Anda pasti pernah mengalami luka yang berwarna biru atau keunguan akibat jatuh atau terbentur benda keras. Luka ini dikenal dengan memar atau lebam.

Memar adalah luka yang terjadi ketika pecahnya pembuluh darah kapiler di bawah permukaan kulit. Pembuluh darah yang pecah akan menyebabkan penggumpalan darah di bagian luka.

Darah yang menggumpal, akan berubah warna menjadi biru atau keunguan karena tidak dapat aliran oksigen.

Memar atau lebam umumnya bukan luka yang cukup serius dan dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi, beberapa luka memar dapat menyebabkan nyeri ketika Anda beraktivitas sehari-hari.

Agar tidak mengganggu, Anda dapat mengobati memar atau lebam agar dapat cepat hilang. Ada banyak cara menghilangkan memar. Selain menggunakan obat-obatan, Anda dapat menghilangkan lebam atau memar dengan bahan-bahan alami atau teknik yang dapat dengan cepat dilakukan di rumah.

Apa saja? Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan memar dengan cepat dan tanpa rasa sakit.

Kompres

Anda dapat mengurangi efek memar pada tubuh dengan mengompres luka memar yang baru muncul. Mengompres luka memar dengan menggunakan es dapat mencegah luka memar menyebar. 

Kompres es pada luka memar dapat memperlambat aliran darah pada bagian luka. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi lebih banyak darah yang mengalir pada bagian pembuluh darah yang pecah ketika mengalami memar.

Anda dapat mengompres luka memar dengan es beberapa kali sehari, namun sebaiknya ketika mengompres tidak lebih dari 10 menit untuk mencegah kerusakan jaringan kulit luar.

Selain menggunakan es, Anda juga dapat mengompres luka memar dengan air hangat. Jika es berfungsi untuk memperlambat aliran darah pada bagian luka, mengompres luka memar dengan air panas berfungsi untuk mengalirkan darah pada bagian luka agar tidak menggumpal.

Istirahat dan Tinggikan Bagian Tubuh yang Memar

Selain karena benturan, memar juga dapat muncul ketika Anda melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga.

Untuk mencegah luka memar menjadi lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, sebaiknya hindari melakukan aktivitas yang melibatkan bagian tubuh yang terkena memar. 

Ketika bagian luka memar banyak bergerak, darah akan lebih cepat mengalir dan berisiko menambah gumpalan darah pada bagian luka. 

Selain beristirahat, Anda juga dapat meninggikan bagian badan yang mengalami luka memar untuk mengurangi pembengkakan dan penggumpalan darah. 

Meninggikan bagian badan yang mengalami luka memar di atas posisi jantung dapat mengurangi aliran darah pada bagian tersebut. 

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat untuk manusia. Selain sering digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit, lidah buaya juga dapat Anda gunakan sebagai obat untuk mengatasi luka memar. 

Kandungan alami dari lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi iritasi dan pembengkakan yang sering muncul akibat memar.

Untuk menggunakan lidah buaya pada luka memar, gunakan lidah buaya yang berbentuk gel dan oleskan pada bagian luka secara rutin. 

Vitamin K

Vitamin K dapat Anda gunakan sebagai obat memar. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin K juga bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah pada luka memar.

Oleskan krim vitamin K dua kali sehari untuk mengurangi penggumpalan darah dan bengkak yang terjadi pada luka memar.

Krim vitamin K dapat dengan mudah Anda dapatkan di toko obat atau apotek tanpa harus menggunakan resep dokter.

Heparin Sodium

Selain menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan di atas, salah satu cara yang paling efektif untuk mengobati memar adalah dengan menggunakan heparin sodium.

Heparin sodium merupakan bahan alami yang didapatkan dari protein hewani yaitu porcine dan bovine. Heparin sodium bekerja mengobati memar dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit dan mengurangi peradangan.

Salah satu obat memar yang mengandung heparin sodium adalah Thromboflash.

Thromboflash adalah salep memar yang sangat ampuh untuk mengobati gangguan pembuluh darh seperti luka memar yang berada di dalam permukaan kulit.

Heparin sodium yang berbentuk gel pada thromboflash dapat dengan cepat menyerap ke dalam kulit dan dapat bekerja dengan cepat pada jaringan pembuluh darah yang luka akibat memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang terbuat dari bovine sehingga untuk digunakan dan sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI sehingga aman untuk digunakan oleh semua orang.

Facebook
Twitter
LinkedIn