Pernahkah Anda mengalami penglihatan yang tiba-tiba buram, kurang jelas? Kondisi mata buram kerap kali menyerang saat kita beraktivitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Hal ini sering membuat Anda secara reflek berkedip ataupun menyipitkan mata untuk bisa melihat lebih jelas lagi. 

Penglihatan yang mendadak buram ini disebabkan karena hilangnya ketajaman penglihatan mata Anda, sehingga benda yang kita lihat tampak buram atau tidak fokus. Kondisi seperti ini memang umum terjadi.

Meski begitu kita tidak boleh menyepelekan kondisi pandangan yang mendadak buram. 

Dalam banyak kasus memang ini bukanlah kondisi medis yang serius, namun di sisi lain penglihatan kabur juga bisa menjadi salah satu indikator adanya penyakit serius dalam tubuh Anda.

Apa itu Mata Kabur

Penglihatan buram atau mata kabur merupakan kondisi hilangnya ketajaman penglihatan yang membuat mata tidak mampu melihat objek secara mendetail. Kondisi mata atau penglihatan kabur bisa menyerang kedua mata maupun salah satunya saja.

Selain penglihatan yang tiba-tiba buram, tak jarang mata kabur juga disertai dengan gejala lain seperti sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya matahari, muncul bintik-bintik saat kita melihat sebuah objek (floaters), terasa nyeri, mata kering, produksi kotoran yang berlebihan, produksi air mata yang naik, dan bahkan pendarahan pada mata.

Penyebab Mata Kabur

Mata kabur bisa disebabkan karena adanya gangguan pada mata maupun sebagai dampak dari adanya masalah kesehatan pada tubuh. Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan pandangan kabur secara mendadak akibat adanya masalah pada mata.

Degenerasi Makula

Makula merupakan bagian tengah dari retina yang berada di bagian belakang mata. Makula inilah yang membuat kita dapat melihat secara detail warna dan objek yang ada di hadapan kita.

Seiring bertambahnya usia, ketajaman makula terus berkurang. Kondisi inilah yang jadi penyebab pandangan mendadak buram.

Konjungtivitis

Kondisi ini sering juga disebut dengan mata merah, yang bisa juga menyebabkan penglihatan tiba-tiba buram. Konjungtivitis disebabkan oleh virus adenovirus. Selain mengganggu penglihatan tak jarang virus ini menyebabkan pembengkakan dan rasa gatal pada mata.

Jika Anda mengalami gejala ini redakan dengan kompres mata atau bisa gunakan cairan pembersih mata mengandung witch hazel yang bisa membersihkan sekaligus menyegarkan mata bermasalah. Produk yang aman dan bisa Anda dapatkan secara bebas adalah Y-Rins.

Retina Lepas

Dalam dunia medis kondisi ini disebut dengan ablasi retina, dimana retina lepas dari bagian belakang mata dan kehilangan suplai darah dan sarafnya. Selain penglihatan kabur ablasi retina juga disertai gejala munculnya bintik hitam saat Anda melihat suatu objek.

Katarak

Gejala penglihatan mendadak buram akibat katarak adalah Anda merasa seperti muncul kabut pada mata. Kemunculan awal katarak mata masih bisa bekerja normal, lalu penglihatan menjadi sangat kabur hingga diperlukan operasi pengangkatan.

Namun meskipun sudah menjalani operasi katarak, seseorang masih bisa mengalami penglihatan kabur lagi. Kemungkinan ini adalah gejala katarak sekunder.

Selain karena adanya permasalahan pada mata, penglihatan kabur juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan lain yang terjadi pada tubuh Anda. 

Gula Darah Tinggi dan Diabetes

Orang dengan gula darah terlampau tinggi memiliki risiko penyakit diabetes. Diabetes sendiri bisa menyebabkan berbagai komplikasi serius, salah satunya adalah retinopati diabetik. 

Gula darah yang sangat tinggi bisa merusak pembuluh darah yang ada di mata. Selain penglihatan yang bisa kabur secara mendadak, kita juga bisa mengalami floaters bahkan sampai kelihatan kemampuan melihat alias kebutaan.

Tekanan Darah Tinggi dan Stroke

Tekanan darah tinggi selain bisa menyebabkan stroke, juga bisa mengakibatkan stroke mini pada mata atau disebut dengan oklusi vena.

Kondisi ini biasanya hanya menyerang satu mata saja dan penglihatan kabur secara tiba-tiba.

Penyakit stroke juga sangat berpengaruh pada terjadinya perubahan kemampuan penglihatan penderitanya. Hal ini terjadi karena saraf yang bertugas membawa informasi ke mata telah rusak.

Jika Anda kerap mengalami penglihatan mendadak buram atau kabur dan disertai gejala lain seperti nyeri dan sakit kepala, sebaiknya segera hubungi dokter.

Semakin cepat penyebab mata kabur didiagnosa maka Anda bisa mendapat penanganan yang tepat dan mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius.