Demi terlihat cantik, segala cara dilakukan wanita, termasuk menjalani prosedur extension bulu mata. Dengan prosedur ini bulu mata bisa terlihat lebih lentik dan menawan.

Namun, penggunaan extension bulu mata ini tak hanya membuat cantik ternyata ada dampaknya bagi kesehatan mata.

Extension bulu mata adalah prosedur pemasangan bulu mata dari bahan sintetik maupun rambut asli pada bulu mata menggunakan lem khusus. Prosedur ini digemari karena mampu memberikan efek lentik secara instan pada bulu mata dan cukup tahan lama.

Pengerjaan bulu mata biasanya dilakukan di salon kecantikan khusus dan bisa menghabiskan waktu 1-2 jam. Terapis akan menempelkan bulu mata palsu satu per satu pada akar bulu mata. Bulu mata palsu ini akan lepas seiring pertumbuhan bulu mata asli Anda.

Efek Extension Bulu Mata pada Kesehatan Mata

Jika Anda berniat melakukan extension bulu mata sebaiknya pelajari dulu beberapa efek yang ditimbulkan prosedur ini pada kesehatan mata. Ternyata prosedur ini bisa mengakibatkan beberapa masalah pada mata lho, mulai dari infeksi hingga kebutaan.

Rontoknya Bulu Mata Asli

Penanaman bulu mata palsu menggunakan lem dalam waktu lama bisa menyebabkan ketegangan ke bulu mata alami Anda. Beratnya bulu mata palsu memberikan tekanan atau beban pada bulu mata alami dan menyebabkan kerontokan.

Bahkan pada beberapa kasus terutama wanita yang memiliki akar bulu mata tidak terlalu kuat kerontokan bulu mata ini bisa menjadi permanen. 

Terjadi Infeksi

American Academy of Ophthalmology menyebut, tidak sedikit kasus pasien extension bulu mata mengalami infeksi baik pada kornea maupun kelopak mata mereka pasca melakukan prosedur ini. Selain itu peradangan (konjungtivitis) pada area mata juga bisa terjadi.

Kondisi tersebut terjadi akibat adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri bernama Staphylococcus aureus yang biasanya ditemui di bulu mata.

Gejala peradangan ini biasanya ditandai dengan kelopak mata yang bengkak, mata kemerahan, nyeri sekaligus gatal, dan keluarnya kotoran berwarna kuning.

Reaksi Alergi

Seperti yang dijelaskan di atas, bulu mata palsu akan ditempelkan menggunakan lem khusus. Banyak juga kasus ditemukan konsumen mengalami alergi akibat lem tersebut. Umumnya lem yang digunakan menggunakan bahan dasar yang mengandung formaldehida.

Bahan ini bisa memicu reaksi alergi dan menimbulkan beberapa gejala. Mulai dari gatal dan kemerahan pada kulit di area kelopak mata. Selain alergi lem dengan kualitas rendah apalagi mengandung formalin bisa memicu kerusakan pada mata.

Jika tanpa sengaja lem perekat masuk ke mata dan menyebabkan sensasi tak nyaman, panas, dan seperti terbakar, sebaiknya segera hentikan prosedur dan ganti lem dengan bahan yang lebih aman.

Melukai Mata

Penggunaan bulu mata extension dapat meningkatkan potensi paparan virus dan bakteri. Tak jarang bulu mata yang rontok bisa masuk ke dalam mata dan sulit dikeluarkan.

Kondisi ini bisa menyebabkan luka pada mata dan terjadilah konjungtivitis atau peradangan. Semakin parah peradangan yang terjadi, maka bisa menyebabkan turunnya kualitas penglihatan. Bahkan pada kasus terburuk bisa menyebabkan kebutaan.

Tips Aman Menggunakan Extension Bulu Mata

Bagi perempuan extension bulu mata memang bisa menghemat waktu dalam penggunaan make up sehari-hari. Tanpa perlu effort lebih, bulu mata sudah terlihat on point. Namun penggunaan extension bulu mata juga perlu perhatian khusus agar Anda tidak mengalami berbagai masalah kesehatan mata.

Pastikan Anda Melakukan Prosedur di Tempat Terpercaya

Sebelum memutuskan melakukan prosedur extension bulu mata, sebaiknya lakukan riset sebanyak mungkin. Pastikan salon kecantikan yang Anda pilih memiliki terapis yang berpengalaman dan bersertifikat dan menggunakan bahan-bahan serta alat yang aman.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah dan promo yang tidak masuk akal. Jika salah memilih salon kecantikan maka risiko Anda mengalami masalah kesehatan mata di atas bisa saja terjadi.

Jangan Sentuh Bulu Mata dengan Tangan

Saat menggunakan extension bulu mata mungkin Anda akan merasakan rasa gatal atau kurang nyaman. Sebaiknya hindari menyentuh bulu mata dengan tangan Anda, apalagi jika Anda belum mencuci tangan.

Menyentuh bulu mata dengan tangan yang kotor justru bisa membuat bakteri menempel pada bulu mata dan nantinya bisa menyebabkan iritasi pada kelopak mata. Selain itu Anda juga sangat disarankan untuk tidak mengucek mata.

Hati-Hati Saat Membersihkan Mata

Bulu mata tetap harus dijaga kebersihannya untuk mencegah terjadinya iritasi. Anda harus melakukan pembersihan secara lembut dan hati-hati pada area mata. Jika terjadi rasa gatal pada mata jangan bersihkan dengan cara mengucek.

Alternatifnya, gunakan cairan pembersih mata yang aman. Dalam pemilihan cairan pembersih mata, cari produk yang mampu membersihkan mata baik dari kotoran seperti debu maupun kotoran dari bahan kimia.

Salah satu produk yang bisa Anda coba adalah Y-Rins. Cairan pembersih mata ini mengandung witch hazel yang mampu menyegarkan mata sekaligus membersihkan semua jenis kotoran yang masuk ke dalam area mata.