Olahraga dan diet adalah cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Tetapi cara tersebut bukan satu-satunya jalan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai bentuk tubuh ideal yang Anda dambakan. 

Beberapa cara dan kegiatan ini dapat Anda lakukan sehari-hari, bahkan Anda dapat menurunkan berat badan dengan tidak mengurangi kebiasaan makan atau kebiasaan ngemil. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini. 

8 Cara Untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Olahraga dan Diet

Menurunkan berat badan bukan hanya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal saja. Dengan menjaga berat tubuh yang seimbang dapat menghindari Anda dari penyakit seperti jantung, stroke, dan juga diabetes. 

Anda tidak perlu melakukan diet yang ketat untuk dapat menurunkan berat badan. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta pola makan yang teratur seperti di bawah ini

Sarapan Banyak

Secara logika, jika Anda ingin menurunkan berat badan, hal yang harus dihindari adalah banyak makan. Namun, bukan itu kuncinya. Hal yang perlu diperhatikan adalah apa dan kapan Anda mengonsumsinya.

Sarapan merupakan waktu makan paling penting bagi manusia. Sarapan adalah fondasi bagi tubuh untuk dapat memulai aktivitasnya. 

Ketika memulai hari, manusia akan membutuhkan banyak energi untuk beraktivitas, jika tubuh tidak mendapatkan asupan energi yang cukup, Anda akan jadi lebih cepat lemas dan dapat meningkatkan hasrat untuk ngemil.

Sering ngemil serta waktu makan yang tidak teratur merupakan salah satu penyebab berat badan Anda naik.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London, sarapan dengan porsi besar dapat menurunkan hormon ghrelin (hormon yang menyebabkan Anda lapar) dibandingkan dengan Anda yang hanya sarapan sedikit.

Dengan mengonsumsi sarapan dengan jumlah yang cukup, Anda dapat menghindari keinginan untuk ngemil dan juga tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas.

Hindari Makan Berat Ketika Malam

Fungsi utama makan adalah untuk memberikan tubuh asupan energi untuk beraktivitas. Maka sebaiknya Anda menghindari banyak makan ketika malam karena malam hari adalah waktu tubuh beristirahat. 

Ketika tubuh tidak banyak beraktivitas dan sudah memasuki waktu beristirahat, asupan makanan yang dikonsumsi akan tertimbun dalam tubuh.

Anda sebaiknya mulai perhatikan baik-baik waktu dan porsi makan Anda jika ingin menurunkan berat badan.

Gunakan Piring Kecil Ketika Makan

Sebuah penelitian mengungkapkan jika manusia suka melihat jika piring makanan yang akan ia santap hampir terisi penuh. Semakin besar piringnya, maka hasrat untuk mengambil makanan lebih banyak jadi lebih besar.

Untuk menyiasati hal ini, Anda dapat menggunakan piring kecil. Hal ini dapat mencegah Anda untuk mengambil makanan terlalu banyak serta efektif memangkas asupan kalori berlebih. 

Minum yang Banyak Sebelum Makan

Jumlah minimal air yang perlu dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 8 gelas atau sebanyak 2 liter per harinya. Selain penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, banyak minum air putih dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Minum air putih dapat Anda jadikan cara ketika Anda merasa lapar di luar jam makan. Menahan lapar dengan minum air putih jauh lebih baik ketimbang ngemil.

Selain dapat menunda lapar hingga jam makan tiba, banyak minum air putih pun dapat melancarkan metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. 

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan jika mengonsumsi dua gelas air putih 30 menit sebelum Anda makan terbukti efektif untuk menurunkan berat badan.

Minum air sebelum makan pun dapat mengurangi nafsu makan sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak. 

Jika Anda ingin mengurangi atau menjaga berat badan, ada baiknya Anda memulainya dengan rutin minum air putih sehari-harinya. 

Tidur yang Cukup

Menjaga pola tidur yang baik terbukti efektif untuk menjaga kesehatan dan dapat menurunkan berat badan. 

Pola tidur yang tidak teratur atau kurang tidur dapat memicu stres dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Peningkatan hormon stres akan membuat Anda lebih mudah kelaparan di malam hari. 

Membiarkan kebiasaan begadang pun kurang baik bagi kesehatan, karena umumnya ketika Anda begadang, makanan yang Anda konsumsi setelah lewat dari jam makan tidak akan dicerna dengan baik oleh tubuh, sehingga setiap asupan makanan ini akan tertimbun menjadi lemak.

Atur baik-baik pola istirahat dan tidur Anda. Bagi dewasa, tidur selama 7 hingga 8 jam sehari merupakan jumlah waktu yang ideal bagi Anda untuk tidur setiap malamnya.

Puasa

Puasa telah teruji klinis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Ketika Anda berpuasa, pasokan energi yang didapat dari makanan akan berkurang. Tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Proses pembakaran lemak yang terjadi ketika Anda berpuasa, tidak hanya efektif untuk membakar lemak saja, namun dapat mejaga kekuatan otot serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Perlu Anda perhatikan jika, ketika berpuasa jaga baik-baik keseimbangan makanan yang Anda konsumsi. Umumnya banyak orang yang terlalu bernafsu ketika berbuka puasa. Hal ini justru yang membuat Anda berisiko untuk bertambah berat badan.

Puasa membuat metabolisme tubuh bekerja lebih lambat dari biasanya, jika ada asupan makanan terlalu banyak pada satu waktu, tubuh akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat mencernanya. 

