Kutil adalah kondisi pertumbuhan kulit berlebih pada bagian tubuh. Kondisi ini merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV). 

Pertumbuhan kutil ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat. Beberapa jenis kutil ini ada yang tidak sakit ketika disentuh, namun ada juga yang akan menimbulkan rasa gatal atau bahkan rasa sakit.

Penyakit ini bukan kondisi kulit yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kutil adalah jenis tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cepat jika ditangani dengan benar.

Sebelum kutil tumbuh semakin besar dan membuat tidak nyaman, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Berikut beberapa jenis pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutil.

Obat Untuk Mengatasi Kutil

Obat untuk mengatasi kutil dapat Anda temukan di apotek atau toko obat-obatan. Umumnya obat yang tersedia merupakan obat bebas tanpa perlu memerlukan resep dokter. 

Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa jenis pengobatan di rumah yang sederhana atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah digunakan. 

Menggabungkan antara obat dan juga bahan alami dapat Anda coba jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Apa saja obat dan cara yang dapat Anda gunakan? Berikut penjelasannya.

Menghilangkan Kutil Dengan Obat

Obat kutil dan penyakit kulit lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di apotek.

Beberapa diantaranya merupakan jenis obat bebas yang dapat digunakan tanpa resep dokter dan dijual bebas di apotek, toko obat, atau tempat lainnya. Tetapi ada juga beberapa obat yang dibutuhkan resep dokter.

Jika Anda ragu untuk memilih obat yang tepat untuk mengatasi kutil, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar diberikan rekomendasi obat atau metode pengobatan yang paling tepat.

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Retinol

Retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Pada era 1970-an, obat ini sangat populer untuk menghilangkan jerawat.

Namun kini retinol tidak hanya efektif menghilangkan jerawat saja. Kutil dapat dengan cepat dihilangkan menggunakan retinol.

Retinol menghilangkan kutil dengan cara mengganggu pertumbuhan sel kulit di sekitarnya. Berbeda seperti obat kutil yang menggunakan bahan asam salisilat, retinol hanya bisa didapatkan melalui resep dokter saja.

Anda harus menggunakan obat ini sesuai resep dan anjuran dokter, karena jika berlebihan retinol dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kulit kering dan iritasi
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Kulit kemerahan, bengkat, mengeras, atau melepuh.

Menggunakan retinol untuk menghilangkan kutil dapat memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan. Menambah dosis pemakaian retinol tidak akan mempercepat proses pengobatan.

Dosis yang berlebih hanya akan memicu efek samping dan dapat memperparah kondisi kulit Anda.

Kantaridin

Kantaridin adalah obat yang dihasilkan dari ekstraksi serum dari kumbang. Zat hasil ekstraksi ini dicampur dengan beberapa bahan kimia lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Ketika kantaridin sudah diaplikasikan pada area pertumbuhan kutil, dokter akan membalut bagian tersebut agar proses pengobatan steril dari gangguan yang muncul dari luar. 

Menghilangkan kutil dengan menggunakan kantaridin merupakan cara yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun beberapa pasien mungkin akan merasakan sensasi kulit seperti terbakar pada bagian yang terinfeksi selama beberapa saat setelah pengaplikasian. 

Tindakan Untuk Hilangkan Kutil

Menggunakan Lakban

Menggunakan lakban untuk menghilangkan kutil adalah metode yang sangat mudah dan sederhana. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya. 

Anda dapat menggunakan lakban jenis apa saja, karena metode ini tidak tergantung dari jenis lakban yang Anda gunakan. 

Cara menggunakannya adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Cryotherapy

Selain kutil jenis kelamin, menghilangkan kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknik cryotherapy.

Cryotherapy prosedur memotong kutil yang tumbuh dengan cara membekukan dengan cairan nitrogen pada area kutil dengan tujuan untuk membunuh jaringan yang berada di kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong benjolannya. Menurut beberapa penelitian, cryotherapy merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan kutil terutama yang tumbuh pada bagian tangan atau kaki.

Bedah Laser

Menghilangkan kutil dengan teknik bedah laser biasanya dilakukan jika berbagai macam jenis pengobatan tidak berhasil. Bedah laser biasanya hanya bisa dilakukan oleh dokter atau ahli saja. 

Ketika menjalankan bedah laser, Anda akan diberikan bius lokal pada area kutil kemudian dokter akan menjalankan beda menggunakan sinar laser untuk membakar dan menghancurkan kutil.

Ada beberapa jenis bedah laser yang dapat dilakukan, namun dua jenis laser yang sering digunakan adalah pulsed dye lasers dan dioxide lasers.

Cara dengan menggunakan pulsed dye lasers ditargetkan untuk menyerang hemoglobin (molekul yang membawa oksigen pada darah) pada pembuluh darah sekitar kutil.

Panas yang dihasilkan laser dapat menutup aliran darah menuju kutil sehingga kutil tidak akan mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibawa oleh darah.

Ketika kutil tidak mendapatkan pasokan nutrisi, perlahan-lahan kutil akan mati dan lepas dengan sendirinya. Menurut penelitian pulsed dye laser memiliki tingkat akurasi sangat tinggi dan terbukti ampuh untuk menghilangkan kutil.

