Sudah makan, tidak lapar, tapi rasanya ingin makan terus menerus? Bisa jadi hal ini sering terjadi pada Anda. Kondisi ini bisa disebabkan oleh nafsu makan Anda yang besar.

Nafsu makan yang sangat besar bisa menyebabkan masalah kebanyakan makan (overeating) dan juga gangguan makan BED (Binge Eating Disorder).

Kedua masalah ini terdengar mirip namun memiliki makna yang berbeda. Jika seseorang mengalami masalah kebanyakan makan atau overeating artinya ia mengonsumsi kalori di atas kebutuhan yang diperlukan tubuh.

Kebanyakan makan terjadi karena nafsu makan yang sangat tinggi dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Sedangkan jika seseorang mengalami BED ia akan makan tanpa henti dan dalam porsi besar tanpa terkendali. Orang dengan BED akan terus makan meskipun tidak lapar dan sudah kenyang.

Setelah selesai makan biasanya mereka akan merasa menyesal, bersalah, dan malu setelah makan. 

Tidak semua kasus orang yang kebanyakan makan juga didiagnosa mengalami BED. Namun yang terpenting, apapun yang berlebihan pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Karena bisa saja anda mengalami obesitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Cara Mengurangi Nafsu Makan yang Terlalu Besar

Jadi sebelum terlambat lebih baik kita mengendalikan nafsu makan yang kita miliki. Selain bermanfaat untuk mencegah gangguan makan, langkah ini juga bisa dimanfaatkan untuk Anda yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan.

Agar Anda tidak kalap saat makan, berikut beberapa tips cara mengurangi nafsu makan yang bisa dicoba:

Banyak Minum Air Putih

Salah satu trik yang cukup ampuh untuk mengendalikan nafsu makan besar adalah dengan banyak mengonsomsi air putih. Jika tiba-tiba langsung ingin makan di luar waktu makan, langsung saja ambil segelas air putih. 

Tak jarang otak kita salah mengartikan sinyal dari tubuh. Ketika tiba-tiba merasa lapar, bisa saja tubuh sedang butuh air bukan makan.

Jika beberapa menit setelah meminum air rasa lapar hilang berarti memang tubuh Anda sedang membutuhkan air. Namun jika rasa lapar masih ada, kemungkinan memang tubuh butuh asupan makanan.

Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi akan membuat tubuh kita merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu nafsu makan bisa ditahan. Sarapan dengan protein tinggi juga bisa sangat membantu Anda. Karena dengan begitu nafsu untuk ngemil akan berkurang.

Atur Jadwal Makan dan Ngemil

Disiplin pada waktu makan juga bisa membantu Anda mengurangi nafsu makan. Karena jika kita sudah terbiasa dengan makan sesuai jadwal maka tubuh akan menyesuaikan jam biologisnya.

Jadi rasa lapar hanya akan muncul jika memang sudah waktunya.

Ingat untuk selalu disiplin dan jangan melewatkan waktu makan utama. Terutama jangan sampai melewatkan sarapan. Salah satu manfaat sarapan adalah membuat Anda kenyang sepanjang hari.

Jika Anda melewatkan sarapan, maka rasa lapar yang terus menerus akan datang. 

Kunyah Perlahan

Tanpa kita sadari mengunyah makanan dengan cepat bisa membuat Anda menghabiskan makanan dalam jumlah banyak dengan cepat. Cobalah untuk mulai mengunyah makanan secara perlahan.

Ini bisa memberi stimulus ke otak dan tubuh agar cepat terasa kenyang. Dengan begitu nafsu makan bisa ditahan dan Anda hanya akan mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit.

Olahraga Teratur

Saat berolahraga tubuh akan meningkatkan hormon peptide YY yang berguna untuk menekan nafsu makan. Olahraga yang efektif untuk menekan nafsu makan contohnya lari, berenang, dan bersepeda.

Tak perlu olahraga dalam durasi yang lama, cukup 1 jam saja. Jika terlalu lama stamina akan banyak terkuras dan justru meningkatkan rasa lapar dan ingin makan.

Olahraga teratur selain dapat mengurangi nafsu makan, kegiatan ini juga dapat membantu Anda untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin membakar lemak secara efektif Anda dapat berolahraga atau aktif bergerak sambil mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner).

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. 

Kunyah Permen Karet

Permen karet bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menekan nafsu makan. Sebuah penelitian menyebut dengan mengunyah permen karet bisa mengurangi nafsu makan dan ngemil.

Ini berkaitan erat dengan proses mengunyah. Agar tidak mengganggu kesehatan gigi, disarankan untuk memilih permen karet yang bebas gula.

Tidur Cukup

Durasi tidur yang kurang akan membuat tubuh banyak memproduksi hormon leptin dan ghrelin yang membuat kita merasa lapar. Banyak juga penelitian yang telah menyimpulkan bahwa kurang tidur bisa berujung pada  naiknya berat badan.

Sebabnya saat kurang tidur rasa lapar meningkat dan kita jadi lebih banyak makan maupun ngemil.

Itulah beberapa tips untuk menekan nafsu berlebih yang aman bagi tubuh. Jika Anda merasa nafsu makan tetap saja tinggi setelah melakukan berbagai cara, ada baiknya segera konsultasi ke dokter.

Facebook
Twitter
LinkedIn