Salah satu cara yang sering orang lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan untuk mengurangi lemak pada tubuhnya adalah dengan diet.

Ada berbagai jenis diet yang dapat Anda coba dan lakukan. Salah satu jenis diet yang sedang populer di kalangan masyarakat adalah diet golongan darah. Biasanya pada jenis diet yang lain, menu dan tata cara untuk menjalankan diet tersebut cenderung sama. 

Diet golongan darah memiliki tata cara dan menu yang berbeda sesuai dengan golongan darah orang yang akan menjalankannya. Meskipun belum banyak penelitian ilmiah tentang diet ini, masyarakat cukup tertarik untuk mencoba.

Diet ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang dokter ahli naturopati bernama Peter D’Adamo melalui bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type: The individualized diet solution to staying healthy, living longer & achieving your ideal weight”. 

Apa Itu Diet Golongan Darah?

Diet golongan darah artinya adalah menyesuaikan pola makan dengan golongan darah yang Anda miliki. Awalnya D’Adamo ingin mencari tahu kenapa sebuat tips diet bisa berhasil pada satu orang dan gagal pada orang lain.

Sampai akhirnya ia mengklasifikasi diet berdasarkan golongan darah yaitu A, B, O, dan AB.

Teori Peter D’Adamo ini didasarkan pada tiap golongan darah mencerna lektin secara berbeda. Lektin itu adalah sejenis protein.

Jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah maka dapat memicu berbagai permasalahan seperti peradangan, memperlambat metabolisme tubuh, kembung, hingga penyakit seperti kanker.

Penerapan Diet Golongan Darah

Pada diet golongan darah ini, makanan dikategorikan ke dalam 3 tipe yaitu bermanfaat, netral, dan harus dihindari.

Makanan bermanfaat dapat bekerja sebagai obat, makanan netral dianggap sebagai sumber asupan nutrisi bagi tubuh, sedangkan makanan harus dihindari adalah racun yang berbahaya untuk tubuh.

Golongan Darah A

Bagi pemilik golongan darah A disarankan menjadi vegetarian dan menghindari produk daging. Untuk mendapat asupan kalori Anda bisa mengonsumsi roti gandum.

Karena sistem metabolisme golongan darah A cukup rendah maka Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi kacang-kacangan, tempe, telur, tahu, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Jenis olahraga yang cocok untuk golongan darah ini adalah olahraga yang menenangkan seperti yoga dan juga golf.

Golongan Darah B

Bagi Anda pemilik golongan darah B boleh sedikit senang karena bisa bebas makan berbagai jenis makanan layaknya omnivora. Menurut D’Adamo makanan terbaik bagi golongan darah B adalah sayuran hijau, telur, hati, daging rusa, teh, dan akar manis.

Namun ada beberapa makanan yang harus dihindari diantaranya jagung, kacang-kacangan, miju-miju, wijen, benih, soba, dan gandum.

Olahraga yang cocok untuk Anda adalah olahraga yang memiliki intensitas sedang seperti berjalan kaki, hiking, atau tenis.

Golongan Darah O

Makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah O adalah makanan dengan protein tinggi seperti daging unggas.

Orang dengan golongan darah O memiliki pencernaan dan sistem kekebalan tubuh, serta daya tahan terhadap infeksi yang sangat baik.

Asupan yang direkomendasikan diantaranya daging unggas, makanan laut, telur, susu, kacang-kacangan, keju, dan yoghurt. Anda juga disarankan mengonsumsi sayur serta buah seperti kol, seledri, jagung, alpukat, kelapa, pisang, dan stroberi.

Olahraga yang cocok untuk Anda adalah olahraga yang bisa meningkatkan ketahanan seperti berlari.

Golongan Darah AB

Jika Anda memiliki golongan darah AB maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan hasil laut, produk olahan susu, serta sayuran hijau. Golongan darah AB merupakan campuran diet dari 3 jenis diet golongan darah A, B, dan O.

Anda dilarang untuk makan daging merah, kacang-kacangan, jagung , benih, kacang lima, dan juga soba. Orang dengan golongan darah AB ternyata memiliki kecenderungan asam lambung yang rendah.

Olahraga yang cocok untuk Anda adalah olahraga dengan intensitas rendah dan menenangkan.

Apakah Diet Golongan Darah Aman untuk Dilakukan?

Hingga saat ini masih banyak pro dan kontra yang mengiringi populernya diet golongan darah ini. Beberapa perdebatan yang muncul diantaranya:

Pro:

  • Tidak sedikit orang yang mengaku merasakan manfaat dari diet ini.
  • Poin utama dari diet ini adalah menyesuaikan kebutuhan sesuai tubuh kita, dimana kebutuhan tiap individu berbeda-beda.
  • Diet ini mengajarkan gaya hidup sehat yang lebih aktif.

Kontra:

  • Sulit diaplikasikan bagi sekelompok orang secara bersamaan.
  • Belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan jika klaim diet golongan darah memiliki dampak positif bagi kesehatan.
  • Sulit untuk membatasi kategori makanan karena banyak ahli gizi yang tidak merekomendasikan hal ini.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes dan penyakit ginjal juga harus berhati-hati jika ingin menerapkan diet ini.

Karena diet ini tidak mempertimbangkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Diet ini hanya didasarkan pada satu faktor yaitu golongan darah.

Diet jenis ini bisa saja membuat Anda sukses menurunkan berat badan, namun ini bukan karena faktor golongan darah melainkan pilihan makanan.

Karena Anda mengurangi konsumsi junk food dan memperbanyak makanan sehat. 

Sebaiknya jika Anda ingin memulai sebuah diet konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gizi. Untuk mengetahui kondisi badan dan apa saja kebutuhan tubuh Anda.

Cara Efektif Untuk Bakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan Selain Diet

Diet bukan satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Dengan Anda aktif bergerak dan berolahraga, lemak yang tertimbun di dalam tubuh dapat Anda bakar.

Hal ini selain dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat, kemungkinan besar Anda dapat mencapai berat badan yang ideal.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak di dalam tubuh adalah dengan berolahraga atau aktif bergerak.

Agar proses pembakaran lemak di dalam tubuh lebih efektif, Anda dapat mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) ketika Anda sedang berolahraga atau aktif bergerak.

Suplemen pembakar lemak dapat membantu proses pembakaran lemak lebih cepat dan efektif di dalam tubuh. Slendy adalah suplemen pembakar lemak pertama di Indonesia yang mampu membantu proses pembakaran lemak lebih efektif di dalam tubuh. 

Slendy memiliki dua varian yang dapat Anda coba. Tablet hisap Slendy fat burner rasa anggur dan jeruk yang diformulasikan khusus dengan formula fat burning.

Mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Facebook
Twitter
LinkedIn