan bawang putih dengan mengonsumsi bawang putih atau kapsul bawang putih untuk mengobati kutil kelamin sekaligus membunuh virus HPV dari dalam tubuh.

Daun zaitun

Selain bawang putih, daun zaitun pun dipercaya dapat mengobati kutil khususnya kutil kelamin. Daun zaitun memiliki kandungan antivirus untuk melindungi tubuh, efektif membunuh virus HPV penyebab kutil serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Cara menggunakan daun zaitun adalah dengan mencampurkan satu sendok teh daun zaitun ke dalam secangkir air panas. Saring dan minum cairan ini sebanyak dua hingga empat cangkir teh setiap hari guna mendapatkan khasiat dan hasil terbaik.

Teh hijau

Teh hijau sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dari teh hijau adalah kandungan polyphenon E di dalamnya yang efektif untuk mengobati kutil kelamin.

Untuk mengobati kutil kelamin dengan teh hijau adalah dengan mencampurkan ekstrak daun teh hijau dengan satu atau dua tetes minyak kelapa kemudian kompres pada area kelamin. Lakukan metode pengobatan ini setiap hari hingga kutil pada area kelamin benar-benar hilang.

Tea tree oil

Bahan ini sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, ternyata tea tree oil atau minyak pohon teh juga merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengobati kutil, khususnya kutil kelamin. 

Tea tree oil mengandung khasiat anti virus, anti jamur, serta antiseptik yang dapat menyembuhkan infeksi HPV dan kutil dengan cepat. Selain itu, kulit yang iritasi pun juga dapat disembuhkan karena khasiat pada bahan alami ini.

Sama dengan teh hijau, Anda dapat mengoleskan tea tree oil pada bagian kutil kelamin tumbuh. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Perlu Anda perhatikan pada beberapa kondisi, tea tree oil dapat memberikan sensasi perih dan terbakar. Jika dirasa muncul iritasi, hentikan pemakaian.

Maka dari itu, jangan coba mengoleskan secara langsung pada kelamin. Oleskan ke kulit tangan terlebih dahulu, jika tidak ada reaksi dalam 24 jam maka obat alami kutil kelamin ini aman untuk Anda.

Cara lain menggunakan tea tree oil yang dapat Anda lakukan juga adalah dengan mencampurkan tea tree oil ke dalam bak mandi air hangat, lalu rendam tubuh selama 15 menit. Lakukan metode ini hingga dua kali sehari.

The post Obat Kutil yang Ampuh dan Mudah Didapatkan appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>