Sama seperti bagian tubuh manusia yang lain, mata merupakan organ penting yang perlu dijaga kebersihannya. Namun, bagi kebanyakan orang mencuci mata masih belum menjadi kegiatan rutin yang biasa dilakukan setiap harinya.

Padahal, menjaga kebersihan mata sama pentingnya seperti menjaga organ tubuh lainnya, loh!

Mata Bisa Membersihkan Diri Sendiri, Tapi…

Sebenarnya mata memiliki mekanisme alami dalam membersihkan dirinya sendiri. Yaitu dengan cara berkedip.

Rata-rata manusia berkedip 12 hingga 16 kali dalam satu menit. Dalam setiap kedipannya, kelenjar di mata mengeluarkan cairan untuk membersihkan dan melindungi mata dari serangan benda asing.

Untuk beberapa kasus, membersihkan mata ketika iritasi atau kelilipan dengan berkedip menjadi cara yang cukup ampuh. Namun, tidak selamanya berkedip efektif membersihkan mata.

Beberapa orang bahkan masih banyak yang meminta matanya ditiup untuk membersihkan matanya ketika kelilipan. Cara ini pun bukan cara yang paling efektif dan aman bagi mata.

Mencuci Mata Sebaiknya Jangan Dengan Air Keran

Bagi kebanyakan orang, mencuci mata baru dilakukan apabila terjadi gangguan atau keluhan pada bagian mata. Misalnya: mata iritasi, mata merah, mata lebam, mata kering, atau kelilipan.

Berbeda dengan anggota tubuh lainnya, mencuci mata tidak bisa dilakukan sembarangan. Mata merupakan bagian tubuh yang sensitif, sehingga mencuci mata dengan air saja tidak cukup atau bahkan dapat membahayakan mata.

Air keran atau air yang biasa digunakan saat mandi memiliki kandungan pH yang berbeda dengan cairan yang ada di mata. Air keran juga bukan air yang steril sehingga dapat mengandung kuman-kuman atau bakteri yang bisa membahayakan mata.

Namun mencuci mata dengan air keran atau air tawar masih boleh dilakukan pada saat darurat saja. Seperti ketika mata kelilipan atau ada benda asing yang menyerang mata Anda. Perlu diperhatikan lagi, mencuci mata dengan air keran atau air tawar sebaiknya tidak dilakukan secara rutin.

Solusi untuk Cara Mencuci Mata yang Aman

Saat ini sudah cukup banyak beredar produk untuk mencuci mata. Namun produk seperti apa yang aman untuk digunakan untuk mencuci mata sehari-hari?

Produk pencuci mata yang paling aman adalah produk yang memiliki cairan steril, tanpa bahan pengawet, memiliki pH yang sama dengan pH cairan mata manusia, serta tentunya halal jika Anda beragama Islam.

Salah satu produk yang memenuhi kriteria tersebut adalah Yrins.

Yrins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Yrins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.

Caranya hanya dengan menuangkan cairan Yrins ke dalam wadah pencuci mata, lalu tundukkan kepala dan letakkan mata pada cairan Yrins. Kemudian, kedipkan mata berulang kali sebagai bentuk mencuci mata.

Facebook
Twitter
LinkedIn