Pada era modern yang serba digital ini membuat banyak orang yang terikat pada berbagai macam gawai, seperti smartphone dan komputer. Digitalisasi memang memudahkan manusia, namun ada efek di balik penggunaan gadget pada kesehatan mata.

Menatap layar gadget dalam waktu yang lama dapat mendorong seseorang mengalami Computer Vision Syndrome atau CVS. Apakah Anda pernah mendengar soal Computer Vision Syndrome ini? Jika belum, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Computer Vision Syndrome

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan RI, Computer Vision Syndrome adalah sekumpulan gejala pada mata dan leher yang disebabkan oleh penggunaan komputer/layar monitor yang berlebihan.

Bukan hanya pada mata gejala CVS juga bisa menjalar hingga leher. CVS terjadi saat seseorang menatap layar gadget baik laptop, komputer, smartphone, maupun tablet dalam waktu lama dan terus-menerus.

Bahkan menatap layar gadget 2 jam perhari saja sudah bisa membuat Anda terserang sindrom yang juga kerap disebut ketegangan mata digital ini. Bahkan 50-90 persen orang yang bekerja menggunakan gadget sangat rentan terkena CVS.

Faktor Penyebab Computer Vision Syndrome

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Computer Vision Syndrome, diantaranya:

  • Pancaran cahaya dan sinar biru dari layar gadget membuat mata lelah.
  • Mata menjadi kering karena saat menatap layar gadget, frekuensi berkedip cenderung menurun.
  • Huruf pada layar gadget tidak setajam dibanding pada media cetak, ini membuat mata bekerja lebih keras untuk memfokuskan pandangan.
  • Saat menatap layar mata akan bergerak kesana kemari dan membuat kita jadi sangat fokus. Ini bisa menyebabkan otot mata bekerja lebih keras.

Gejala Computer Vision Syndrome

Saat seseorang mengalami Computer Vision Syndrome, biasanya mereka akan mengalami beberapa gejala.

  • Mata jadi buram dan pandangan kabur.
  • Terjadi iritasi pada mata.
  • Mata kering dan kemerahan.
  • Penglihatan menjadi ganda.
  • Nyeri kepala, leher, bahkan hingga punggung.

Sindrom ini bisa menyerang siapa saja, tidak peduli orang dewasa maupun anak-anak. Namun setiap gejala bisa berbeda-beda pada tiap orang, tergantung kondisi kesehatan mata pada tiap individu.

Pada umumnya Computer Vision Syndrome bisa sembuh dengan sendirinya saat beristirahat sejenak dari penggunaan gadget.

Akan tetapi jika Anda sudah menghentikan penggunaan gadget namun penglihatan tetap kabur dan nyeri kepala, sebaiknya segera hentikan semua penggunaan gadget.

Cara Mencegah Computer Vision Syndrome

Jika Anda diharuskan untuk bekerja dengan gadget baik komputer, laptop, maupun smartphone, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak terserang Computer Vision Syndrome.

Postur Tubuh yang Baik

Saat akan bekerja menggunakan di depan komputer, Anda harus mengatur meja kerja dan posisi duduk Anda dengan baik. Idealnya posisikan layar komputer 50-70 cm di depan wajah Anda.

Sebisa mungkin jarak mata dan layar sejajar agar mengurangi frekuensi menunduk dan menengadah terlalu sering. Ini bisa mengurangi gejala nyeri pada leher dan punggung Anda.

Atur Kecerahan Layar

Cahaya yang terlalu silau bisa menyebabkan mata lelah lebih cepat. Oleh karena itu atur kecerahan, kontras, dan juga ukuran font pada layar gadget mata hingga nyaman dipandang mata.

Pencahayaan Ruangan

Selain kecerahan layar, pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan. Hindari duduk menatap komputer dengan membelakangi sumber cahaya, baik lampu maupun jendela. Karena ini bisa mengganggu penglihatan ke layar.

Buat pencahayaan di ruangan tidak terlalu silau dengan tutup jendela di siang hari, jika menggunakan lampu meja maka jangan arahkan ke mata. Cahaya yang alami dan tidak terlalu silau bisa mengurangi ketegangan pada mata.

Aturan 20-20-20

Saat menatap layar gadget, jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat untuk mata Anda. Caranya adalah dengan menerapkan aturan 20-20-20. Jadi, setiap 20 menit sekali alihkan pandangan dari layar gadget Anda.

Arahkan pandangan pada objek sejauh minimal 20 kaki atau sekitar 6 meter, dan lakukan selama 20 detik. Jangan lupa juga untuk sering mengedipkan mata agar tidak terlalu kering.

Segarkan Mata dengan Witch Hazel

Untuk menyegarkan kembali mata yang kelelahan karena terlalu lama menatap layar gadget, Anda bisa memanfaatkan cairan pembersih mata yang mengandung witch hazel

Zat alami yang terkandung pada tanaman witch hazel terbukti dapat menyegarkan mata serta mengatasi gangguan mata seperti mata merah dan iritasi mata. Witch hazel juga terbukti ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam sekitar mata yang sering muncul akibat kelelahan.

Anda dapat menemukan kandungan witch hazel pada produk bernama Y-Rins. Obat pencuci mata Y-Rins dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Facebook
Twitter
LinkedIn