Hemoroid alias ambeien atau wasir adalah kondisi saat pembuluh darah di anus atau rektum membengkak. Ambeien sering terjadi pada ibu hamil, terutama di trimester ketiga saat rahim makin membesar dan menekan pembuluh darah.

Ambeien saat hamil biasanya sangat mengganggu. Bukan saja sering terasa sakit, ambeien juga terkadang membuat anus terasa gatal, perih, hingga berdarah, terutama saat buang air besar.

Namun, kabar baiknya adalah, ambeien saat hamil tidak berbahaya bagi janin dan biasanya akan sembuh sendiri. Jika Anda melahirkan secara normal, saat mengejan biasanya ambeien akan semakin parah. Namun setelah melahirkan, perlahan-lahan kondisinya akan membaik dan sembuh total.

 

Apa Penyebab Ambeien Saat Hamil?

Menurut survei, 50% dari semua ibu hamil akan mengalami ambeien. Ada banyak faktor yang menyebabkan ambeien sering terjadi pada ibu hamil, namun yang utama adalah:

  • Tekanan dari rahim.
    Seiring dengan berkembangnya janin di dalam kandungan, rahim Anda akan terus membesar hingga menekan pembuluh darah dekat anus dan rektum. Hasilnya, pembuluh darah tersebut akan membengkak dan terasa sakit. Inilah yang dinamakan ambeien.

  • Meningkatnya hormon progesteron saat hamil.
    Hormon ini melemaskan dinding pembuluh darah selama hamil, sehingga lebih mudah membengkak.

  • Bertambahnya jumlah darah selama hamil.
    Karena terisi lebih banyak darah, pembuluh darah akan membengkak dan menyebabkan ambeien.

 

Faktor-faktor lain yang juga bisa membuat bumil mengalami ambeien adalah:

  • Sembelit, sehingga sering mengejan saat buang air besar.
  • Berat badan naik banyak saat hamil.
  • Duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. 

Ibu Hamil yang Sulit BAB Lebih Berisiko Terkena Ambeien

Risiko Anda terkena ambeien saat hamil akan meningkat apabila Anda juga mengalami sembelit alias susah buang air besar (BAB).

Menurut riset, sebanyak 38% ibu hamil akan mengalami sembelit di masa kehamilannya. Ini biasanya disebabkan oleh rahim yang menekan usus sehingga membuat proses pencernaan terganggu.

Sembelit menyebabkan buang air besar tidak lancar, sehingga bumil biasanya harus mengejan di toilet saat BAB. Sering kali sembelit juga membuat bumil duduk atau jongkok dalam waktu lama di toilet. Ini semua menyebabkan pembuluh darah di anus dan rektum tertekan dan membengkak, sehingga menyebabkan ambeien.

 

Bagaimana Cara Mencegah Ambeien Saat Hamil?

Hal utama yang harus dilakukan agar tidak mengalami ambeien saat hamil adalah dengan mencegah terjadinya sembelit. Ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Rutin konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah pir dengan kulitnya, alpukat, pepaya, brokoli, oatmeal, dan kacang-kacangan.
  • Minum banyak air, minimal 10 gelas sehari.
  • Jangan menahan BAB. Jika merasa ingin buang air besar, segera ke toilet dan jangan ditunda.
  • Hindari duduk atau berdiri diam dalam waktu lama. Selang-seling dengan berjalan kaki atau bergerak aktif.
  • Lakukan senam Kegel secara rutin. 

 

Obat Ambeien Alami

Untuk mengatasi ambeien saat hamil, obat ambeien alami seperti Clofen bisa digunakan. Clofen terbuat bahan-bahan alami dari ekstrak tanaman yang berfungsi mengurangi nyeri dan radang pada anus.

Clofen juga mengandung ekstrak pepaya yang bisa melunakkan feses dan melancarkan BAB.

Konsultasi dulu pada dokter atau bidan sebelum minum obat apapun, termasuk Clofen, saat hamil.

Beli CLOFEN di sini