Nasi adalah makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh kebanyakan orang di Asia, termasuk Indonesia. Peran nasi yang sangat penting, sampai banyak orang di Indonesia punya anggapan kalau belum makan jika belum mengonsumsi nasi.

Bagi kebanyakan orang Indonesia, nasi putih adalah sumber makanan utama untuk memberikan tenaga dan menghilangkan rasa lapar. Hal ini disebabkan karena kalori nasi putih cukup tinggi.

Tapi nasi putih menjadi musuh yang sering dihindari orang yang ingin mengurangi berat badan. Kandungan kalori yang tinggi dari nasi putih jika tidak diolah oleh tubuh dengan baik akan menyebabkan lemak yang menumpuk dan akan menambah berat badan.

Oleh karena itu banyak orang yang sedang menjalankan program diet atau sedang berusaha untuk mengurangi berat badan mengganti nasi putih yang mereka konsumsi dengan nasi merah.

Kalori nasi merah dipercaya lebih rendah dibanding nasi putih sehingga baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, nasi merah juga memiliki serat yang lebih tinggi, sehingga lebih sehat. 

Keunggulan Nasi Merah Dibanding Nasi Putih?

Nasi merah sekarang seringkali dijadikan alternatif nasi putih karena dianggap lebih sehat dan dapat membantu mengurangi berat badan. Apakah nasi merah lebih dibandingkan nasi putih? Berikut penjelasannya.

Kalori Nasi Merah Lebih Rendah

Nasi merah memiliki kandungan kalori lebih rendah dibandingkan nasi putih. Menurut sebuah penelitian, kalori nasi putih dua kali lipat lebih banyak dari nasi merah. Pada 100 gram nasi putih mengandung 204 kalori, sedangkan nasi merah 110 kalori.

Kalori adalah takaran energi yang terkandung pada makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Tubuh manusia akan membakar kalori untuk mendapatkan energi.

Agar kalori yang didapatkan dari makanan dapat dibakar dengan baik oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari, jumlah asupan kalori harus disesuaikan dengan jumlah kalori yang dibakar.

Jika tubuh mendapatkan kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan, sisa kalori yang tersimpan di dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Hal ini dapat memicu berat badan bertambah. 

Jadi jika Anda ingin mengurangi berat badan, mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat menjadi salah satu solusinya. Namun perlu diperhatikan juga jumlah nasi yang Anda konsumsi sehari-hari.

Nasi Merah Memiliki Banyak Serat

Nasi merah memiliki jumlah kandungan serat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan nasi putih. Satu gelas beras merah mengandung 3.5 gram serat sedangkan satu gelas beras putih mengandung 0.6 gram serat.

Serat memiliki peran penting dalam melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Ketika tubuh mendapatkan cukup serat, sisa-sisa makanan akan dapat dibuang dengan baik oleh tubuh dan akan mengurangi risiko peminbunan makan di dalam tubuh.

Selain itu, serat yang cukup juga dapat mencegah seseorang mengalami sembelit atau susah buang air besar.

Kadar Gula Lebih Rendah

Sebuah jurnal ilmiah menyatakan jika nasi merah memiliki kadar gula atau indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. 

Indeks glikemik adalah kemampuan makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Semakin kecil indeks glikemik suatu makanan, maka makanan tersebut semakin baik dan semakin sehat untuk dikonsumsi terutama bagi para penderita diabetes.

Apakah Nasi Merah Lebih Sehat Dari Nasi Putih?

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan kalau nasi merah memiliki lebih banyak manfaat dan lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih. 

Namun, bukan berarti hanya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah dapat mengurangi berat badan. 

Memang betul jika nasi merah dapat membantu mengurangi berat badan, tetapi cara tersebut bukan satu-satunya cara. Selain mengganti nasi, Anda juga perlu memerhatikan jenis-jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, serta aktif bergerak dan berolahraga.

Anda dapat menggabungkan pola hidup sehat seperti mengatur pola makan serta rajin bergerak untuk membakar lemak serta menurunkan berat badan. Selain itu, untuk membakar lemak lebih efektif Anda dapat mengonsumsi suplemen pembakar lemak (fat burner) untuk mempercepat prosesnya.

Salah satu suplemen fat burner alias pembakar lemak yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy. Slendy bekerja dengan cara membuat tubuh membakar lebih banyak lemak saat Anda beraktivitas.

Jadi, saat Anda naik tangga, sibuk mondar-mandir di kantor, atau sekadar jalan-jalan di mall, tubuh akan membakar lemak lebih banyak dengan bantuan Slendy.

Konsumsinya pun cukup mudah yaitu tinggal diemut saja seperti permen, dengan dua rasa yang enak yaitu anggur dan jeruk.