Pijat refleksi kaki menjadi pilihan cepat ketika pegal-pegal melanda. Menghilangkan pegal terutama pada bagian kaki setelah seharian beraktivitas memang bukan sesuatu yang dilarang, tapi pijat tidak bisa dilakukan sembarangan.

Bahaya pijat refleksi sembarangan justru bisa menyebabkan berbagai masalah pada saraf. Seperti apa bahaya pijat refleksi sembarangan pada saraf?

Apa itu Pijat Refleksi

Pijat menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari kita, tapi apakah kita pernah mengetahui sebenarnya apa itu pijat refleksi. Pijat refleksi adalah sebuah teknik pijat yang memberikan tekanan lembut pada kaki atau tangan untuk menciptakan kondisi relaksasi. 

Pada dasarnya pijat refleksi hampir mirip dengan akupuntur, memperkirakan titik-titik mana pada kaki atau tangan yang sesuai dengan organ atau kelenjar dalam tubuh.

Jadi dengan memberikan tekanan pada titik tersebut dapat merangsang jalur energi dalam tubuh. Jika ada energi yang terblokir, nah tugas refleksologi lah yang membukanya, sehingga energi mengalir bebas.

Refleksi yang tepat juga mengetahui area-area tubuh, seperti ketika mereka menyentuh salah satu bagian kaki dan Anda merasakan sensasi lembut, mereka akan memberitahu Anda bahwa area tubuh Anda tidak seimbang. Mereka pun akan memberikan tekanan pada area tersebut dan menjadi penyembuh alami.

Bahaya Pijat Refleksi Sembarangan

Pijat sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia, mungkin juga termasuk Anda. Mungkin ini jarang diperhatikan banyak orang, bahwa pijat tidak boleh dilakukan oleh sembarangan. Mereka yang melakukan pijat harus mengerti tentang anatomi. Dengan pijat yang tepat ketegangan bisa direlaksasikan. 

Memar

Pijat refleksi sembarangan bisa menyebabkan memar. Hal ini bisa terjadi ketika titik saraf yang dipijat salah. Pemijatan yang tepat pada intinya membuka simpul-simpul saraf pembuluh darah. Terbukanya simpul saraf akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar. 

Kelainan Tulang

Otot tertarik, terkilir, lutut yang bengkak, atau jenis cedera lainnya tidak bisa langsung dipijat. Tiap luka punya penanganan yang berbeda-beda. Jika salah maka setelah sembuh akan terjadi kelainan tulang.

Cedera seperti terkilir, otot tertarik dan lutut yang bengkak adalah luka yang terjadi di dalam. Yang terlihat bukanlah lecet, darah yang keluar, tetapi warna kulit yang berubah menjadi biru atau juga mengalami bengkak dan nyeri. Pijat refleksi dianggap bisa menghilangkan rasa sakit.

Efek tersebut hanya sementara, biasanya ketika dipijat kaki kita akan ditarik, ditekan sekeras mungkin tanpa menimbulkan rasa sakit. Ini tentu saja sangat membahayakan struktur dan jaringan otot, ligamen dan tentu tulang. 

Otot yang tertarik menunjukan adanya bagian yang sobek. Bagian tersebutlah yang menyebabkan rasa sakit, ini juga termasuk luka pada bagian dalam.

Sekecil apapun ukuran luka bila ditarik, ditekan maka bisa menjadi besar dan parah. Sesuatu yang harusnya bisa sembuh total secara medis 6-8 minggu justru bisa menjadi petaka pada tulang.

Kulit Tidak Sensitif

Ketika Anda melakukan pijat refleksi sembarangan, bagian yang ditekan dan dipijat tidak sesuai. Ini akan memengaruhi tingkat sensitivitas kulit dan otot.

Kulit dan otot juga bisa menjadi mati rasa, dan Anda tidak bisa lagi merespon sentuhan dengan baik. Tentu ini menjadi salah satu yang tidak Anda inginkan dan sangat merugikan.

Kerusakan Saraf

Refleksi yang dilakukan sembarangan, dengan mereka yang tidak punya keahlian di bidangnya yang meiming-imingi harga yang murah bisa membuat Anda mengalami kerusakan saraf.

Pijat yang terlalu dalam dan terlalu ditekan pada bagian tertentu bisa membuat saraf Anda rusak, apalagi saraf pada kaki punya banyak fungsi pada keseimbangan tubuh.

Pijat refleksi seperti fungsinya harus memberikan Anda rasa rileksasi, jika itu hanya memberikan Anda rasa sakit yang lebih parah, hal tersebut harus Anda hindari dan mencari alternatif lain yang bisa lebih dipercaya.

Jika Anda mengalami luka dalam yang di mana biasanya terjadi pembuluh darah yang pecah. Anda dapat menyembuhkannya dengan kandungan heparin.

Saat ini, untuk mendapatkan heparin yang halal juga mudah, salah satunya Thromboflash. Thromboflash mengandung heparin halal yang terbukti dapat meredakan luka dalam.

Cara pemakaiannya juga mudah, tinggal Anda oleskan pada bagian yang memar atau lebam, kandungan salep akan cepat meresap ke kulit. Untuk mendapatkan Thromboflash juga tidak perlu resep dokter, karena tergolong obat bebas.

Tapi tentu, Anda tetap harus memperhatikan cara pemakaiannya.

Facebook
Twitter
LinkedIn