Buang air besar (BAB) tidak lancar merupakan hal yang cukup sering dialami oleh semua orang. Stres hingga kurang asupan serat adalah penyebab utama yang paling sering memicu Anda kesulitan BAB.  Namun Anda tidak perlu khawatir. Kondisi ini dapat segera Anda atasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Banyak jenis buah-buahan yang kaya akan serat sehingga dapat membantu Anda untuk melancarkan BAB. Buah apa saja? Berikut adalah tujuh buah yang berfungsi sebagai pencahar alami dan dapat melancarkan BAB Anda.

Jenis Buah Agar BAB Lancar

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang paling dikenal sebagai buah yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan Di dalam buah ini terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor.  Selain mudah didapat dan harganya cenderung murah dibandingkan dengan buah lain, Anda bisa banyak mendapatkan banyak manfaat jika rutin mengonsumsi pepaya. 

Apel

Ada pepatah yang mengatakan jika satu buah apel sehari akan menjauhkan Anda dari penyakit. Hal ini ternyata terbukti. Apel memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah sebagai pelancar BAB. Satu buah apel berukuran sedang (sekitar 182 gram) mengandung 4,4 gram serat. Angka ini sudah memenuhi sekitar 17% kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari.  Apel memiliki kandungan pektin yang berfungsi untuk memberi nutrisi pada bakteri baik yang terdapat di usus sehingga dapat membantu kelancaran fungsi pencernaan tubuh. Sebaiknya, Anda mengonsumsi apel dengan kulitnya, karena kulit apel memiliki banyak kandungan serat dan antioksidan. 

Pir

Buah pir memiliki kandungan serat yang sama baiknya dengan apel. Buah pir berukuran sedang (sekitar 178 gram) mengandung 5.5 gram serat. Angka ini sudah cukup untuk memenuhi 22% kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari. Selain sangat baik untuk melancarkan pencernaan, pir juga baik bagi Anda yang sedang menjalankan diet karena mengandung fruktosa dan sorbitol. Fruktosa merupakan salah satu gula darah yang bermanfaat juga untuk menstimulus BAB. Sedangkan sorbitol merupakan jenis gula alkohol yang dapat berfungsi sebagai pencahar untuk melancarkan pencernaan.

Kiwi

Sebanyak 9% kebutuhan serat yang dibutuhkan tubuh sehari-hari dapat terpenuhi jika Anda mengonsumsi satu buah kiwi karena kiwi mengandung sekitar 2,3 gram serat per buahnya.  Bukan cuma seratnya, kiwi memiliki enzim yang disebut actinidain yang mampu membantu motilitas usus dan kebiasaan BAB.

Tomat

Selain kaya akan vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C, tomat juga baik dikonsumsi jika Anda ingin melancarkan sistem pencernaan. Tomat mengandung banyak garam mineral yang dapat membantu usus dalam mencerna makanan sehingga mempermudah proses pembuangan.  Mengonsumsi tomat secara rutin juga dapat menambah nafsu makan Anda. 

Pisang

Buah pisang ibarat sebuah pisau bermata dua ketika menyangkut masalah pencernaan tubuh. Di satu sisi, pisang memiliki banyak kandungan serat dan vitamin yang baik untuk tubuh serta membantu kelancaran pencernaan. Namun jika Anda tidak tepat dalam memilih buah pisang, efeknya dapat memicu sembelit.  Buah pisang yang masih hijau yang belum matang merupakan pisang yang harus Anda hindari untuk dikonsumsi. Alih-alih ingin meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan, buah pisang yang belum matang justru dapat menyebabkan sembelit. 

Mangga

Di balik rasanya yang manis, mangga juga merupakan buah kaya serat yang baik untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Mangga memiliki kandungan polifenol bioaktif yang tidak dimiliki buah lain yang dapat meningkatkan frekuensi, konsistensi, dan bentuk tinja, selain mengembangkan komposisi mikroba usus yang lebih baik dan mengurangi peradangan.
Rutin mengonsumsi buah-buahan di atas sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menjaga atau melancarkan sistem pencernaan tubuh.

Penting Atasi Sembelit Agar Tak Berlanjut Jadi Ambeien

Sulit BAB, jika dibiarkan saja, lama kelamaan bisa berkembang menjadi ambeien atau wasir.

Ambeien adalah kondisi saat dubur membengkak dan meradang, membuat BAB bukan saja sulit tapi juga terasa menyakitkan.

Tetapi, untuk mengatasi sembelit sekaligus mengobati ambeien, Anda dapat mengonsumsi jamu alami seperti Clofen. 

Clofen adalah obat alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain melancarkan sistem pencernaan yang terganggu yang menyebabkan susah buang air besar, Clofen juga adalah obat ambeien alami yang ampuh mengatasi wasir dan melancarkan BAB.