Olahraga memang sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi jika dilakukan dengan salah, olahraga khususnya angkat beban bisa menyebabkan ambeien lho. Lalu bagaimana olahraga yang aman dan tidak sebabkan ambeien?

Ambeien merupakan kondisi terjadinya pelebaran pembuluh darah vena di area anus atau rektum. Kondisi ini bisa menyebabkan timbulnya benjolan wasir baik di dalam rektum (hemoroid interna) maupun di luar rektum (hemoroid eksterna).

Benjolan wasir ini akan membuat penderitanya mengalami rasa tidak nyaman saat duduk, nyeri, gatal, bahkan BAB berdarah. Ambeien merupakan kondisi medis yang sangat umum. Penyebabnya juga bisa sangat beragam.

Penyebab Terjadinya Ambeien

Ambeien atau wasir bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi pada umumnya wasir timbul karena adanya tekanan berlebih pada area perut dan anus. Tekanan berlebih ini bisa disebabkan karena:

  • Kebiasaan mengejan dengan kuat saat BAB.
  • Terlalu lama saat BAB.
  • Diare maupun sembelit kronis.
  • Kebiasaan makan yang rendah serat.
  • Obesitas.
  • Kehamilan.
  • Dan juga olahraga angkat beban.

Wasir biasanya lebih sering terjadi pada orang dewasa dan tua. Hal ini karena jaringan pembuluh darah di area rektum dan anus mulai merenggang dan melemah akibat faktor usia atau penuaan.

Kenapa Olahraga Angkat Beban Bisa Menyebabkan Ambeien?

Seperti pada poin sebelumnya, wasir disebabkan karena adanya tekanan yang kuat pada pembuluh darah di area anus. Nah olahraga angkat beban adalah salah satu aktivitas yang menyebabkan kondisi tersebut.

Dilansir dari Suara, dr Andi Kurniawan membenarkan jika angkat beban bisa memicu munculnya ambeien atau wasir. Ini bisa terjadi karena salahnya teknik yang digunakan.

Ia menyebut kebanyakan orang akan menahan napas dan mengejan saat mengangkat beban. Padahal teknik yang tepat adalah membuang napas saat mengangkat beban.

Teknik yang salah ini menyebabkan tekanan yang sangat kuat pada perut bagian bawah dan memicu terjadinya ambeien. Mengejan memang sangatlah tidak dianjurkan, baik saat angkat beban atau saat BAB sekalipun.

Masih dilansir dari Suara, dokter spesialis penyakit dalam RSCM Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa mengejan baik saat BAB maupun angkat beban bisa menekan pembuluh darah dan menyebabkan keluarnya ambeien.

Agar angkat beban tidak menyebabkan wasir atau membuatnya kambuh, maka pastikan untuk menggunakan teknik yang tepat. Namun, jika Anda masih terus saja mengalami ambeien kambuhan, sebaiknya olahraga angkat beban dihindari.

Jika Anda tetap memaksakan diri melakukan angkat beban dengan kondisi wasir maka bisa memicu terjadinya pendarahan di anus. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter yang menangani kasus wasir Anda.

Idealnya seseorang membutuhkan waktu 1 menit untuk mengeluarkan sisa pencernaan di dalam usus. Maka dari itu untuk cegah wasir perlu diimbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat, konsumsi air putih yang cukup, dan olahraga teratur.

Olahraga yang Aman dan Bisa Cegah Ambeien

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya ambeien. Namun olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga yang tidak membuat Anda mengejan atau memberi tekanan pada area perut.

Ada beberapa jenis olahraga untuk mencegah wasir dan aman juga bagi para penderitanya, berikut beberapa rekomendasinya.

Jalan Kaki

Olahraga yang paling sederhana adalah dengan berjalan kaki. Kegiatan yang murah dan mudah ini bisa melancarkan BAB dengan memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah konstipasi.

Konstipasi memang bisa sebabkan ambeien, karena biasanya BAB yang keras dan sulit dikeluarkan ini kerap membuat kita mengejan dengan keras. Mengejan bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah vena di area anus.

Dengan mengurangi faktor penyebabnya, maka ambeien bisa diatasi. Selain itu berjalan kaki juga bisa membantu membangun massa otot Anda di area pinggul lho.

Senam Kegel

Aktivitas senam kegel bisa jadi salah satu solusi mencegah dan mengatasi wasir. Tujuan senam kegel adalah menguatkan otot pelvis (panggul) dan juga menghilangkan tekanan dari bagian bawah perut.

Cara melakukan senam ini diawali dengan menyadari pengontrolan otot dasar panggul. Caranya adalah, saat Anda buang air kecil selama 2 detik, paksa hentikan untuk beberapa detik. Kemudian lepaskan kembali.

Nah lama kelamaan Anda akan terbiasa untuk melakukannya, tanpa harus buang air kecil lebih dulu. Anda bisa melakukan senam kegel secara rutin, lakukan 15 kali pengulangan pada setiap sesinya.

Aerobik

Selain senam kegel, Anda juga bisa mencoba aktivitas aerobik. Olahraga aerobik bisa menjaga pergerakan usus tetap normal. 

Biasanya saat seseorang melakukan aerobik maka akan terjadi peningkatan denyut jantung dan metabolisme, dan begitu pula dengan proses pencernaan. 

Aktivitas seperti olahraga air dan jogging bisa menjaga fungsi tubuh tetap terjaga dan mencegah terjadinya pembesaran pembuluh darah vena di area anus akibat konstipasi.

Penanganan Wasir: Makin Cepat, Makin Baik!

Jika Anda sudah mengalami beberapa gejala wasir, sebaiknya segera beri penanganan medis. Jangan menunggu hingga kondisinya parah baru berobat.

Apabila Anda mengalami gejala wasir di tahap awal, Anda bisa melakukan perawatan sendiri dengan cara mengonsumsi obat alami. Salah satunya adalah Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.