Meski sering menjaga kebersihan tubuh, namun sayangnya kebanyakan orang sering luput dalam menjaga kebersihan mata. 

Seberapa sering Anda membersihkan mata?

Mata adalah organ tubuh yang sangat penting dan juga sangat sensitif. Maka, selain harus menjaga kesehatan mata secara baik, Anda juga perlu untuk membersihkan mata secara rutin. 

Jika tidak dibersihkan dengan rutin dan tepat, mata yang tidak dijaga kebersihannya dapat menimbulkan masalah dan penyakit yang mengganggu indera penglihatan Anda ini. 

Risiko Jika Mata Tidak Dibersihkan

Asian woman are going to work.she wears N95 mask.Prevent PM2.5 dust and smog

Berbagai masalah akan timbul jika kotoran yang masuk ke dalam mata tidak dibersihkan atau mendapat penanganan yang salah. Mulai dari iritasi, infeksi, kerusakan fungsi penglihatan, dan lain sebagainya.

Infeksi Mata

Infeksi yang terjadi pada mata dapat ditandai dengan mata merah, terasa sakit, mata berair, dan sensitif terhadap cahaya. Seringkali infeksi juga dirasakan dengan munculnya rasa mengganjal pada area dalam mata dan penglihatan yang menjadi kabur. 

Beberapa jenis infeksi mata diantaranya bintitan, konjungtivitis, keratitis, blefaritis, dan dakrioadenitis. Jika tidak ditangani dengan tepat, selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan penglihatan kabur, infeksi juga bisa menimbulkan gangguan lain yang lebih berat pada mata.

Radang Mata

Dalam dunia medis peradangan pada mata disebut dengan uveitis. Radang mata ditandai dengan pembengkakan di lapisan tengah jaringan dinding mata (uvea). Radang mata bisa terjadi pada kedua mata.

Radang mata tak hanya menyerang bagian uvea namun bagian lainnya yaitu lensa, retina, saraf, dan vitreus. Radang mata dapat menyebabkan pembengkakan dan rusaknya jaringan mata.

Jika radang mata tak diatasi dengan benar maka kita bisa mengalami berbagai masalah penglihatan hingga kebutaan.

Konjungtivitis (Mata Merah)

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Ketika mata mengalami peradangan, pembuluh darah konjungtiva pada bagian mata berwarna putih akan terlihat merah atau merah muda. 

Peradangan yang menyebabkan konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, atau reaksi dari alergi. 

Konjungtivitis adalah penyakit yang sangat umum terjadi dan biasanya dapat sembuh tanpa pengobatan. Biasanya penyakit ini dapat menular jika tidak dijaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Cara Membersihkan Mata Dengan Benar

Anda dapat membersihkan mata secara mandiri di rumah. Namun karena mata adalah organ yang sensitif dan penting, maka kita harus berhati-hati dalam membersihkannya. Secara sederhana, kita bisa membersihkan mata dengan air bersih. Begini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah cuci tangan kita dengan sabun hingga bersih. Jika anda menggunakan lensa kontak maka pastikan untuk melepaskannya terlebih dahulu.
  • Setelah itu kita bisa membersihkan mata dengan cara mengalirkan air ke dalam mata secara perlahan dengan cara meneteskannya.
  • Jika terasa sulit kita bisa menggunakan alat bantu berupa eye bath cup. Eye bath cup seperti cawan kecil yang ukuran dan bentuknya sudah disesuaikan dengan mata. Isi eye bath cup dengan air bersih, lalu tundukkan kepala dan arahkan eye bath cup ke mata. Setelah mata terendam lakukan gerakan buka dan tutup mata secara berulang hingga kotoran keluar dari mata.

Membersihkan mata sebaiknya tidak menggunakan air mentah atau air keran. Mata sangat sensitif dan air keran belum tentu steril dan bersih dari kotoran.

Ketika Anda membersihkan mata menggunakan air yang tidak bersih, risiko kotoran dalam air masuk ke mata sangat besar. Gunakan air untuk membersihkan mata ketika darurat saja. 

Menggunakan Y-Rins Untuk Membersihkan Mata

Untuk dapat mengembalikan kesegaran mata, membersihkan mata dari debu atau kotoran, obat yang cocok adalah larutan pembersih mata. Kandungan dari larutan pencuci mata berisi benzalkonium chloride yang dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan virus, bakteri, dan dapat mengatasi beberapa gangguan pada mata. 

Salah satu larutan pencuci mata yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan kesegaran mata Anda adalah Y-Rins. Cara pakai Y-Rins juga terbilang mudah dan simpel. Sama halnya seperti penggunaan obat tetes mata pada umumnya. 

Simak cara cuci mata dengan Y-Rins berikut ini:

Bersihkan Eyebath

Ini adalah salah satu yang membedakan obat tetes mata dengan larutan pembersih mata, dalam larutan mata seperti Y-Rins ada sebuah wadah yang nantinya dipergunakan untuk menuangkan larutan dan untuk pengaplikasian larutan pada mata.

