Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id Fri, 20 Sep 2019 13:00:04 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.0.6 https://otc-fahrenheit.co.id/wp-content/uploads/2019/05/cropped-logo-fahrenheit-ular-32x32.png Fahrenheit Indonesia | OTC Products https://otc-fahrenheit.co.id 32 32 Gejala Ambeien yang Harus Anda Waspadai https://otc-fahrenheit.co.id/gejala-ambeien/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=gejala-ambeien Fri, 20 Sep 2019 13:00:04 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1816 Ambeien dapat dicegah dan segera diobati jika Anda dapat mengenali gejalanya. Sebelum kondisi ini menjadi semakin parah, sebaiknya segara diatasi

The post Gejala Ambeien yang Harus Anda Waspadai appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Pernah mengalami munculnya benjolan di area anus atau dubur? Kemungkinan besar kondisi adalah gejala ambeien atau wasir.

Ambeien ini memang bisa menyerang siapa saja, tak mengenal usia, tak peduli laki-laki atau perempuan.

Namun ambeien memang lebih sering terjadi pada ibu hamil, pasien diare kronis, dan orang yang mengalami susah buang air besar (BAB) atau sembelit.

Jika Anda mengalami ambeien, Anda tidak perlu khawatir. Ambeien bukan kondisi yang bisa cepat ditangani dan dapat dicegah. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengetahui apa itu ambeien dan gejala yang muncul.

Mengenal Ambeien

Ambeien adalah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena pada area sekitar anus. Ambeien kerap juga disebut sebagai hemorrhoid atau wasir.

Ambeien biasanya muncul di dalam rektum (saluran penghubung usus besar dengan anus) atau di sekitar dubur (anus). Ambeien sendiri memiliki 2 jenis, yaitu internal hemorrhoid dan eksternal hemorrhoid.

  • Internal Hemorrhoid

Ambeien jenis ini akan muncul di bagian dalam rektum dan tidak menimbulkan nyeri. Hanya saja bisa menyebabkan BAB berdarah.

  • Eksternal Hemorrhoid

Ambeien jenis ini muncul di luar anis dan menyebabkan rasa nyeri, gatal, bahkan bisa robek dan berdarah.

Tanda-Tanda dan Gejala Ambeien

Secara anatomi ambeien bukan termasuk golongan penyakit, melainkan perubahan fisiologis. Meski begitu Anda harus mewaspadai beberapa gejala ambeien.

Karena jika dibiarkan selain menimbulkan rasa tidak nyaman, ambeien bisa saja menimbulkan masalah kesehatan yang lain yang lebih berbahaya.

Berikut beberapa gejala ambeien yang harus kamu waspadai:

  • Rasa mengganjal seperti tertahan saat akan BAB, hingga membuat Anda harus mengejan lebih kuat
  • Timbul rasa gatal, iritasi, nyeri, merah, dan pembengkakan pada area dubur atau anus
  • BAB berdarah dan berwarna merah terang
  • Munculnya prolaps atau keluarnya benjolan ambeien dari lubang anus 
  • Benjolan yang menggantung di luar anus terasa nyeri dan sensitif bila tersentuh
  • Keluarnya lendir setelah BAB

Jika ambeien tidak segera ditangani akan menimbulkan thrombosed hemorrhoids atau gumpalan darah yang menyebabkan nyeri hebat disertai dengan pembengkakan dan benjolan keras di sekitar anus.

Penggumpalan darah ini bisa mengakibatkan pecahnya ambeien dan menimbulkan perdarahan yang lebih banyak lagi, serta kelainan kulit (skin tags).

Penyebab Ambeien

Ambeien bukan kondisi yang tercipta secara tiba-tiba. Pola makan, pola hidup, dan kebiasaan kita sehari-hari turut mempengaruhi terjadinya ambeien yang kita alami. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan ambeien:

  • Pola makan yang rendah serat. Hal ini membuat BAB mengeras dan susah dikeluarkan.
  • Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat kita harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengejan. Kebiasaan mengejan atau “ngeden” saat BAB memberikan tekanan di pembuluh darah vena di sekitar anus hingga akhirnya menyebabkan peradangan
  • Kebiasaan terlalu lama duduk dan kurang berolahraga
  • Sering mengangkat benda-benda berat
  • Diare kronis
  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Faktor keturunan yang menyebabkan dinding pembuluh darah di sekitar anus tipis dan lemah
  • Usia, semakin tua jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus juga semakin melemah dan merenggang. Ini menyebabkan rentan terjadi pembengkakan
  • Adanya peningkatan tekanan intra-abdoment. Untuk kasus ini biasanya terjadi pada ibu hamil

Kapan Saya Harus Pergi ke Dokter?

Ambeien dapat dicegah dan segera diatasi. Ketika mulai merasakan timbulnya beberapa gejala ambeien, Anda dapat menggunakan bahan alami, obat-obatan, atau memperbaiki pola hidup untuk mengatasinya.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan masalah ini dan malu untuk bertanya seputar ambeien. Padahal,  jika kondisi ini dibiarkan dampaknya akan lebih berbahaya untuk tubuh.

Ketika hal ini sudah terjadi, ambeien akan sulit diatasi dan perlu ditangani lebih lanjut oleh dokter. Jika Anda mulai merasakan tanda-tanda di bawah ini sebaiknya anda harus segera pergi ke dokter.

  • Feses berwarna hitam pekat
  • BAB berdarah dengan warna merah terang
  • Benjolan ambeien sangat nyeri dan tak membaik setelah pengobatan di rumah
  • Merasa pusing atau kliyengan
  • Ambeien merupakan salah saat kondisi kesehatan yang cukup serius. Jika sudah merasakan tanda-tanda tadi segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan khusus.

Cara Mencegah dan Mengobati Ambeien

Ada banyak cara mengobati ambeien, salah satunya adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami dan obat-obatan yang dijual bebas di apotek maupun toko obat.

Salah satu obat ambeien yang ampuh, mengandung bahan alami, dan dapat dengan mudah didapatkan adalah Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

The post Gejala Ambeien yang Harus Anda Waspadai appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Hingga Hari Tua https://otc-fahrenheit.co.id/menjaga-kesehatan-mata/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=menjaga-kesehatan-mata https://otc-fahrenheit.co.id/menjaga-kesehatan-mata/#respond Thu, 19 Sep 2019 14:00:57 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1808 Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk mencegah datangnya penyakit di hari tua. Bagaimana caranya? Berikut 5 cara yang dapat Anda lakukan.

The post 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Hingga Hari Tua appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Pada era digital ini, saat kegiatan sehari-hari manusia selalu menatap layar handphone atau komputer, salah satu organ yang bekerja paling keras adalah indera penglihatan, yaitu mata. 

Saat sedang bekerja, beristirahat, mengisi waktu luang, hingga menjelang waktu tidur di kamar yang gelap, kebiasaan melihat layar khususnya layar handphone menjadi kewajiban bagi kebanyakan orang.

Layar komputer dan handphone memiliki pancaran sinar biru yang bisa membuat mata manusia bekerja sangat keras dan akhirnya kelelahan. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka mata kita bisa mengalami gangguan penglihatan.

Tahukah Anda, jika angka penderita masalah penglihatan semakin meningkat tiap tahunnya? Berdasarkan data WHO gangguan penglihatan jadi masalah yang dialami banyak penduduk bumi.

Setidaknya ada 285 juta orang di dunia ini yang matanya bermasalah. Sebanyak 39 juta diantaranya mengalami kebutaan, 124 juta mengalami low vision, dan 153 juta lainnya memiliki gangguan penglihatan karena kelainan refraksi yang tidak terkoreksi.

