Benar memang kalau vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun sayangnya banyak orang yang belum tahu kalau ternyata mata tidak cuma membutuhkan vitamin A saja. Mata membutuhkan beberapa vitamin, gizi, dan nutrisi untuk menjaga kesehatannya. Apa saja? Berikut beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh mata dan darimana sumber vitaminnya.

Vitamin yang Dibutuhkan Mata

Sama seperti organ tubuh lainnya, mata juga membutuhkan vitamin agar dapat terjaga kesehatannya. Ketika mata kekurangan vitamin, akan terjadi gangguan yang dapat mengganggu kesehatannya. 

Vitamin A

Semua orang pasti sudah tahu, kalau vitamin A adalah vitamin yang paling dibutuhkan oleh mata. Vitamin A sangat bermanfaat bagi mata untuk dapat mencegah kebutaan dan xerophthalmia, yaitu kekeringan pada mata yang disebabkan oleh defisiensi vitamin.

Vitamin A juga mengandung antioksidan untuk mencegah katarak dan makula. 

Anda dapat mengonsumsi sayuran dan buah yang berwarna kuning seperti wortel, ubi, atau labu yang banyak mengandung beta karoten. Kandungan ini akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh ketika di konsumsi.

Lutein

Zat lutein banyak ditemukan pada mata, terutama pada bagian makula, lensa, dan retina. Untuk menjaga kesehatan bagian mata ini, Anda membutuhkan asupan makanan yang mengandung lutein. 

Lutein adalah jenis karotenoid berpigmen kuning sampai merah yang banyak ditemukan pada buah dan sayur-sayuran. Pada buah dan sayuran, lutein berfungsi untuk menyerap energi dari sinar matahari berlebih untuk mencegah kerusakan. 

Buah dan sayuran yang banyak mengandung lutein adalah sayuran hijau, kuning telur, jeruk, lemon, dan anggur. Rutin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lutein terbukti sangat baik untuk mencegah munculnya penyakit mata seperti katarak.

Zeaxanthin

Sama halnya dengan lutein, zeaxanthin adalah zat yang dibutuhkan mata namun masih banyak orang yang mengenalnya. Zeaxanthin terbukti dapat membantu melindungi jaringan mata, lensa mata, dan makula yang penting untuk menajamkan penglihatan, menjaga sensitivitas cahaya, dan mencegah penyakit mata seperti katarak.

Vitamin C

Vitamin C tidak hanya dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit dan menjaga kesehatan badan saja. Mata juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk melindungi mata dari penyakit, melawan radikal bebas, dan membantu mata untuk menyerap mineral dan nutrisi penting secara optimal.

Vitamin E

Asupan yang seimbang antara vitamin E, vitamin C, dan vitamin A dapat menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian, vitamin E terbukti mampu mengurangi risiko katarak pada mata. 

Zinc

Zinc adalah nutrisi yang penting untuk membantu penyerapan nutrisi pada tubuh, melawan peradangan, serta mencegah kerusakan pada  sel.

Zinc sangat dibutuhkan mata untuk menjaga pertumbuhan sel menjaga kesehatan sirkulasi, menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun, dan mengendalikan inflamasi sitokin yang menyerang jaringan.

Anda bisa mendapatkan zinc dengan banyak mengonsumsi daging hewan herbivora seperti kambing dan sapi. Selain itu zinc juga banyak ditemukan pada sumber makanan seperti ikan dan kacang-kacangan.

Omega 3

Omega 3 memiliki banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama kesehatan mata. Asam lemak yang terkandung pada omega 3 dapat membantu mata untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh diabetes serta membantu mata untuk menjaga sel.

Telur merupakan sumber makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan asupan omega 3 yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Selain Vitamin

Menjaga kesehatan mata tidak bisa Anda lakukan dengan hanya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin di atas. Anda juga perlu menjaga kesehatan mata dari luar. 

Mata adalah organ tubuh yang sensitif dan cukup rentan terhadap luka. Untuk itu Anda perlu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Terlebih jika mata Anda sering terkena polusi udara perkotaan yang berbahaya bagi kesehatan mata.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan mata adalah dengan menggunakan obat pencuci mata. Dengan menggunakan obat pencuci mata, Anda dapat mengurangi risiko mata terkena iritasi terutama iritasi yang disebabkan oleh benda asing yang masuk mata seperti partikel debu. 

Pembersih mata yang ampuh untuk menjaga kebersihan mata adalah Y-Rins. Y-Rins adalah pencuci mata yang memiliki kandungan pH yang sama dengan pH cairan mata manusia. 

Yrins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Yrins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.