Kedutan adalah hal yang umum terjadi pada tubuh Anda. Biasanya, kedutan ini terjadi pada bagian tubuh yang memiliki banyak saraf seperti area mata. Kedutan pada mata sering diartikan sebagai sebuah pertanda. Ada yang percaya jika kedutan pada mata kiri artinya Anda akan mendapatkan rejeki atau kedutan pada mata kanan artinya Anda akan menangis.

 

Umumnya kedutan sangat jarang terjadi dan akan hilang dengan sendirinya. Terkadang ada juga kedutan yang tidak kunjung hilang sehingga membuat Anda merasa terganggu, bahkan terdapat beberapa kasus kedutan yang disertai rasa nyeri juga.  Terlepas dari mitos, ternyata kedutan memiliki penjelasannya dari segi medis. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan mengupas lebih dalam mengenai kedutan baik dari sisi mitos yang beredar di masyarakat hingga penjelasannya dari sisi medis.

 

Arti Kedutan Menurut Mitos dan Primbon

Banyak orang yang percaya bahwa mata kedutan merupakan sebuah pertanda bahwa Anda akan mengalami suatu kejadian. Berbeda letak kedutannya, berbeda juga artinya.

 

Banyak versi yang beredar mengenai mitos mata kedutan, karena sampai saat ini tidak ada bukti yang dapat menjelaskan mengenai mitos kedutan ini dan dari mana asalnya. Namun hal ini sudah beredar luas di masyarakat sejak dahulu kala dan masih banyak orang yang mempercayainya hingga kini.

 

Beberapa mitos yang beredar mengenai arti kedutan di daerah mata adalah ini: 

Kedutan Mata Kiri

– Alis Mata Kiri

Orang banyak yang mengartikan kedutan alis mata sebelah kiri sebagai tanda bawah Anda akan bertemu seseorang. Baik yang sudah jauh dan lama atau orang terdekat Anda.

– Kelopak Mata Kiri

Biasanya orang membedakan arti kedutan pada kelopak mata bagian atas dan kedutan di kelopak mata bagian bawah.

 

 Jika Anda merasakan kedutan di bagian kelopak mata bagian atas pada mata kiri, menurut mitos ini artinya Anda akan bertemu dengan seseorang yang istimewa di hati Anda. Sedangkan jika kedutan pada kelopak mata bawah, pertanda akan ada hal yang kurang menyenangkan terjadi pada diri Anda yang akan membuat Anda bersedih.

 

– Ekor Mata Kiri

Sama seperti kelopak mata, arti kedutan pada bagian bawah maupun atas memiliki arti yang berbeda.

Mitos yang beredar di masyarakat adalah jika Anda mengalami kedutan pada bagian atas ekor mata kiri, Anda akan bertemu dengan kerabat jauh, sedangkan kedutan pada bagian bawah ekor mata kiri itu tandanya Anda akan jatuh sakit.

 

– Bola Mata Kiri

 

Jika Anda mengalami kedutan pada bola mata kiri, banyak orang yang mengartikan ini sebagai tanda bahwa Anda akan mendapatkan kebahagiaan dalam waktu dekat.

 

Kedutan Mata Kanan 

– Alis Mata Kanan

Menurut mitos yang banyak beredar di masyarakat, jika Anda mengalami kedutan pada alis mata sebelah kanan, ini tandanya Anda akan mendapatkan kebahagiaan setelah menempuh jalan yang sulit.

 

– Kelopak Mata Kanan 

Kedutan yang terjadi pada kelopak mata kanan bagian atas dianggap sebagai pertanda jika Anda akan memperoleh keberuntungan.  Namun jika kedutan terjadi pada kelopak mata kanan bagian bawah, artinya sangat berbeda. Kedutan ini sering dijadikan pertanda bahwa Anda akan mengalami kesedihan.

 

– Ekor Mata Kanan

 

Kedutan pada ekor mata kanan bagian atas memiliki arti yang positif menurut mitos yang beredar di masyarakat. Kedutan ini menjadi pertanda jika Anda akan sembuh dari penyakit yang sedang Anda alami.

 

Sedangkan kedutan pada ekor mata kanan bagian bawah merupakan pertanda jika Anda akan bertemu dengan kerabat jauh.

 

– Bola Mata

Jika kedutan bola mata kiri memiliki makna yang positif, kedutan pada bola mata kanan memiliki arti yang negatif. Kedutan pada bagian mata ini dimaknai sebagai tanda bahwa Anda akan mengalami hal yang menyedihkan dalam waktu dekat.

Tapi, Apa Sebenarnya Arti Mata Kedutan Dilihat dari Sisi Medis?

 

Anda boleh-boleh saja menganggap jika kedutan di daerah mata memiliki arti seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Namun belum ada penelitian atau bukti secara empiris yang menyatakan jika kedutan merupakan tanda bahwa sesuatu hal akan menimpa diri Anda.

 

Jika mitos itu benar, hal tersebut hanya kebetulan saja.

 

Akan lebih baik jika Anda melihat kedutan mata ini dari sisi medisnya. Menurut penjelasan dari sisi medis, ada berbagai macam penyebab mata kedutan.