Tertawa

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vanderbilt University Medical, tertawa ternyata dapat membantu Anda untuk membakar kalori. 

Tertawa selama 10 hingga 15 menit dapat membakar sekitar 50 kalori. Jumlah ini sama dengan membakar satu bar cokelat.

Jika Anda rutin tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari, dalam setahun Anda dapat menurunkan berat badan hingga 4 kilogram

Tertawa meningkatkan detak jantung sebesar 10 hingga 20 persen. Ketika detak jantung meningkat, akan terjadi peningkatan metabolisme tubuh meningkat. Hal ini membuat pembakaran kalori tubuh. 

Selain dapat membantu membakar kalori, ternyata tertawa memiliki banyak manfaat positif lainnya yang dapat dirasakan oleh tubuh. Diantaranya adalah membantu tubuh melawan penyakit, meningkatkan kapasitas otak ketika belajar, dapat meredam rasa sakit, hingga menurunkan tekanan darah yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Aktif Bergerak

Jika di awal disebutkan jika Anda dapat menurunkan berat badan tanpa berolahraga bukan berarti Anda tidak banyak beraktivitas dan tidak banyak menggerakan tubuh.

Apabila Anda merupakan pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk. Sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk sering meregangkan badan dan berjalan di sela-sela kegiatan Anda.

Aktif bergerak seperti berjalan dapat menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika Anda juga beraktivitas sambil mengonsumsi suplemen makanan pembakar lemak seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Lemak yang tertimbun di dalam tubuh merupakan penyebab perut buncit, berat badan bertambah, dan juga penyebab utama penyakit seperti jantung. 

Jadi selain dapat menurunkan berat badan, membakar lemak dalam tubuh pun memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Ramuan Alami Untuk Menurunkan Berat Badan

Untuk mempercepat proses menurunkan berat badan, selain menerapkan gaya hidup di atas Anda juga dapat mengonsumsi beberapa minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Selain mudah didapatkan, ramuan ini memiliki rasa yang enak, dan juga memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh dan menurunkan berat badan secara alami. Apa saja?

Jahe, Lemon, dan Madu

Jahe, lemon, dan madu memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Diantaranya adalah untuk menurunkan berat badan dan juga mengecilkan perut yang buncit. 

Jahe berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Lemon dipercaya selain dapat membantu menurunkan berat badan, juga baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Kandungan vitamin C dan antioksidan, dan keasamannya meningkatkan pencernaan yang baik dan melindungi hati.

Lemon juga memiliki sifat diuretik, yaitu detoksifikasi dan oleh karena itu meningkatkan pembakaran lemak. Lemon juga memiliki sifat diuretik, yaitu detoksifikasi dan oleh karena itu meningkatkan pembakaran lemak.

Madu adalah sumber antioksidan dan flavonoid yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu madu juga tidak mengandung lemak, bebas kalori, dan bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan.

Ketiga bahan ini dapat Anda konsumsi sebagai cara untuk menurunkan berat badan secara alami. 

Caranya adalah dengan mencampurkan satu ruas jahe dengan perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat. Madu dapat Anda dapatkan sesuai selera untuk memberikan rasa manis. 

Ramuan ini baik untuk Anda konsumsi pagi hari setiap hari sebelum Anda mulai beraktivitas. Selamat mencoba!

Teh Hijau dan Daun Mint

Secara umum, teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara tepat dan teratur. Tidak terkecuali teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan zat antioksidan yang baik untuk tubuh. 

Selain itu teh hijau pun kaya akan senyawa katekin yang dapat membantu metabolisme tubuh dan proses pembakaran lemak di tubuh.

Anda dapat mengonsumsi teh hijau ini langsung atau mencampurkan daun mint. Daun mint mengandung banyak serat dan rendah kalori yang dapat merangsang enzim pencernaan untuk membakar lemak dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. 

Meskipun memiliki banyak khasiat terutama untuk menurunkan berat badan, Anda tetap perlu menjaga jumlah teh hijau yang dikonsumsi setiap harinya. Menurut sebuah penelitian, sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau maksimal dua atau tiga gelas per hari. 

Teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat mengakibatkan rasa gelisah, gangguan tidur, serta meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Asam Jawa

Buah asam jawa belum banyak dikenal orang. Buah ini umumnya digunakan sebagai bumbu masak di beberapa daerah. Ternyata jika dikonsumsi secara rutin, buah jawa memiliki khasiat bagi tubuh terutama untuk menurunkan berat badan.

Asam jawa memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja otot, juga dapat menyehatkan organ pencernaan dan juga melancarkan buang air besar (BAB). 

Hal ini disebabkan karena asam jawa memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat perut tidak cepat lapar dan menekan nafsu makan.

Selain itu, asam jawa juga baik untuk menangkal radikal bebas sebagai antioksidan, mencegah penuaan dini, mencegah alergi, mencegah pembekuan/penggumpalan darah dalam tubuh.

Mengonsumsi asam jawa adalah dengan meminum air remasan asam jawa yang dicampur dengan air hangat. 

Jika Anda rasa ramuan ini terlalu asam, Anda dapat menambahkan sedikit gula dengan kadar kalori rendah agar lebih mudah untuk dinikmati. Konsumsi ramuan ini secara rutin setiap pagi sebanyak satu cangkir dan rasakan manfaatnya.

Facebook
Twitter
LinkedIn