Tahukah Anda jika ada bahaya mengucek mata bagi kesehatan? Ketika bangun tidur, kemasukan debu, terasa gatal, atau saat mulai terasa lelah kita memang kerap reflek mengucek mata.

Tindakan ini memang bisa secara instan membuat rasa gatal menghilang dan membuat Anda kembali nyaman. Mengucek mata memang mampu merangsang air mata keluar dan kembali membuat mata yang kering terlumasi dengan baik. 

Namun ini bukan berarti mengucek mata adalah kebiasaan yang baik untuk dilakukan. Karena jika terlalu sering dilakukan, mengucek mata bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan mata Anda.

Beberapa Bahaya Mengucek Mata

Kebiasaan mengucek mata jika terlalu sering dapat membuat kerusakan pada mata. Mulai dari iritasi hingga gangguan penglihatan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Infeksi

Tangan yang kita gunakan untuk mengucek mata adalah bagian tubuh yang menjadi sumber kotoran, bakteri, dan juga minyak. Mengucek mata dengan tangan yang belum dicuci meningkatkan risiko berpindahnya bakteri dari tangan ke mata.

Ketika kuman dan bakteri di tangan berpindah ke mata maka bisa menimbulkan infeksi. Apalagi mata memiliki pelindung berupa membran berlendir yang lembab. Kondisi lembab adalah tempat yang nyaman untuk bakteri tinggal.

Konjungtivitis

Selain infeksi, bakteri dari tangan yang kotor juga bisa sebabkan konjungtivitis, yaitu infeksi pada bagian konjungtiva. Konjungtiva sendiri adalah jaringan bening dan tipis pada bagian putih mata dan pada kelopak mata kita.

Mata Merah

Akui saja, karena saking enaknya mengucek mata, Anda sampai melakukan aktivitas dalam waktu lama dan dengan gerakan yang semakin cepat. Mengucek mata terlalu keras bisa menyebabkan pembuluh darah di mata rusak dan pecah lho.

Kondisi ini akan menyebabkan darah di sekitar mata mengalir ke jaringan sekitarnya. Alhasil muncullah mata merah dan bahkan bisa lebam. Kondisi ini juga bisa membuat mata Anda terasa perih.

Kerusakan Kornea

Bahaya mengucek mata juga akan mempengaruhi kondisi kornea Anda. Mulai dari tergores, robek, bahkan perubahan bentuk. Kornea mata dapat tergores saat Anda mengucek mata yang kemasukan bulu mata maupun kotoran lainnya.

Selain itu kornea juga bisa berubah bentuk yang awalnya menyerupai kubah atau bola menjadi kerucut dan menonjol keluar. Kondisi ini disebut dengan keratonukus. Dimana kornea semakin menipis, kemampuannya melemah, dan makin terdorong atau mengerucut keluar.

Saat seseorang mengalami keratonukus biasanya penderita juga akan mengalami pandangan kabur, pandangan berkabut, dan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Jika masih stadium awal penderita masih bisa dibantu dengan lensa kontak. Tapi jika sudah parah maka perlu dilakukan prosedur operasi.

Glaukoma

Yakni kondisi dimana tekanan cairan di dalam bola mata terlalu tinggi. Penyakit ini disebabkan karena rusaknya saraf mata akibat kebiasaan mengucek mata terlalu keras dan sering.

Penderita glaukoma biasanya tidak terdeteksi atau tidak merasakannya pada stadium awal. Mereka baru menyadari ketika sudah terjadi komplikasi atau ketika kondisinya sudah semakin parah.

Merusak Penglihatan

Jika Anda sudah memiliki masalah kesehatan mata sebelumnya seperti minus atau rabun, maka kebiasaan mengucek mata akan memperparah kondisi tersebut. 

Berdasarkan penelitian dari American Academy of Ophthalmology lebih dari 9 juta orang yang memiliki masalah rabun jauh, kondisinya semakin buruk karena kebiasaan mengucek mata terlalu sering.

Menimbulkan Mata Panda

Siapa sangka, kebiasaan mengucek mata ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya kantung mata hitam atau ‘mata panda’ lho. Dilansir dari Reader’s Digest, kebiasaan mengucek mata memang bisa sebabkan mata panda.

Hal ini tentunya bisa mengganggu penampilan dari penderitanya. Apalagi kondisi mata panda cenderung susah untuk dihilangkan. Jadi mulailah untuk tidak mengucek mata, apalagi saat tengah malam.

Kelopak Mata Melonggar

Kebiasaan mengucek mata terlalu keras dan sering juga bisa membuat kelopak mata Anda menjadi longgar. Kondisi ini memang tidak terasa secara signifikan atau menyebabkan keluhan. Akan tetapi seperti mata panda, kondisi ini juga bisa mengganggu penampilan Anda. 

Jika Tidak Boleh Mengucek Mata, Lalu Apa Alternatifnya?

Mata yang lelah, kemasukan kotoran, pastilah membuat kita tidak nyaman dan ingin buru-buru menguceknya. Tapi setelah mengetahui bahaya mengucek mata di atas, pasti Anda tidak mau kan mendapat dampak negatifnya?

Solusinya adalah membersihkan mata menggunakan cairan khusus dari bahan alami, seperti witch hazel. Kandungan ini mampu membersihkan mata dari berbagai jenis kotoran. Baik kotoran seperti debu dan asap, maupun kotoran dari zat kimia.

Witch hazel juga bisa mengembalikan kelembaban pada mata, menyejukkan, dan menyegarkan kembali mata yang lelah. Kandungan witch hazel ini bisa Anda temukan pada produk Y-Rins, yang bisa dibeli di apotek atau toko obat terdekat.