Bahkan Kementerian Kesehatan RI memprediksi penderita masalah penglihatan ini akan naik dua kali lipat di tahun 2020 nanti. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata kita.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Pasti mau kan memiliki mata yang sehat hingga hari tua nanti? Oleh karena itu kita harus melakukan tindakan pencegahan. Ini bisa dilakukan dari dalam dan luar tubuh kita. Berikut 5 tips cara menjaga kesehatan mata:

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Semakin bertambahnya usia maka kemampuan penglihatan mata akan semakin menurun, oleh karena itu kita butuh asupan makanan bergizi untuk menunjang kinerja mata. 

Mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, C dan E, lutein, selenium, zinc, dan asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi risiko penurunan kemampuan penglihatan karena usia seperti katarak dan degenerasi makula.

Nutrisi ini bisa dengan mudah kita dapatkan dari sayuran berdaun hijau telur, kacang-kacangan, salmon, tuna, dan jeruk.

2. Istirahatkan Mata dengan Aturan 20-20-20

Jika pekerjaan menuntut kamu untuk terus menatap layar komputer atau handphone, maka berikan waktu mata untuk beristirahat. Dilansir dari American Academy of Dermatology, kita disarankan untuk menerapkan aturan 20-20-20.

Maksudnya, setiap 20 menit alihkan pandangan kita sejauh 20 feet (kurang lebih 6 meter) selama kurang lebih 20 detik.

3. Gunakan Sunglass Saat di Luar Ruangan

Saat keadaan sangat terik sebaiknya gunakan kacamata hitam. Sunglass bisa melindungi mata kita dari pancaran sinar UV matahari. Paparan radiasi sinar matahari bisa berdampak buruk untuk kesehatan mata.

Mulai dari potensi katarak, penebalan jaringan di lapisan luar mata (pinguecula), dan masalah lain.

Selain melindungi dari paparan sinar UV, menggunakan kacamata juga bisa lindungi mata kita dari debu-debu dan partikel kecil lainnya yang bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Jika debu tak sengaja masuk ke dalam mata sebaiknya jangan dikucek karena hanya akan memperparah iritasi. Sebaiknya gunakan obat pembersih mata yang aman, salah satunya adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Y-Rins juga bisa meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, mata lelah akibat mengemudi, atau mata lelah akibat terlalu lama menatap layar.

4. Hindari Rokok

Ternyata rokok tak hanya berbahaya untuk kesehatan pernapasan, ia juga bisa berbahaya untuk mata. Perokok aktif memiliki risiko tinggi mengalami katarak, degenerasi makula, uveitis, bahkan kebutaan.

Jika kamu perokok pasif sebaiknya hindari paparan asap rokok karena sebagai secondhand smoker kita juga punya resiko masalah yang sama.

5. Rutin Cek Kesehatan Mata ke Dokter

Tak kalah penting adalah melakukan pemeriksaan ke dokter mata. Terutama untuk kamu yang sudah berusia di atas 20 tahun. Namun bukan berarti yang masih anak-anak atau remaja tidak harus melakukannya.

Semakin cepat kita memeriksakan mata, maka dokter bisa mendeteksi masalah yang ada di penglihatan kita lebih dini. Dengan begitu dokter bisa melakukan penanganan secara maksimal.

Rutin cek mata juga bisa memberi tahu kita apakah resep kacamata yang sekarang kita pakai sudah tidak akurat lagi dan perlu diperbarui.

The post 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Hingga Hari Tua appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
https://otc-fahrenheit.co.id/menjaga-kesehatan-mata/feed/ 0
Waspada! 5 Penyebab Dehidrasi yang Sering Terjadi https://otc-fahrenheit.co.id/penyebab-dehidrasi/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=penyebab-dehidrasi Mon, 16 Sep 2019 14:00:45 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1791 Dehidrasi adalah kondisi yang umum terjadi pada setiap. Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan munculnya dehidarasi? Berikut penjelasannya.

The post Waspada! 5 Penyebab Dehidrasi yang Sering Terjadi appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cairan yang cukup. Hal ini biasanya terjadi karena jumlah cairan yang dikeluarkan tubuh jauh lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh.

Sampai saat ini masih banyak orang yang masih menganggap jika dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan air. Sayangnya, anggapan ini kurang tepat. 

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak hanya kehilangan air saja. Tubuh juga akan kehilangan zat-zat seperti mineral, elektrolit, garam, hingga gula darah. Zat-zat tersebut penting untuk menjaga aliran darah di dalam tubuh hingga sumber energi bagi otak untuk dapat bekerja. 

Dehidrasi adalah kondisi yang sering terjadi dan umumnya tidak berbahaya. Namun jika tidak segera diatasi, dehidrasi dapat berakibat fatal. Pada kondisi dehidrasi akut, penderitanya dapat mengalami kematian. 

Untuk itu, sebelum hal ini terjadi sebaiknya kenali terlebih dahulu beberapa hal yang paling sering menyebabkan dehidrasi.

Penyebab Umum Dehidrasi

Sebanyak 80% tubuh dibentuk dari cairan, ketika tubuh kekurangan cairan maka tubuh tidak dapat bekerja dengan sempurna. 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan dehidrasi. Pada intinya, dehidrasi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cairan tubuh yang cukup. 

Apa saja hal-hal yang paling sering menyebabkan dehidrasi? Berikut lima hal yang paling sering menyebabkan dehidrasi pada dewasa maupun pada anak-anak.

Diare

Ketika seseorang mengalami diare, tubuh akan sangat mudah kehilangan cairan karena frekuensi buang air besar pada penderita diare lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan lebih parah lagi jika diare yang disertai dengan muntah-muntah.

Keringat Berlebih

Keringat berlebih sering terjadi pada orang-orang yang melakukan aktivitas berat, berada di tempat yang panas, atau sedang mengalami demam yang tinggi. 

Ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat, hal ini dapat menyebabkan tubuh akan kehilangan keseimbangan cairan yang memicu dehidrasi.

Stress

Jarang orang yang menyadari jika stress memiliki banyak dampak yang buruk bagi tubuh. Salah satunya adalah dehidrasi. Ketika seseorang mengalami stress, tubuh dapat kehilangan kemampuan mengendalikan cairan dan elektrolit akibat penurunan kadar hormon aldosterone yang dipicu hormon adrenal.

Diabetes

Penderita diabetes akan lebih berisiko untuk mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena penderita diabetes memiliki kadar glukosa atau darah yang lebih tinggi dari batas normal. Ketika kadar gula lebih tinggi, darah akan berusaha untuk menyeimbangkan kadar gula lewat pembuangan urin. 

Mengonsumsi Alkohol 

Alkohol memiliki sifat diuretik atau sifat yang dapat memicu pembentukan urin lebih cepat dari normal. Ketika seseorang mengonsumsi alkohol berlebih, hal ini dapat menyebabkan seseorang memiliki frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Cara Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Sebelum tubuh mengalami dehidrasi, sebaiknya Anda mencegahnya. Cara paling mudah untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi adalah dengan banyak mengonsumsi air. Bagi orang dewasa sebaiknya mengonsumsi minimal delapan gelas air setiap harinya. 

Namun perlu Anda ketahui, dengan mengonsumsi air putih saja dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi. Ketika tubuh mengeluarkan banyak cairan, air putih tidak akan cukup menggantikan seluruh kebutuhan cairan pada tubuh. 

Ketika kehilangan banyak cairan, tubuh juga banyak kehilangan berbagai zat seperti elektrolit dan mineral. Untuk menggantinya tidak cukup dengan air putih saja.

