Sepatu dengan hak tinggi atau high heels menjadi salah satu jenis alas kaki kegemaran wanita. High heels dapat memberikan kesan feminim, elegan, dan menunjang penampilan. Akan tetapi tak jarang pengguna high heels harus tersiksa dengan rasa sakit.

Menggunakan high heels memang tidak semudah kelihatannya. Butuh effort lebih dan waktu penyesuaian sampai seseorang mampu menggunakan high heels dengan flawless.

Selain menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman, high heels juga punya risiko kesehatan. Seperti meningkatnya risiko cedera kaki hingga nyeri otot pada tungkai dan kaki.

Tips Pakai High Heels Tetap Nyaman

Bagi Anda yang ingin tampil cantik menggunakan high heels namun tak ingin merasakan sakitnya, ada beberapa tips yang bisa Anda coba. Berikut beberapa tips pakai high heels agar tetap nyaman dan aman.

Wedges untuk Pemula

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba menggunakan high heels, maka coba terlebih dulu membiasakan diri dengan wedges. Wedges memiliki hak yang sama tingginya dengan high heels seperti stiletto namun dengan permukaan yang lebih luas.

Dengan permukaan yang lebih luas maka tekanan pada jari Anda tidak akan terlalu membuat sakit. Setelah merasa cukup nyaman, Anda bisa mulai menggunakan high heels sesuai preferensi.

Pakai Ukuran yang Pas

Saat Anda akan membeli high heels baru pastikan ukurannya sudah pas dengan kaki Anda. Pilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar dari kaki Anda agar tercipta ruang bagi jari-jari kaki. Jangan menggunakan sepatu dengan ukuran terlalu kecil.

Karena sepatu yang terlalu sempit bisa meningkatkan frekuensi gesekan antara sepatu dengan kulit kaki. Alhasil kulit yang sering bergesekan ini akan menebal dan nantinya bisa menimbulkan kapalan pada bagian kaki Anda.

Kenali Lebar Kaki Anda

Sebelum memilih high heels salah satu faktor yang penting adalah ukuran lebarnya. Bukan hanya soal panjang, lebar sepatu juga bisa menjadi salah satu faktor kenyamanan dalam menggunakan high heels.

Jadi saat membeli high heels pastikan lebarnya sudah pas dengan lebar kaki Anda. Kebanyakan high heels di pasaran menggunakan ukuran lebar standar. Jika sulit menemukan sepatu dengan lebar kaki Anda, Anda bisa membeli high heels di pembuat sepatu custom

High Heels Ujung Bulat

High heels dengan ujung yang runcing atau lancip (pointed heels) dapat menekan jari kaki Anda bersamaan dan bisa menimbulkan benjolan pada kaki bahkan hingga cedera. Agar lebih nyaman Anda disarankan untuk menghindari high heels dengan ujung yang lancip atau runcing.

Alternatifnya pilih high heels dengan ujung yang bulat atau lebar. High heels dengan ujung bulat bisa memberikan ruang untuk ujung jari kaki. Sehingga rasa nyeri pada bagian ujung jari atau di pinggiran kaki bisa berkurang.

High heels dengan ujung bulat memang nyaman dipakai sehari-hari, terlebih karena bisa menghindari sakit terutama bagian jempol. Jika ingin menggunakan yang berujung runcing, Anda bisa menggunakannya di acara khusus seperti saat menghadiri pesta.

Gunakan Bantalan

Pada banyak sepatu high heels tidak memberikan bantalan yang cukup untuk bagian-bagian telapak kaki yang membutuhkan bantalan. Maka dari itu Anda disarankan menggunakan bantalan alas kaki yang terbuat dari silikon dan empuk.

Letakan bantalan pada telapak kaki bagian depan agar bisa meredam tekanan. Bantalan in mampu menopang kaki dan menambah kenyamanan Anda. Bantalan kaki atau in-sole ini juga mudah ditemukan di toko-toko sepatu.

Perhatikan Tinggi Heels dan Derajat Kemiringannya

Demi kenyamanan, jangan gunakan high heels dengan hak yang terlalu tinggi. Semakin tinggi heels yang Anda gunakan, maka semakin besar pula tekanan pada mata kaki dan tulang di bagian depan kaki Anda.

Selain tinggi heels, perhatikan pula derajat kemiringannya. Biasanya semakin tinggi heels maka semakin menukik juga kemiringannya. Maka coba cari heels dengan tingkat kemiringan yang lebih landai agar rasa nyeri bisa dikurangi.

Teknik Berjalan yang Tepat

Saat menggunakan high heels dibutuhkan teknik khusus agar tidak terjatuh dan cedera. Saat melangkah, berjalanlah dengan langkah yang tidak terlalu panjang. Karena menggunakan high heels secara alami akan mengurangi jarak langkah Anda.

Ketika Anda menapakkan kaki, teknik yang tepat adalah dengan menapakkan bagian belakang sepatu terlebih dahulu. Jika Anda menapakkan bagian depan dan belakang secara bersamaan, maka Anda akan terlihat seperti pinguin dan postur tubuh yang akan membungkuk ke depan.

Istirahat Saat Sempat

Bukan rahasia jika menggunakan high heels bisa membuat Anda merasa lebih cepat lelah ketimbang saat menggunakan sepatu beralas datar. Oleh karena itu setiap ada kesempatan untuk duduk dan istirahat maka, lakukanlah!

Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketegangan pada otot kaki selama menggunakan high heels. Terlalu lama berdiri atau berjalan menggunakan high heels bisa menyebabkan cedera otot. Jadi, jangan lupa untuk istirahat ya.

Gunakan Sepatu Secara Bergantian

Menggunakan sepatu high heels setiap hari secara berturut-turut bisa membuat kaki Anda overworked dan rasa sakit pun akhirnya timbul. Akan lebih baik jika Anda memberikan waktu untuk kaki Anda beristirahat dari high heels. Anda bisa menggunakan jenis sepatu lain yang lebih nyaman di kaki. Seperti sneakers, flat shoes, maupun slip on. 

Kerap Kapalan Karena High Heels? Ini Solusinya

Saat menggunakan high heels bagian tumit, mata kaki, dan kelingking biasanya jadi bagian yang paling banyak harus bergesekan dengan bagian sepatu. Akibat gesekan ini kulit menjadi menebal dan menyebabkan kapalan.

Kondisi telapak kaki kering, pecah-pecah, dan kapalan pasti membuat kita tidak nyaman. Solusinya Anda bisa menggunakan treatment khusus untuk kulit kapalan, seperti Callusol. Obat Callusol adalah cairan oles yang berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan, kutil, dan kapalan.

Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap. Setelah beberapa kali pemakaian, kapalan akan terlepas sendiri dari kulit.