Menjaga kebersihan dan kesehatan mata sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya. Sayangnya, masih banyak yang lalai untuk melakukannya.

Setiap harinya mata bekerja dengan keras untuk menunjang aktivitas manusia. Jika tidak dijaga dengan baik maka mata akan mudah mengalami gangguan maupun penyakit. 

Ketika terjadi masalah pada mata, pertolongan pertama yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan obat tetes mata atau cairan pembersih mata.

Sebelum Anda menggunakan kedua produk ini, sebaiknya Anda tahu fungsi dari obat tetes mata dan cairan pembersih mata. Serta, kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Berikut penjelasannya.

Kenapa Perlu Membersihkan Mata

Mata adalah organ yang sensitif. Sehari-harinya mata manusia pasti tidak dapat terhindar dari paparan sinar matahari, debu, kotoran, dan asap yang dapat mengotori mata dan dapat juga menyebabkan iritasi.

Alis, bulu mata, dan air mata memiliki fungsi untuk melindungi mata dari benda asing yang menyerang mata. Tetapi, mata tetap saja bisa terpapar benda asing karena ukurannya yang sangat kecil. 

Jika dibiarkan maka mata bisa saja mengalami kerusakan mulai dari iritasi ringan, pandangan kabur, hingga kebutaan.

Banyak orang yang tak sadar jika mata mereka kemasukan benda asing karena ukurannya yang sangat kecil. Kotoran seperti inilah yang akan menyebabkan infeksi pada mata. Gejala infeksi mata mulai dari mata merah, gatal, hingga sakit mata.

Risiko Jika Mata Tidak Dibersihkan

Berbagai masalah akan timbul jika kotoran yang masuk ke dalam mata tidak dibersihkan atau mendapat penanganan yang salah. Mulai dari iritasi, infeksi, kerusakan fungsi penglihatan, dan lain sebagainya.

Infeksi Mata

Infeksi yang terjadi pada mata dapat ditandai dengan mata merah, terasa sakit, mata berair, dan sensitif terhadap cahaya. Seringkali infeksi juga dirasakan dengan munculnya rasa mengganjal pada area dalam mata dan penglihatan yang menjadi kabur. 

Beberapa jenis infeksi mata diantaranya bintitan, konjungtivitis, keratitis, blefaritis, dan dakrioadenitis. Jika tidak ditangani dengan tepat, selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan penglihatan kabur, infeksi juga bisa menimbulkan gangguan lain yang lebih berat pada mata.

Radang Mata

Dalam dunia medis peradangan pada mata disebut dengan uveitis. Radang mata ditandai dengan pembengkakan di lapisan tengah jaringan dinding mata (uvea). Radang mata bisa terjadi pada kedua mata.

Radang mata tak hanya menyerang bagian uvea namun bagian lainnya yaitu lensa, retina, saraf, dan vitreus. Radang mata dapat menyebabkan pembengkakan dan rusaknya jaringan mata.

Jika radang mata tak diatasi dengan benar maka kita bisa mengalami berbagai masalah penglihatan hingga kebutaan.

Konjungtivitis (Mata Merah)

Konjungtivitis adalah peradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Ketika mata mengalami peradangan, pembuluh darah konjungtiva pada bagian mata berwarna putih akan terlihat merah atau merah muda. 

Peradangan yang menyebabkan konjungtivitis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus, atau reaksi dari alergi. 

Konjungtivitis adalah penyakit yang sangat umum terjadi dan biasanya dapat sembuh tanpa pengobatan. Biasanya penyakit ini dapat menular jika tidak dijaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

Apa Itu Obat Tetes Mata

Close-up Of Young Man Pouring Medicine Drops In His Eyes

Obat tetes mata adalah jenis obat yang paling sering digunakan untuk mengobati gejala penyakit ringan pada mata seperti iritasi, mata lelah, hingga mata gatal. 

Jenis obat ini sangat beragam dan dapat dengan mudah ditemukan baik di apotek atau toko di sekitar Anda. 

Kebanyakan obat tetes mata memiliki kandungan garam atau saline yang dapat berfungsi sebagai pengganti cairan mata yang kering, sehingga obat ini cocok untuk digunakan untuk mengobati mata yang kering. 

Obat tetes mata juga memiliki jenis yang berbeda-beda sehingga Anda perlu teliti sebelum membelinya.

Obat Tetes Mata Anti Iritasi

Jika Anda mengalami mata kemerahan karena iritasi, maka coba cari obat tetes mata berjenis anti iritasi. Obat jenis ini bisa mengurangi kemerahan karena iritasi.

Namun jangan terlalu sering menggunakannya karena jika dipakai dalam beberapa hari secara berurutan bisa mengakibatkan ketergantungan. Akibatnya mata Anda justru akan kembali memerah jika berhenti menggunakan obat tetes mata ini.