Anda perlu mengonsumsi pengganti cairan tubuh yang mengandung seluruh kebutuhan cairan tubuh. Salah satunya adalah Renalyte. 

Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang. Renalyte mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO. Renalyte cocok juga dikonsumsi untuk anak-anak karena memiliki rasa cocopandan yang enak dan juga steril.

Renalyte baik dikonsumsi sebagai minuman untuk dehidrasi dan dapat berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

The post Waspada! 5 Penyebab Dehidrasi yang Sering Terjadi appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Benarkah Nasi Merah Lebih Sehat Dari Nasi Putih? Ini Faktanya https://otc-fahrenheit.co.id/nasi-merah/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=nasi-merah Mon, 16 Sep 2019 14:00:42 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1779 The post Benarkah Nasi Merah Lebih Sehat Dari Nasi Putih? Ini Faktanya appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Nasi adalah makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang di Asia, termasuk Indonesia. Peran nasi yang sangat penting, sampai banyak orang di Indonesia punya anggapan kalau belum makan jika belum mengonsumsi nasi.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, nasi putih adalah sumber makanan utama untuk memberikan tenaga dan menghilangkan rasa lapar. Hal ini disebabkan karena kalori nasi putih cukup tinggi.

Tapi nasi putih menjadi musuh yang sering dihindari orang yang ingin mengurangi berat badan. Kandungan kalori yang tinggi dari nasi putih jika tidak diolah oleh tubuh dengan baik akan menyebabkan lemak yang menumpuk dan akan menambah berat badan.

Oleh karena itu banyak orang yang sedang menjalankan program diet atau sedang berusaha untuk mengurangi berat badan mengganti nasi putih yang mereka konsumsi dengan nasi merah.

Kalori nasi merah dipercaya lebih rendah dibanding nasi putih sehingga baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, nasi merah juga memiliki serat yang lebih tinggi, sehingga lebih sehat. 

Keunggulan Nasi Merah Dibanding Nasi Putih?

Nasi merah sekarang seringkali dijadikan alternatif nasi putih karena dianggap lebih sehat dan dapat membantu mengurangi berat badan. Apakah nasi merah lebih dibandingkan nasi putih? Berikut penjelasannya.

Kalori Nasi Merah Lebih Rendah

Nasi merah memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan nasi putih. Menurut sebuah penelitian, kalori nasi putih dua kali lipat lebih banyak dari nasi merah. Pada 100 gram nasi putih mengandung 204 kalori, sedangkan nasi merah 110 kalori.

Kalori adalah takaran energi yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Tubuh manusia akan membakar kalori untuk mendapatkan energi.

Agar kalori yang didapatkan dari makanan dapat dibakar dengan baik oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari, jumlah asupan kalori harus disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibakar.

Jika tubuh mendapatkan kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan, sisa kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Hal ini dapat memicu berat badan bertambah. 

Jadi jika Anda ingin mengurangi berat badan, mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat menjadi salah satu solusinya. Namun perlu diperhatikan juga jumlah nasi yang Anda konsumsi sehari-hari.

Nasi Merah Memiliki Banyak Serat

Nasi merah memiliki jumlah kandungan serat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan nasi putih. Satu gelas beras merah mengandung 3.5 gram serat sedangkan satu gelas beras putih mengandung 0.6 gram serat.

Serat memiliki peran penting dalam melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Ketika tubuh mendapatkan cukup serat, sisa-sisa makanan akan dapat dibuang dengan baik oleh tubuh dan akan mengurangi risiko peminbunan makan di dalam tubuh.

Selain itu, serat yang cukup juga dapat mencegah seseorang mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Kadar Gula Lebih Rendah

Sebuah jurnal ilmiah menyatakan jika nasi merah memiliki kadar gula atau indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. 

Indeks glikemik adalah kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Semakin kecil indeks glikemik suatu makanan, maka makanan tersebut semakin baik dan semakin sehat untuk dikonsumsi terutama bagi para penderita diabetes.

Apakah Nasi Merah Lebih Sehat Dari Nasi Putih?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau nasi merah memiliki lebih banyak manfaat dan lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. 

Namun, bukan berarti hanya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat mengurangi berat badan. 

Memang betul jika nasi merah dapat membantu mengurangi berat badan, tetapi cara tersebut bukan satu-satunya cara. Selain mengganti nasi, Anda juga perlu memerhatikan jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, serta aktif bergerak dan berolahraga.

Anda dapat menggabungkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan serta rajin bergerak untuk membakar lemak serta menurunkan berat badan. Selain itu, untuk membakar lemak lebih efektif Anda dapat mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) untuk mempercepat prosesnya.

Salah satu suplemen fat burner alias pembakar lemak yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy. Slendy bekerja dengan cara membuat tubuh membakar lebih banyak lemak saat Anda beraktivitas.

Jadi, saat Anda naik tangga, sibuk mondar-mandir di kantor, atau sekadar jalan-jalan di mall, tubuh akan membakar lemak lebih banyak dengan bantuan Slendy.

Konsumsinya pun cukup mudah yaitu tinggal diemut saja seperti permen, dengan dua rasa yang enak yaitu anggur dan jeruk.

The post Benarkah Nasi Merah Lebih Sehat Dari Nasi Putih? Ini Faktanya appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
4 Cara Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cepat https://otc-fahrenheit.co.id/obat-mata-ikan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=obat-mata-ikan Sun, 15 Sep 2019 14:00:11 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1769 Mata ikan yang muncul di kaki sering membuat Anda tidak nyaman. Jangan khawatir, begini cara mengobati mata ikan dengan obat atau bahan alami.

The post 4 Cara Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cepat appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Pernahkah Anda mengalami benjolan kecil di bawah permukaan kaki dan terkadang menimbulkan nyeri? Benjolan ini bisa jadi mata ikan. 

Mata ikan atau foot corn adalah kondisi penebalan kulit akibat gesekan yang terjadi berulang kali. Area yang mengalami mata ikan memiliki bagian kulit tengah yang tebal dan lebih keras serta dapat menimbulkan peradangan yang sakit.

Pada awal pertumbuhannya, mata ikan akan tampak seperti titik kecil pada kulit yang berwarna gelap. Semakin lama, bagian tengah kulit yang terkena mata ikan akan muncul benjolan keras dengan permukaan kasar seperti sayuran kol berwarna cokelat tua. 

Berbeda dengan kapalan, mata ikan terdapat warna hitam pada bagian tengah yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah pada bagian mata ikan.

Semakin sering terkena tekanan dan gesekan, mata ikan akan semakin dalam menembus lapisan kulit dan akan menimbulkan rasa sakit yang semakin besar. 

Rasa nyeri yang disebabkan oleh mata ikan karena letak mata ikan yang umumnya berada di telapak kaki selalu mendapatkan tekanan dan gesekan. 

Jika mengalami kondisi ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena mata ikan bukan gangguan kulit yang tidak berbahaya. Namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta rasa sakit yang luar biasa ketika Anda mengalaminya.

Untuk itu, mata ikan perlu segera diatasi. Membiarkan kondisi ini terlalu lama, akan semakin sulit untuk mengatasinya. 

Obat Mata Ikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mata ikan bukan kondisi yang berbahaya namun dapat membuat penderitanya tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengatasinya sebelum mata ikan yang Anda alami menjadi semakin parah.

Jika mata ikan tidak dicegah dan diobati dapat membuat kondisinya semakin parah. Ketika mata ikan sudah mencapai kondisi ini, satu-satunya cara untuk mengatasinya melalui tindakan medis seperti operasi.

