Sudah diet mati-matian, merubah pola makan, banyak olahraga, berat badan mulai turun, tapi kok lemak malah numpuk di pipi. Anda pernah merasakan ini juga? Penumpukan lemak di wajah ini membuat pipi terlihat tembem alias chubby.

Mungkin bagi sebagian orang pipi chubby bisa memberikan kesan lucu dan menggemaskan. Namun pada sebagian lainnya justru membuat kepercayaan diri menurun karena tampilan yang dinilai kurang sempurna.

Jika Anda memiliki pipi chubby dan merasa kurang percaya diri karenanya. Ada beberapa cara menghilangkan lemak pipi yang bisa Anda coba. Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Pipi Chubby

Pipi yang tembem atau chubby bisa disebabkan karena banyak faktor. Terutama karena setiap orang punya kecenderungan yang berbeda terkait dimana tubuh menyimpan kelebihan lemak. Umumnya terletak di paha, lengan, dagu, dan area pipi.

Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan pipi tembem:

Konsumsi Gula, Garam, dan Alkohol

Pipi chubby bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari konsumsi gula, garam, dan alkohol berlebih. Konsumsi 2 jenis makanan ini menyebabkan area tubuh khususnya pada bagian wajah mengandung banyak air.

Perubahan Hormon

Selain itu faktor perubahan hormon juga bisa menyebabkan wajah membengkak dan akibatnya pipi terlihat tembem. Perubahan hormon ini biasanya terjadi pada perempuan yang mendekati masa menstruasi, dimana hormon progesteron meningkat.

Kurang Tidur

Kebiasaan yang banyak begadang dan waktu tidur yang kurang juga bisa sebabkan pipi tembem. Hal ini karena dengan kurang tidur membuat otot wajah menjadi kendur, terlihat lelah, dan juga terlihat bengkak atau puffy.

Kurang Olahraga

Penumpukan lemak di pipi juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang kurang bergerak atau jarang berolahraga. Oleh karena itu dibutuhkan upaya perubahan gaya hidup untuk menghilangkan lemak di pipi.

Adanya Alergi

Penyebab pipi tembem selanjutnya adalah riwayat alergi. Orang yang memiliki alergi misalnya sensitif terhadap gluten dan memiliki juga sindrom usus besar kerap mengeluhkan wajah mereka yang membengkak.

Faktor Keturunan

Jika Anda memiliki riwayat keluarga yang cenderung memiliki pipi tembem maka bisa saja pipi chubby yang Anda miliki adalah karena faktor keturunan. Faktor keturunan juga sangat berpengaruh dalam pembentukan wajah seseorang, termasuk soal pipi chubby.

Adanya Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit seperti selulitis, gondongan, rosacea, dan hipotiroidisme biasanya menyebabkan gejala yang salah satunya adalah pembengkakan pada bagian wajah. Akibatnya pipi jadi terlihat chubby.

Cara Menghilangkan Lemak Pipi

Jika pipi tembem yang Anda alami disebabkan karena penumpukan lemak, bukan karena adanya riwayat penyakit tertentu maka bisa diupayakan beberapa hal. Berikut tips cara menghilangkan lemak pipi agar Anda tidak terlihat chubby.

Lakukan Senam Wajah

Untuk menghilangkan lemak di pipi tembem, Anda bisa melakukan beberapa metode senam wajah secara rutin. Senam wajah bisa membantu menguatkan otot, meredakan ketegangan, membakar lemak, dan membentuk tulang wajah.

  • Metode X dan O

Cara yang pertama adalah dengan mengucapkan ‘X’ dan ‘O’. Ucapkan kedua huruf tersebut rutin selama 5-10 menit perhari. Gerakan ini bisa membuat otot wajah lebih aktif dan sekaligus mengencangkannya.

  • Gerakan Smiling Fish

Maksudnya adalah melakukan gerakan mengisap pipi ke dalam sehingga bibir terlihat seperti mulut ikan. Setelah mengisap pipi tahan sebentar dan lepaskan. Lalu tersenyumlah dan tahan selama 10 detik. Ulangi gerakan ini 5 kali setiap hari.

  • Peregangan Wajah

Anda juga bisa melakukan peregangan wajah dengan cara buka mata dan mulut lalu julurkan lidah keluar. Setelah itu coba sentuh dagu dengan ujung lidah Anda dan tahan gerakan ini selama 10 detik. Lakukan gerakan ini 5 kali perhari dan jangan lupa untuk rileks saat melakukannya ya.

Mengunyah Permen Karet

Kegiatan mengunyah permen karet juga dipercaya mampu membuat pipi lebih tirus. Hal ini karena saat Anda mengunyah permen karet otot-otot di wajah dan pipi menjadi lebih kencang.

Namun sebaiknya pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula tinggi. Karena konsumsi gula berlebih juga bisa menyebabkan pipi tembem dan meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Tidur Cukup

Kurang tidur dapat meningkatan risiko kenaikan berat badan yang juga bisa berujung pada tampilan pipi yang tembem. Selalu pastikan untuk tidur cukup agar metabolisme tubuh dan hormon tetap berjalan normal.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih dapat membuat kita merasa kenyang dan alhasil nafsu makan bisa terkontrol. Selain bisa mencegah kenaikan berat badan, konsumsi cukup air putih juga bisa mencegah pembengkakan pada wajah.

Kurangi Asupan Gula dan Garam

Kedua kandungan ini bisa menyebabkan penumpukan air di wajah sehingga membuat pipi tembem. Ubah pola makan Anda dengan menu yang sehat dan seimbang. Hindari junk food, gorengan, dan minuman dengan pemanis buatan.

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu metode efektif untuk membakar lemak dalam tubuh termasuk lemak di pipi. Anda bisa memulai olahraga rutin setidaknya 20 menit perhari agar kalori yang ada di tubuh terbakar dengan baik. 

Bantu dengan Suplemen Pembakar Lemak

Berbagai upaya di atas bisa dimaksimalkan dengan mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) khusus. Suplemen fat burner akan bekerja membakar lemak dikala Anda melakukan aktivitas.

Saat ini suplemen fat burner dapat Anda temukan secara mudah di apotek terdekat, salah satunya adalah Slendy. Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Slendy mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Facebook
Twitter
LinkedIn