Mata adalah salah satu organ tubuh terpenting bagi manusia. Sepanjang hari, mata kita terus menerus mengumpulkan informasi yang kemudian “diterjemahkan” menjadi gambar di penglihatan kita.

Untuk bisa menyalurkan informasi yang diterima oleh mata ke otak, terdapat proses yang cukup panjang dan disalurkan oleh banyak bagian mata. Namun, banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara kerja mata atau seperti apa bagian-bagian anatomi mata.

Mengenal Anatomi Mata

Semua organ yang terdapat pada bagian mata memiliki perannya masing-masing. Apabila terdapat kerusakan dari salah satu bagian mata, tentunya mata kita tidak akan bekerja dengan sempurna sehingga dibutuhkan alat bantu penglihatan seperti kacamata.

Untuk lebih mengenal anatomi mata manusia, mata dibagi menjadi tiga bagian mata, yaitu bagian depan, bagian tengah, dan bagian belakang. Pada setiap bagian mata ini terdapat organ-organ mata yang memiliki perannya masing-masing.

Apa saja bagian mata tersebut dan bagaimana cara kerjanya, berikut penjelasannya.

anatomi mata
Anatomi Mata

Anatomi Mata: Bagian Depan

1. Kornea

Kornea adalah lapisan terluar dari bola mata manusia yang berbentuk kubah transparan bening yang bersifat tembus pandang.

Selain berfungsi sebagai lapisan pelindung mata, kornea juga berfungsi sebagai jendela untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata manusia.

Kornea tidak memiliki pembuluh darah dan sangat sensitif terhadap rasa saki

2. Iris

Iris adalah bagian dari mata yang memberikan warna pada bola mata seseorang. Warna biru, hijau, abu-abu, cokelat, atau hitam pada bola mata seseorang adalah warna dari iris.

Selain memberikan warna, iris juga berfungsi untuk membantu pupil dalam mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

3. Pupil

Pupil adalah bagian mata yang terletak pada bagian tengah bola mata dan dikelilingi oleh iris. Pupil dapat membesar atau mengecil karena memiliki otot di dalamnya.

Pupil merupakan jendela utama dari mata untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mata. Jika cahaya yang masuk terlalu banyak, pupil akan mengecil dan sebaliknya, jika cahaya yang diterima mata terlalu sedikit, pupil akan membesar untuk memperbanyak aliran cahaya ke dalam mata.

4. Sklera

Bagian putih pada bola mata yang mengelilingi iris dan pupil disebut dengan sklera. Sklera adalah selaput putih keras dan memiliki otot di dalamnya.

Otot pada sklera inilah yang membuat bola mata bergerak ke kiri, kanan, atas, dan bawah tanpa kita harus menggerakan kepala.

5. Konjungtiva dan Koroid

Seluruh bagian mata kecuali kornea dilapisi oleh lapisan koroid. Koroid berbentuk membran coklat gelap dan terdapat banyak pembuluh darah di dalamnya. Koroid memiliki peran penting untuk memasok kebutuhan darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh bagian mata.

Sedangkan lapisan konjungtiva adalah lapisan tipis transparan yang menutupi seluruh bagian depan mata kecuali bagian kornea.

Anatomi Mata: Bagian Tengah

1. Lensa

Lensa terletak pada bagian tengah mata manusia, tepat di belakang pupil. Lensa ini berbentuk pipih transparan dan bertekstur lentur serta sangat elastis.

Fungsi lensa mata adalah untuk membiaskan cahaya yang masuk untuk diteruskan ke retina mata. Setelah pupil mengatur jumlah cahaya yang masuk, lensa berfungsi untuk membuat mata kita dapat melihat dengan jelas objek yang ada di depan mata kita.

Untuk membiaskan cahaya, lensa mata memiliki kemampuan yang disebut dengan daya akomodasi. Yaitu, kemampuan lensa mata untuk menjadi cembung atau pipih.

Seiring dengan bertambahnya usia, daya akomodasi mata manusia akan semakin berkurang.

2. Rongga Vitreous

Rongga vitreous membentang dari dari bagian belakang lensa mata hingga retina. Bagian ini dipenuhi oleh cairan bening yang berupa gel yang disebut dengan vitreous.

Anatomi Mata: Bagian Belakang

1. Retina dan Saraf Optik

Retina adalah bagian mata yang paling peka terhadap cahaya. Retina memiliki jutaan sel yang mampu menangkap cahaya yang telah melewati kornea dan lensa mata. Sel-sel ini yang kita kenal dengan sebutan sarat optik.

Sel ini memiliki impuls listrik yang bertugas untuk menyampaikan informasi berupa cahaya dari mata menuju otak. Cahaya tersebut kemudian diinterpretasikan oleh otak sehingga manusia mampu mengidentifikasi objek yang tertangkap oleh mata.

2. Makula

Makula terletak pada bagian tengah dari retina mata. Bagian ini sangat sensitif dan memiliki peran penting untuk memberikan penglihatan kita menjadi tajam dan fokus dalam melihat objek.

Tips Menjaga Kesehatan Semua Bagian Mata

Setelah mengenal anatomi mata dengan lebih baik, kini Anda tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan mata agar semua bagiannya bekerja dengan baik.

Cara termudah menjaga kesehatan mata adalah dengan beberapa langkah berikut:

  • Rutin periksa mata minimal setahun sekali
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan mata
  • Pakai kacamata hitam saat beraktivitas di terik matahari
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit sekali saat Anda harus bekerja terus menerus di depan komputer, atau bahkan saat menonton televisi atau menatap layar HP/tablet
  • Rutin bersihkan mata dengan cairan pencuci mata, misalnya Y-Rins, yang berfungsi menyegarkan mata lelah sekaligus mengusir debu dan kotoran yang ada di dalam mata.
Facebook
Twitter
LinkedIn