 

Umumnya kedutan merupakan salah satu tanda dari kondisi medis seseorang. Baik kondisi yang minor hingga kondisi medis yang harus segera Anda tangani. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mata kedutan dari sisi medis di bawah ini.

 

Mata Kedutan dari Sisi Medis

Kedutan adalah kondisi medis yang sangat jarang namun umum terjadi pada manusia. Secara garis besar, kedutan ini dibagi menjadi dua kategori.

 

Pertama adalah kedutan minor yang sering terjadi pada bagian atas mata Anda, kedutan ini dikenal dengan istilah eyelid myokymia.

Sedangkan yang kedua adalah kedutan yang cukup kuat sehingga membuat mata Anda sampai berkedip. Kedutan ini disebut dengan istilah blepharospasm.

 

Kedutan bisa berlangsung hanya dalam waktu beberapa menit saja, namun ada beberapa kasus kedutan yang berlangsung selama berbulan-bulan.

 

Secara medis, kedutan pada bagian mata Anda merupakan hal yang wajar dan tidak berbahaya. Umumnya kondisi medis ini hanya kondisi yang sedikit mengganggu saja.

Namun meski sangat jarang terjadi terdapat juga tipe kedutan yang merupakan pertanda dari kondisi kesehatan yang harus segera ditangani. 

Untuk lebih jelasnya mengenai kedutan dari sisi medis, simak penjelasan di bawah ini.

 

 

Ada 3 Tipe Kedutan, Mana yang Anda Alami? 

Secara garis besar, kedutan dapat dibagi menjadi tiga macam. Ketiganya memiliki penyebab dan ciri yang berbeda. Ada yang minor dan tidak berbahaya, ada juga kedutan yang perlu Anda atasi segera penyebabnya. Apa saja?

 

1. Kedutan Minor

 

Kedutan minor pada mata merupakan tipe kedutan yang paling umum dan sering terjadi. Biasanya kedutan ini berlangsung tidak lama, hilang dengan sendirinya, dan tidak menyebabkan nyeri.

 

Kedutan minor muncul disebabkan oleh pengaruh gaya hidup. Stres, kelelahan, kurang istirahat, terlalu banyak alkohol atau kafein, hingga merokok jadi penyebab utamanya.

 

2. Blefarospasme Esensial Jinak 

Blefarospasme esensial jinak memiliki ciri-ciri yang tidak jauh berbeda dengan kedutan minor. Hanya saja yang membedakannya adalah kedutan ini sering dibarengi dengan beberapa kondisi mata seperti:

 

  • Mata kering.
  • Penglihatan buram.
  • Mata sensitif terhadap cahaya.
  • Entropion atau kelopak mata masuk ke bagian dalam mata.
  • Konjungtivitis atau radang pada permukaan dalam kelopak mata.
  • Uveitis, peradangan yang berdampak pada lapisan pada dinding mata.
  • Trikiasis, kondisi bulu mata yang tumbuh ke dalam.
  • Blefaritis, peradangan pada kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri pada kulit, alergi, atau tersumbatnya kelenjar minyak.
Blefarospasme esensial jinak jika terus memburuk dapat menyebabkan penglihatan kabur hingga kedutan yang merambat ke daerah wajah.

 

3. Hemifacial Spasm/Kejang pada Salah Satu Sisi Wajah

Hemifacial spasm berbeda dengan kedua jenis kedutan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kondisi ini merupakan kedutan atau kejang pada bagian wajah yang cukup jarang terjadi.

Gangguan ini disebabkan oleh tekanan arteri pada saraf yang melibatkan bagian otot wajah.

 

Penyebab Mata Kedutan dari Sisi Medis

 

Terlepas dari berbagai mitos dan primbon yang menjelaskan arti kedutan mata, sebenarnya dari sisi medis ada beberapa hal yang terbukti menyebabkan mata kedutan.  Penyebab kedutan yang sering terjadi antara lain adalah:

 

1. Stres dan Kurang Tidur

Tubuh memiliki reaksi yang berbeda-beda ketika mengalami stres. Salah satu tandanya merupakan kedutan di bagian mata.

Mata lelah akibat kurang tidur pun akan menyebabkan gangguan pada saraf bagian mata yang berdampak pada kedutan. 

2. Terlalu Banyak Kafein

Kopi, teh, hingga cokelat mengandung banyak kafein. Jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kafein memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

 

Tetapi jika dikonsumsi berlebihan, kafein dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh Anda.

Kafein dapat membuat otot-otot yang berada di dalam tubuh menjadi tegang. Otot yang tegang ini bisa berdampak pada kedutan mata.

3. Minum Alkohol dan Merokok

 

Sama halnya seperti kafein, alkohol serta kadar nikotin pada rokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan Anda. Salah satunya ada gangguan sistem saraf serta peneganan pada otot. Mata kedutan merupakan efek yang dapat menjadi pertanda jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol atau merokok.

 

4. Nutrisi Tidak Seimbang

 

Tubuh membutuhkan gizi dan nutrisi yang seimbang untuk bekerja dengan baik. Kekurangan satu zat saja akan memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Kedutan mata bisa menjadi salah satu tanda jika Anda kekurangan nutrisi yaitu magnesium.

