Indonesia kini mulai memasuki musim hujan yang lembab dan basah. Penyebaran virus dan penyakit akan semakin mudah.

Termasuk diantaranya adalah HPV yang bisa sebabkan kutil. Agar Anda lebih waspada, simak penjelasan tips mencegah kutil di musim hujan berikut.

Sekilas Apa Itu Kutil

Kutil merupakan sebuah infeksi pada permukaan kulit yang disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Gejalanya meliputi munculnya benjolan dengan tekstur kasar serta warna yang pucat atau kecoklatan.

Tak jarang kutil juga timbulkan rasa gatal dan juga sakit saat disentuh. Benjolan kutil timbul karena HPV membuat produksi keratin yang berlebih. Keratin merupakan protein yang menyusun rambut dan kuku.

Ada beberapa jenis kutil dalam dunia medis. Namun umumnya kutil muncul di area jari-jari tangan, telapak tangan, sekitar kuku, jari kaki, ada juga kutil yang muncul di area kelamin. 

Apakah Kutil Menular?

Ya, kutil dapat menular. HPV dapat menular dengan mudah, terutama di udara dan lingkungan yang lembab. Anda bisa tertular kutil dengan 2 cara. Yakni interaksi langsung dan juga tak langsung.

Interaksi langsung artinya Anda secara sengaja atau tak sengaja bersentuhan dengan kutil yang ada pada orang lain. Sedangkan penularan tak langsung bisa disebabkan oleh penggunaan peralatan pribadi secara bergantian dengan penderita kutil.

Virus HPV ini memang tidak akan menular atau menginfeksi dengan mudah. Kaum yang rentan dengan virus ini adalah orang yang memiliki sistem imun rendah. Seperti penderita HIV/Aids, anak-anak, dan remaja.

Seseorang yang memiliki luka terbuka juga harus lebih waspadai terhadap penyebran virus ini. Terutama saat mengunjungi tempat umum yang basah dan lembab. Seperti WC maupun kolam renang umum.

Tips Mencegah Kutil di Musim Hujan

Seperti penjelasan pada poin sebelumnya, kondisi yang basah membuat banyak bakteri dan virus mudah berkembang biak dan menyebar.

Oleh karena itu pada musim hujan yang lembab ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kutil.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Faktor penting mudah atau tidaknya Anda tertular kutil adalah kekebalan tubuh. Musim hujan bisa membuat sistem kekebalan tubuh seseorang melemah. Oleh karena itu Anda harus melakukan upaya agar sistem imun tetap kebal atasi perubahan cuaca.

Mulai dari pola makan yang sehat, olahraga teratur, konsumsi lebih banyak makanan yang mengandung bakteri baik, dan istirahat atau tidur yang cukup. Meski cuaca dingin, mandi dengan air dingin ternyata bisa memperkuat sistem imun lho!

Jaga Kebersihan Tangan dan Kaki

Anda harus rajin membersihkan tangan dan kaki. Pastikan kaki selalu kering dan bersih, terutama jika Anda baru saja beraktivitas dari luar ruangan. 

Jangan Menyentuh Kutil!

Jika Anda menemui seseorang dengan kutil, jangan coba-coba untuk menyentuhnya. Apabila Anda secara tidak sengaja bersentuhan dengan kutil, maka segera bersihkan dengan sabun hingga benar-benar bersih.

Selalu Gunakan Alas Kaki

Jangan pernah berkeliaran dengan bertelanjang kaki. Terutama jika Anda melewati jalanan yang becek dan basah. Selain itu Anda juga harus menggunakan alas kaki saat mengunjungi tempat umum yang lembab. Seperti kolam renang dan WC umum.

Tutup Luka dengan Plester

Apabila Anda memiliki luka terbuka, sebaiknya tutup dengan plester yang anti air. Luka terbuka merupakan gerbang masuknya virus HPV ke dalam tubuh Anda. Maka selalu pastikan luka Anda dibersihkan secara teratur dan tutup menggunakan plester.

Jangan Gunakan Barang Pribadi Secara Bergantian

HPV dapat menular lewat berbagai barang yang digunakan bergantian dengan penderita kutil. Seperti handuk, pisau cukur, gunting kuku, ataupun sapu tangan. Maka dari itu jangan pernah menggunakan barang pribadi Anda bergantian dengan orang lain.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Tertular Kutil?

Jangan pernah menyentuh, menggaruk, apalagi memotongnya sendiri! Tindakan-tindakan tadi bukannya menyelesaikan masalah tapi memperburuk kondisi kutil. Jika tertular kutil maka Anda bisa melakukan penanganan awal menggunakan asam salisilat.

Zat ini mampu mengikis benjolan kutil secara efektif dan aman. Kandungan ini dapat Anda temukan dalam produk bernama Callusol. Cairan oles yang berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan, kutil, dan kapalan.

Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap. Callusol juga aman digunakan tanpa membutuhkan resep dokter.

Jika kutil tak kunjung sembuh setelah beberapa minggu apalagi ditambah dengan munculnya gejala lain, maka Anda disarankan untuk menghubungi dokter.

Segera cari pertolongan medis apabila Anda mengalami beberapa gejala berikut:

  • Kutil berdarah.
  • Warna dan bentuk kutil berubah.
  • Kutil yang tumbuh sebabkan rasa sakit.
  • Kambuh lagi meski sebelumnya kutil sudah sembuh.
  • Kutil tumbuh di area wajah.
  • Ragu apakah benjolan daging yang tumbuh kutil atau bukan.