Sebelum digunakan bersihkan dahulu wadah agar steril dari kontaminasi zat lain seperti debu. 

Lepas Lensa Kontak

Jika Anda sedang menggunakan lensa kontak, lepas terlebih dahulu. Karena lensa kontak akan menghalangi larutan menyebar.

Bersihkan Kelopak Mata

Sebelum akan menggunakan Y-Rins pastikan juga kelopak mata bersih, terutama dari sisa kosmetik agar zat yang ada pada make-up tidak tercampur dengan kandungan larutan sehingga mata terhindar dari efek samping yang akan membahayakan mata. 

Isi Wadah Eyebath

Setelah dibersihkan, isi wadah eyebath dengan larutan Y-Rins sampai dirasa cukup, usahakan tidak terlalu penuh karena nanti wadah akan diaplikasikan langsung ke mata.

Tundukkan Kepala, Dekatkan Eyebath

Selanjutnya, saat mengaplikasikan, posisi kepala menunduk sedikit ke depan, dekatkan eyebath pada kelopak mata. Jangan mengedip agar larutan pembersih dapat mengalir bebas ke seluruh permukaan mata.

Goyangkan Kepala

Masih dalam posisi kepala yang menunduk, goyangkan kepala ke sisi kiri dan kanan untuk membuat larutan tersebar merata dan efek pembersih menjadi lebih sempurna. Lakukan lah selama kurang lebih 30 detik.

Bersihkan Larutan pada Area Wajah

Setelah merasa cukup membersihkan mata, lepas eyebath dari kelopak mata, pejamkan mata beberapa detik, lalu bersihkan larutan yang mungkin mengenai wajah dan di sekitaran kelopak mata dengan tisu.

Buang Larutan di Eyebath

Larutan yang dituang ke eyebath hanya bisa digunakan sekali, oleh karena itu, setelah Anda gunakan buang larutan pada eyebath lalu bersihkan eyebath.

Seperti itulah cara pakai Y-Rins yang tepat. Selain membersihkan mata, setelah menggunakan Y-Rins, Anda akan merasa mata kembali segar dan meringankan iritasi ringan yang mungkin Anda alami dari radiasi layar laptop. Untuk mendapatkan Y-Rins juga mudah karena larutan ini tergolong dalam jenis logo hijau yang bisa didapatkan tanpa resep dokter. Gunakanlah pada pagi atau malam hari.

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

Anda perlu berhati-hati ketika memilih menggunakan obat mata. Ketika penggunaannya kurang tepat maka akan berakibat lebih berbahaya pada kesehatan mata.

Dosis penggunaannya juga harus diperhatikan, karena beberapa obat tetes mata yang digunakan lebih dari yang dianjurkan dapat membuat mata tidak lagi bisa melihat warna hijau dan penglihatan menjadi kurang jelas.

Karena mengandung bahan pengawet, tetes mata tidak boleh dipakai terlalu sering. Untuk membersihkan dan menyegarkan mata, pilihlah larutan pencuci mata seperti Y-Rins  yang tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman digunakan setiap hari.

Obat tetes mata memang biasanya perlu diaplikasikan berulang-ulang. Obat tetes mata akan diserap oleh kornea mata dana juga selaput lendir (mukosa) konjungtiva.

Ada langkah-langkah yang harus Anda perhatikan agar pemakaian obat tetes mata efektif dan efisien, seperti berikut ini:

Cuci Tangan

Sebelum Anda meneteskan obat tetes mata ada baiknya tangan Anda steril dan bersih agar tidak ada kontaminasi dari zat-zat lain. Untuk memastikannya, ada baiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir.   

Lepas Lensa Kontak

Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, jangan lupa untuk melepaskannya sementara.

Mengecek Kemasan Obat Tetes Mata

Sangat penting untuk kita memeriksa terlebih dahulu apakah obat tetes yang akan kita gunakan ada kerusakan pada segel atau semacamnya. Perhatikanlah kemasannya dengan baik. Saat Anda memeriksa kemasan, jangan pegang ujung tempat keluarnya cairan karena Anda harus memastikan itu tetap steril.

Mendongak

Carilah posisi yang nyaman menurut Anda. Lalu dongakan kepala dan buka kelopak mata lebar-lebar dan arahkan pandangan ke atas. 

Tarik Kelopak Mata Bagian Bawah

Sebelum meneteskan obat mata, tarik kelopak mata bagian bawah hingga membentuk kantung. Posisi saat meneteskan obat mata pipet obat usahakan berjarak 2,5 centi dari mata Anda. Pencet obat tetes mata secara perlahan agar tetap sesuai dosis yang disarankan.

Tutup Mata

Setelah meneteskan obat mata, tutup mata selama 2 sampai 3 menit untuk memberikan mata waktu untuk menyerap. Jangan dahulu mengedip karena akan membuat cairan obat keluar dari mata.

Facebook
Twitter
LinkedIn