Salah satu tips supaya jago main game adalah dengan meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan. Dengan begitu, mata bisa lebih jeli dan tangan bisa lebih sigap merespon. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

Koordinasi antara mata dan tangan adalah salah satu skill yang penting dimiliki, bukan hanya bagi gamers, tapi juga bagi semua orang supaya aktivitas sehari-hari bisa dilakukan dengan lebih lancar.

Dalam bermain game, kita perlu kemampuan untuk bereaksi secepat kilat terhadap apapun yang terjadi di layar, dan ini sulit dilakukan jika koordinasi mata dan tangan Anda lambat. Oleh karena itu, koordinasi mata dan tangan sangat diperlukan untuk bisa memenangkan lebih banyak turnamen, atau sekadar mengalahkan teman-teman saat tanding bersama. 

 

Bagaimana Cara Agar Melatih Koordinasi Mata dan Tangan Supaya Menang Saat Main Game?

 

1. Jauhkan semua hal yang bisa mengganggu konsentrasi

 

Langkah pertama untuk meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangan adalah dengan memastikan bahwa saat main game, tidak ada benda (atau orang) yang bisa mengalihkan perhatian dan mengganggu konsentrasi Anda.

Kalau Anda melihat para eSport gamers saat sedang bermain, mereka biasanya memakai noise-cancelling headphones.

Headphones besar dan tebal ini bukan saja membuat audio dari game lebih jelas didengar, tapi sekaligus juga untuk meredam suara-suara dari luar yang bisa mengganggu konsentrasi, sehingga players bisa fokus hanya kepada game yang sedang dimainkan. 

Selain memakai noice-cancelling headphones,  coba jauhkan HP dari pandangan supaya tidak terganggu saat ada pesan masuk. Simpan botol minum di samping Anda sehingga mudah dijangkau saat haus, dan pastikan perut sudah kenyang sebelum bermain game sehingga konsentrasi tidak terganggu rasa lapar.

 

2. Isi waktu luang dengan bermain lempar tangkap bola

Semua orang pasti pernah main lempar-tangkap bola. Kesannya sepele, tapi ini adalah cara paling efektif untuk melatih ketangkasan tangan dan kesigapan koordinasi antara mata dengan tangan.

Anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga untuk bermain lempar tangkap menggunakan benda berukuran kecil, misalnya bola tenis, atau bahkan buah jeruk.

Kalau Anda lebih suka latihan sendiri, tak masalah. Melempar-tangkap bola tenis yang dipantulkan ke tembok juga bisa jadi cara latihan efektif untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

 

3. Latih kemampuan mata untuk pindah fokus dengan cepat

 


Saat bermain game, salah satu skill mata yang paling penting adalah kemampuan untuk berpindah fokus dari objek yang posisinya dekat dengan kita, ke objek yang letaknya jauh dari kita.

Gamers harus bisa mendeteksi musuh yang berada di posisi jauh, sekaligus fokus ke apa yang terjadi di sekeliling kita.

Untuk melatih mata supaya bisa lebih sigap dalam berpindah-pindah fokus, ada latihan yang bisa dilakukan. Ambil dua benda apapun yang ada di rumah, yang ukurannya tidak jauh berbeda. Misalnya, satu pot bunga kecil, dan satu buku.

Simpan satu benda di posisi sekitar 30 cm di depan mata, dan simpan benda satunya lagi 3 meter di depan mata. Fokuskan mata ke benda yang lebih dekat dan perhatikan setiap detailnya sembari menghitung sampai 5, kemudian pindahkan fokus mata ke benda yang lebih jauh sambil memperhatikan semua detailnya dan menghitung sampai 5.

Setelah hitungan ke-5, pindahkan lagi fokus ke benda yang lebih dekat, dan seterusnya selama satu menit penuh.

Untuk variasi, Anda juga bisa menempatkan satu benda di sisi kiri dan benda lainnya di sisi kanan.

 

4. Jaga kesehatan mata

 


Koordinasi yang baik antara mata dan tangan tidak akan terjadi kalau mata tidak dalam kondisi prima. Pastikan mata dalam keadaan sehat dengan cara rutin memeriksakan diri ke dokter mata setiap tahun.

Kalau Anda memakai kacamata, pemeriksaan rutin ke dokter mata juga penting supaya kalau ada perubahan minus/plus/silindris bisa segera diketahui dan resep kacamata bisa langsung diperbarui.

Penting juga untuk menjaga kesehatan mata, apalagi jika mata Anda diforsir untuk menatap layar gadget selama berjam-jam saat main game. Jika tidak hati-hati, mata bisa lelah dan kering sehingga bukan saja mengganggu koordinasi tapi bahkan bisa membuyarkan konsentrasi.

Untuk menyegarkan kembali mata yang lelah, biasakan cuci mata sebelum tidur dengan cairan pencuci mata Y-Rins. Y-Rins adalah larutan steril untuk membersihkan mata dari debu, menyegarkan mata yang kering dan lelah, serta menjaga kesehatan mata.

Berbeda dengan obat tetes mata, Y-Rins tidak mengandung bahan pengawet sehingga aman digunakan setiap hari.

Beli Y-Rins di sini