Kulit yang kekurangan vitamin bisa menimbulkan masalah. Mulai dari tampilan kusam, memar, dan eksim yang mudah menyerang. Untuk mencegah kulit semakin rusak, ada beberapa ciri-ciri kulit kekurangan vitamin yang harus Anda pahami.

Seluruh tubuh kita tertutup dan dilindungi oleh lapisan kulit. Oleh karena itu kulit juga perlu dijaga kesehatannya. Bukan hanya agar terlihat cantik, tapi juga mencegah timbulnya masalah karena kurangnya perawatan.

Vitamin yang Bagus untuk Kesehatan Kulit

Ada beberapa jenis vitamin yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit apabila Anda rutin mengonsumsinya. Berikut beberapa jenis vitamin yang bagus untuk kulit Anda.

Vitamin C

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari vitamin C, karena ia mampu berfungsi sebagai antioksidan serta mengatur produksi kolagen. Kolagen sendiri berfungsi meningkatkan kekenyalan dan kelembaban kulit Anda dari dalam.

Selain itu vitamin C juga bisa meningkatkan perlindungan kulit dari sinar UV dengan cara meningkatkan efektivitas dari sunscreen yang Anda gunakan.

Cukup vitamin C juga akan menghindarkan Anda dari risiko kulit kering. Berikut beberapa manfaat dari vitamin C yang bisa Anda peroleh:

  • Mengurangi kerutan di wajah.
  • Mengatasi dan mencegah kulit kering.
  • Mencegah munculnya tanda penuaan dini.
  • Membantu samarkan noda hitam.
  • Mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka.

Vitamin A

Selain baik untuk kesehatan mata, ternyata vitamin A juga punya manfaat untuk kesehatan kulit. Konsumsi vitamin A yang cukup bisa bantu Anda mencegah munculnya tanda penuaan dini seperti kerutan dan juga menyembuhkan jerawat.

Seperti vitamin C, kandungan vitamin A juga bisa tingkatkan produksi kolagen dan menjaga kekencangan serta kesegaran kulit. Kandungan vitamin A juga banyak ditemukan pada produk perawatan kulit, retinol misalnya.

Inilah manfaat vitamin A pada kulit Anda:

  • Mengatasi wajah kusam dan noda hitam.
  • Mengurangi garis halus atau kerutan di wajah.
  • Memperbaiki jaringan kulit yang rusak.
  • Menghaluskan tekstur kulit.
  • Membantu perawatan kulit berjerawat.

Vitamin E

Untuk vitamin yang satu ini memang sudah terkenal akan manfaatnya untuk kulit. Seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan agen antioksidan yang kuat. Ia mampu lindungi kulit akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

Vitamin E sendiri diproduksi secara alami oleh tubuh melalui sebum atau minyak yang keluar melalui pori-pori kulit. Dalam batas wajar, sebum ini bisa menjaga kelembaban dan mencegah kulit kering.

Jadi konsumsi vitamin E yang cukup sangat dianjurkan bagi Anda pemilik kulit kering. Selain itu vitamin E juga bisa bantu inflamasi pada kulit. Berikut beberapa manfaat vitamin E lainnya:

  • Menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.
  • Cegah kulit kering, kasar, dan bersisik.
  • Membantu memudarkan bekas noda atau flek hitam.
  • Cegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.
  • Bantu atasi iritasi kulit.

Vitamin K

Kandungan vitamin K juga bisa bawa manfaat luar biasa pada kesehatan kulit. Vitamin K memiliki fungsi untuk menjaga peredaran darah mencegahnya terjadinya penggumpalan darah atau penyumbatan pembuluh darah.

Fungsi ini sangat penting untuk proses penyembuhan luka atau memar yang terjadi pada lapisan kulit. Selain itu vitamin K juga bisa bantu Anda mengatasi masalah kulit lainnya seperti bekas luka, flek hitam, dan mata panda.

Vitamin K sendiri sudah sering dimasukkan ke dalam produk perawatan kulit. Misalnya krim steroid yang digunakan untuk sembuhkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Vitamin D

Tak hanya bawa manfaat untuk tulang dan gigi, vitamin K juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Kandungan vitamin D mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan juga mampu ringankan peradangan pada kulit.

Peradangan pada kulit jika tak segera diatasi bisa sebabkan masalah seperti munculnya jerawat dan juga eksim. Sebuah penelitian dari Journal of Dermatological Treatment  bahakn menyebut penggunaan krim dengan kandungan vitamin D dan E bisa bantu ringankan gejala dermatitis atopik.

Ciri-Ciri Kulit Kekurangan Vitamin

Kekurangan asupan nutrisi bisa timbulkan masalah pada tubuh, termasuk kulit. Saat tubuh mengalami masalah, maka ia akan menampakkan gejala tertentu. Berikut beberapa ciri-ciri kulit kekurangan vitamin yang harus Anda waspadai.

Kulit Kering & Kasar

Selain kulit yang kering dan kasar, kadang kulit juga bisa terlihat kemerahan. Kondisi ini biasanya terjadi karena kulit kekurangan vitamin C. Kurangnya vitamin C membuat kulit tak mampu melawan paparan sinar matahari, akibatnya gejala tersebut akan muncul.

Kulit Terlihat Pucat

Kondisi kulit yang pucat dan terlihat lelah ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin B12. Kurangnya vitamin B12 bisa membuat tubuh Anda lebih mudah lelah dan lemas. Kondisi ini pada akhirnya berpengaruh pada kondisi kulit Anda.

Untuk mengatasi kondisi ini Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi daging merah, salmon, keju, serela, yogurt, dan juga berbagai macam hidangan laut.

Munculnya Eksim

Ternyata masalah kulit seperti eksim lebih sering terjadi pada orang-orang yang kekurangan vitamin, utamanya vitamin D. Orang dengan asupan vitamin D lebih rendah menunjukkan gejala eksim yang lebih parah ketimbang mereka yang memiliki cukup asupan vitamin D.

Kulit Mudah Memar

Memar bisa terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah atau hancur di bawah permukaan kulit. Kondisi ini bisa terjadi karena kulit yang kekurangan vitamin C, yang membuat pembuluh kapiler lemah dan mudah pecah.

Meski bisa sembuh dengan sendirinya, memar membutuhkan waktu cukup lama hingga hilang dan warna kulit yang menggelap jadi normal kembali. Untuk mempercepat penyembuhan memar Anda bisa menggunakan krim yang mengandung heparin sodium.

Salah satunya adalah Thromboflash, salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Kandungan heparin sodium dalam Thromboflash bekerja melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar. Sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Facebook
Twitter
LinkedIn