Selain digunakan untuk bumbu dapur, nyatanya bawang putih juga banyak digunakan untuk kesehatan. Termasuk dalam penanganan ambeien, benarkah bawang putih ampuh atasi wasir? Bagaimana menggunakan bawang putih untuk wasir yang efektif?

Wasir merupakan kondisi dimana pembuluh darah vena di area anus atau rektum mengalami peradangan atau bahkan pecah. Pecahnya pembuluh darah vena ini kerap memunculkan benjolan yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Gejala Wasir

Benjolan ambeien bisa timbul baik di dalam area rektum maupun di bagian luar. Selain muncul benjolan, penderita ambeien juga biasanya mengalami beberapa gejala lain. Diantaranya:

  • Rasa gatal di area anus.
  • Nyeri di area anus dan sakit saat BAB.
  • Tak nyaman saat duduk atau berdiri terlalu lama.
  • BAB berdarah.

Untuk mengatasi benjolan ini, masyarakat kerap memanfaatkan pengobatan alami. Salah satunya adalah bawang putih.

Kenapa Bawang Putih Dipercaya Ampuh Atasi Ambeien?

Bawang sebenarnya tidak bisa menyembuhkan wasir secara menyeluruh. Namun Anda bisa memanfaatkannya untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh benjolan ambeien

Selain bumbu dapur, bawang putih juga antibiotik yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan juga sumber antioksidan. Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur bernama allicin atau alisin.

Senyawa ini bisa berfungsi sebagai antijamur dan juga antibakteri. Sehingga bawang putih mampu membantu menghancurkan bakteri di sekitar anus.

Asalnya, alisin merupakan zat yang dipakai bawang putih untuk mempertahankan dirinya dari serangan hama. Maka dari itu ia memiliki bau yang sangat menyengat.

Bawang putih bisa membantu para penderita wasir untuk mengurangi rasa gatal dan juga mengurangi peradangan. Senyawa alisinnya juga mampu memperkuat pembuluh darah yang terganggu di area anus, sekaligus membasmi bakteri yang ada di sekitarnya.

Namun perlu diperhatikan pula, bahwa ta jarang kandungan sulfur pada bawnag ini bisa menyebabkan iritasi pada jaringan lunak pada saluran dubur orang yang mengalami wasir. Oleh karena itu perlu cara khusus agar tak mendapat efek samping negatifnya.

Apakah Bawang Putih Olahan Juga Bisa Atasi Wasir?

Mungkin ada diantara Anda yang tidak mampu mentolerir bau menyengat dari bawang putih. Sehingga mencoba alternatif lain dari bawang putih, seperti bubuk maupun tablet. Apakah khasiatnya sama dengan bawang alami?

Untuk mendapat manfaat yang maksimal, bawang putih olahan bukanlah opsi terbaik untuk mengobati wasir. Sebab, setelah melalui proses pengolahan kandungan alisin dalam bawang putih biasanya sudah berkurang atau bahkan hilang.

Padahal senyawa inilah yang memegang peranan penting dalam pengobatan wasir. Maka dari itu Anda lebih disarankan untuk menggunakan bawang putih murni yang masih segar. Tahan saja aromanya dengan menggunakan penutup seperti masker.

Tips Menggunakan Bawang Putih untuk Mengatasi Wasir

Sebelum Anda mulai menggunakan bawang putih untuk mengobati wasir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, selalu perhatikan kebersihan dari bawang, tangan, dan semua peralatan yang digunakan.

Kedua, Anda juga dilarang mengaplikasikan tips ini saat wasir Anda berdarah. Karena tindakan ini hanya akan memperparah kondisi wasir Anda. Pengobatan menggunakan bawang ini juga bisa menimbulkan efek samping pada sebagian orang.

Mulai dari alergi, bau mulut serta badan, sensasi terbakar di dalam tubuh, dan juga sakit perut. Jika mengalami gejala tersebut sebaiknya segera hentikan penggunaan bawang putih dan segera hubungi dokter.

Berikut 2 tips menggunakan bawang putih untuk mengatasi wasir yang bisa Anda coba:

Teknik Suppositoria

Tips yang pertama adalah dengan cara memasukkan bawang putih ke dalam dubur. Teknik ini cocok untuk Anda yang mengalami wasir internal. Selain kurangi peradangan, bawang putih akan menguatkan pembuluh darah dan membasmi kuman di dalam area rektum.

Selain itu, kandungan astringent dalam bahan-bahan herbal ini juga mampu memperbaiki atau menyembuhkan dinding pembuluh darh yang rusak. Berikut cara melakukannya:

  • Kupas satu siung bawang putih yang berukuran kecil, atau sesuaikan dengan lubang anus Anda.
  • Untuk memudahkan bawang masuk ke rektum Anda bisa mengolesinya terlebih dahulu dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Lalu masukkan bawang putih tersebut ke dalam dubur secara perlahan.
  • Lakukan tips ini pada malam hari sebelum Anda tidur.
  • Diamkan bawang semalaman dan biasanya ia akan keluar sendiri bersamaan dengan kotoran saat BAB pada pagi hari.
  • Untuk mendapat hasil maksimal dan mengurangi gejala wasir yang mengganggu, Anda bisa melakukannya 3 kali seminggu. Atau hingga gejala semakin mereda.

Kompres Air Bawang

Tips kedua adalah dengan mengompres benjolan wasir menggunakan air rebusan bawang putih. Teknik ini cocok untuk Anda yang mengalami wasir eksternal. Untuk melakukannya Anda membutuhkan beberapa siung bawang putih.

  • Pertama kupas dan cincang 4 siung bawang putih.
  • Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih.
  • Selanjutnya saring rebusan tadi hingga menyisakan airnya saja.
  • Anda bisa menggunakan air rebusan itu saat sudah dingin, atau akan lebih nyaman saat diaplikasikan jika Anda menyimpannya terlebih dahulu di lemari es.
  • Cara pengaplikasiannya adalah celupkan kapas pada air bawang tadi, dan tempelkan pada benjolan wasir.
  • Saat kapas mulai kering, ambil kapas lain yang masih bersih dan ulangi seperti langkah sebelumnya.

Jangan Kesampingkan Pengobatan Medis

Directly above flat lay flat lay shot of various medical supplies. Full frame shot of medicines placed with syringes and diagnostic tools. All are on gray background. Knolling concept.

Meski sudah melakukan perawatan dengan bawang putih dan merasa gejalanya semakin reda, bukan berarti Anda mengesampingkan pengobatan medis. Anda harus cermat dalam membaca gejala-gejala pada tubuh Anda.

Jika sudah muncul tanda efek samping yang buruk, maka segera hentikan. Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan perawatan wasir dengan mengonsumsi obat alami yang diformulasikan khusus untuk mengobati wasir.

Salah satunya adalah Clofen, obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Clofen mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien. Jadi selain penggunaan perawatan luar, pengobatan wasir bisa makin maksimal dengan pengobatan dari dalam melalui obat alami.

Facebook
Twitter
LinkedIn