Untuk mencegah mata ikan menjadi semakin parah, sebaiknya segera Anda atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Batu Apung

Salah satu cara tradisional yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi mata ikan adalah dengan menggunakan batu apung. 

Batu apung dapat berfungsi sebagai bahan alami yang mampu melembutkan kulit serta mengempeskan kulit akibat mata ikan.

Cara menggunakan batu apung untuk menghilangkan mata ikan dapat Anda lakukan dengan cara:

  • Rendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 5 menit hingga kulit terasa lembut
  • Gosokan batu apung pada area kaki yang terkena mata ikan selama 2 hingga 3 menit
  • Keringkan kaki Anda dan oleskan pelembab

Pengobatan mata ikan menggunakan batu apung dapat Anda lakukan setiap hari. Namun, perlu diperhatikan jika ketika menggosok batu apung jangan terlalu lama dan terlalu keras. Hal ini dapat menimbulkan lecet, pendarahan, dan infeksi. 

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel bermanfaat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan melunakkan mata ikan. Sari cuka apel juga bersifat antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri di area sekitar mata ikan. 

Untuk mengobati mata ikan dengan sari cuka apel caranya adalah dengan merendam kaki dalam larutan sari cuka apel atau menutupi mata ikan dengan menggunakan perban yang telah dibasahi dengan sari cuka apel.

Krim Urea

Selain menggunakan bahan-bahan alami, mata ikan juga dapat diobati dengan menggunakan beberapa jenis obat oles yang banyak tersedia di apotek.

Salah satu obat oles yang dapat menghilangkan mata ikan adalah obat mata ikan oles yang mengandung urea. Urea dikenal sebagai keratolitik yang berfungsi untuk mengatasi kulit kering dan kondisi iktiosis.

Iktiosis merupakan gangguan pada pembentukan lapisan kulit bagian keratin. Gangguan ini membuat kulit jadi kasar, bersisik, dan menebal seperti yang terjadi pada mata ikan.

Cara menggunakan obat oles yang mengandung urea untuk mengobati mata ikan sebaiknya mengikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Asam Salisilat

Selain urea, obat yang terbukti ampuh untuk mengatasi mata ikan adalah obat yang mengandung asam salisilat. 

Asam salisilat dapat melembutkan lapisan kulit sehingga akan mudah dihilangkan. Salah satu keunggulan asam salisilat adalah kadar obatnya yang tergolong ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit selama pengobatan.

Salah satu obat mata ikan yang mengandung asam salisilat adalah Callusol. Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

The post 4 Cara Menghilangkan Mata Ikan Dengan Cepat appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang Pengendara Motor https://otc-fahrenheit.co.id/masalah-kesehatan-pengendara-motor/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=masalah-kesehatan-pengendara-motor Tue, 10 Sep 2019 15:00:50 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1731 Bagi Anda yang sering mengendarai atau menggunakan sepeda motor sehari-hari, sebaiknya berhati-hati! Gangguan kesehatan ini dapat menyerang Anda.

The post Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang Pengendara Motor appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Sepeda motor saat ini adalah salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Menurut sebuah penelitian, jumlah sepeda motor yang ada di Indonesia mencapai hingga 130 juta! Angka ini mencapai setengah jumlah penduduk di Indonesia.

Dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya, sepeda motor memiliki banyak keunggulan. Diantaranya dapat lebih cepat untuk sampai ke tujuan, dapat menghindari macet, dapat melewati jalanan sempit, dan lebih murah.

Maka wajar saja jika banyak yang memilih untuk menggunakan sepeda motor dibandingkan dengan kendaraan jenis lainnya.

Sayangnya banyak orang yang belum mengetahui bahaya menggunakan sepeda motor jika tidak berhati-hati.

Selain memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, jika tidak berhati-hati menggunakan sepeda motor dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan tubuh manusia. 

Ada banyak penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh sepeda motor. 

Apa saja gangguan kesehatan yang sering muncul akibat mengendarai motor? Berikut penjelasannya.

Gangguan Kesehatan yang Muncul Akibat Sering Menggunakan Sepeda Motor

Selain memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, sering menggunakan sepeda motor juga dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan ini tidak muncul secara langsung, melainkan akumulasi dari kebiasaan yang buruk ketika menggunakan sepeda motor.

Iritasi Mata

Iritasi atau penyakit mata adalah salah satu gangguan kesehatan yang paling sering terjadi ketika Anda menggunakan sepeda motor. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar. Debu dan polusi udara adalah penyebab gangguan kesehatan pada mata seperti iritasi.

Iritasi atau konjungtivitis ditandai dengan mata gatal, mata merah, dan berair. 

Menjaga mata agar terhindar dari iritasi mata ketika mengendari motor dapat Anda lakukan dengan cara menggunakan pelindung mata ketika berkendara dan rutin membersihkan mata. 

Produk pencuci mata yang paling aman adalah produk yang memiliki cairan steril, tanpa bahan pengawet, memiliki pH yang sama dengan pH cairan mata manusia. Salah satu produk yang memenuhi kriteria tersebut adalah Y-Rins.

Y-Rins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Y-Rins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.

Y-Rins adalah produk pembersih mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Y-Rins juga bisa meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, dan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.

Gangguan Saluran Pernafasan

Pengendara motor memiliki risiko tinggi untuk mengalami gangguan pernafasan seperti TBC, bronkitis, dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) jika tidak berhati-hati.

Ketika mengendarai motor apalagi ketika malam hari, angin dapat menyerang tubuh pengendara motor. Jika badan tidak terlindungi dari angin, pengendara motor memiliki risiko untuk mengalami gangguan pernafasan. 

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya gunakan masker, jaket, dan pelindung dada untuk menghalau angin ketika mengendarai motor.

Wasir

Salah satu penyebab utama ambeien atau wasir adalah terlalu lama duduk. Sering duduk  mengendarai motor terlalu lama memiliki risiko ambeien. 

Posisi duduk yang tidak banyak berubah dan berjam-jam ketika berada di sepeda motor dapat menyebabkan darah tidak tersalurkan dan terus mengumpul di area sekitar anus.  

Kondisi ini akan menekan dinding pembuluh darah sehingga membesar dan akan menimbulkan pembengkakan. 

Untuk menghindari kejadian ini menimpa Anda, sebaiknya Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk berkendara.

Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak untuk melancarkan peredaran darah dan untuk menjaga konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor.

Tinnitus

Tinnitus adalah gangguan pada indera pendengaran manusia dimana penderitanya akan mendengar dengungan atau bunyi pada telinga secara terus-menerus. Kondisi ini muncul akibat polusi suara.

Pengendara motor berisiko mengalami tinnitus akibat polusi suara yang berada di jalanan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya gunakan helm yang mampu mengurangi polusi suara ketika berkendara.

Bell’s Palsy

Bell’s palsy adalah penyakit saraf yang menyerang bagian wajah. Kondisi ini akan menyebabkan wajah terasa kebas hingga otot saraf muka yang tidak bisa dikendalikan.

Pengendara motor berisiko untuk mengalami bell’s palsy karena wajahnya yang tidak terlindungi dari angin.

Terutama angin dingin di malam hari. Terlalu sering terkena angin dapat menyebabkan otot saraf pada wajah menghimpit dan menimbulkan bell’s palsy.

Untuk menghindari gangguan ini sebaiknya gunakan masker wajah dan helm yang menutupi seluruh wajah. 

