Senang rasanya melihat si kecil aktif dan sering berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, baik di sekolah maupun di lingkungan pertemanannya. 

Sebagai orangtua, kita bisa mendukung aktivitas olahraga anak baik secara fisik maupun psikologis. Selain memastikan bahwa gizi si kecil selalu terpenuhi agar kesehatannya terjaga dan staminanya kuat, kita juga bisa memberi dukungan dengan cara selalu hadir di kegiatan olahraga anak.

Dengan hadir di aktivitas olahraga dan memberi semangat pada si kecil dari pinggir lapangan, kita bisa memberi dukungan emosional pada anak tercinta. Selain itu, kita juga bisa bersiap dengan membawa peralatan yang dibutuhkan si kecil saat berolahraga, sehingga kebutuhannya selalu terpenuhi.

Nah, supaya selalu siap siaga, sebelum berangkat menemani si kecil ke pertandingan olahraganya yang akan datang, siapkan satu tas dan isi dengan 10 benda penting berikut ini:

 

 

1. Baju ganti

Seragam yang dipakai si kecil biasanya akan kotor dan basah penuh keringat setelah olahraga selesai. Pastikan kita menyiapkan baju ganti yang kering dan bersih di dalam tas. Jangan lupa bawa sepatu dan kaus kaki ganti juga, atau sandal jika ingin lebih nyaman.

 

2. Peralatan olahraga

Jangan lupa siapkan peralatan olahraga si kecil, misalnya raket bulutangkis, pelindung lutut, roller blade, kacamata berenang, sepatu sepakbola, dan peralatan lain yang dibutuhkan sesuai dengan olahraga yang dilakukan.

 

3. Topi dan kacamata hitam

Sebagai penonton di pinggir lapangan, sering kali kita terpapar panas terik matahari. Ada baiknya jika kita bersiap dengan membawa topi dan kacamata hitam. Jika perlu, siapkan juga topi untuk si kecil jika dibutuhkan.

 

4. Sunblock

Jika aktivitas olahraga si kecil bertempat di luar ruangan di siang hari, jangan lupa pakaikan sunblock di kulit si kecil dan kulit kita sendiri. Bawa botol sunblock di dalam tas untuk dioles ulang dalam beberapa jam. Pilih sunblock yang waterproof jika si kecil berolahraga di air.

Sunblock bukanlah untuk mencegah kulit menjadi hitam, tetapi untuk melindungi kita dari sinar UV yang bisa membuat kulit terbakar dan mengelupas, mempercepat penuaan dini, dan bahkan menyebabkan kanker kulit.

 

5. Camilan

Camilan berguna bagi kita untuk mengganjal rasa lapar dan menemani waktu menonton si kecil berolahraga. Snack sehat seperti protein bar juga bisa memberi si kecil dorongan energi instan jika dibutuhkan. 

 

6. Peralatan P3K

Tak semua tempat aktivitas olahraga anak memiliki tim medis dengan peralatan P3K yang lengkap. Disarankan kita sebagai orangtua juga menyiapkan beberapa peralatan penting seperti alkohol antiseptik, perban, obat luka, dan sebagainya. 

Lebih baik lagi untuk membeli kotak P3K yang bisa dibawa-bawa, berisi peralatan medis yang lebih lengkap untuk pertolongan pertama.

 

7. Handuk

Kita bisa membawa handuk kecil yang cukup untuk menyeka keringat si kecil, atau bisa juga menyiapkan handuk besar jika si kecil akan langsung mandi di lokasi setelah aktivitas olahraga selesai. Membawa handuk sendiri lebih higienis dan aman dibanding meminjam handuk yang tersedia di tempat olahraga.

 

8. Hand sanitizer

Hand sanitizer bukan hanya penting di masa pandemi untuk mencegah penularan virus corona. Aktivitas olahraga anak biasanya dilakukan di tempat publik yang digunakan banyak orang, sehingga sering kali jadi sarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu, penting untuk selalu cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setelah kontak dengan fasilitas umum di lapangan/arena olahraga.

 

9. Air minum

Baik bagi si kecil maupun untuk kita sendiri yang sekadar menemani, air minum adalah benda yang wajib dimiliki saat berolahraga. Siapkan sebotol air minum untuk berjaga-jaga jika tidak ada penjual minuman di tempat olahraga.

 

10. Cairan pencegah dehidrasi

Masalah utama yang sering menyerang anak-anak saat berolahraga di bawah panas terik matahari adalah dehidrasi. Ketika dehidrasi, bibir dan mulut anak akan kering, tubuhnya berhenti berkeringat, dan sering kali diiringi dengan kepala berkunang-kunang atau bahkan pingsan.

Air minum saja tidak cukup untuk mengatasi dehidrasi. Saat dehidrasi, tubuh bukan hanya kekurangan cairan, tapi juga elektrolit dan mineral dalam tubuh. Oleh karena itu diperlukan cairan khusus pencegah dehidrasi.

Cairan pencegah dehidrasi yang sudah lama jadi favorit banyak orangtua dan anak-anak adalah Renalyte. Renalyte mengandung semua mineral yang dibutuhkan tubuh saat kekurangan cairan, sehingga ampuh mencegah dehidrasi pada anak-anak.

Renalyte juga dikemas dalam botol praktis dan dengan rasa cocopandan yang enak, sehingga disukai anak-anak.

 

Beli RENALYTE di sini