Tidak berbeda dengan bau badan, bau kaki juga membuat kita kehilangan rasa percaya diri. Bau kaki atau yang dalam istilah ilmiah disebut dengan bromodosis bisa terjadi karena berkembangnya bakteri pada kaki.

Bagi Anda yang mungkin kerap dihampiri oleh masalah ini, penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau kaki. Berikut ini cara menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa Anda coba.

Penyebab Bau Kaki

Bau pada kaki sering  disebabkan beberapa hal, seperti keadaan kaki yang lembab dan berkeringat. Selain itu, ada beberapa yang menyebabkan bau kaki, seperti:

Keringat

Pada saat kaki berkeringat, kaki kita akan terasa hangat. Inilah yang menjadi penyebab munculnya bakteri sehingga kaki menjadi bau.

Bakteri-bakteri tersebut memecah keringat dan sel-sel kulit mati yang mendatangkan bau tidak sedap.

Sepatu

Jenis sepatu juga menentukan bau kaki. Inilah mengapa banyak ahli yang menganjurkan kita untuk tidak memakai sepatu yang sama secara terus menerus. Sama seperti kaos kaki, sepatu juga tidak boleh lembab, karena dari keadaan lembab inilah bakteri penyebab bau kaki bisa berkembang.

Stress

Ketika kita mengalami stress, tubuh kita akan mengeluarkan keringat secara berlebihan. Nah, keringat yang dikeluarkan ketika kita stress mengandung bahan-bahan yang berbeda dari keringat yang keluar ketika kita merasa panas. 

Hal ini karena keringat tersebut diproduksi dari kelenjar keringat yang berbeda. dan biasanya memiliki bau yang lebih parah. 

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami

Menghilangkan bau kaki secara alami  sebenarnya mudah, dan juga Anda tidak membutuhkan biaya yang besar karena bahan-bahannya mudah dijumpai di toko-toko atau juga pasar tradisional. Untuk itu, simak kiat ampuh menghilangkan bau kaki secara alami berikut:

Garam

Tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa pada masakan. Ternyata garam juga punya manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Garam bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan garam bisa mengurangi kelembaban dan membasmi bakteri penyebab bau kaki.

Cara pengaplikasiannya juga mudah, ambil satu sendok garam dan masukan pada baskom yang berisikan air hangat. Rendam kaki Anda selama 20 menit. Anda bisa melakukannya setiap hari.

Lemon

Bukan rahasia lagi jika lemon banyak digunakan sebagai perawatan kecantikan yang alami. Selain itu, lemon juga dipercaya dapat menghilangkan bau kaki. Kandungan asam pada lemon bisa menghilangkan bakteri yang jadi penyebab bau kaki. 

Untuk melakukannya, siapkan 6 buah lemon yang siap diperas. Setelah itu, masukan sari-sari dari lemon tersebut ke dalam baskom yang berisikan air hangat. Rendam kedua kaki Anda selama 15 menit.

Kantung Teh

Tidak hanya nikmat untuk diminum, teh juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau kaki. Asam pada kantung teh berguna untuk menutupi pori-pori pada kaki. Caranya cukup gunakan dua kantung teh hitam, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Lalu, tuang ke dalam bak dan tambahkan dua liter air dingin. 

Rendam kaki Anda selama 30 menit dan lakukan setiap satu kali seminggu. 

Cuka

Kadar asam yang tinggi dalam cuka efektif untuk membunuh kuman-kuman penyebab bau kaki. Rendam kaki Anda selama 15 menit dalam air baskom yang telah ditambahkan satu gelas cuka. Pastikan kaki Anda sedang tidak ada luka terbuka karena itu akan membuatnya sangat perih.

Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap satu kali seminggu.

Kopi

Selain dapat menghilangkan kantuk, kopi juga ternyata bisa menghilangkan bau kaki yang ampuh. Caranya adalah dengan menuangkan kopi dan air secara sedikit demi sedikit hingga membentuk seperti pasta. Setelah itu balurkan pada kaki dan diamkan selama 15 menit. 

Baking Soda

Kandungan dalam baking soda bisa menetralisir pH keringat dan mengurangi bakteri. Anda cukup mencampurkan 1 sdm baking soda dalam 1 liter air. Rendam kaki selama 15-25 menit setiap malam selama satu minggu. Anda juga bisa menaburkan baking soda dalam sepatu sebelum mengenakannya.

Rutin Potong Kuku Kaki

Kuku kaki yang terabaikan juga bisa menjadi penyebab datangnya bakteri sehingga muncul bau pada kaki. Maka buat Anda yang mungkin masih menganggapnya sepele, potonglah kuku kaki Anda secara rutin. Tidak ketinggalan, bersihkan juga ujung-ujung kuku kaki.

Bersihkan Kulit Mati

Kulit kaki yang dibiarkan mengendap dapat menjadi ‘makanan’ bagi bakteri dan membuat kaki menjadi bau. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan kulit mati di sekitar kuku kaki atau bagian lainnya dengan menggunakan scrub.

Cuci Kaki Sebelum dan Sesudah Menggunakan Sepatu

Hal ini terdengar sepele, namun kerap dilupakan. Mencuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu meminimalisir perkembangan bakteri. Cuci kaki dengan sabun yang lembut dan pastikan semua bagian kaki dibersihkan, termasuk sela-sela jari. Jangan lupa setelahnya mengeringkan kaki, kaki yang lembab menjadi mudah untuk bakteri berkembang.

Apabila dibiarkan terus menerus, bau kaki bisa berdampak buruk bagi penderitanya. Bau kaki juga bisa merangsang penyakit serius, seperti kaki atlet atau yang lebih dikenal dengan tinea pedis. Infeksi ini biasa terjadi karena kebersihan kaki kurang diperhatikan dan jamur sudah berkembang, dan bila tidak diobati akan semakin parah.

Sebelum menjadi parah, obatilah dengan kandungan asam salisilat yang terkenal ampuh mengurangi bakteri. Kandungan asam salisilat dapat Anda temui di obat oles Callusol. Cara menggunakan Callusol juga mudah, Anda tinggal mengoleskannya pada area kaki. Untuk mendapatkannya Anda juga tidak perlu resep dokter, karena Callusol tergolong obat bebas.

Hilangkan bakteri pada kaki dengan Callusol yang mudah dan praktis.