Permukaan kulit yang mengalami luka dapat meninggalkan bekas yang cukup mengganggu. Apalagi ketika bekas luka ini memiliki ukuran yang cukup besar dan terlihat jelas, dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Luka yang diakibatkan oleh sayatan, lecet, memar, luka bakar, hingga luka di wajah akibat jerawat adalah beberapa jenis luka yang seringkali dapat meninggalkan bekas yang cukup jelas. 

Saat ini banyak obat-obatan atau tindakan medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka. Namun, tidak semuanya dapat cocok bagi setiap orang. 

Obat yang dapat menghilangkan bekas luka diantaranya mengandung bahan kimia yang tidak cocok bagi semua orang dan dapat menimbulkan alergi.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami sebagai cara alternatif untuk menghilangkan bekas luka yang aman. 

Beberapa diantaranya sangat mudah untuk dilakukan dan sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka seperti bekas luka sayatan, luka lecet, luka bakar, luka memar, hingga luka di wajah akibat jerawat.

5 Bahan Alami Untuk Hilangkan Bekas Luka

Ada banyak bahan alami yang sering digunakan untuk menyehatkan kulit serta digunakan sebagai campuran untuk membuat obat kulit. 

Beberapa bahan alami di bawah ini, selain dapat menyehatkan kulit, bahan ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka di kulit yang membuat Anda menjadi kurang percaya diri. 

Apa saja? Berikut bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit Anda.

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya sejak dahulu sebagai bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka. Lidah buaya atau aloe vera kaya akan zat-zat antioksidan, anti-peradangan, serta dapat menjaga kelembaban kulit. 

Kandungan nutrisi seperti lignin dan asam amino dapat merangsang pertumbuhan kulit baru pada bagian bekas luka.

Serta, lidah buaya juga memiliki sifat anti peradangan dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, iritasi, dan pembengkakan yang terjadi pada bekas luka atau pada luka baru.

Dibandingkan dengan jenis bahan lainnya, lidah buaya terbukti jarang memiliki efek samping pada kulit. 

Untuk menghilangkan bekas luka dengan menggunakan lidah buaya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya pada bagian bekas luka sebanyak dua kali sehari. 

Madu

Telah banyak penelitian dan uji coba yang membuktikan jika madu terutama madu manuka ampuh untuk menghilangkan bekas luka. 

Madu manuka selain dapat menjaga kelembaban kulit, madu jenis ini juga dapat mengurangi rasa sakit, dan mempercepat proses pembentukan sel kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit pada luka.

Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri, antioksidan, antibiotik, serta ampuh untuk menyerap oksigen yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka atau bekas luka di kulit.

Untuk menggunakan madu manuka sebagai cara menghilangkan bekas luka, Anda dapat mengoleskannya secara rutin sebanyak dua kali sehari pada bagian luka.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang efektif. Minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit.

Melembabkan kulit pada bekas luka dapat membantu proses pembentukan sel baru dan secara perlahan menghilangkan bekas luka.

Selain ampuh untuk menghilangkan bekas luka, minyak kelapa juga efektif untuk meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk pembentukan sel baru serta membuat warna kulit yang sama dengan kulit di sekitar bekas luka.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan mengoleskannya dua kali sehari pada bagian luka. 

Untuk menghindari alergi dan iritasi kulit akibat minyak kelapa, sebelum Anda mulai mengoleskan pada bagian luka sebaiknya oleskan sedikit pada punggung tangan dan diamkan beberapa menit.

Apabila tidak terjadi reaksi pada kulit seperti iritasi, maka minyak kelapa aman untuk digunakan. 

Tapi ketika muncul iritasi atau alergi ketika dioleskan ke tangan, sebaiknya jangan gunakan minyak kelapa pada bekas luka karena hal ini justru dapat memperparah kondisi kulitnya.

Vitamin C

Jeruk nipis dan lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Menurut beberapa penelitian,  selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, vitamin C juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka.

Vitamin C bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel kulit mati yang terjadi ketika kulit mengalami luka.

Dengan mengoleskan perasan air jeruk nipis atau lemon, Anda dapat membantu proses pembentukan kulit baru untuk menggantikan sel kulit mati akibat luka.

Namun perlu Anda perhatikan, vitamin C mengandung asam yang cukup tinggi sehingga tidak dapat digunakan terlalu sering.

Sifat asam pada vitamin C jika dioleskan berlebih dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya gunakan cara ini untuk menghilangkan bekas luka secara rutin seminggu sekali. 

Heparin Sodium

Heparin sodium adalah ekstrak yang didapatkan dari protein hewani, yaitu bovine yang terbuat dari protein sapi. Zat ini sangat ampuh untuk menghilangkan luka dan bekas luka akibat memar.

Heparin sodium berfungsi untuk melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. 

Umumnya seluruh obat memar yang beredar di pasaran memiliki kandungan heparin sodium karena terbuat dari bahan alami dan sangat ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan memar.

Salah satu obat oles untuk mengatasi memar ampuh yang mengandung heparin adalah thromboflash.

Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Facebook
Twitter
LinkedIn