Bagi orang yang memiliki kelainan mata biasanya akan disarankan dokter untuk menggunakan kacamata sebagai alat pembantu melihat. Namun ada beberapa orang yang lebih memilih alternatif lain yaitu dengan menggunakan lensa kontak.

Meski cara menggunakannya lebih sulit, lensa kontak banyak digemari karena tidak menutupi wajah ataupun mengganggu penampilan.

Bahkan banyak juga lensa kontak yang memiliki desain menarik dan mampu menunjang penampilan dan keindahan mata penggunanya.

Namun dibalik keuntungan tersebut, ada juga risiko yang harus Anda pahami. Pengguna lensa kontak biasanya sangat rentan dengan infeksi jamur, bakteri, maupun mikroba lainnya.

Oleh karena itu perlu perhatian khusus sebelum Anda memutuskan menggunakan lensa kontak

Efek Samping Lensa Kontak pada Kesehatan Mata

Ada beberapa efek samping lensa kontak yang bisa dialami penggunanya. Efek samping ini bisa terjadi karena faktor kualitas produk maupun faktor pengguna yang kurang memperhatikan unsur kebersihan dan keamanan produk yang ia pakai.

Abrasi Kornea

Seperti yang kita tahu, lensa kontak digunakan dengan cara menempelkannya langsung ke permukaan mata. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan terjadinya goresan pada mata atau abrasi kornea, hal ini bisa semakin parah jika kondisi lensa kontak yang kurang steril.

Abrasi kornea ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan juga rasa sakit yang hebat. Jika tidak mendapat perawatan yang tepat, maka bisa menimbulkan masalh yaitu penurunan penglihatan secara permanen.

Oleh karena itu diperlukan penanganan dokter khusus jika Anda mengalami gejala di atas.

Gejala/Sindrom Mata Kering

Efek samping lensa kontak yang kedua adalah timbulnya sindrom mata kering. Mulai dari mata yang memerah, mata terasa kering dan berpasir, penglihatan menjadi buram, dan sulit membuka mata saat bangun tidur.

Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan lensa kontak dalam waktu yang terlalu lama, bekerja di ruangan dengan pendingin, atau karena kurangnya perhatian pada petunjuk penggunaan produk.

Mata kering adalah kondisi dimana produksi air mata yang kurang atau air mata yang terlalu cepat kering.

Pada banyak kasus Anda masih bisa mengatasi gejala mata kering menggunakan cairan pembersih mata yang aman dan bisa digunakan tanpa resep dokter.

Salah satunya adalah Y-Rins, obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit. 

Iritasi Mata

Iritasi biasanya terjadi karena adanya benda asing yang masuk ke dalam mata, termasuk lensa kontak. Iritasi bisa terjadi jika lensa kontak yang Anda gunakan dalam kondisi kotor maupun sudah kadaluarsa. Oleh karena itu selalu perhatikan petunjuk pemakaian dari lensa kontak yang Anda pakai.

Konjungtivitis

Efek samping lensa kontak berikutnya adalah konjungtivitis. Kondisi ini biasanya ditandai dengan lapisan paling luar mata yang memerah. Ini biasanya terjadi karena adanya iritasi maupun infeksi bakteri karena penggunaan lensa kontak. Selain membuat mata merah, gejala lain yang juga timbul adalah mata berair.

Keratitis

Keratitis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada kornea mata. Gejala dari keratitis ini diantaranya mata merah, perih, kelopak mata yang sulit terbuka, sensitif terhadap cahaya, penglihatan yang menjadi buram, dan terasa ada sesuatu yang mengganjal di dalam mata.

Keratitis terjadi karena cedera ringan yang diakibatkan penggunaan lensa kontak dalam waktu lama, infeksi bakteri, jamur atau parasit, maupun virus. Jika tidak ditangani dengan benar maka keratitis juga bisa mengakibatkan kebutaan permanen.

Cara Menghindari Risiko Efek Samping Lensa Kontak

Melihat beberapa efek samping lensa kontak di atas, bukan berarti Anda lensa kontak adalah sesuatu yang berbahaya dan tidak aman digunakan. Semua kembali lagi pada penggunanya itu sendiri. Jika Anda ingin menggunakan lensa kontak maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak terkena efek samping negatif dari penggunaan lensa kontak :

  • Jangan gunakan lensa kontak terus menerus dalam waktu lama.
  • Lepas lensa kontak saat tidur, mandi, dan berenang.
  • Perhatikan petunjuk penggunaan lensa kontak yang digunakan.
  • Selalu perhatikan kebersihan tangan saat akan menggunakan lensa kontak
  • Selalu bersihkan lensa kontak menggunakan cairan khusus. Bukan air biasa apalagi ludah.
  • Rutin membersihkan tempat penyimpanan lensa kontak dan menggantinya setelah beberapa bulan.
Facebook
Twitter
LinkedIn