The post Waspada! Ini 5 Penyakit yang Sering Menyerang Pengendara Motor appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Mengenal Veruka Vulgaris, Jenis Kutil yang Paling Sering Muncul https://otc-fahrenheit.co.id/veruka-vulgaris/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=veruka-vulgaris Tue, 10 Sep 2019 14:00:55 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1256 Veruka vulgaris adalah jenis kutil yang paling umum dan muncul pada bagian tangan. Apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara mengatasinya?

The post Mengenal Veruka Vulgaris, Jenis Kutil yang Paling Sering Muncul appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Veruka vulgaris atau common warts adalah kondisi pertumbuhan kulit pada bagian tubuh akibat infeksi virus human papillomavirus (HPV). Istilah ini juga dikenal dengan sebutan kutil.

Kutil adalah penyakit yang sangat umum terjadi pada manusia. Ada banyak jenis kutil yang dapat tumbuh, namun jenis kutil veruka vulgaris adalah jenis yang paling sering terjadi.

Bagian tubuh seperti bagian punggung tangan dan telapak kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami pertumbuhan kutil.

Veruka vulgaris ini bukan penyakit yang berbahaya dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, seringkali karena tempat tumbuhnya kutil di bagian kulit yang terbuka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahan 

dapat menyebabkan pengidapnya menjadi kurang percaya diri. 

Apa Itu Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris adalah jenis kutil jinak yang sering muncul pada lapisan kulit dan selaput lendir. Bagian punggung tangan, jari dan sekitar kuku pada tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami kutil ini.

Kutil ini biasanya berbentuk kubah, kasar ketika disentuh, serta memiliki warna yang lebih muda dibandingkan dengan warna kulit pengidapnya.

Sebelum veruka vulgaris tumbuh dan dapat dilihat secara kasat mata. Kutil ini akan membutuhkan waktu yang lama cukup lama sebelum dapat dilihat perubahan bentuk dan pertumbuhannya. 

Umumnya, virus HPV membutuhkan waktu sekitar dua hingga enam bulan sebelum kutil tampak ke permukaan kulit.

Ketika hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Veruka vulgaris adalah jenis kutil yang sangat umum dan sangat jinak. Biasanya kutil ini dapat hilang dengan sendirinya, namun biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kutil ini hilang dengan sendirinya. Karena untuk membunuh HPV penyebab kutil sistem imun tubuh membutuhkan waktu yang lama. 

Berbeda dengan jenis kutil-kutil lainnya, veruka vulgaris berada di atas permukaan kulit dan tidak memiliki akar yang menjalar ke dalam lapisan kulit. Sehingga kutil ini tidak termasuk jenis kutil yang berbahaya.

Penyebab Munculnya Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Menurut data, terdapat lebih dari 100 jenis HPV yang banyak beredar dan lebih dari 60 jenis virus ini teridentifikasi sebagai penyebab pertumbuhan kutil. 

HPV adalah jenis virus yang mudah ditularkan dan dapat menyebar dengan cepat. Virus ini dapat menular secara langsung melalui sentuhan, maupun secara tidak langsung lewat peralatan atau benda yang Anda gunakan sehari-hari. 

Secara tidak sadar, Anda dapat terinfeksi virus ini. Ada beberapa jenis HPV yang tidak berbahaya, atau hilang karena dibasmi oleh sistem kekebalan tubuh, namun ada beberapa jenis HPV yang mengendap di dalam tubuh sehingga menimbulkan kutil. 

Dengan menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan tangan adalah cara utama agar Anda tidak terinfeksi HPV. 

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda ketika terinfeksi HPV. Hal ini sangat bergantung kepada daya tahan tubuhnya ketika terpapar HPV. Namun terdapat beberapa kondisi tubuh yang dapat membuat risiko terinfeksi HPV sangat tinggi, diantaranya adalah:

  • Luka pada bagian kulit, biasanya luka ini merupakan luka yang terbuka
  • Luka sekitar kuku tangan
  • Orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku
  • Jarang mencuci tangan secara rutin

Gejala Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris atau kutil pada tangan dan kaki berbeda dengan jenis-jenis kutil yang lainnya. Kutil veruka vulgaris tidak memiliki akar yang menjulur ke dalam.

Kutil ini hanya menempati lapisan kulit terluar saja. Maka, veruka vulgaris tidak berbahaya dan mudah untuk dihilangkan.

Gejala munculnya kutil, khususnya veruka vulgaris yang sering tumbuh pada bagian tangan dan kaki dapat dilihat dari pertumbuhannya. Sebelum kutil muncul ke permukaan, Anda akan melihat benjolan kecil pada bagian kulit. Setelah beberapa lama, benjolan tersebut akan memiliki titik hitam pada bagian tengah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HPV virus yang menyebabkan kutil membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan berkembang menjadi kutil. Hal ini berdasarkan seberapa kuat daya tahan tubuh seseorang.

Ketika HPV menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tumbuh rendah, maka kutil akan semakin cepat tumbuh. Hal ini sering terjadi pada anak-anak dan orang tua yang memiliki daya tahan tubuh lebih lemah dibandingkan remaja dan dewasa.

Kunjungi Dokter Ketika?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, veruka vulgaris bukan jenis kutil yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, karena letak kutil yang berada pada bagian tangan atau kaki seringkali dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari atau bahkan membuat Anda kehilangan percaya diri. 

Ketika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan pengobatan dengan menggunakan obat yang tersedia di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami. Jika cara ini tidak efektif, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. 

Anda juga sebaiknya konsultasikan kondisi kutil Anda ke dokter jika mengalami masalah-masalah seperti:

  • Pertumbuhan kutil mengganggu kegiatan Anda sehari-hari
  • Kutil semakin banyak tumbuh. Ini merupakan tanda terjadi masalah pada sistem pertahanan tubuh Anda
  • Timbul rasa nyeri pada bagian kutil
  • JIka Anda tidak yakin dengan benjolan yang tumbuh pada tangan adalah kutil atau masalah kulit lainnya
  • Sudah menggunakan obat namun kutil tak kunjung hilang dan bertambah besar dan menyebar

Cara Menghilangkan Veruka Vulgaris

Kutil jenis veruka vulgaris bukan kondisi kulit yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai kutil dapat hilang. Hal ini sangat tergantung kepada daya tahan tubuh seseorang.

Namun, ada beberapa kasus kutil yang banyak penderitanya ingin segera mengobatinya. Biasanya hal ini karena pertumbuhan kutil tersebut mengganggu aktivitasnya sehar-hari atau menyebabkan pengidapnya merasa tidak percaya diri.

Ketika mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil. Beberapa diantaranya sangat mudah dan terbukti efektif. Namun perlu Anda ketahui, meskipun banyak cara yang dapat Anda lakukan dan efektif, untuk benar-benar menghilangkan kutil membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Beberapa diantaranya adalah:

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat kutil yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Menggunakan Lakban

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan veruka vulgaris adalah dengan menggunakan lakban. Cara menghilangkan kutil  ini sangat sederhana dan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutil. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

Tidak ada jenis lakban spesifik yang Anda butuhkan untuk menghilangkan kutil, karena metode ini tidak tergantung pada jenisnya, melainkan pada cara menggunakannya.

Cara menggunakan lakban ini adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur untuk menghilangkan kutil dengan cara memotong kutil yang tumbuh. dengan cara membekukan dengan cairan nitrogen pada area kutil dengan tujuan untuk membunuh jaringan yang berada di kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong benjolannya. Menurut beberapa penelitian, cryotherapy merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan kutil terutama yang tumbuh pada bagian tangan atau kaki.

