Wasir atau ambeien bisa menyerang siapa saja dan membuat penderitanya tidak nyaman. Wasir merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada pembuluh darah vena di area anus atau rektum. Peradangan ini tak jarang menimbulkan benjolan ambeien yang disertai rasa gatal maupun nyeri.

Meskipun sudah sembuh, wasir masih bisa saja kambuh karena beberapa penyebab. Seperti konsumsi makanan yang pedas, sembelit, diare akut, ataupun kebiasaan duduk terlalu lama.

Saat wasir kambuh dan muncul benjolan meradang, otomatis aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Salah satunya adalah membuat penderitanya kesulitan untuk duduk dengan nyaman.

Bagi yang sudah hidup dengan ambeien cukup lama mungkin sudah memiliki beberapa cara sendiri untuk mengatasi permasalahan yang satu ini. Namun bagi Anda yang masih kesulitan menghadapi wasir atau ambeien ini, simak penjelasan berikut.

Tips Duduk Nyaman Ketika Ambeien

Meski sudah melakukan pengobatan baik obat minum maupun obat oles, ambeien tidak bisa sembuh dengan instan. Akibatnya, Anda yang memiliki benjolan wasir harus bersabar menghadapi berbagai permasalahan dengan benjolan wasir selama proses penyembuhan.

Posisi duduk bisa mempengaruhi kondisi ambeien Anda. Jika salah memilih posisi duduk, ambeien bisa terasa semakin sakit. Jika Anda diharuskan bekerja dengan posisi duduk pasti wasir akan sangat mengganggu. Simak tips duduk saat wasir berikut agar Anda tetap nyaman.

Gunakan Alas Duduk Empuk

Permukaan tempat duduk yang keras seperti kayu maupun besi bisa menekan otot-otot di gluteal pada bokong, Akibatnya otot menjadi meregang dan pembuluh darah di area anus semakin membengkak.

Selain memperburuk kondisi otot pastinya kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman.

Duduk terlalu lama apalagi di permukaan yang keras bisa mengakibatkan kurangnya aliran darah pada area panggul. Akibatnya tidak jarang menyebabkan pegal dan kesemutan di area panggul dan anus.

Oleh karena itu selalu siapkan tambahan bantal duduk yang empuk selama Anda ambeien. 

Hindari Duduk Terlalu Lama

Meskipun sudah duduk di permukaan yang lembut atau empuk, Anda harus tetap menghindari duduk dalam durasi yang cukup lama. Duduk terlalu lama bisa memperbesar risiko sembelit yang lebih parah dan berujung wasir. 

Lakukan Aktivitas Selingan

Lakukan peregangan/stretching sederhana, berjalan kecil, untuk menyelingi aktivitas Anda agar tidak terlalu lama duduk. Semakin lama Anda duduk maka harus menggantinya dengan melakukan aktivitas yang melibatkan area panggul. 

Posisi Duduk Miring

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat benjolan ambeien saat duduk usahakan untuk duduk agak miring, bisa ke sebelah kanan maupun kiri. Posisi ini bisa berguna untuk mengurangi tekanan pada area anus.

Atur Posisi BAB

Saat melakukan BAB menggunakan toilet duduk, usahakan untuk mengubah posisi. Posisikan lutut kaki lebih tinggi dari pinggul, ini bisa mempermudah feses keluar karena sudut rektum berada di posisi terbaiknya. Anda bisa gunakan kursi kecil sebagai ganjalan kaki.

Redakan Nyeri dengan Kompres

Saat di rumah Anda bisa melakukan perawatan sederhana untuk mengurangi rasa nyeri pada ambeien, terutama Anda yang merasa gejalanya makin parah setelah aktivitas atau duduk seharian.

Caranya adalah dengan duduk pada sebuah bak yang berisi air hangat. Selain mengurangi rasa nyeri, ini juga bisa membantu meredakan gejala gatal pada wasir yang tengah meradang atau membengkak.

Setelah rasa nyerinya mulai reda Anda bisa mengompres kembali bagian sekitar anus, boleh dengan kompres hangat maupun dingin. Tujuannya adalah meningkatkan sirkulasi darah agar lebih lancar.

Mengatasi Ambeien dengan Cara Alami

Selain pemilihan posisi duduk yang tepat, Anda juga bisa melakukan upaya pengobatan secara alami agar peradangan segera mereda. Anda bisa memanfaatkan obat-obatan alami yang aman dan mudah ditemukan di sekitar. Salah satu obat ambeien alami yang aman adalah Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat digunakan sebagai pelancar BAB.

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien. Clofen menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman digunakan sebagai obat wasir alami.