Normalnya bagian mata kita terdiri dari kornea yang berwarna hitam maupun kecoklatan dan juga bagian lain yang berwarna putih. Akan tetapi, berbagai gangguan ternyata dapat membuat perubahan warna pada mata kita.

Salah satunya adalah bagian putih yang tiba-tiba menguning. Selain membuat tidak nyaman, kondisi ini juga bisa jadi indikator beberapa penyakit yang berbahaya.

Tak hanya perubahan warna, terkadang mata yang menguning ini juga diikuti gejala lain seperti penglihatan yang menjadi buram dan rasa perih.

Penyebab Mata Kuning

Perubahan warna mata menjadi kekuningan bisa disebabkan karena banyak faktor. Pertama karena adanya masalah kesehatan. Mata yang menguning erat kaitannya dengan permasalahan dengan organ seperti kantong empedu, pankreas, atau hati.

Permasalahan pada organ-organ tersebut dapat memicu tingginya zat bilirubin pada peredaran darah. Bilirubin sendiri merupakan  zat sisa hasil pemecahan sel darah merah yang berwarna kuning.

Selain masalah kesehatan, bagian putih mata juga bisa menguning akibat kebiasaan kita yang buruk. Seperti kurang tidur, menghabiskan banyak waktu memandang layar gadget, paparan lingkungan yang berasap dan berdebu, dan kurangnya asupan nutrisi.

Cara Memutihkan Mata yang Kekuningan

Jika Anda mengalami mata kuning akibat faktor kesehatan, maka cara terbaik adalah dengan mengikuti saran dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami permasalahan mata kuning segera hubungi dokter untuk memastikan apa penyebab dari kondisi yang Anda alami.

Jika memang mata kuning yang Anda alami bukan karena adanya masalah kesehatan, maka Anda bisa mencoba beberapa tips perawatan di rumah agar mata bisa kembali putih dan jernih.

Berikut tips cara memutihkan mata yang kuning di rumah:

Gunakan Cairan Pembersih Mata

Obat mata dalam bentuk cairan dalam membantu memberikan kelembaban sekaligus menyegarkan mata Anda yang bermasalah. Gunakan produk yang aman dan mengandung witch hazel.

Kandungan ini baik untuk kesehatan mata karena mampu membersihkan berbagai kotoran seperti debu maupun kotoran berbahan kimia dari mata. Anda bisa mencoba Y-Rins, obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Konsumsi Makanan Bernutrisi Baik untuk Mata

Untuk bekerja dengan baik, mata membutuhkan asupan nutrisi vitamin A dan juga C. Oleh karena itu saat mata Anda kuning, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi vitamin A dan C seperti jeruk, jambu biji, brokoli, paprika, pepaya, sawi, dan melon.

Selain buah dan sayur, Anda juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan walnut yang memiliki kandungan mineral tinggi yang mampu tingkatkan kesehatan mata. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, gula, dan juga lemak jenuh.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang pilihan terbaik untuk tubuh, dan mencegah dehidrasi. Bagian mata yaitu sklera yang cerah sangat bergantung pada kondisi tubuh yang terhidrasi dengan baik atau tidak. Konsumsi air yang cukup dapat mengurangi bengkak dan kemerahan pada mata.

Minum 8-10 gelas air putih perhari agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu hindari pula mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman kemasan dengan kadar gula tinggi.

Hindari Paparan Debu dan Asap

Mata kuning bisa juga disebabkan karena adanya infeksi mata yang disebabkan oleh paparan debu maupun asap. Oleh karena itu saat mata Anda menguning, sebaiknya hindari paparan asap dan debu.

Gunakan kacamata saat berkegiatan di luar ruangan. Selain menghindari dari paparan benda asing, kacamata dengan pelindung UVA dan UVB juga mampu melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi mata.

Istirahat Cukup

Kurang tidur, banyak begadang, bisa jadi faktor yang membuat mata Anda menguning. Oleh karena itu pastikan untuk tidur dengan durasi yang cukup, minimal 6 jam per malam.

Selain itu mata Anda juga harus diistirahatkan dari paparan layar gadget. Kurangi durasi menatap layar HP, TV, maupun komputer. Selalu sempatkan waktu untuk mengalihkan pandangan dari layar elektronik agar mata tidak kelelahan.

Jika mata kuning Anda tak kunjung pulih, ada baiknya untuk segera mendatangi dokter. Hal ini agar penyebab mata kuning Anda bisa segera diketahui dan mendapat penanganan yang tepat.

Facebook
Twitter
LinkedIn