The post Mengenal Veruka Vulgaris, Jenis Kutil yang Paling Sering Muncul appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
5 Cara Mengobati Memar Tanpa Rasa Sakit https://otc-fahrenheit.co.id/cara-mengobati-luka-memar/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-mengobati-luka-memar Fri, 06 Sep 2019 14:00:54 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1681 Memar sering terjadi akibat benturan keras dengan benda tumpul. Ketika memar terjadi, jangan khawatir, Anda dapat menggunakan beberapa cara ini.

The post 5 Cara Mengobati Memar Tanpa Rasa Sakit appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Anda pasti pernah mengalami luka yang berwarna biru atau keunguan akibat jatuh atau terbentur benda keras. Luka ini dikenal dengan memar atau lebam.

Memar adalah luka yang terjadi ketika pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah permukaan kulit. Pembuluh darah yang pecah akan menyebabkan penggumpalan darah di bagian luka.

Darah yang menggumpal, akan berubah warna menjadi biru atau keunguan karena tidak dapat aliran oksigen.

Memar atau lebam umumnya bukan luka yang cukup serius dan dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, beberapa luka memar dapat menyebabkan nyeri ketika Anda beraktivitas sehari-hari.

Agar tidak mengganggu, Anda dapat mengobati memar atau lebam agar dapat cepat hilang. Ada banyak cara menghilangkan memar. Selain menggunakan obat-obatan, Anda dapat menghilangkan lebam atau memar dengan bahan-bahan alami atau teknik yang dapat dengan cepat dilakukan di rumah.

Apa saja? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan memar dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Kompres

Anda dapat mengurangi efek memar pada tubuh dengan mengompres luka memar yang baru muncul. Mengompres luka memar dengan menggunakan es dapat mencegah luka memar menyebar. 

Kompres es pada luka memar dapat memperlambat aliran darah pada bagian luka. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi lebih banyak darah yang mengalir pada bagian pembuluh darah yang pecah ketika mengalami memar.

Anda dapat mengompres luka memar dengan es beberapa kali sehari, namun sebaiknya ketika mengompres tidak lebih dari 10 menit untuk mencegah kerusakan jaringan kulit luar.

Selain menggunakan es, Anda juga dapat mengompres luka memar dengan air hangat. Jika es berfungsi untuk memperlambat aliran darah pada bagian luka, mengompres luka memar dengan air panas berfungsi untuk mengalirkan darah pada bagian luka agar tidak menggumpal.

Istirahat dan Tinggikan Bagian Tubuh yang Memar

Selain karena benturan, memar juga dapat muncul ketika Anda melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga.

Untuk mencegah luka memar menjadi lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang melibatkan bagian tubuh yang terkena memar. 

Ketika bagian luka memar banyak bergerak, darah akan lebih cepat mengalir dan berisiko menambah gumpalan darah pada bagian luka. 

Selain beristirahat, Anda juga dapat meninggikan bagian badan yang mengalami luka memar untuk mengurangi pembengkakan dan penggumpalan darah. 

Meninggikan bagian badan yang mengalami luka memar di atas posisi jantung dapat mengurangi aliran darah pada bagian tersebut. 

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat untuk manusia. Selain sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit, lidah buaya juga dapat Anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi luka memar. 

Kandungan alami dari lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan pembengkakan yang sering muncul akibat memar.

Untuk menggunakan lidah buaya pada luka memar, gunakan lidah buaya yang berbentuk gel dan oleskan pada bagian luka secara rutin. 

Vitamin K

Vitamin K dapat Anda gunakan sebagai obat memar. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin K juga bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah pada luka memar.

Oleskan krim vitamin K dua kali sehari untuk mengurangi penggumpalan darah dan bengkak yang terjadi pada luka memar.

Krim vitamin K dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko obat atau apotek tanpa harus menggunakan resep dokter.

Heparin Sodium

Selain menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara yang paling efektif untuk mengobati memar adalah dengan menggunakan heparin sodium.

Heparin sodium merupakan bahan alami yang didapatkan dari protein hewani yaitu porcine dan bovine. Heparin sodium bekerja mengobati memar dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit dan mengurangi peradangan.

Salah satu obat memar yang mengandung heparin sodium adalah Thromboflash.

Thromboflash adalah salep memar yang sangat ampuh untuk mengobati gangguan pembuluh darh seperti luka memar yang berada di dalam permukaan kulit.

Heparin sodium yang berbentuk gel pada thromboflash dapat dengan cepat menyerap ke dalam kulit dan dapat bekerja dengan cepat pada jaringan pembuluh darah yang luka akibat memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang terbuat dari bovine sehingga untuk digunakan dan sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI sehingga aman untuk digunakan oleh semua orang.

The post 5 Cara Mengobati Memar Tanpa Rasa Sakit appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Witch Hazel, Tanaman Ajaib Untuk Kesehatan Mata https://otc-fahrenheit.co.id/manfaat-witch-hazel-untuk-mata/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=manfaat-witch-hazel-untuk-mata Thu, 29 Aug 2019 14:00:24 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1577 Witch hazel dikenal sebagai bahan alami yang sering dipakai sebagai obat kecantikan, namun ternyata tanaman ini juga memiiki manfaat bagi kesehatan mata.

The post Witch Hazel, Tanaman Ajaib Untuk Kesehatan Mata appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Witch hazel adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di Amerika Utara dan sebagian wilayah Asia. Tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana sudah dikenal sebagai tanaman yang banyak memiliki khasiatnya.

Witch hazel sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami pada produk kecantikan. Zat alami yang terkandung pada tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan kulit serta ampuh untuk mengatasi jerawat. 

Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan, serta untuk mengobati kulit sensitif.

Banyak orang yang belum mengetahui jika witch hazel juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengatasi mata bengkak, mata iritasi, serta menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata dapat diobati dengan menggunakan cairan ekstrak witch hazel.

Manfaat Witch Hazel Untuk Mata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, witch hazel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Mata juga adalah organ yang sensitif dan mudah mengalami gangguan atau iritasi ketika mengalami gangguan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota, debu dan polusi udara dapat dengan mudah masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi atau mata merah.

Ketika Anda terlalu lama melihat layar komputer atau handphone pun, mata dapat mengalami kelelahan dan menimbulkan mata merah. 

Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengembalikan kesegaran dan kesehatan mata dengan menggunakan witch hazel. Zat alami yang terkandung pada tanaman ini dapat menyegarkan mata serta mengatasi gangguan mata seperti mata merah dan iritasi mata.

Witch hazel juga terbukti ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam sekitar mata yang sering muncul akibat kelelahan.

Untuk mengatasi lingkaran mata hitam atau kantung mata bengkak, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan cairan witch hazel yang sudah diteteskan pada mata. Diamkan selama beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin sebelum Anda beristirahat.

Cara Menggunakan Witch Hazel Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan khasiat dari witch hazel untuk mata, cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan cairan ekstrak witch hazel. Saat ini sudah ada obat pencuci mata yang memiliki kandungan witch hazel alami. Salah satunya adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pembersih mata yang mengandung witch hazel dan merupakan obat pembersih mata yang alami sehingga aman digunakan setiap hari.