Obat Tetes Mata Anti Alergi

Obat tetes mata jenis ini mampu mengatasi permasalahan seperti alergi pada serbuk sari, jamur rambut, bulu binatang, mata merah, dan mata berair. Sebelum menggunakan, pakai sesuai instruksi yang ada pada kemasan produk.

Obat Tetes Mata Buatan

Obat tetes mata jenis ini memiliki tekstur seperti air mata sesuai namanya. Fungsinya adalah memberikan kelembaban pada mata, utamanya untuk mengatasi mata kering dan iritasi ringan pada mata.

Saat Anda ingin mencari obat tetes mata untuk mengatasi masalah yang timbul pada mata, sebaiknya harus sangat selektif dan teliti. Karena ada kandungan yang tidak diperbolehkan digunakan pada mata Anda.

Pastikan obat tetes mata Anda tidang mengandung steroid. Biasanya, jenis steroid dapat ditemukan dalam kandungan: dexamethasone, fluorometholone, dan prednisolone. Obat mata dengan kandungan steroid hanya boleh digunakan menggunakan resep dokter.

Jika digunakan secara bebas atau sembarangan justru bisa menimbulkan kerusakan pada mata. Penggunaan obat tetes mata mengandung steroid secara rutin dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan penumpukan glikosaminoglikan.

Glikosaminoglikan ini merupakan struktur utama dari tulang rawan yang ada di kornea mata. Nah penumpukan glikosaminoglikan ini dapat menyumbat aliran cairan di dalam mata. 

Apa Itu Cairan Pembersih Mata

Close up image of female brown eyes

Cairan pembersih mata bisa dapat digunakan untuk mengeluarkan benda asing maupun bahan kimia dari permukaan mata, serta meredakan gejala-gejala gangguan mata, seperti mata merah, perih, atau gatal.

Kandungan utama dari cairan pembersih mata yang baik adalah yang mengandung witch hazel. Zat alami yang terkandung pada tanaman ini dapat menyegarkan mata serta mengatasi gangguan mata seperti mata merah dan iritasi mata.

Witch hazel juga terbukti ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam sekitar mata yang sering muncul akibat kelelahan.

Untuk mengatasi lingkaran mata hitam atau kantung mata bengkak, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan cairan witch hazel yang sudah diteteskan pada mata. Diamkan selama beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin sebelum Anda beristirahat.

Untuk mendapatkan khasiat dari witch hazel untuk mata, cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan cairan ekstrak witch hazel. Saat ini sudah ada obat pencuci mata yang memiliki kandungan witch hazel alami. Salah satunya adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pembersih mata yang mengandung witch hazel dan merupakan obat pembersih mata yang alami sehingga aman digunakan setiap hari.

Cara yang Benar Membersihkan Mata

Anda dapat membersihkan mata secara mandiri di rumah. Namun karena mata adalah organ yang sensitif dan penting, maka kita harus berhati-hati dalam membersihkannya. Secara sederhana, kita bisa membersihkan mata dengan air bersih. Begini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah cuci tangan kita dengan sabun hingga bersih. Jika anda menggunakan lensa kontak maka pastikan untuk melepaskannya terlebih dahulu.
  • Setelah itu kita bisa membersihkan mata dengan cara mengalirkan air ke dalam mata secara perlahan dengan cara meneteskannya.
  • Jika terasa sulit kita bisa menggunakan alat bantu berupa eye bath cup. Eye bath cup seperti cawan kecil yang ukuran dan bentuknya sudah disesuaikan dengan mata. Isi eye bath cup dengan air bersih, lalu tundukkan kepala dan arahkan eye bath cup ke mata. Setelah mata terendam lakukan gerakan buka dan tutup mata secara berulang hingga kotoran keluar dari mata.

Membersihkan mata sebaiknya tidak menggunakan air mentah atau air keran. Mata sangat sensitif dan air keran belum tentu steril dan bersih dari kotoran.

Ketika Anda membersihkan mata menggunakan air yang tidak bersih, risiko kotoran dalam air masuk ke mata sangat besar. Gunakan air untuk membersihkan mata ketika darurat saja. 

Sebaiknya Anda membersihkan mata dengan menggunakan cairan yang dibuat khusus untuk mata. Cairan pembersih mata juga bisa meredakan gejala-gejala gangguan mata mulai dari mata merah, gatal, dan perih.

Jika ingin menggunakan cairan pembersih mata gunakan produk yang mengandung witch hazel. Kandungan ini mampu meredakan peradangan dan juga iritasi, jadi mata akan terasa lebih segar, sejuk, dan bisa bekerja dengan baik kembali.

Facebook
Twitter
LinkedIn