Pernahkah Anda menjumpai bagian tubuh tiba-tiba saja menjadi kemerahan atau biru karena memar tapi Anda tidak tahu pasti apa penyebabnya? Ini sering kita jumpai pada bagian tubuh kita seperti pada kaki, tangan, atau perut.

Biasanya kalau memar tersebut sudah muncul kita akan mengatakan, “dicubit setan”. 

Kata-kata ini seperti sudah turun temurun kita dengar dan terus kita percaya ketika memar-memar mulai muncul karena si penderita tidak mengalami kejadian apapun sebelumnya.

Selain itu, meski memar tanda biru ini juga tidak menimbulkan rasa sakit apapun dan memar tersebut juga akan hilang dengan sendirinya. 

Penyebab Memar Muncul Tiba-tiba

Lalu sebenarnya mengapa hal tersebut bisa terjadi, apakah sebenarnya memar yang muncul tiba-tiba tersebut berbahaya?

Dalam dunia medis, memar seperti itu dikenal dengan sebutan purpura simplex. Penyebabnya adalah pecahnya darah yang menyebabkan darah menggumpal di bagian sekitarnya.

Ketika menggumpal darah rusak, darah akan bocor ke daerah sekelilingnya. Darah tersebut cenderung untuk terkoagulasi atau menggumpal. Inilah yang menyebabkan terjadinya memar atau bercak biru. 

Untungnya, memar tersebut bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan atau obat khusus. 

Kebanyakan, orang yang mengalami memar ini sebelumnya memiliki serangkaian kegiatan yang melelahkan atau pikiran yang membuat stress. Kekurangan vitamin C atau pun K juga menyebabkan memar mudah muncul. Jika seperti ini, kamu bisa memaklumi memar yang kamu alami. 

Penyakit yang Dapat Menyebabkan Memar

Selain itu, memang ada beberapa penyakit yang disebabkan dari kemunculan memar yang secara tiba-tiba, seperti: 

Kadar Trombosit Rendah

Penyakit kurangnya kepingan darah pada tubuh juga bisa disebut dengan trombositopenia. Tubuh yang normal mampu menampung darah sebanyak 150 ribu hingga 450 ribu trombosit darah atau keping darah.

Jika seseorang mengidap penyakit ini kadar trombosit mereka jauh di bawah batas normal. Trombositopenia muncul karena berbagai macam faktor, mulai dari leukimia, sedang hamil, menjalani kemoterapi, mengonsumsi alkohol yang berlebih, infeksi virus hingga anemia.

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP)

ITP merupakan kelainan autoimun yang berdampak pada jumlah trombosit atau platelet. Seseorang dengan kondisi ini akan mudah mengalami memar atau pendarahan yang berlebihan.

Pendarahan atau memar yang terjadi disebabkan oleh jumlah trombosit yang amat rendah. Kondisi ini bisa terjadi pada anak dan juga orang dewasa.

Jika terjadi pada anak-anak, biasanya terjadi pasca infeksi virus dan bisa pulih dengan sendirinya. Tapi, bila terjadi pada orang dewasa biasanya merupakan kelainan yang bersifat kronis.

Hemofilia A dan B

Hemofilia A merupakan penyakit dengan gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan pendarahan dan membuat sendi menjadi kaku.

Sedangkan hemofilia B adalah kelainan bersifat genetik yang cukup langka, penderita hemofilia B menyebabkan darah sukar untuk membeku secara normal. Kedua hemofilia ini dapat menyebabkan memar.

Selain beberapa penyakit serius yang disebutkan di atas, ada tanda tertentu di mana Anda harus mengkhawatirkan soal memar dan segera menemui dokter terdekat.

Salah satu tanda memar mengkhawatirkan adalah ketika memar tersebut tidak sembuh dalam waktu yang singkat atau terjadi dalam kurun waktu yang lama. 

Cara Mengatasi Memar

Memar normal biasanya terjadi paling lama sudah bisa sembuh dan hilang dalam waktu selama-lamanya adalah 2 minggu. Segera hubungi dokter bila memar tersebut tidak juga angsur-angsur menghilang dan justru semakin banyak. 

Sebuah penelitian di Amerika Serikat dalam jurnal olahraga juga menemukan fakta baru bahwa luka memar pada perempuan dan laki-laki punya proses penyembuhan yang berbeda. Biasanya perempuan membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penyembuhan memar.

Lebih lanjut, dalam jurnal tersebut juga dikatakan hal ini karena perbedaan gejala dan hormon antara pria dan wanita.

Ketika mengalami memar tidak ada salahnya untuk membantu proses penyembuhan dengan menggunakan gel yang mengandung Heparin Sodium yang memang punya fungsi untuk mencegah dan mengobati radang (gangguan) pembuluh darah.

Salah satu obat oles memar ampuh yang mengandung heparin adalah thromboflash.

Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.