Olahraga bukan saja penting untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga untuk menurunkan berat badan. Namun, rasa malas berolahraga sering menjadi rintangan. Karena itulah, penting untuk memilih olahraga yang benar-benar Anda sukai, sehingga berolahraga terasa lebih menyenangkan.

 

Ada tiga jenis olahraga yang belakangan ini populer karena mudah dilakukan bagi pemula, tidak memakan banyak waktu, bisa dilakukan di rumah, dan bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Ya, tiga olahraga ini adalah yoga, pilates, dan zumba.

 

Apa sih perbedaan antara tiga olahraga ini? Dan yang mana yang perlu dicoba?

 

Simak penjelasannya di bawah ini.

 

YOGA

 

Yoga adalah olahraga yang fokus pada teknik pernapasan, meditasi, dan postur tubuh. Yoga berfungsi untuk meningkatkan kelenturan, keseimbangan, dan kekuatan otot.

 

Yoga cocok untuk Anda yang:

  • Sering merasa otot tegang dan kaku
  • Butuh dorongan energi untuk beraktivitas setelahnya
  • Butuh olahraga untuk meredakan stress dan membuat tidur lebih nyenyak
  • Tidak suka olahraga dan ingin memulai dengan yang ringan dan tidak terlalu melelahkan

 

PILATES

 

Pilates dan yoga sering sulit dibedakan karena keduanya sama-sama olahraga lantai, menggunakan yoga mat, dengan gerakan yang terkadang mirip pula. 

 

Bedanya, jika yoga fokus pada kelenturan dan peregangan tubuh, pilates fokus pada kekuatan otot, sehingga biasanya terasa lebih melelahkan dan membuat tubuh lebih berkeringat dibanding yoga.

 

Pilates cocok untuk Anda yang:

 

  • Ingin olahraga untuk mengencangkan dan menguatkan otot
  • Merasa yoga terlalu santai dan ingin lebih berkeringat¬†
  • Ingin membakar lemak lebih banyak tanpa olahraga berat di gym

 

ZUMBA

 

Zumba sebenarnya adalah jenis senam aerobik yang sudah lama populer sejak dahulu. Bedanya, gerakan di senam aerobik adalah gerakan olahraga standar yang dilakukan mengikuti irama musik, sedangkan gerakan zumba lebih mirip seperti tarian Latin dibandingkan gerakan olahraga, sehingga terasa lebih menyenangkan.

 

Zumba cocok untuk Anda yang:

 

  • Ingin olahraga kardio tapi tak suka jogging, lari, atau bersepeda
  • Ingin berkeringat banyak tanpa olahraga berat di gym
  • Malas berolahraga tapi senang dance

 

Mana Pilihan Terbaik untuk Pemula: Yoga, Pilates, atau Zumba?

 

Baik yoga, pilates, maupun zumba bisa dilakukan oleh pemula yang jarang berolahraga sebelumnya. Tentunya untuk yoga dan pilates, Anda harus memilih kelas pemula atau beginner dengan tingkat kesulitan yang lebih mudah.

 

Untuk hasil terbaik, Anda juga bisa melakukan ketiga bergantian. Misalnya, yoga setiap pagi untuk meregangkan otot tubuh dan menambah energi untuk beraktivitas seharian. Lakukan pilates 2-3 kali seminggu untuk mengencangkan otot-otot tubuh seperti perut, bokong, lengan, dan paha.

 

Kemudian, lakukan zumba di akhir pekan untuk olahraga yang lebih berkeringat dan menyenangkan. Zumba bahkan bisa dilakukan bersama teman-teman dan keluarga.

 

Kalau Anda berolahraga untuk membakar lemak, jangan lupa emut permen diet Slendy sebelum melakukan yoga, pilates, atau zumba. Slendy adalah suplemen pembakar lemak atau fat burner yang membuat tubuh membakar lemak lebih banyak saat berolahraga.

 

Slendy tersedia dalam bentuk tablet hisap dengan rasa buah, sehingga praktis dikonsumsi sebelum beraktivitas.

Beli SLENDY di sini