Bedah Listrik

Bedah listrik dilakukan untuk menghilangkan kutil menggunakan listrik dengan frekuensi tinggi untuk menghancurkan kulit sekitar kutil. Teknik ini dilakukan dengan alat dari metal dan berbentuk panjang dan tipis seperti pensil.

Ketika kutil sudah dialiri listrik, dokter akan menggunakan teknik kuret untuk membersihkan bagian kulit yang dihinggapi kutil. 

Bedah listrik dan kuret dilakukan agar dapat membersihkan kulit dari kutil lebih efektif. 

Boks Asap

Menghilangkan kutil dengan menggunakan asap merupakan teknik yang berasal dari Cina Kuno. Cara ini dilakukan dengan mengasapi bagian kutil menggunakan asap dari daun pohon euphratica Populus yang dibakar. 

Teknik ini terbukti cukup ampuh untuk mengatasi kutil plantar dan juga kutil yang tumbuh pada bagian kaki dan tangan. 

Menurut penelitian, teknik menghilangkan kutil menggunakan asap lebih efektif untuk mencegah kutil datang kembali jika dibandingkan dengan cryotherapy. 

Cara menggunakan asap ini adalah dengan membakar sebentar daun pohon euphratica Populus selama beberapa menit. Padamkan kemudian asapi bagian kulit yang terkena kutil dan biarkan meresap selama 15 menit. 

Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan obat-obatan, mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau metode yang mudah. Apa saja? 

Berikut beberapa jenis bahan alami dan metode sederhana yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kutil.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah. 

Metode menghilangkan kutil menggunakan sari cuka apel telah banyak direkomendasikan oleh banyak orang sebagai cara yang sederhana namun ampuh.

Sari cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil. Secara perlahan-lahan kutil yang diobati dengan sari cuka apel akan mengelupas dari kulit Anda secara alami. 

Cara menggunakan sari cuka apel adalah dengan merendam kapas dengan 2 sendok makan sari cuka apel. Tempel dan rekatkan menggunakan perban.

Gunakan metode ini setiap hari sampai kutil benar-benar hilang. Biasanya menggunakan sari cuka apel akan memakan waktu selama beberapa minggu. 

Lemon atau Vitamin C

Vitamin C dan air perasan lemon dapat Anda gunakan juga untuk menghilangkan kutil.

Cara menggunakan lemon dan vitamin C adalah campur air perasan lemon dengan bubuk vitamin C yang dapat Anda dapatkan dari tablet hisap vitamin C yang banyak dijual di pasaran. 

Aduk dan campur rata hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada kutil yang ada di kulit. Tutup menggunakan perban dan ulangi terus cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

Campuran antara vitamin C dan air lemon efektif menghilangkan kutil karena kandungan vitamin C yang ampuh untuk membunuh virus serta air lemon memiliki tingkat keasaman yang mampu merusak jaringan kulit kutil. 

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengobati kutil. Madu yang direkomendasikan adalah madu manuka organik yang berasal dari Selandia Baru.

Madu manuka mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. 

Cara mengobati kutil dengan menggunakan madu manuka adalah dengan menggosok kutil terlebih dahulu dengan batu apung. Kemudian oleskan satu sendok teh madu manuka dan tutup dengan perban.

Biarkan selama 24 jam kemudian oleskan kembali madu dan tutup dengan perban hingga kutil benar-benar hilang.

Kulit Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Tidak hanya buahnya, kulit pisang pun dapat menjadi obat alami yang mampu menghilangkan kutil. Enzim yang terdapat pada kulit pisang dapat membuat jaringan kulit berlebih pada kutil hilang.

Cara menggunakan kulit pisang untuk menghilangkan kutil adalah dengan menggosokkan bagian putih dari kulit pisang pada bagian kutil. Lakukan terus metode ini hingga kutil menghilang. 

Daun Basil

Daun basil dipercaya memiliki kandungan antivirus yang dipercaya dapat melawan virus HPV penyebab kutil. Untuk mendapatkan khasiat daun basil dalam menghilangkan kutil, caranya adalah dengan menghancurkan daun basil hingga halus kemudian campurkan sedikit air.

Oleskan pada area kutil lalu tutup dengan perban. Lakukan cara ini setiap hari selama satu hingga dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nanas

Nanas mengandung enzim pelarut yang dapat membantu menghancurkan benjolan pada kulit seperti kutil. Cara menggunakan nanas adalah dengan merendam bagian kutil dengan sari nanas sebanyak dua hingga tiga kali sehari. 

Perlu diperhatikan, menghilangkan kutil menggunakan air nanas dapat memberikan rasa nyeri yang menyengat pada kulit akibat reaksi dari enzim pada nanas terhadap jaringan kutil di kulit.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan yang efektif untuk membasmi virus. Salah satunya adalah virus HPV penyebab kutil. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit. 

Cara mengobati kutil menggunakan bawang putih adalah dengan merendam beberapa siung bawang putih selama semalam. Air rendaman dapat digunakan untuk membersihkan area yang terkena kutil.

Hancurkan bawang yang telah direndam dan oleskan pada kutil lalu tutup dengan perban selama 20 menit dan bilas.

Lakukan cara ini dua kali sehari selama seminggu. Anda juga bisa mengonsumsi kapsul bawang putih tiga kali sehari untuk mendapatkan efek yang sama.

Facebook
Twitter
LinkedIn