Penampilan tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap wanita.

Makanya tidak jarang, para wanita rela melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal bak gitar spanyol dari mengatur pola makan, melakukan olahraga hingga mengomsumsi beragam herbal yang berkhasiat menurunkan berat badan. 

Namun, tidak jarang dari mereka melakukan hal-hal yang ternyata punya efek dan bahaya. Salah satunya dengan memakai obat diet/pelangsing yang belum teruji secara klinis.

Bahaya Obat Diet

Saat ini, begitu banyak beredar obat pelangsing dengan seribu janji mereka yang katanya bisa melangsingkan dalam waktu singkat yang membuat kita tergiur dengan iming-iming yang mereka tawarkan. 

Mereka juga secara terang-terangan memasarkan produknya baik melalui iklan yang muncul di pinggir jalan hingga di media sosial. Padahal, ada bahaya dan efek samping yang terkandung dalam obat diet sembarangan tersebut. 

Apa sajakah bahaya obat diet sembarang yang mengintai para penggunanya?

Obat Diet yang Mengandung Phentermine

Efek samping dari obat pelangsing atau obat diet dapat bervariasi tergantung jenis obat dan cara kerja obat tersebut. Obat tipe stimulan seperti phentermine dapat menyebabkan insomnia, peningkatan tekanan darah, detak jantung yang cepat, gelisah, ketergantungan.

Ada juga obat diet yang memengaruhi neurotransmiter di otak sehingga mempengaruhi nafsu makan Anda. Bahaya obat diet ini tidak bisa dianggap remeh.

Secara umum, cara kerja kebanyakan obat diet berbahaya adalah menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme berlebih sehingga Anda membakar kalori lebih banyak, mengurangi penyerapan lemak di dalam usus.

Obat Diet yang Mengandung Phentermine

Kebanyakan obat diet yang beredar mengandung zat Levotiroksin. Levotiroksin sendiri adalah obat yang direkomendasikan untuk penderita hipotiroid atau penyakit dimana kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon untuk menunjang fungsi penting dalam tubuh.  

Obat Levotiroksin memang membuat kamu langsing karena keinginan untuk buang air semakin sering.

Tapi jika seseorang tidak mempunyai gangguan tiroid lalu mereka mengonsumsi obat untuk penderita tiroid, ada risiko terjadinya kerusakan dalam tubuh yang malah akan menjadi bumerang. Yang malah membuat Anda terserang penyakit hipotiroid. 

Efek Samping Obat Diet Sembarangan

Ada beberapa masalah pada mereka yang mengonsumsi Levotiroksin tidak sesuai dengan anjuran.

Yang pertama, masalah pada jantung, jika Anda mengonsumsi obat tersebut tidak sesuai dengan kondisi tubuh, maka badan Anda akan bergetar tidak normal. Jatung akan berdetak lebih cepat dan dalam waktu yang panjang. 

Kemudian, masalah yang serius jika Anda mengonsumsi Levotiroksin tidak sesuai anjuran adalah koma. Ya, semengerikan itu bila obat ini tidak diberikan sesuai dengan anjuran akan menyebabkan seseorang koma.

Hal ini tentu saja karena tubuh kita tidak membutuhkan obat tersebut, tapi tubuh kita terus-terusan dipaksa untuk menerimanya. Dampak yang paling parah adalah kematian.

Jadi, sangat penting bagi kita untuk lebih tahu terhadap obat-obat yang kita konsumsi. Jangan hanya karena iming-iming dapat melangsingkan dengan cepat tanpa perlu melakukan diet atau olahraga kita langsung mudah tergiur untuk mengonsumsinya.

Jika memang ingin mengonsumsi obat diet pastikan obat tersebut telah teruji secara klinis dan baca kandungan yang ada dalam obat tersebut.

Yang tidak kalah penting juga, baca aturan pakai agar tidak melebihi dosis atau mengakibatkan ketergantungan.

Jenis Obat Pelangsing yang Aman

Untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan berat badan yang ideal tidak ada cara yang instan. Mengonsumsi obat pelangsing bukan cara yang tepat. 

Jika Anda ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan, cara yang paling tepat adalah dengan mengatur pola makan dan juga rajin berolahraga.

Anda dapat membantu proses pembakaran lemak lebih cepat ketika beraktivitas atau berolahraga dengan mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner).

Tidak seperti obat diet pada umumnya, suplemen makanan adalah produk yang dibuat untuk melengkapi kebutuhan zat gizi makanan yang termasuk dalam golongan nutraceutical (bahan nutrisi/gizi). 

Bahkan saat ini, telah hadir suplemen dalam bentuk hisap, Slendy dengan varian rasa buah yang tentu membuat kita nyaman untuk mengonsumsinya. Tidak hanya mendapatkan tubuh langsing tapi juga sehat dan aman.

Facebook
Twitter
LinkedIn