Cara menggunakan Y-Rins yang memiliki kandungan witch hazel untuk menjaga kesehatan mata sangat mudah. Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan eyebath (mangkuk/wadah untuk larutan pencuci mata Y-Rins) sebelum digunakan.
  • Apabila kelopak mata kurang bersih, misalnya ada sisa-sisa make-up, bersihkan terlebih dahulu sehingga mata, kelopak mata, dan bulu mata sudah bebas kosmetik saat menggunakan Y-Rins.
  • Isi wadah eyebath dengan larutan Y-Rins.
  • Tundukkan kepala sedikit ke depan, sentuhkan eyebath ke sekeliling kelopak mata. Jaga agar kelopak mata tetap terbuka agar larutan pembersih dapat mengalir bebas di seluruh permukaan mata maupun di bawah kelopak mata.
  • Posisi kepala tetap menunduk ke depan, goyangkan kepala ke kiri dan kanan sehingga larutan dapat tersebar ke seluruh permukaan mata dan efek pembersihan menjadi lebih sempurna. Lakukan kurang lebih selama 30 detik.
  • Setelah selesai membersihkan mata, lepaskan wadah eyebath dari kelopak mata, tutup mata sebentar, lalu bersihkan sisa larutan dengan tisu bersih.
  • Buang larutan Y-Rins di dalam eyebath setelah pemakaian dan bersihkan kembali eyebath sebelum disimpan.

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Meskipun witch hazel memiliki banyak manfaat untuk mata, namun bukan berarti Anda dapat menggunakan cairan ini dengan tidak hati-hati. Karena mata adalah organ tubuh yang sensitif serta penting, maka ketika mengobati atau menjaga kesehatannya perlu lebih berhati-hati lagi.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Y-Rins adalah obat pembersih mata alami yang dibuat dari cairan witch hazel. Meskipun aman untuk digunakan bagi anak-anak, namun Anda perlu memperhatikan dosis penggunaannya.
  • Y-Rins berbeda dengan obat pembersih lensa kontak yang digunakan mata. Jangan menggunakan larutan ini untuk membersihkan lensa kontak.
  • Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya tunggu beberapa saat ketika setelah menggunakan Y-Rins sebelum kembali memasang kontak lensa.

The post Witch Hazel, Tanaman Ajaib Untuk Kesehatan Mata appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>
Cara Diet Sehat yang Benar dan Salah: Mana yang Selama Ini Anda Lakukan? https://otc-fahrenheit.co.id/cara-diet-sehat-yang-benar/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=cara-diet-sehat-yang-benar Tue, 27 Aug 2019 14:00:38 +0000 https://otc-fahrenheit.co.id/?p=1612 Sudah diet tapi berat badan tak juga turun? Mungkin cara diet Anda salah. Simak seperti apa cara diet sehat yang benar dan yang salah.

The post Cara Diet Sehat yang Benar dan Salah: Mana yang Selama Ini Anda Lakukan? appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>

Semua orang menginginkan diet cepat yang bisa menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan. Karena itu, banyak yang melakukan cara-cara instan demi meraih tubuh langsing dalam sekejap ini.

Sayangnya, cara diet yang salah ini bukan saja tak sehat, tapi bisa berbahaya bahkan berakibat fatal pada organ tubuh.

Belum lagi, meski mungkin bisa membuat berat badan turun 5 kg atau bahkan 10 kg dalam hitungan minggu saja, diet yang salah tak akan bisa mempertahankannya. Berat badan pun biasanya akan naik lagi dalam waktu cepat.

Kebalikannya, cara diet yang benar mungkin tidak menunjukkan hasil instan. Tapi, diet sehat akan sekaligus menjaga kesehatan tubuh, dan berat badan ideal yang sudah dicapai pun akan bertahan lebih lama.

Di bawah ini akan kami bawah seperti apa diet yang salah dan seperti apa diet sehat yang benar, supaya Anda tak salah langkah.

6 Cara Diet Salah yang Dilakukan Banyak Orang

Berikut ini adalah kesalahan diet yang sering dilakukan saat ingin turun berat badan dengan cepat.

1. Makan terlalu sedikit

Untuk menurunkan berat badan, tubuh perlu memperbanyak kalori yang dibakar (misalnya dengan olahraga) dan mengurangi kalori yang masuk (dari makanan).

Sayangnya, banyak orang yang sedang diet memilih untuk tidak makan malam, atau tidak makan siang, atau mengurangi porsi makanan menjadi setengahnya.

Memang berat badan akan turun, tapi kekurangan kalori juga akan membuat kita kehilangan massa otot, merasa lapar dan lemas seharian sehingga aktivitas terganggu, dan metabolisme tubuh  melambat sehingga lama kelamaan berat badan cepat bertambah lagi.

2. Tidak olahraga

Tidak ada cara diet yang alami dan cepat tanpa disertai olahraga.

Diet yang tidak didukung olahraga biasanya akan menghasilkan berat badan yang turun karena massa otot yang hilang, bukan karena lemak yang hilang.

Tentunya kita tidak mau ini terjadi.

Untuk membakar lemak di tubuh, lakukan olahraga rutin yang berhubungan dengan kekuatan otot, misalnya angkat beban, sit up, dan sebagainya.

Olahraga kardio seperti lari juga bisa dilakukan untuk membantu membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi.

3. Olahraga hanya lari saja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, olahraga otot seperti angkat beban dan aktivitas lain yang biasanya membuat otot sakit setelahnya, adalah yang paling efektif untuk membakar lemak di tubuh (termasuk lemak perut).

Selain itu, olahraga otot juga meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat kita sedang beristirahat. Setelah olahraga seperti ini, bahkan saat kita tidur saja tubuh masih membakar kalori dengan efektif. 

Sedangkan olahraga kardio (yang bikin jantung berdebar lebih cepat) seperti lari, sepakbola, basket, dll, baik untuk kesehatan jantung dan untuk membakar kalori yang masuk lewat makanan. Tapi kurang efektif untuk membakar lemak yang sudah terpendam di tubuh sejak dulu.

4. Makan makanan low fat alias rendah lemak

Makanan yang diberi label rendah lemak biasanya mengandung gula lebih tinggi. 

Yang banyak orang belum tahu, tubuh gemuk dengan lemak yang menumpuk itu seringnya disebabkan bukan karena asupan lemak dari makanan, melainkan dari gula.

Contohnya, satu cup yogurt rasa buah yang dilabeli low fat bisa mengandung 30 gram gula. Padahal, asupan gula harian yang dianjurkan untuk orang dewasa hanya 25 gram per hari, TOTAL.

Inilah kenapa kalau makan dan minum hanya produk-produk low fat saja, sembari tetap mengonsumsi makanan dan minuman manis, berat badan malah akan naik.

5. Mengurangi makan daging, tanpa mengurangi karbohidrat

Protein terbukti secara medis bisa membantu menurunkan berat badan. 

Makan protein bisa membuat kita kenyang lebih lama, meningkatkan pembakaran kalori, dan melindungi massa otot sehingga saat berat badan turun, fokusnya adalah ke pembakaran lemak.

Protein bisa kita dapatkan dari berbagai kacang-kacangan, telur, dan daging.

Sayangnya, banyak orang yang sedang diet memilih menghindari makan daging namun tetap makan makanan tinggi karbohidrat seperti nasi, mie, dan roti, dalam porsi besar.

Padahal, jika dikonsumsi dalam porsi besar, karbohidrat lah yang bisa membuat berat badan bertambah. Sedangkan daging (terutama yang tanpa lemak) malah membantu menurunkan berat badan.

6. Minum gula

Seperti dijelaskan di atas, gula adalah penyebab utama berat badan berlebih.

Gula ada di banyak makanan dan minuman yang kita temui setiap hari, namun yang paling berbahaya adalah yang terkandung di minuman.

Saat makan makanan manis misalnya cake, biasanya kita bisa menahan diri dan hanya makan satu porsi saja.

Namun, saat minum minuman manis seperti jus, soft drink, dan lain-lain, kita bisa menghabiskan satu botol dalam waktu singkat. Padahal kandungan gulanya bisa mencapai 2x lipat kebutuhan gula harian.

