Ketika tidak berhati-hati, tubuh Anda dapat mengalami benturan yang cukup keras dengan benda tumpul. Ketika hal ini terjadi, tubuh Anda akan mengalami luka yang disebut dengan memar atau lebam.

Memar atau lebam adalah pendarahan yang terjadi di dalam permukaan kulit akibat benturan. Pendarahan ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler di dalam tubuh.

Memar umumnya diawali dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan serta pembengkakkan yang dapat menimbulkan rasa nyeri. 

Memar yang disebabkan oleh benturan umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan Anda dapat menggunakan beberapa jenis obat. Salah satunya adalah obat pengencer darah.

Obat pengencer darah dapat digunakan untuk melarutkan atau menghilangkan gumpalan darah pada bagian memar dengan efektif. 

Obat Pengencer Darah Untuk Atasi Memar

Benturan yang keras dapat menyebabkan pembuluh darah kapiler pecah dan mengakibatkan pendarahan di dalam bagian permukaan kulit. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perubahan warna pada bagian tubuh yang mengalami memar. 

Salah satu cara yang ampuh dan efektif untuk mengobati memar adalah dengan menggunakan obat pengencer darah. Jenis obat ini sering disebut juga dengan jenis obat antikoagulan yang bekerja untuk mencegah penggumpalan darah.

Umumnya obat pengencer darah digunakan untuk mencegah penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit serius seperti penyakit jantung atau stroke.

Namun, obat pengencer darah juga jika dimanfaatkan dengan dosis yang tepat dapat juga mengatasi iritasi, pembengkakkan, dan penggumpalan darah yang terjadi akibat memar.

Heparin Sodium

Heparin sodium termasuk ke dalam golongan obat antikoagulan atau pengencer darah yang dapat melarutkan darah pada jaringan tubuh. Heparin sodium berasal dari bahan alami yang didapatkan dari protein hewani, yaitu bovine yang didapatkan dari protein sapi. 

Zat ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan luka akibat memar dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit ketika memar.

Selain itu, heparin sodium juga dapat membantu untuk mengurangi peradangan serta melancarkan peredaran darah untuk untuk mempercepat proses penyembuhan luka memar.

Kebanyakan obat memar berbentuk gel atau salep mengandung heparin sodium. Salah satu salep memar yang mengandung heparin sodium yang dapat Anda gunakan adalah Thromboflash.

Thromboflash adalah salep memar yang sangat ampuh untuk mengobati gangguan pembuluh darh seperti luka memar yang berada di dalam permukaan kulit.

Heparin sodium yang berbentuk gel pada thromboflash dapat dengan cepat menyerap ke dalam kulit dan dapat bekerja dengan cepat pada jaringan pembuluh darah yang luka akibat memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang terbuat dari bovine sehingga untuk digunakan dan sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI sehingga aman untuk digunakan oleh semua orang. 

Bromelain

Bromelain adalah enzim alami yang sudah digunakan sebagai obat tradisional berumur ratusan tahun untuk mengatasi memar oleh penduduk Amerika Selatan.

Enzim ini termasuk ke dalam golongan kompleks enzim proteolitik atau enzim pencerna protein yang banyak  ditemukan dalam berbagai buah terutama nanas. 

Bromelain bermanfaat untuk mengatasi luka luar terutama memar karena bersifat anti-inflamasi. Bromelain bekerja dengan cara memecahkan protein dan cairan lainnya yang menggumpal atau terjebak di dalam permukaan kulit akibat memar.

Mengoleskan salep yang mengandung bromelain dapat Anda gunakan untuk mengatasi memar yang cukup efektif.

Rutin mengonsumsi suplemen bromelain juga dapat mempercepat proses penyembuhan memar dari dalam dan menurut sebuah penelitian, suplemen bromelain juga ampuh untuk mengatasi sakit gigi yang menganggu.

Vitamin K

Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantaranya adalah untuk mencegah diabetes, vitamin pertumbuhan tulang, mencegah pendarahan pada hati, dan juga terbukti secara ilmiah untuk mengatasi memar.

Vitamin K yang dapat Anda gunakan untuk mengobati memar adalah vitamin K jenis topikal atau obat oles. Kandungan vitamin K yang terdapat pada oles bekerja mengatasi memar dengan cara melancarkan peredaran darah dan mengatasi penggumpalan darah yang terjadi ketika memar.