Dari mulai helm, sarung tangan, hingga pelindung lutut, berbagai cara dilakukan untuk melindungi fisik saat bersepeda. Sayangnya, banyak yang lupa bahwa mata juga perlu dilindungi. 

 

Anda pasti tahu bahwa selain stamina, penglihatan adalah faktor penting yang dibutuhkan saat bersepeda. Mata kita perlu berfungsi dengan baik untuk melihat jalanan, mengamati situasi di sekitar, menghindari rintangan di hadapan, dan memungkinkan tubuh untuk bereaksi cepat saat menemukan rintangan mendadak.

 

Karena itulah, melindungi mata wajib dilakukan baik selama bersepeda, maupun setelahnya.

 

3 Cara Melindungi Mata Bagi yang Hobi Sepeda

 

Untuk memastikan mata selalu terlindungi selama dan sesudah bersepeda, lakukan empat langkah berikut ini:

 

1. Pakai kacamata hitam yang tepat saat bersepeda

 

melindungi mata dengan kacamata cycling

 

Pakai kacamata hitam yang trendi bukan prioritas. Ingat, tujuan kita di sini adalah untuk melindungi mata, bukan hanya untuk fashion.

 

Pilih kacamata hitam berkualitas baik yang bisa melindungi dari silaunya sinar matahari, tanpa membuat pandangan menjadi gelap. Akan lebih baik jika Anda memakai kacamata hitam dengan teknologi polarisasi UV yang bisa memfilter cahaya silau tapi memastikan pandangan tetap terang dan jelas.

 

Bentuk, model, dan ukuran kacamata juga penting. Kacamata hitam biasa umumnya kurang ideal dipakai bersepeda karena tidak bisa menahan debu masuk mata dari samping, dan cengkramannya ke wajah pun tidak terlalu kencang.

 

Pilih kacamata khusus pesepeda alias cycling glasses dengan model yang menutup rapat di sekitar mata sehingga mencegah debu masuk, dan bisa mencengkram lebih erat ke wajah agar tidak mudah lepas.

 

2. Berhenti saat mata kemasukan debu

 

 

Saat sedang asyik bersepeda, tak jarang mata mengalami gangguan seperti kemasukan debu, partikel yang beterbangan di udara, atau bahkan serangga kecil.

 

Jika ini terjadi pada Anda, jangan dipaksakan terus gowes, apalagi gowes sambil mengucek mata. Segera menepi ke pinggir jalan dan berhenti!

 

Hindari pula mengucek mata karena ini bisa membuat kornea mata tergores. Semprotkan air bersih dari botol minuman untuk mengeluarkan debu, serangga, atau benda yang masuk ke mata tersebut.

 

Anda juga bisa mencuci mata dengan cairan pembersih mata Y-Rins. Bersihkan dulu tangan Anda dengan hand sanitizer, tuang Y-Rins dari dalam botolnya ke dalam wadah yang sudah disediakan, dan rendam mata sembari mengedip-ngedip untuk mengeluarkan kotoran.

Beli Y-RINS di sini

 

3. Cuci mata setelah selesai bersepeda

 

 

Selama bersepeda di jalanan, kita terekspos banyak kotoran mulai dari debu, serpihan sampah-sampah kecil yang beterbangan, serangga, asap kendaraan, polusi udara, hingga keringat. Inilah kenapa setelah selesai bersepeda, kita biasanya akan langsung mandi dan mencuci muka.

 

Tapi apakah Anda juga mencuci mata?

 

Seperti bagian tubuh lain, mata juga terpapar banyak hal tersebut, namun sering lupa dibersihkan. Untuk itu, biasakan mencuci mata setelah gowes menggunakan cairan pencuci mata Y-Rins.

 

Y-Rins bukan saja membersihkan mata dari debu dan kotoran yang masih tersisa di mata, tapi juga menyegarkan kembali mata yang lelah setelah seharian bekerja keras selama bersepeda. 

 

Tidak seperti obat tetes mata, Y-Rins bisa dipakai setiap hari dan aman karena tidak mengandung bahan pengawet.

Beli Y-RINS di sini