Masalah apapun bisa bertambah serius jika tak segera diatasi. Termasuk jika Anda mengalami sembelit. Akan ada banyak masalah kesehatan yang berisiko dialami jika sulit BAB tidak segera diatasi lho!

Sembelit atau sulit BAB merupakan kondisi dimana seseorang memiliki frekuensi BAB kurang dari 3 kali seminggu. Kondisi ini bisa disebabkan mulai dari pola makan dan juga gaya hidup.

Kondisi ini memang umum sekali terjadi di tengah masyarakat. Hal itu pula yang menyebabkan banyak orang tak terlalu mengkhawatirkan kondisi kesehatan yang sebenarnya berisiko ini.

Tanda atau Gejala Sembelit

Selain tidak BAB berhari-hari, sembelit juga kerap memunculkan beberapa gejala lainnya. Berikut beberapa tanda atau gejala sembelit yang harus Anda ketahui.

  • Feses mengeras.
  • Sakit perut.
  • Perut begah atau terasa penuh.
  • Frekuensi BAB kurang dari 3 kali seminggu.
  • BAB berdarah maupun keluar darah pasca BAB.
  • Setelah BAB perut masih terasa ada yang mengganjal atau tidak lega.

Sembelit yang normal adalah jika Anda hanya mengalaminya sesekali saja lalu frekuensi BAB kembali normal. Akan tetapi jika Anda masih mengalami tanda sembelit di atas selama setidaknya 3 bulan mana Anda bisa dikatakan mengalami sembelit kronis.

Nah sembelit yang terlalu sering ini harus Anda waspadai. Karena bisa berisiko pada kesehatan. Jika baru mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera ditangani agar tak menyebabkan masalah yang lebih besar.

Bahaya yang Mengancam Jika Sembelit Tak Segera Diatasi

Sembelit sangat erat kaitannya dengan kondisi sistem pencernaan yang tengah memburuk. Itu artinya jika terus dibiarkan maka sembelit bisa memicu permasalahan lain. Berikut beberapa bahaya tidak BAB jika terus dibiarkan.

Risiko Stroke

Ternyata sembelit juga punya kaitan dengan penyakit pembuluh darah yaitu stroke. Hal ini disampaikan oleh profesor dari Harvard Medical School yaitu Adolph M. Hutter. Kondisi ini terjadi saat Anda mengejan di kala BAB.

Sembelit biasanya terjadi karena feses kering dan mengeras. Sehingga feses sulit dikeluarkan dan membuat penderitanya sering kali mengejan dengan keras saat BAB.

Saat Anda mengejan maka terjadi perubahan tekanan darah di area kepala yang meningkat. Kenaikan tekanan darah ini sangat berbahaya karena bisa sebabkan aneurisma pecah. Aneurisma adalah dinding arteri yang tipis dan membesar.

Kondisi pecahnya dinding arteri itulah yang bisa berisiko dengan serangan stroke. Oleh karena itu Anda sangat dilarang untuk mengejan. Baik saat sembelit maupun saat BAB normal.

Tumor Usus

Tidak BAB berhari-hari itu artinya Anda menahan berbagai racun dan kotoran yang seharusnya dibuang di dalam perut atau usus. 

Jika terlalu lama mengendap di usus maka feses bisa berubah menjadi racun bagi tubuh. Toksik atau racun ini bisa memicu tumbuhnya sel bersifat karsinogen, alias sel kanker. 

Hernia

Pada masyarakat umum hernia kerap kali disebut sebagai penyakit turun berok. Hernia bisa terjadi karena feses yang terlalu lama menumpuk di perut dapat membebani organ-organ lain.

Penyakit ini dapat ditandai dengan munculnya benjolan di bagian bawah perut. Benjolan ini bisa hilang timbul dan lama kelamaan akan menjadi keras. Jika Anda mengalami kondisi ini sebaiknya segera hubungi dokter.

Risiko Masalah Rahim

Sembelit memang lebih sering terjadi pada kaum wanita. Oleh karena itu Anda harus waspada akan bahaya rahim bermasalah jika terlambat atasi sulit BAB. 

Masalah yang bisa timbul adalah posisi rahim yang turun. Kondisi ini diakibatkan adanya tekanan dari kotoran yang sulit dikeluarkan. Selain itu mengejan dengan keras juga bisa tingkatkan risiko masalah ini.

Ambeien atau Wasir

Sembelit yang terlambat diatasi bisa sebabkan feses semakin kering, keras, dan sulit dikeluarkan. Dan kondisi ini memicu seseorang untuk mengejan. Dua kondisi tersebut dapat berujung terjadinya ambeien.

Ambeien terjadi saat pembuluh darah di area anus pecah akibat tekanan yang begitu tinggi. Pelebaran atau pecahnya pembuluh darah ini bisa sebabkan munculnya benjolan wasir. Baik di dalam maupun di luar rektum.

Jika Anda mengalami kondisi ini segera cari obat alami seperti Clofen. Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Radang Usus

BAB yang dibiarkan terlalu lama di perut juga bisa berbahaya bagi usus dan sebabkan peradangan.

Usus besar sangat berisiko mengalami pembengkakan karena racun-racun dari kotoran yang terus mengendap dalam waktu lama. Radang usus ini bisa sebabkan berbagai komplikasi mulai dari tumor bahkan kanker.

Komplikasi Lainnya

Selain itu, bahaya tidak BAB berhari-hari jika tidak diatasi juga bisa sebabkan berbagai komplikasi lain. Hal itu disampaikan oleh dokter spesialis pencernaan RSCM, Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB.

Dilansir dari Berita Satu, Ari menjelaskan feses yang lama mengendap di perut akan membentuk kerak di dinding usus. Kerak ini bersifat racun dan bisa sebabkan komplikasi. Mulai dari diverticulosis, polyps, dyspepsia, hingga yang terparah adalah kanker.