Sudah jadi rahasia umum jika olahraga adalah suatu kegiatan yang baik untuk tubuh. Semua pakar kesehatan setuju bahwa tubuh yang sehat adalah karena berolahraga.

Tapi, tidak jarang juga beberapa orang justru mengalami memar ketika mereka selesai berolahraga. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya?

Memar setelah Olahraga

Olahraga memang suatu kegiatan yang tidak bisa dipungkiri lagi beragam manfaatnya. Menurunkan berat badan, membentuk tubuh, meningkatkan kesehatan, hingga mencegah penyakit kronis.

Tidak ada yang bisa menyangkal manfaat yang bisa dihasilkan dari olahraga, namun bukan berarti olahraga tidak mempunyai efek samping. Salah satu yang mungkin saja dialami ketika kita berolahraga adalah memar.

Seperti yang sama-sama sudah kita ketahui, bahwa memar adalah dampak dari pecahnya pembuluh darah di bawah jaringan kulit. Dalam kegiatan fisik olahraga memar mungkin saja terjadi karena kontraksi dari otot-otot yang dipaksa bekerja terlalu keras. 

Ada beberapa olahraga yang menyebabkan memar mudah sekali terjadi, seperti:

Angkat Beban

Olahraga yang satu ini bisa menyebabkan memar mudah muncul setelah kita selesai melakukannya. Mengapa demikian?

Selama kita mengangkat beban, otot pada tubuh kita akan berada di bawah tekanan. Seperti yang dikatakan oleh seorang ahli, serat-serat tisu yang melapisi otot-otot kita bisa robek karena tekanan yang berlebihan tersebut. 

Biasanya memar yang akan terjadi adalah memar intermuscular, yaitu memar yang terjadi di dalam otot. Biasanya, hal ini sering dialami saat Anda melakukan powerlifting. Melakukan latihan angkat beban terlalu intens juga dapat menyebabkan trauma otot yang serius.

Latihan Aerobik

Jika Anda mengalami memar sehabis mengikuti latihan aerobik, mungkin memar yang Anda rasakan termasuk dalam jenis memar subkutan atau periosteal. Memar subkutan terjadi sebagai akibat dari trauma- jatuh dari sepeda, lari marathon misalnya. Sementara memar periosteal bisa terjadi sebagai tanda cedera yang lebih serius. 

Selain karena jenis olahraga, munculnya memar juga bisa disebabkan karena faktor berikiut ini.

Memar karena Olahraga Intens 

Biasanya, memar setelah berolahraga sering muncul pada area kaki. Hal ini karena olahraga yang terlalu intens memberikan tekanan pada kaki. Lari marathon adalah salah satu contoh olahraga yang sering menyebabkan memar muncul.  

Umur dan Konsumsi Obat

Penuan atau mungkin Anda mengonsumsi obat-obatan seperti aspirin, atau antikoagulan bisa juga menjadi penyebab memar mudah muncul setelah berolahraga. 

Seiring bertambahnya usia, lapisan kulit Anda akan menipis, sehingga saat adanya tekanan selama olahraga memar akan muncul. Obat aspirin, atau antikoagulan dapat mengencerkan darah juga memiliki efek yang sama.

Kurang Asupan Vitamin

Jika seseorang kekurangan vitamin seperti, vitamin K dan vitamin C, mereka juga bisa mengalami memar setelah berolahraga

Hemofilia

Penderita penyakit serius seperti hemofilia mudah sekali mengalami pecah pembuluh darah. Kelainan medis yang satu ini membuat darah yang menggumpal pecah ketika Anda berolahraga dengan banyak tekanan pada otot.

Mengatasi Memar setelah Olahraga

Kebanyakan memar bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan. Namun jika memar yang diakibatkan dari latihan harus diobati,

Salah satu caranya adalah menurut ahli bedah ortopedi Amerika, dengan R-I-C-E yaitu Rest, Ice, Compression, Elevation.

Istirahatlah sejenak dari aktivitas yang menyebabkan Anda memar. Kompres memar dengan es selama 20 menit, Perban area memar dengan perban kompresi untuk mengontrol pembengkakan. Dan tinggikan area yang memar di atas level jantung Anda. 

Penyembuhan juga bisa dipercepat dengan memberikan obat salep di area sekitar memar. Pilihlah salep yang mengandung heparin karena terbukti bisa mempercepat pembekuan darah. Kandungan heparin bisa Anda temukan di Thromboflash. Thromboflash mengandung heparin yang halal sehingga Anda tidak perlu ragu lagi menggunakannya. Untuk mendapatkannya juga mudah, karena Thromboflash termasuk dalam obat bebas sehingga Anda tidak perlu resep dokter.

Sembuhkan memar dengan heparin halal dari Thromboflash.