Bagian kaki dan telapak kaki memang bukanlah bagian tubuh yang mudah terlihat untuk orang lain. Namun bukan berarti bagian ini bisa luput dari perawatan. Perawatan kaki harus dilakukan, baik demi penampilan maupun kesehatan.

Jika tidak dirawat dengan baik berbagai masalah bisa muncul. Mulai dari bau kaki, kapalan, kulit kaki kasar, kusam, dan bahkan mata ikan. Pasti mau kan punya kaki yang sehat, mulus, lembut, dan juga halus? Jika iya, maka Anda harus simak penjelasan di bawah ini.

Tips Perawatan Kaki agar Halus dan Lembut

Untuk mendapatkan kaki yang halus dan juga lembut ada beberapa tips perawatan kaki yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Berikut ulasannya.

Jaga Kebersihan Kaki

Faktor utama dari perawatan kaki pastinya adalah kebersihan. Selalu bersihkan kaki selepas Anda menggunakan alas kaki saat pulang ke rumah. Ketika Anda mandi, jangan lupa untuk melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Bersihkan kaki menggunakan sabun hingga ke sela-sela jari. Selain itu jangan lupa pula untuk selalu mencuci kaki sebelum Anda berangkat tidur. Kebiasaan malas mencuci kaki bisa menyebabkan bau kaki dan menumpuknya kotoran lho.

Rendam Kaki dengan Air Hangat

Setelah lelah beraktivitas seharian, merendam kaki dengan air hangat adalah pilihan yang tepat. Selain bisa membuat otot kembali rileks, aktivitas ini juga bisa mengangkat sel kulit mati di kaki Anda.

Rendaman air hangat akan membuat kaki Anda lebih halus dan mencegahnya menjadi kering serta kasar. Rendamlah kaki 2-3 kali seminggu, cukup 10-15 menit saja setiap sesinya.

Anda juga bisa menambahkan garam atau minyak aromaterapi ke dalam rendaman air hangat tersebut. Untuk menambah sensasi relaksasi dan memaksimalkan proses pengangkatan sel kulit mati.

Rajin Melakukan Eksfoliasi atau Scrub

Sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kaki bisa dibersihkan dengan cara melakukan eksfoliasi atau scrub. Lakukan eksfoliasi setelah Anda merendam kaki dengan air hangat. 

Anda bisa menggunakan batu apung ataupun scrub dari bahan alami. Seperti irisan lemon, campuran kopi, gula, dan juga madu. Lakukan eksfoliasi secara lembut, perlahan, dan gerakkan yang memutar.

Jaga Kebersihan Kuku

Kuku juga menjadi bagian penting dari perawatan kaki. Jangan lupa untuk selalu memotong kuku secara teratur. Jika Anda gemar menggunakan cat kuku, jangan lupa untuk selalu membersihkannya secara teliti.

Kuku yang jarang dipotong bisa menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan juga berbagai bakteri. Inilah yang nanti juga bisa menimbulkan adanya bau kaki. Oleh karena itu selalu pastikan untuk memotong kaki seminggu sekali ya.

Gunakan Pelembab

Setelah membersihkan kaki atau ketika hendak berangkat tidur jangan lupa untuk selalu mengoleskan pelembab ke kaki secara menyeluruh. Gunakan pelembab berbahan krim agar lebih cepat meresap.

Penggunaan pelembab ini baik untuk memberi nutrisi, terutama untuk kaki yang baru melakukan eksfoliasi. Oleskan secara merata bahkan sampai ke sela-sela jari Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya jamur. 

Jangan oleskan pada kaki yang masih dalam keadaan basah ya. Keringan dulu kaki menggunakan handuk atau kain bersih. Baru oleskan pelembab, agar nutrisinya bisa terserap dengan baik dan kelembabannya bisa terjaga.

Gunakan Alas Kaki yang Pas

Tips perawatan kaki agar halus dan lembut selanjutnya adalah pemilihan alas kaki yang tepat. Pastikan Anda memilih alas kaki dengan ukuran yang pas. Alas kaki yang terlalu kecil bisa membuat kaki lecet dan juga tumit yang pecah-pecah.

Selain itu, jika Anda menggunakan sepatu jangan lupa juga untuk menggunakan kaus kaki. Karena jika tidak, gesekan antara kulit kaki dengan permukaan sepatu bisa sebabkan kaki jadi kasar dan juga kering.

Anda sebaiknya juga tidak menggunakan sepatu yang sama setiap harinya. Ini untuk memastikan sepatu yang Anda pakai selalu dalam kondisi yang kering dan tidak lembab. Pilihlah sepatu dengan bahan yang menyerap keringat dan bisa membuat kaki anda bernapas.

Berantas Masalah Kaki dengan Bahan Keratolitik 

Saat ini Anda memiliki berbagai permasalahan kaki seperti kapalan, tumit pecah-pecah, atau mata ikan di telapak kaki? Untuk membuat kaki Anda terbebas dari masalah tersebut dan kembali halus serta lembut Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan keratolitik.

Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol dapat melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap. Alhasil berbagai masalah seperti kapalan hingga mata ikan bisa diatasi.

Anda dapat menemukan kandungan ini pada produk Callusol. Obat Callusol adalah cairan oles yang berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan, kutil, dan kapalan. 

Callusol adalah produk OTC (Over-The-Counter) alias obat bebas. Artinya, obat ini dapat digunakan tanpa resep dokter dan dijual bebas di apotek, toko obat, atau tempat lainnya.