Setiap orang tentu ingin punya berat badan ideal, untuk mencapai itu semua mereka rela melakukan banyak hal. Mulai dari diet hingga berolahraga sekuat tenaga.

Bukan tanpa alasan, itu semua karena olahraga dapat membakar lemak lebih banyak, lebih banyak lemak yang terbakar tentu lebih cepat tubuh mempunyai berat badan yang diinginkan.

Tapi bagaimana jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga, namun ingin membakar lemak dan menurunkan berat badan

Anda tidak perlu khawatir, ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa membantu Anda membakar lemak dan membantu mendapatkan berat badan ideal yang diimpikan. Apa sajakah itu? Mari simak uraian di bawah ini!

Pekerjaan Rumah Tangga- 175 Kalori Per jam

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui, ternyata melakukan pekerjaan rumah bisa membantu Anda membakar kalori.

Hal ini sebenarnya tidak mengherankan, kegiatan seperti menyapu dan mengepel lantai mengharuskan Anda untuk terus bergerak.

Faktanya, menghisap debu satu jam saja, bisa membakar hingga 175 kalori, sementara menyetrika bisa membakar 157 kalori. Bukan hanya membakar lemak, rumah pun akan menjadi bersih.

Sering Tertawa- 40 Kalori

Tertawa terbukti ampuh membakar kalori. Hal ini berdasarkan penelitian dari Vanderbilt University Medical dan diterbitkan dalam International Journal of Obesity, tertawa selama 10 menit hingga 15 menit dapat membakar 40 kalori. 

Hal ini karena ketika kita tertawa detak jantung kita meningkat 10 hingga 20 persen. Nah, ketika detak jantung meningkat maka metabolisme juga mengalami peningkatan yang menyebabkan kalori dalam tubuh ikut terbakar.

Selain dapat membakar kalori, tertawa juga sudah terbukti secara ilmiah untuk mengurangi stress.

Memakai Sepatu Hak Tinggi- 220 Kalori Per jam

Ini mungkin menjadi cara membakar kalori yang paling disukai oleh para wanita. Ternyata ketika kita berjalan menggunakan sepatu berhak tinggi, Anda dapat membakar 90 sampai 200 kalori dalam 30 menit. Namun, berhati-hatilah dengan postur tubuh Anda dan pilih sepatu yang tepat.

Donor Darah- 650 Kalori

Donor darah diketahui dapat meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Faktanya, saat seseorang mendonorkan darah sekitar 450 ml, hal tersebut dapat membakar sekitar 650 kalori.

Minum Air Putih Dingin- 490 Kalori Per 10 Gelas

Ternyata, selain menyegarkan minum air putih dingin juga membantu membakar lemak dalam tubuh. Hal ini dilansir dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang menjelaskan bahwa ketika Anda minum air dingin, tubuh akan berusaha menghangatkan diri kembali.

Akibatnya, energi yang dibutuhkan untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal, kalori akan terbakar.

Minum 10 gelas air dingin sehari selama satu minggu membakar 490 kalori. Itu setara dengan kehilangan sekitar 3 hingga 4 kilogram dalam satu tahun. Membiasakan minum air putih pun dapat membantu pencernaan dan menjaga rehidrasi tubuh.

Mengunyah Permen Karet- Mengurangi 40% Kalori pada Makan Berikutnya

Mengunyah permen karet mungkin kegiatan selingan yang sepele. Tapi ternyata menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Academy of Nutrition and Dietetics kegiatan mengunyah permen karet dapat menjauhkan seseorang dari kebiasaan mengonsumsi makanan ringan.

Selain itu, mengunyah permen karet membuat Anda mengonsumsi makanan dengan nilai kalori 40 persen lebih sedikit pada jam makan berikutnya.

Tidur- 200 Kalori Per Jam

Kegiatan membakar kalori satu ini pasti sangat Anda sukai, yaitu tidur. Menurut seorang pakar tidur dari UNC School of Medicine, AS, menjelaskan kalori yang terbakar saat tidur adalah karena tidur bukanlah kegiatan yang pasif.

Selama tidur, sekitar 95 persen fungsi tubuh manusia sangat bergantung dari apa yang mereka lakukan saat mereka istirahat ringan.

Naik Tangga- 102 Kalori per 10 Menit

Mungkin dari sekarang, Anda harus merubah kebiasaan naik lift dan beralih menggunakan tangga. Walau terlihat melelahkan, ternyata naik tangga adalah cara yang cukup efektif untuk membakar lemak.

Dalam 10 menit, Anda akan membakar 102 kalori. Cara ini mungkin bisa mulai Anda biasakan ketika di kantor.

Mengetik- 200 Kalori Per 4.800 Kata

Bagi Anda yang bekerja di depan laptop dan menghabiskan seharian dengan memasukan data atau membuat sebuah tulisan. Bisa dibilang Anda orang yang beruntung, karena secara tidak sadar Anda bekerja sambil juga membakar kalori.

Menurut penelitian, mengetik 4.800 kata, Anda sudah membakar 200 kalori. Berat berkurang, perkerjaan pun selesai.

Bernyanyi- 42 Kalori Per 20 Menit

Kegiatan yang sering kita lakukan ketika mandi ini ternyata bisa membakar kalori. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rebecca Fredericks.

Menurutnya, bernyanyi di kamar mandi selama 20 menit bisa membakar 42 kalori. Itu terjadi karena menyanyi menggunakan kelompok otot yang berbeda mulai dari diafragma di perut Anda ke otot-otot kecil di laring Anda.

Itu tadi adalah 10 aktivitas yang dapat dilakukan jika ingin membakar kalori bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Cara Efektif untuk Membakar Kalori Lebih Cepat dan Efektif

Untuk membakar kalori lebih cepat dan efektif lagi, Anda dapat mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) ketika melakukan aktivitas di atas. Suplemen pembakar lemak membantu proses pembakaran kalori dan lemak di badan Anda ketika tubuh Anda beraktivitas.

Salah satu suplemen pembakar lemak (fat burner) yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy.

Suplemen ini dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Konsumsi Slendy selama Anda beraktivitas dapat mempercepat proses pembakaran lemak di dalam perut sehingga Anda dapat mendapatkan berat badan yang ideal.

Facebook
Twitter
LinkedIn