 

5. Alergi di Mata

Alergi pada mata dapat menimbulkan gatal, pembengkakan, hingga mata berair. Ketika Anda mengalami alergi mata, jaringan kelopak dan kantung air mata akan melepaskan histamine.

 

Histamine merupakan cairan imun yang dilepaskan untuk mengatasi gangguan seperti alergi. Ketika mata mengeluarkan cairan ini, mata bisa menjadi kedutan.

 

Penyakit yang Menyebabkan Mata Kedutan

 

Selain dari pola dan gaya hidup, kedutan bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit. Umumnya, penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf dan bagian wajah. 

– Bell’s Palsy

 

Bell’s palsy adalah kelumpuhan saraf wajah yang disebabkan oleh peradangan dan pembengkakan saraf yang mengontrol otot. Bell’s palsy hanya menyerang satu sisi wajah saja sehingga menyebabkan wajah akan terlihat turun atau melorot.

 

Kedutan bisa menjadi salah satu tanda ketika terjadi gangguan saraf yang mengakibatkan bell’s palsy.

 

– Dystonia

 

Dystonia adalah kondisi yang mengacu pada kejang otot yang tidak terkendali sehingga menyebabkan otot menjadi lebih lambat. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang memiliki penyakit parkinson, radang otak, serta aneurisma otak.

 

– Multiple Sclerosis 

Penyakit ini menyerang bagian otak serta sumsum tulang belakang. Efek dari penyakit ini adalah gangguan bicara, kelelahan tubuh ekstrem, kesulitan untuk mengingat, dan penyebab kedutan pada bagian mata.  

Cara Mengatasi Kedutan

 

Kedutan biasanya hilang dengan sendirinya. Namun bagi beberapa orang, kedutan merupakan kondisi yang cukup mengganggu.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kedutan yang sedang Anda alami.

 

1. Kompres Mata

 

Faktor utama munculnya kedutan adalah tanda jika mata Anda kelelahan. Jika mata kelelahan, maka otot dan saraf menjadi tegang.

 

Untuk mengatasi mata lelah, Anda perlu meregangkan otot dan saraf pada mata, Anda dapat mengompres mata baik dengan air dingin atau air hangat selama 10 menit sebelum Anda tidur.

Mengompres mata juga dapat membuat Anda lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

 

2. Tidur Lebih Awal

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kurang tidur merupakan salah satu penyebab munculnya kedutan pada mata. Apabila Anda merasa jika jam tidur Anda belum cukup, usahakan untuk tidur lebih cepat.

 

Selain untuk mengistirahatkan mata, tidur yang cukup pun dibutuhkan untuk organ tubuh lainnya untuk beristirahat agar dapat kembali beraktivitas seperti normal keesokan harinya.

 

3. Kurangi Alkohol dan Kafein

 

Selain dapat mengurangi risiko Anda mengalami kedutan, mengurangi alkohol dan kafein memiliki efek yang positif bagi tubuh Anda.

 

Bagi Anda yang rutin mengonsumsi kopi, teh, atau cokelat, sebaiknya perhatikan baik-baik jumlahnya. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman ini lebih dari tiga gelas per harinya.

 

Mata Kedutan Harus Diperiksakan ke Dokter Jika…

 

Umumnya kedutan yang dialami oleh banyak orang merupakan kedutan minor dan akan hilang dengan sendirinya.  Namun, perlu Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini yang sering menyertai kedutan sebagai tanda bahwa kondisi yang Anda alami harus segera diperiksakan ke dokter. Di antaranya adalah:

 

  • Mata merah, muncul cairan, dan membengkak.
  • Gangguan pada kelopak mata.
  • Kedutan yang membuat kelopak mata menutup dan menyulitkan Anda untuk melihat.
  • Kedutan terjadi berkali-kali selama berminggu-minggu
  • Kedutan tidak hanya terjadi pada mata saja, namun menjalar pada bagian tubuh lain.
  • Kedutan yang Anda alami terasa sakit dan mengganggu penglihatan.

 

Cara Menghindari Gangguan Pada Mata

 

Meski cenderung bukan kondisi yang berbahaya, namun kedutan mata merupakan salah satu tanda bahwa organ tubuh Anda tidak bekerja dengan sempurna.

Cara yang paling mudah untuk mencegah hal ini terjadi, adalah dengan menjaga kesehatan badan Anda tidak terkecuali bagian mata.

 

Seperti organ tubuh lainnya, mata perlu dirawat dan dijaga kebersihannya. Terlebih, mata merupakan organ yang menjadi indera penglihatan kita.

Cara yang terbaik untuk menjaga kebersihan mata adalah menggunakan cairan pencuci mata

Produk pembersih mata yang paling aman adalah produk yang memiliki cairan steril, tanpa bahan pengawet, memiliki pH yang sama dengan pH cairan mata manusia.

 

Y-Rins merupakan produk pencuci mata yang sangat aman karena diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.  Y-Rins adalah produk pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Y-Rins juga bisa meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, dan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.