Lebih parahnya, kalau makanan manis bisa membuat kita kenyang dan berhenti makan setelah terlalu banyak, tidak begitu dengan minuman manis. Meski sudah minum 3 botol soft drink dengan jumlah gula total 90 gram (hampir 4x lipat batas harian), otak kita tetap tidak menganggapnya sebagai makanan sehingga kita masih akan merasa lapar.

6 Cara Diet yang Benar Tanpa Mengganggu Kesehatan

Sebetulnya diet sehat yang baik dan benar itu sangat sederhana dan tidak akan bikin kita kelaparan ataupun lemas seharian. 

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan para ahli gizi, hanya ada 6 langkah diet sehat dan alami yang perlu dilakukan untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal untuk seterusnya. 

Simak cara diet sehat di bawah ini yang bisa Anda ikuti.

1. Kurangi gula dan karbohidrat

Saat kita mengurangi asupan gula dan karbohidrat dalam makanan sehari-hari, tubuh tak akan merasa cepat lapar dan tak butuh makan banyak-banyak.

Inilah kenapa saat makan mie atau nasi goreng, kita bisa makan dalam porsi besar. Tapi saat makan daging dan sayuran, porsi biasa saja sudah bikin kenyang.

Ketika kita mengurangi asupan karbohidrat, misalnya biasanya makan nasi 3x sehari kini dikurangi jadi satu kali saja, tubuh jadi tak punya cukup karbohidrat untuk dibakar menjadi energi. 

Solusinya? Tubuh pun mulai membakar tumpukan lemak dan badan kita sebagai sumber energi.

Inilah kenapa mengurangi gula dan karbohidrat adalah cara paling efektif untuk membakar lemak di tubuh.

2. Penuhi piring makan dengan protein, lemak, dan sayur; bukan dengan nasi

Setiap porsi makanmu harus mengandung:

  • Minimal 1 sumber protein (daging, ikan, telur)
  • Minimal 1 sumber lemak baik (minyak zaitun, minyak kelapa, alpukat, mentega)
  • Minimal 1 jenis sayur 

Karbohidrat seperti nasi tidak wajib ada. Tapi kalau Anda tak bisa makan kalau tidak pakai nasi, pastikan porsinya dikurangi jadi maksimal setengah porsi. 

Atau, lebih baik lagi, kalau tak mau mengurangi porsi nasi Anda bisa coba ganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih rendah karbohidrat dan tinggi serat.

Begitu pun dengan pasta, mie, dan roti. Kurangi porsinya atau ganti dengan pasta, mie, dan roti yang tinggi serat dan rendah karbohidrat.

Ini bisa didapat dari pasta whole wheat, roti whole wheat, dan mie soba Jepang yang terbuat dari kacang-kacangan.

3. Makan teratur dengan porsi normal

Hindari tidak makan malam demi turun berat badan. Selain tidak efektif dan tidak sehat, melewatkan jam makan dengan sengaja malah bisa membuat tubuh lemas dan makan berlebihan di waktu selanjutnya.

Hindari juga makan dengan porsi terlalu sedikit.

Silakan makan dengan porsi normal seperti yang sudah dijelaskan di atas, hanya saja komposisinya yang diubah. Jangan terlalu banyak nasi, tapi harus didominasi oleh jenis makanan lain.

Sesuaikan jadwal makan dengan jadwal Anda yang biasa, mungkin 3 kali sehari atau 4 kali kalau biasa makan sore juga. 

Kalau Anda tidak biasa sarapan, tak usah dipaksakan. Kalau Anda biasa ngemil di sore hari, silakan lanjutkan. Tapi tetap ingat untuk hindari gula dan karbohidrat.

4. Olahraga otot 3x seminggu

Untuk mengurangi berat badan, perubahan pola makan dengan diet sehat saja sebenarnya sudah cukup.

Namun, olahraga tetap perlu dilakukan untuk memastikan berat badan yang hilang adalah dari lemak, bukan dari otot. 

Selain itu, olahraga juga bisa mempercepat penurunan berat badan sekaligus meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh saat kita tidak sedang berolahraga.

Olahraga yang direkomendasikan untuk turun berat badan adalah olahraga otot, seperti:

  • Angkat beban dengan barbel
  • Sit up, push up
  • Alat-alat di gym yang fokus pada satu area otot tertentu
  • Gerakan olahraga lain yang membuat otot “panas”

Olahraga otot ini baiknya dilakukan 3 minggu sekali, cukup 20 menit saja.

Jika tak ada waktu di gym, Anda bisa melakukannya di rumah saat bangun tidur atau pulang kantor. 

5. Makan banyak protein saat sarapan

Biasanya kita hanya makan makanan ringan saja saat sarapan, dan baru makan besar di siang atau malam hari.

Padahal, penelitian membuktikan bahwa sarapan besar dengan kandungan protein tinggi di pagi hari malah akan membuat kita kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan sepanjang hari tersebut.

Sebaliknya, sarapan yang tinggi gula (misalnya sereal, roti bakar cokelat, martabak, jus buah) atau yang tinggi karbohidrat (nasi goreng, bubur ayam, mie ayam) justru membuat kita cepat lapar lagi dan makan lebih banyak saat makan siang dan malam.

6. Hindari minuman manis, termasuk jus buah

Seperti sudah dijelaskan di atas, minuman manis seperti soft drink, jus, frappe, dan lain-lain mengandung gula yang sangat tinggi dan melebihi batas harian.

Minuman manis juga tidak bikin kenyang sehingga setelah mengonsumsi gula tinggi, kita masih akan makan banyak juga.

Tapi, selain menghindari minuman soft drink seperti cola, minuman ringan dalam kemasan lainnya, atau minuman manis di restoran, yang sering kita lupa sebagai makanan yang harus dihindari saat diet adalah jus buah.

Berbeda dengan buah yang mengandung gula disertai serat yang tinggi, jus buah hanya mengandung gulanya saja tanpa ada seratnya lagi. Artinya, minum jus buah sama saja dengan minum minuman gula lainnya, hanya dengan tambahan vitamin.

Agar lebih sehat dan efektif menurunkan berat badan, buah sebaiknya dimakan saja, jangan dijus.

Atau, jika ingin minuman segar dan sehat, sesekali buah bisa dibuat smoothies yaitu dihaluskan namun seratnya tidak disaring.

Bantu Dengan Suplemen Pembakar Lemak

Di pasaran kini ada beberapa suplemen pembakar lemak yang bisa membantu diet sehat menjadi lebih efektif. Salah satunya adalah Slendy.

Slendy adalah suplemen fat burner dalam bentuk permen dengan rasa buah yang enak, namun mengandung protein yang membuat tubuh membakar lemak lebih banyak saat beraktivitas.

Saat Anda beraktivitas sehari-hari, misalnya sebelum berjalan kaki ke halte Transjakarta terdekat, atau sebelum belanja di pasar seharian, maupun di pagi hari sebelum beraktivitas di kantor atau menjalani kesibukan sebagai ibu rumah tangga, coba makan Slendy supaya tubuh membakar lemak selama Anda bergerak.

Lebih ampuh lagi jika makan Slendy sebelum berolahraga, sehingga lemak yang dibakar menjadi jauh lebih banyak.

Slendy bisa dimakan hingga 3x sehari sebelum aktivitas fisik. Namun pastikan Anda juga menjalani cara diet sehat yang sudah dijabarkan di atas sehingga pembakaran lemak lebih efektif dan berat badan turun lebih cepat.

The post Cara Diet Sehat yang Benar dan Salah: Mana yang Selama Ini Anda Lakukan? appeared first on Fahrenheit Indonesia | OTC Products.

]]>